Iklan Starmild ‘Telanjangi’ Polisi

September 22, 2007

Pemandangan baru di berbagai kantor kesilupan Jogja. Saya kurang tau dengan keadaan di kota lain. Mungkin ada yang mau melaporkan kejadian serupa?

Neon box besar, berwarna dasar kuning dengan tulisan hitam Arial Black, tak lupa logo besar sebuah merek rokok. Ehm… lebih tepatnya, sebuah iklan rokok yang di beri label nama kantor kesilupan. Rokok, iya rokok yang haram itu. Hehehe. Logo produk rokok yang besarnya melebihi nama kantor kesilupan yang dimaksud. Kalimat yang ada di neon box itu pun membuat geli :

OBSESI : SIAP MELAYANI MASYARAKAT

Owalah, jadi selama ini cuma obsesi doang, bos?

Seperti halnya iklan rokok atau deterjen pembersih yang memberi label warung kaki lima dan warung kelontong. Atau provider selular yang melabeli counter hengpon atau isi ulang elektrik. Strategi branding, namanya. Menariknya, yang sedang dibranding ini adalah kantor kesilupan. Di setiap pos silup penjaga lalu lintas pun demikian. Sebuah iklan rokok di tempat aparat pelayan publik, di kantor simbol pungli pelindung masyarakat.

Sekilas iklan berkedok branding ini tampak biasa. Ya, sama halnya seperti iklan yang lain. Tapi… (ada tapinya saudara-saudara) … Apa ya pantes, kantor polisi, dibranding semacam itu, iklan rokok pula? Oke , saya bukan bahas kenapa iklan rokok atau bukan. Tapi coba dilihat dari sisi yang lain, iklan ini justru menyindir dan menelanjangi aib para silup secara blak-blakan, di depan muka publik.

Iklan Starmild Menelanjangi Polisi

Neon box itu telah menelanjangi fakta bahwa para anggota silup selama ini hanya berobsesi untuk melayani masyarakat sebaik-baiknya. Seolah neonbox itu menyuarakan obsesi mereka yang sebenar-benarnya. Betul, cuma obsesi semata. Dan yang namanya obsesi sih, kesannya sih cenderung tidak pernah serius untuk dibuktikan. Kok pak silup oke-oke saja ya dipasangin iklan begitu?

Apa biaya untuk membuat plang polisi berupa neon box itu tidak bisa disisihkan dari kas hasil razia kendaraan yang dimiliki oleh kantor kesilupan? Terlepas dari apakah mereka tidak memiliki dana untuk membuat plang nama yang baik, apakah mereka tidak merasa bahwa iklan itu justru menyindir? Ah, mungkin ini bentuk instrospeksi diri mumpung menjelang Bulan Ramadhan.

Saya justru mau berterima kasih kepada StarMild yang sudah ‘menelanjangi’ kesilupan Indonesia secara nyata. Tanpa adanya iklan kalian yang ukurannya maha besar itu, tidak akan ada yang berani mengolok-olok pak silup di depan publik seperti kalian.:mrgreen:

Sebagai catatan, neon box yang dipasang di kantor silup lalu lintas Bulaksumur dekat universitas tercinta telah dicopot,merasa tersinggung kah? Bagaimana dengan nasib neonbox yang lain?

97 Responses to “Iklan Starmild ‘Telanjangi’ Polisi”

  1. hoek Says:

    pertamax!!!

  2. hoek Says:

    keduax!!!

  3. hoek Says:

    HETTRIXX!!!

  4. hoek Says:

    hwahwahwa…ko’ skarang mas antogirang jadi kritisi iklan yah? wah…wah..wah..mo terjun ke bisnis periklanan ya mas?
    obsesi…bener juga tuh, kalo diiklan tipi entuh obsesi orang-orang cuma digambarin sok berlagak, padahal salah tempat, (misal obsesi selebritis di tempat mbikin KTP) nah brarti polisi juga dunk, obsesi = berlagak tapi salah tempat…

  5. hoek Says:

    WOOOW…AFAKAH SAIA TOP SCOREXXX!!!!!

  6. hoek Says:

    munkin justru polisina jadi ngrasa keren tuh gara-gara jadi “bintang iklan”nya rokok…? munkin mereka malah dibayar sama starmild selaen dibikinin neon box?

  7. deKing Says:

    Hehehehe sepertinya pihak kepolisian kurang teliti tuch kok bisa2nya iklan itu lolos. Atau mereka memang tidak bisa berbahasa Indonesia yang baik ya?
    Tapi repotnya kalau ada pihak kepolisian yang membaca blogmu ini Nto? Bisa2 produsen Starmild (mana sich, ga tau je) dituntut karena telah melakukan pencemaran nama baik suatu institusi terhormat.

  8. Ina Says:

    Mata kamu jeli juga yach,nto.

    Obsesi yang cuma jadi obsesi. Yg lama baru bisa terwujud.

  9. Ina Says:

    *bikin neonbox juga buat anto

    Obsesi : …… (isi sendiri,nto)

  10. Ina Says:

    genapin jd 10 comment

    Sekalian HETRIXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX

  11. hoek Says:

    huahuahua….bayut berkuasa sefertina disini…*clingak-clinguk nyari jendral bayut*
    ko si jendral malah belum dateng yak?

  12. hoek Says:

    @deking
    ah, ndak munkin mereka nuntut, soale lha wong suda sudi difasang begono, kalo mereka nuntut itu brarti nunjukin mereka emang benar-benar amad goblog sangadh!!! skarang aja uda goblog…

    @antobilang/girang
    mas anto?numfang njawab komen yak?makasihh

  13. rozenesia Says:

    Di perempatan Gejayan rasanya juga ada spanduknya, om…😕

  14. nrkhlsmjd Says:

    pak pulisi emang jarang pake otak…
    terbuktikan!! disindir blak2an masih g ngerasa…
    maklumlah…upetinya dah cukup😀

    thx buat starmild…
    lain kali yg lebih ekstrim bro…

  15. manusiasuper Says:

    Siap-siap nyatet wasiat Anto, kali aja diculik…

  16. ekowanz Says:

    lha ini si anto lg diculik ke dalem candi prambanan :p

  17. ekowanz Says:

    lha ini si anto lg diculik ke dalem candi prambanan :p

  18. cK Says:

    antogirang™

    OBSESI: normal…

  19. cK Says:

    maksudnya jadi normal kekekekekk😆

  20. cK Says:

    hetrik biar afdol. 8)

  21. mitra w Says:

    hmmm, padahal ga semua polisi lalu lintas merokok star mild…
    ada marlboro, a mild, gudang garam…😛

    mungkin supaya polisi lalu lintas ga pada mati suri… (kan star mild bikin hidup lebih hidup…🙂


  22. maafh sayah terlambath


  23. untuk letnan bayutanto, sebaiknya lebih fokus saja urus SKRIPSI


  24. anakh buah sayah adah ygh dobelh hetrixxh
    sayah harush minimalh hetrixxh

  25. hoek Says:

    MAS ANTOGIRANG, AJARIN SAIA BIKININ HALAMAN KAYA ARISAN GETO DUNK?!!!

  26. cK Says:

    @hoek
    itu tinggal aplot gambar, trus tulisannya disetting supaya kecil-kecil…
    yang bikin capek adalah ngumpulin avatarnya…
    kalau bisa sih bikinnya jangan ngikut anto punya. bikin versi sendiri aja. lebih original.😀

  27. hoek Says:

    hoo…begitu ya?
    saia tadi segh uda nanya langsung ama orangnya.
    bikin persi sendiri?
    hmm…akan saia pikirkan^^
    makasi cK!

  28. aRuL Says:

    @ anto :: tumben.. pemerhati iklan sekarang nih..😛
    ah.. itu mah persepsinya mas anto aja, kalo saya sih tidak melihat seperti itu, hanya terlihat sebagai iklan biasah.
    kalo sebenarnya sih mau diungkit2 (dikaji lebih dalam) yah semua iklan atau reklame itukan semua berkata tidak benar, itukan tujuan mereka mempublikasi diri ajah.
    Makanya jangan percaya iklan… percaya sama pengalaman…🙂

  29. Resta Says:

    masih mending punya obsesi yang baik.
    artinya selama ini tidak punya obsesi dan tidak punya niat untuk melayani masyarakat ya?! hehehe

  30. alex Says:

    Ahahahaha…
    Jadi ketawa ngakak liat iklan begitu.
    Tungguin deh, kira-kira disomasi apa nggak ya StarMild gara-gara celetukan begitu😆

  31. venus Says:

    hahahah…reality bites!

  32. ayahshiva Says:

    wka..wka..wka…
    kena lo kali pak polis

  33. peyek Says:

    saya berobsesi…. “Endonesah tanpa Silup”

  34. almascatie Says:

    anto bener2 senang menonton yg telanjang2
    apalagi dikantor polisi

  35. almascatie Says:

    aha…. kalo isilup dah masang iklan berarti duit iklan masok kantong isilup
    dan berarti ujung2nya kalo si pemilik iklan ada bahaya maka yg dikasih duit harus membela yang memberi??
    good.. makin pintar aja nih.. dulu gelap2an skarang terang-terangan
    *angkat jempol empat*

  36. antobilang Says:

    :mrgreen: hoek
    obsesi = berlagak tapi salah tempat…?
    boleh juga, cukup mematikan.
    :mrgreen: deKing
    mencemarkan yang sudah tercemar maksudnya?
    :mrgreen: Ina
    mata siapa dulu? hahahaha
    :mrgreen: rozenesia
    ohya, nanti om cek kalau lewat sana.
    :mrgreen: nrkhlsmjd
    wah, upeti ya? mungkin begitu.
    :mrgreen: manusiasuper
    hahahaha, wasiatku, menikahlah sama farid.
    :mrgreen: ekowanz
    huuu..ngisi komen disebelah ada orangnya. hehehe
    :mrgreen: Luthfi
    koe ki ngopo e? hehehe.
    :mrgreen: chiKa
    wah, saya berobsesi homok aja deh kalo gitu
    :mrgreen: mitra w
    hohohoho…different perspective, thanks
    :mrgreen: Jendral Bayut™
    siyap jenderal!
    :mrgreen: aRuL
    yah, silahkan untuk berbeda pendapat.
    tapi ini benar-benar berbeda dan mengusik.
    :mrgreen: Resta
    ya, mungkin benar begitu
    :mrgreen: alex
    adakah iklan serupa di aceh?
    :mrgreen: venus
    hayah, nggo basa enggres, nggaya!
    :mrgreen: ayahshiva
    hahaha, pas silupnya masih nggak nyadar.
    :mrgreen: peyek
    whaduh, nanti mereka mo cari duit darimana pak?
    hehehehe
    :mrgreen: almascatie
    [dulu gelap2an skarang terang-terangan]
    sebuah kata-kata menarik!

  37. alex Says:

    adakah iklan serupa di aceh?

    Belum pernah liat, Nto.
    Tapi ada reklame milik Polantas yang *ueeghhh…* ndak kreatif banget. Nyomot abis dari iklan Mild yang “Taat cuma kalo ada yang liat”.
    Heh! Ngambil iklan orang majang pula lagi di depan kantornya😆

  38. WW Says:

    hehehe dasar PO**SI pekok disindir gak ngerasa

  39. roffi Says:

    nice observation. Apakah mungkin mereka bikin reclame ga mikir dampaknya.. keliatannya sih asal jadi aja. Pasti reklame proyekan itu.

  40. almascatie Says:

    @anto
    dikaw jga mulai berubah nih…
    uhmmm *pertimbangkan ah*
    :lol”

  41. abeeayang Says:

    weleh………
    si anto sekarang jadi pemerhati iklan…….🙂
    layak neh dapet penghargaan satya lencana adhi adji mumpung logatapo ngehe dari gubernur jendral orang gila alias sinthing alias gelow…….😉🙂 ;;-)

  42. baliazura Says:

    mudah mudahan aja obsesinya dijalankan
    tapi klo liat ‘polisnya’ dan acak kadul,ruwet,kusut,ga genah,sablengnya tetekbengek yang terjadi di INA,sepertinya …………??

    *geleng-geleng*

  43. maztikno Says:

    bukan basa-basi juma obsesi doang 😀


  44. lho belon tahu ya…itu kan ada setorannya, gede lagi…
    cukup buat ngebiayain aku dan cucu-cucuku:mrgreen:

  45. ndoro kakung Says:

    ada dua kemungkinan: pembuat iklan ndak sadar kalau sudah menelanjangi polisi atau polisinya yang nggak sadar sudah ditelanjangi. nice post, nto!

  46. arxizm Says:

    hahahaha…..
    baru nyadar…🙂

  47. mardun Says:

    ya gini ini, polisi punya impian kok nggak boleh😛

    kasian kan mereka, dirasani orang banyak terus…… sekalinya punya impian harus disampaikan lewat iklan😛

  48. fikriana Says:

    owalah ternyata para pelayan masyarakat seperti itu, terus berburu keadilan mas, bagaimanapun mereka di bayar untuk menjadi pelayan yang baik, yo to. salam kenal, mampir ke blogku

  49. antobilang Says:

    :mrgreen: alex
    sepertinya perlu tim kreatif untuk buat plang kantor polisi yang lebih cihuy. kau mau lex mendesainkan satu plang bagus buat mereka?
    :mrgreen: Anang
    wogh, mas anang juga sangar! hehehe
    :mrgreen: WW
    Hahaha, begitulah.
    :mrgreen: roffi
    iya kang, proyek yang aneh, hehehe
    :mrgreen: almascatie
    asik… kakak ipar ya?
    :mrgreen: abeeayang
    buat kamu aja deh penghargaannya.
    :mrgreen: baliazura
    kalo gak kesampaian artinya polisi obsesif dong?
    hehehe
    :mrgreen: maztikno
    ya ya ya, begitulah kira-kira.
    :mrgreen: extremusmilitis
    oh, ada mbahnya silup nih, hehehe
    :mrgreen: ndoro kakung
    atau pura-pura nggak sadar kalau sedang ditelanjangi, ndoro? hehehe.
    trims ndoro…
    :mrgreen: arxizm
    syukurlah kalau sudah siuman.
    :mrgreen: mardun
    wogh, bukan ngerasani dun, tapi mengolok-olok. beda tho?
    hehehehe
    :mrgreen: fikriana
    bener mbak, mereka itu udah dibayar kok dan masih minta tambahan lewat razia-razia kendaraaan makanya harus diawasi, hehehe

  50. kakeko Says:

    Pertama kali bacanya aku juga sudah tertawa, tapi ternyata banyak yang berpikiran hal yang sama yah, syukur deh🙂

  51. imcw Says:

    apa sih yang tidak bisa dibeli di negeri ini?

  52. merahitam Says:

    Polisinya pura-pura gak peduli kali. Yang penting kan sudah dibayar dan dapet jatah rokok terus. Kurang apalagi coba?


  53. Seperti biasa, masih menunggu oknum – oknum calon pungli untuk mendamprat empunya blog ini.:mrgreen:


  54. […] Iklan Starmild ‘Telanjangi’ Polisi […]


  55. oh, ada mbahnya silup nih, hehehe

    betul…betul…tebakan anda betul… 8)
    makanya dari tadi saya diam-diam saja dengan mulut tertutup
    dan tahu tidak setorannya itu nolnya ada 12 digit, harus 13 tapi saya tidak mau, karena angka itu kan angka sial😉

  56. Paijo Says:

    Bravo … kreatif amat tuh pembuat iklannya, salam eksperimen.

  57. aRuL Says:

    wekz ada yang kopipes tulisan ini…🙂


  58. […] Iklan Starmild ‘Telanjangi’ Polisi Iklan Yamaha Mio Mendiskreditkan Banci/Transeksual […]

  59. aRuL Says:

    wekz cepat banget tanggapannya… sampe sudah ada tulisan “fotocopi nih” sama monyetnya.😛

  60. aRuL Says:

    sekalian hetrikz…🙂

  61. aRuL Says:

    quadtrikz.. sudah ada postingannya lagi..🙂

  62. alex Says:

    @ anto

    sepertinya perlu tim kreatif untuk buat plang kantor polisi yang lebih cihuy. kau mau lex mendesainkan satu plang bagus buat mereka?

    Apa mereka juga mau mendisainkan kartu bebas tilang seumur hidup seperti di permainan monopoli itu?:mrgreen:

  63. asukowe Says:

    Sep banget iklannya, kok aku enggak pernah liat ya? padahal aku tinggal di Jogja, artinya tuh…

  64. raka berkata Says:

    Kok aku as orang jogja yang baru sebulan gak pnah liat ya!!!
    Tapi sayangnya udah ditelanjangi tetep gak mau berubah kan?!!!!?
    Ya gak seh…..!!!!


  65. sebelum dicopot malah ditutupi pake kertas dulu lho neonboxnya, kekekekeke!

  66. pr4s Says:

    Belom pernah liat tuh…..

  67. telmark Says:

    namanya Polisi. asal ada untung, malu didapatpun rasanya kaga ngaruh.

    Nto, ntu tb kok sama persis ? (22indra`s weblog). disengaja ?

  68. alex Says:

    Melihat ada dua komen diatas yan mengaku warga Jogja dan belum pernah melihat iklan itu, maka patut dicurigai ini adalah konspirasi™ antara Antogirang™ dengan oknum-oknum™ di kepolisian untuk ngejar publikasi ala seleb…

    *siap-siap nangkis kalo digampar sama anto*:mrgreen:

  69. alex Says:

    halah… typo😦

    Eh, dibayar berapa sama polantas biar mereka bisa masuk iklan dan diomongi ala seleb begini, Nto?😆

    *minggat*

  70. alex Says:

    Udah dua komen. Sayang juga kalo ndak hetrik. 😎


  71. setidaknya masih ada obsesi Mas…
    ehem😆

  72. mbelgedez Says:

    KALO NDAK SALAH, DI DAERAH MARGONDA, DEPOK PERNAH SAYAH LIAT NYANG BEGITUAN. TAPI NDAK TAU SEKARANG MINGSIH ADA APA NDAK..

  73. cK Says:

    anto seleb. blognya dikupipes…:mrgreen:

  74. aRuL Says:

    eh bayangin posting ini berada di posisi 2 BOTD trus yang copipes itu berada di urutan 22… woow…. mau mengejar…

  75. erander Says:

    Obsesi atau utopia ya Nto? .. duuhh, padahal bentar lagi hari Bhayangkara loh.

  76. annots Says:

    sepertinya objek kita pernah sama boss, hehehehe

  77. alimahmudi Says:

    kalian semua itu bilang sebagai sebuah obsesi tapi aku bilang itu hanya sebagai………???????
    EEEMANSIPASI doank ya gak?

  78. morishige Says:

    haha.. keren, nto..
    gw dah liat postingan lo yang dibajak..
    jadi ada gambar monyet bilang, “fotokopi nih..!!”
    btw ajarin dong gw caranya…
    hehe…

  79. ankerzone Says:

    Obsesi : Tidak Terobsesi

  80. dobelden Says:

    saya liat di polsek KM 9.5 masih ada kayaknya… dan kemungkinan besar di kantor2 polisi se DIY sudah di pasangi Iklan ini,,

    coba nanti saya liat yg didaerah magelang… sekalian mo jalan2 kesana😀

  81. atmo4th Says:

    wah, di kota saya gak ada yang kaya gitu…

  82. alimahmudi Says:

    gak ada malang bener kota kamu

  83. funkshit Says:

    ya.. itu emang cuman obsesi aja kok .. .

  84. siawhietji Says:

    Iklan rokok sekarang pada kreatif-kreatif yah.

    Di kotaku (Surabaya) juga ada tuh iklan rokok yang cool, bunyinya “Siang ditahan-tahan, Malam balas dendam”. Iklan yang sarat makna dan pesan moral ini sampai-sampai bikin salah satu anggota DPRD mencak-mencak, dia bilang tuh iklan bisa melukai umat muslim. Dasar wakil rakyat, bisanya cuman treak-treak omong kosong, pemikirannya dangkal banget. Padahal tu iklan kan ngingetin kalo seharusnya kita, umat muslim, untuk berpuasa sepuasa-puasanya. gak kayak realita di mayarakat, kebanyakan masih cuman nahan laper dan haus (termasuk aku juga, hehehe). tul gak?


  85. […] lewat berbagai media, seperti pembuatan SIM. Dan mereka tidak pernah menjadikan polisi sebagai obsesi yang nyata. Ternyata, ada seorang Kapolwil yang melihat tulisan anda, dan mereka langsung menyewa seorang […]

  86. harriansyah Says:

    kritik yg mantab
    lucunya kenapa polisinya setubuh satu neon box ya

  87. rd Limosin Says:

    iklan yang mana ya??

    *coba inget²*


  88. […] Antobilang – Iklan Starmild ‘Telanjangi’ Polisi […]


  89. […] ia memperhatikan iklan tersebut dari awal, seandainya ia tidak sembarangan melakukan hubungan dengan seseorang yang ia […]

  90. iram Says:

    star losta emang bisa bikin aparat senang seolah2 kantornya tambah assesoris dengan mild masta nya.

  91. Indonesia-Ku Says:

    serem, belum pernah lihat di surabaya


  92. […] Antobilang – Iklan Starmild ‘Telanjangi’ Polisi […]

  93. iwan Says:

    satu kata buat polisi…………………anjing!


  94. saling kerja sama nih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s