Juminten Bicara Burung

Maret 29, 2008

Acara Mbilung (Mbahas Isu Lingkungan) di kawasan nol kilometer ramai dihadiri oleh para jelata. Meskipun beberapa sudah pulang sebelum acara mulai, dikarenakan ada beban deadline atau sekedar terkena jam malam. Juminten kali ini memang istimewa, selain ada Pakde Rudy juga ada penampakan khusus dari Kang Emil dan juga Thomas Arie & Lala serta para jelata yang terhormat.

Diawali dengan datangnya Pakde Rudy dan bersalam-salaman, lalu menggelar koran bekas di sepanjang trotoar persis di depan monumen. Pakde mangawali pembicaraan dengan menanyakan perihal keadaan lingkungan di sekitar kawasan nol kilometer. Pakde menunjuk sebuah pohon, yang akhirnya dijadikan bahan cerita tentang adanya ekosistem tertentu yang lepas dari pengamatan kita sehari-hari.

Menurut pakde, inti utama permasalahan lingkungan selalu berujung pada soal keseimbangan lingkungan. Jika lingkungan seimbang, maka itulah kondisi ideal. Beberapa tambahan pengetahuan dari pakde soal kacau-beliau nya pengelolaan lingkungan di Indonesia. Pemberangusan hutan untuk proyek monokultur yang pastinya membuat keseimbangan lingkungan terganggu. Untuk lebih lengkapnya, saya akan usahakan untuk upload versi mp3-nya.

suroloyo-elang1.jpg

Kami, yang hampir setiap malam jumat nongkrong di situ, tak pernah tahu jika ada puluhan ekor burung migran yang juga nongkrong di nol kilometer. Mereka nongkrong di seberang jalan, atau tepatnya di gedung kantor pos besar, mungkin juga sedang gojek kere sendiri. Jika tak diberitahu oleh mas-mas dari Kutilang tadi malam, pastinya kami pun tetap gojek kere dan (tetap) tak menghiraukan para burung migran dari Asia Utara itu. Dari Kutilang juga kami tahu jika Hutan UGM depan Balairung juga merupakan tempat hunian beberapa spesies burung. Belum lagi cerita mereka soal Elang Hitam yang ada di lereng merapi, serta Gelatik yang hidup di ceruk-ceruk Candi Prambanan. Benar-benar hal baru namun mengasyikkan yang sering kita acuhkan.

Menarik juga sepertinya jika kita bayangkan ruas jalanan Malioboro bisa jadi seperti Venezia Italia yang penuh burung merpati jinak. Cuma ditakutkan akan cepat berkurang karena sekarang masih banyak lesehan Malioboro yang menyediakan menu burung dara bakar. 😛

Ke depannya, kami masih akan mengadakan pertemuan lanjutan dengan teman-teman Kutilang, mencari kombinasi yang pas antara pengamat burung dan bloger. Mungkin teman2 bisa memberikan saran yang membangun bagi kolaborasi ini. Untuk sementara kami akan berusaha mengikuti beberapa kegiatan teman-teman Kutilang. Soalnya pas pelatihan blog di UAJY, teman-teman Kutilang juga sempat datang.

Kami baru mengetahui jika teman-teman Kutilang memiliki acara khusus Jogja Bird Walk (yang akan diluaskan skalanya menjadi Java Bird Walk), pengamatan spesies burung di beberapa lokasi. Akan ada acara JBW besok pagi-pagi, Minggu 30 Maret 2008 ada acara di Alas Bunder, Hutan Wanagama. Siapa yang berminat? bisa menghubungi Kutilang Jogja. Semoga bisa bangun pagi! hahahaha :mrgreen:

Iklan

53 Responses to “Juminten Bicara Burung”

  1. HARUHI-ism Says:

    Ya, yaaa… Kalau ada panggilan SMS saya siap selalu.

  2. venus Says:

    gak ada gage ya?

    halah mboooooookkkk….sudahhhhhhhhh…..

    kikikiki…..

  3. arya Says:

    simbok nyariin burung apa gage?
    burungnya gage? 😆
    *lariii*

  4. alle Says:

    pamer burung
    huh!
    😀

  5. aRuL Says:

    wekz skrinsyutnya? hehehe

  6. Tumes_semuT Says:

    wehh… nang malang alun-alunnya sempat dikasih burung merpati yang dibiarkan bebas gak suwe tebal kabeh hehehe

  7. didut Says:

    baca komen arya
    ikutan ngakak doank 😛

  8. kikie Says:

    di jogja emang banyak burung migrannya. soalnya tempat mereka dulu biasa tinggal atau tujuan migrasi mereka dulu udah gak sesuai dengan habitat yang seharusnya. padahal di jogja juga sebenernya kurang memadai. n cukup meresahkan dengan aroma kotorannya yang kuat itu … hehehe.

  9. leksa Says:

    aku lihat, aku dateng, dan aku teparr…zzzz…

    iki ngeblog opo jadi EO, Tok..

  10. deteksi Says:

    wah kalo bicara burung, cewek2 harusnya suka!!! :mrgreen:


  11. “iki ngeblog opo jadi EO, Tok..”
    Hmm…frofesi baru, kah kawand? EO kofdar fara blogger, mhuehuehuehuehue *ditendang*
    jahhh…ke jogja kawand? masi belom tahu, fadahal hanya 3-4 jam sahaja ya? tafi beginilah resiko fenjaga warnedh kawand…hiks
    walaufun dibanjiri benwith berlimfah ruah 😎 tafi tetef aja ndak isa ngikut ngendang/ngeli ke jogja…
    huwaaa…
    huwaaaaa….
    btw, di Purwokerto masih banyak burungna malah, sore-sore sering liat seliweran. cuma ndak dikotanya sih, di pinggiran kotanya doank. ah ya, tafi sekarang malah banyak fenjual burung he. jadi ndak kfenak ngliadhna! ugh!!!

  12. restlessangel Says:

    lah…jadi ya, ke Bunder, hari ini ??

    *asik2 makin banyak kawan2 yg peduli lingkungan*
    *joget2*

    ntok, ga usah jauh2 birdwatching. nongkrong di tamannya gedung pasca (jembatan McD) ato di geddung pusat, juga asik bgt ntok.
    liat blekok, kutilang, dll, adeeeeem deh.

    ayo SAVE THE EARTH, SAYANGI IBU BUMI, SAVE THE ANIMAL !!!!

    *tetep keukeuh jd pecinta binatang*

  13. restlessangel Says:

    akuuuuu cintaaaa banget ma bumi, ntok.
    rasanya sedih banget dan nangis kl liat kelakuan bar2 spt nyampah sembarangan, buang polutan ke sungai, dll.

    jadi ??
    MARI KITA HENTIKAN PEMAKAIAN STYROFOAM (bener ga tulisane??) SBG WADAH MAKANAN ato direuse lah….

    itu, di warung2 makan, skrg kan sering tuh beralih pake styrofoam drpd dus, pdhl sampe jutaan tahun gak terurai. seperti buryam syarifah itu. pdhl, konon, naruh makanan panas di styrofoam, juga rentan bikin kanker (maap sumber ga jelas).
    jd, mari tolak, bawa rantang sendiri dr rumah, ato kl ga bisa nolak, di reuse.

    piye, eblis2 mustinya juga begitu doooonkkkk^^
    sebarkan semangat cinta lingkungan dan cinta binatang^0^

    *uh semangat banget*

  14. ndoro kakung Says:

    katanya ada tamu istimewa seperti gage, gembul, dan tika? kok nda ada sepatah kata pun yang menyebut mereka? ah, gak asyik neh … 😀

  15. nico Says:

    @ndorokakung: ada tamu spesial ndoro. coba deh tanya sama pakdhe mbilung. jadi diajak ke bali sekalian ga si eneng dari bojonegoro itu*siyul2*

  16. cK Says:

    kirain bicarain apa gitu. burung? 😀

    *membayangin ayam goreng*

  17. Thomas Arie Says:

    Whaaha.. rameeeeee!

    Eh, kmarin yang mbayarin wedang ronde-ku sopo yo? Matur nuwun yo!

  18. ilham saibi Says:

    yahhh, udah saatnya kita peduli dengan kota tercinta ini, hidup yang punya burung!!!

  19. Adis™ Says:

    Wah gambar burungnya kepotong….kasihan..

  20. dobelden Says:

    jadi inget pas masih ngantor di sekitar selokan mataram, pemandangan burung2 yg beterbangan di pemohonan hutan ugm

  21. funkshit Says:

    kemarin habis ngomongin burung. saya makan burung puyuh

  22. kangtutur Says:

    Salut…
    Blogger Jogja Never End…
    *semangat “burung” gitu loh…”

  23. Hedi Says:

    trus gembul ngapain aja, mainan burung di belakang stasiun?


  24. eh belum ada yg baru yah?….ngloyor pergi…

  25. sarah Says:

    He he, profesi baru jadi EO yaa.. 😀
    Mana liputan nya nih??


  26. lha burungmu gimana?


  27. la.. kok ngomongin burung terus sih..ntar blog sampean di blok ma pemerintah karena UU pornografi lo

  28. Koko Says:

    udah jadi ornitolog dunks.

  29. gambarpacul Says:

    weeeh….nek jenengku

    — joged-joged —


  30. wah makin hari makiin rame yang dibahas ya, sekarang mbahas burung, besok mbahas apalagi?

  31. stey Says:

    ehh..aq punya gambar burung yang persis sama itu..

  32. annots Says:

    acara di wanagama ini sudah “terjadi” belum To?

  33. cempluk Says:

    om anto, bilang pakde rudy buat ke surabaya… 😀

    selamat ya atas jumintennya…cayo.


  34. sori kang,mung ar tekon. cahandong.org keno blokir po? kok ket mau gak iso tak buka?

  35. BLOGIE Says:

    Waw.. gambar burungnya bagus..

    😀

  36. funkshit Says:

    APDET WOIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII


  37. hallo bro, sorry ke jogjanya sebentar banget..

    nyesel juga ga ketemu anto.. thx for calling to my cellphone anyway

    salam,
    idebisnisusaha.com

  38. anginbiru Says:

    aku bingung mo komen apa.. Lha beberapa temen fakultas udah ada yang nyoba neliti keberadaan burung-burung itu di hutan Biologi,, tapi kok ya aku ndak tertarik juga.. apa gara-gara itu yak aku ndak lulus2..? hiks…

  39. olangbiaca Says:

    Ask|lkm….sy juga prihatin mas, atas kerusakan alam ini. kasian burung2 itu..


  40. Salam Kenal Semua. Henny

  41. telmark Says:

    Salam kenal semua. TELMARK.
    test….

  42. Dimas Says:

    *celingak celinguk* anto kemanakah dirimu? skripsi ya? 😀

  43. Domba Garut! Says:

    Besok-besok topik apalagi nih? ikut nimbrung yah.. 🙂
    keseimbangan lingkungan, dan kesadarana aknmelestariakannya adalah tanggung jawab semua pihak, dan sebagai kapasitas individu, bloggers senantiasa terus memberdayakan gerakan kesadaran dan penyadaran umum (akan pelestarian lingkungan) dengan program “mbilung” ini.. 🙂

    Tetep semangat yah!

  44. Sijo Says:

    emang gitu tuh masyarakat kita,
    burung-burung liar gak di urusin dan justru malah dibumihanguskan.
    soalnya masyarakat sekarang (khususnya pria) banyak yang justru malah “meliarkan dan mengasah burung” dengan hal-hal negatif!!!

    *mikir*

    komentar gini kena UU anti pornografi gak ya???
    he…

  45. Mrs. Salamasuk Says:

    burung ku ada lima… rupa rupa warnanya 😀

  46. maruria Says:

    waaaa….kenapa saya bisa melewatkan ini yaaa….
    nyesel seumur hiduuup…!!!!!!! :((


  47. […] menyuap sekoteng saya ajak beliau ini ngobrol, bicara bicara ringan, pertama saya menanyakan jumlah anak. beliau memiliki tiga orang anak dua laki laki dan satu […]

  48. theloebizz Says:

    ternak kutilangnya dmn???hehehehe :mrgreen:

  49. satrio Says:

    …manuk mabur…seize the day…
    tau ga kalo burung bisa jadi ukuran “resik”nya sebuah kota

  50. reviewcom Says:

    bos yang mau tukeran link

  51. wawankibc Says:

    thengthengyou tok, hai apa kabar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s