Udah kecil, jelek, tukang kritik pula!

Oktober 6, 2007

Artikel kali ini muncul gara-gara artikel “Lintas Berita Ndobos” beberapa hari yang lalu. Dimana saya membahas tentang pencatutan beberapa nama blogger yang digunakan oleh “seseorang” untuk mempromosikan Lintas Berita di beberapa blog, antara lain blog antobilang, deking, afatih dan extremusmilitis. Modusnya, si “seseorang” tadi mengaku bernama seorang blogger terkenal macam Pakde Mbilung maupun Priyadi, lalu meminta ijin memasukkan artikel kita untuk dimuat di Lintas Berita.

Gara-gara itu pula mampir seseorang dengan IP adress yang sama (dengan ndobos palsu ataupun priyadi palsu) dan berkomentar demikian :

hahaha it is a good day to die lintasberita
U HAVE BETRAYED SOMEONE AND THIS IS YOUR REWARD FOR BETRAYING ME.
i am so happy for spamming everyone to make you look bad. thanks antobilang for writing it really good
makasih MR Anton sekarang saya sudah ada kuasa untuk nutup lintasberita

Setelah itu, seorang yang mengaku bernama adam berkomentar, memberi tahu bahwa dia memasukkan artikel saya tersebut ke Lintas Berita dengan judul bombastis : DICARI!!! Pemalsu Nama Blogger2 TOP Indonesia 😯 dan hitsnya mencapai paling tinggi di Lintas Berita (saat ini ditulis mencapai 116) dibandingkan artikel lain yang masih berkisar diangka 60-an.

Menurut saya, metode berkomentar untuk memasukkan suatu artikel yang dianggap menarik ke dalam digg semacam lintas berita adalah hal yang biasa. Dengan maksud menyebarluaskan berita, atau kliping elektronik? 😉 Hare gene?. Baguslah, maksudnya baik menyebarkan berita kepada khalayak lebih luas. Dalam pemikiran saya, masyarakat kita sudah sangat pandai mencari dan memilih berita sendiri sesuai yang diinginkan. Tak perlu disuapi. Toh beberapa berita yang ada disana bisa didapatkan dengan mudah di beberapa harian elektronik macam Okezone, Antara, Jawa Pos, Infoartis, BBC, Berita Sore dll. Jaman sekarang dengan bantuan paman gugel yang maha baik itu, mana sulit sih mencari sebuah berita? 😉 Ya, mungkin untuk beberapa orang lebih senang membaca berita dengan metode demikian, bukan dengan mencari dari sumbernya langsung.

Akan tetapi alasan terkuat kenapa saya harus membuat artikel itu adalah adanya pencatutan nama blogger untuk kepentingan seperti itu. Bukan cara lintas berita mengambil memuat berita dari berbagai macam media itu. Kalau itu sih bukan urusan saya. Yang saya permasalahkan adalah penggunaan nama orang lain yang tidak semestinya. Kenapa dia tidak menggunakan namanya sendiri? kenapa harus bersembunyi dibalik nama blogger semacam pakde mbilung dan priyadi? Dan sayangnya lagi, ketika artikel semacam ini saya buat, malah dituduh cari gara-gara atau malah dikira tukang kritik. *sebentar ketawa dulu* 😆

Ini beberapa komentar yang membuat saya cukup ‘terusik’ :

  1. buat apa saling tuduh menuduh gara gara kena 1 tulisan aja semua langsung ribut
  2. Hhhhmmmmm. Apa itu blogger? Tukang kayu ya? Istimewa nya apa aja?
  3. turut berduka cita ada kejadian seperti ini
  4. waduh kurang ajar banget tuh orang
  5. antobilang kok orangnya kecil + jelek gitu kok suka ngritik ya belum pernah dikritik ?
  6. hmmmm ga ikut ikut dehhh tapi yang jelas lintasberita tetep TOP CER
  7. duh kok bule ini orang tau seluk beluk blogging indonesia

Mau komentar soal nomor 5? 😯
Semoga saja itu komentar di artikel : DICARI!!! Pemalsu Nama Blogger2 TOP Indonesia benar-benar berasal dari beberapa orang yang berbeda, bukan dari seorang saja yang bermaksud untuk membiaskan pendapat komentator. Apa susahnya membuat ID ganda di sana. Kalau ini benar-benar pendapat orang lain yang beragam, maka saya pun semakin memahami akan perbedaan persepsi dan perilaku seseorang dalam memandang sesuatu hal.

Beginilah kalau masyarakat kita sudah semakin permisif dengan pencatutan macam ini, mengambil nama seseorang untuk memuluskan tujuan pribadi, ya sudah. Malah dituduh tukang kritik yang tidak pernah dikritik. Udah kecil, jelek, tukang kritik pula! hidup lagi! Hahaha.

Ohya, Memangnya ada yang salah ya dengan kritik? apa kita alergi dengan kritik?

Bagi saya KEBENARAN biarpun bagaimana sakitnya lebih baik daripada kemunafikan. Dan kita tak usah merasa malu dengan kekurangan-kekurangan kita. (Soe Hok Gie)

Saya hanya mencoba untuk menyuarakan apa yang saya anggap benar dan semestinya saya lakukan. Tidak membahas hal ini pun bisa saya lakukan, dan itu tidak merugikan saya. Saya bukan bermaksud sok kritis main kritik sana – sini. Tapi saya hanya menyuarakan apa yang saya anggap benar dan tentu saja dalam perspektif saya. Kalau blogger sudah tidak boleh kritis dengan hal yang demikian ini bagaimana blog bisa menjadi new-media yang baik?

Menurut terawang ghaib saya, Lintas berita bisa menjadi besar tanpa harus mencatut nama orang lain (ya, ORANG LAIN) untuk mempromosikannya. Dan sayang sekali apabila (pencatutan) itu dianggap biasa, hal yang tak patut diributkan. Dan bila masih banyak yang bertaklid buta terhadap Lintas Berita, ya silahkan saja.

Lho, lalu kenapa antobilang ikutan ramai bahas hal itu? Toh, antobilang ‘kan tidak dirugikan dengan pencatutan itu? bukannya antobilang bisa bahas hal lain, tentang onani di bulan Ramadhan, misalnya? Oke oke, nanti saya bahas deh kalau anda beminat dan saya punya pengetahuan yang lebih dibandingkan anda. 😆

SEKEDAR UPDATE :

Ada cemilan kecil di sini dan sini, lumayan untuk pengantar berbuka puasa. 😉

79 Responses to “Udah kecil, jelek, tukang kritik pula!”

  1. Anang Says:

    nah kalau komen seperti ini bisa dipalsukan.. ngisi nama email dan blog manual kan?

  2. Anang Says:

    nah kalau gini ga bisa dipalsu… kecuali si anu ngeheck account kita… 🙂

  3. Anang Says:

    karna ada poto… di blogspot juga gitu… 🙂 wah hetrick….. o iya lupa pertamax tadi.. 😛

    *kabur*

  4. antobilang Says:

    *injek2 anang*
    halah mau pamer foto ya? 😛

  5. aRuL Says:

    okeh… yah udah di asingkan aja tuh….

  6. hoek Says:

    “dan hitsnya mencapai paling tinggi di Lintas Berita (saat ini ditulis mencapai 116) dibandingkan artikel lain yang masih berkisar diangka 60-an.”

    ah ya…dengan postingan ini berarti antobilang benar-benar resmi menjadi seorang seleblog!!!
    selamat nto…selamat!!!
    *njabat tangan ke anto*
    yang fenting ajarin saia adsense!!! :mrgreen:

  7. arya Says:

    anto emang kecil jelek item ndak suka kritik suka ngritik, idup lagi seleb!!!

  8. Guh Says:

    sabar tooo, sabar…

    *jadi pengen belajar adsense*

  9. mitra w Says:

    wah, mitra ga ngerti sebenarnya gimana cara malsu2in. Tp kmren mitra dapat komen di shoutbox mitra, yang ngelink ke foto personal mitra dari photobucket. Jengkel dech… 😦

  10. gessh Says:

    gak mudeng … kapan mudik nih? jangan lupa oleh2nya yaaa, kerupuk apa ituh yg terkenal di lampung nto?

  11. Lita Says:

    Mmmm… komentar yang ‘personal’ seperti no. 5 emang paling gak penting. Di ranah internet, fisik gak penting 😀

  12. Takodok! Says:

    Kirain ngomongin semut, ngkong! 😆 *diinjek engkongGirang™*

  13. almascatie Says:

    eh masalah catut nama masih ada tah? kirain yg pake nama2 blogger seleb tuh dah malu e ga taunya masih sombon
    😆
    *anjing menggonggong kita naek pohon kurma aja*


  14. terimalah takdir tuhan dengan tawakal…
    jgn khawatir, tuhan tidak menilai seorang hamba berdasarkan tampangnya.
    walaupun kecil, jelek, dan tukang kritik, pastilah tuhan memiliki sebuah rencana atas penciptaan wujudmu yg seperti itu…

    KAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKA!!!! :mrgreen:

  15. mardun Says:

    *liat komen di atasku*

    huahahahahahaha *kabur*

  16. secondprince Says:

    *liat komen Mas Joe*
    hahahahaha 😀 dalem banget
    *ikutan kabur*

  17. k' tutur Says:

    itulah repotnya jadi orang ngetop, jadi seleb, banyak yg pengen nyatut

  18. rd Limosin Says:

    jadi gimana tuh Nto??

    klo menurut ak:
    1. orang pura² jadi Mas Pri dan Pakde Mbilung
    2. Trus dia promosiin lintasberita agar dianggap lintasberita yg menyebar hal tsb

    bener gak??

    *btw, ide-nya ttg “onani di bulan romadhon” bagus tuh*

  19. rd Limosin Says:

    aih, lupa nanya:
    yg komentar ini IP-ny sama gak sama si pencatut??

  20. Wahyunansyah Says:

    ada apa sich…?? kok ribut mulu….
    cuci muka sana…!!!

  21. antobilang Says:

    :mrgreen: aRuL
    yang diasingkan apanya Rul?

    :mrgreen: hoek
    halah, sapa yang seleb???
    *tendang hoek ke malaysia*

    :mrgreen: arya
    halah, aku ndak mau lagi nraktir kamu
    *palingkan muka*

    :mrgreen: Guh
    hahaha, saya yang harusnya belajar sama suhu…
    kan situ dulu pernah diadu sama adsenser se-indonesia..
    wakakakaka

    :mrgreen: mitra w
    jadi si itu memakai nama Pakde Mbilung / Priyadi dan link ke blog2 beliau tersebut, dan parahnya sambil mempromosikan lintas berita.
    ehm, foto nya mana? mau liat dunk…

    :mrgreen: gessh
    saya mudik besok tgl 9 mbak.
    oh, kerupuk kemplang… *pura2 gak mudeng kalo dimintai oleh2*

    :mrgreen: Lita
    halah, malah komentarin itu…

    :mrgreen: Takodok!
    kok bisa semut sih? ngaco ah… hehehe

    :mrgreen: almascatie
    ya, dia merasa saya telah mengganggu kebebasan dia mencatut nama itu.
    dan parahnya jamaah dia di lintas berita menganggap persoalan catut-mencatut ini hal biasa yang tak perlu diributkan. dodol

    :mrgreen: Shelling Ford
    halah *tendang joe ke pangkuan zaskia*
    puwas? PUWAS??

    :mrgreen: mardun
    halah, kok mau-maunya mengikuti kesesatannya joe…

    :mrgreen: secondprince
    biasalah mas kalo orang iri…
    hahahaha

    :mrgreen: k’ tutur
    siapa yang seleb kang? saya? *ditimpuk mercon*

    :mrgreen: rd Limosin
    betul ardi, seperti itulah dugaan saya. dan dia merasa terganggu dengan postingan saya kemarin. hahahaha. Mungkin dianggapnya mencatut nama-nama besar tersebut bisa menaikkan kunjungan ke lintas berita. Tapi dia lupa, kalo masih ada saya. *dihajar pake komen*
    betul, IP adressnya sama. Saya juga sudah konfirm ke beberapa temen yang mengalami kejadian serupa.

    :mrgreen: Wahyunansyah
    lah, blog2 saya mas….suka2 saya dong.
    situ palingan ndak baca, spid riding tho?
    cuci muka sana! hahahahahahaha

  22. mbelgedez Says:

    HAJAAAARRR….

    SIKAAAATTTT…..

    (Orang nyah, nyang mana segh …?!! )

  23. mbelgedez Says:

    Antooooo
    Tolong bagi sayah maling siah nyaaa…
    Buruan yah…

  24. 'K, Says:

    akhirnya kebenaran terungkap juga
    komen no 5 itu sangat ju2r sekali
    saya dukung orang yg komen sperti itu 😆
    *dicium anto*

  25. almascatie Says:

    dia merasa saya telah mengganggu kebebasan dia mencatut nama itu.
    dan parahnya jamaah dia di lintas berita menganggap persoalan catut-mencatut ini hal biasa yang tak perlu diributkan.

    wekz kok bagus gitu yah.. asyik dong punya jamaah dodol gitu semua
    wakakakkakaka
    ah ternyata mencatut nama orang tanpa tanggung jawab itu biasa yah
    😆


  26. oops ayo… yang normal-normal saja mas…

  27. Kodokgoreng Says:

    Saya rasa lintas berita ga mudah mendapatkan news dari berbagai media. Saya sering lihat berita berita yang unik di lintas berita dan saya harus akuin bahwa mereka memang bagus dalam kecepatannya.

    Berita biksu birma pertama kali saya dapet dari sono. Apalagi internet di indo selow gini ya pusing kalo mo buka berita 1 1 di website website. well its just my thought u guys do not have to listen broz. Apalagi

    Cheers, Kodokgoreng

  28. unai Says:

    ANto kan gede..namanya aja yang Tobil..padahal dia kekar lho hehe..*piss to

  29. dnial Says:

    Kalau mo promosi macam digg gitu bukan gitu caranya.
    Aggregator-pun harus ada ijin dari pemilik blog yang dicatut.
    Apalagi kalau dia nyari duit, harusnya ada pembagian dengan kontributor.
    Atau mas Antogirang aja yang ngamuk gara2 g kebagian…

    *kabooorrr!!!!!!*

  30. imcw Says:

    kalo menurut saya, asal masih melakukan taut ke web aslinya sih nggak masalah…

  31. adam Says:

    Sial…..saya kalah cepat, hahaha. berita ini uda di link ma orang lain

  32. adam Says:

    ow ya…1 lagi, trima kasih nama saya sudah disebutkan. Siapa tau saya ikutan ngetop!!!

  33. Resta Says:

    Udah kecil, jelek, tukang kritik pula! … hidup lagi …

  34. cK Says:

    butuh pengacara ga nto??

  35. nieznaniez Says:

    *menunggu tulisan tentang “onani di bulan Ramadhan” yang dijanjikan mas anto*

  36. Hedi Says:

    Ya…selamat datang di dunia cyber marketing 😦

  37. myresource Says:

    Saya baru mulai ngeblog nih….
    mohon bimbingannya…
    heeheh…

  38. ekowanz Says:

    wes…wes…sing penting sesuk nggowo gorengan sing akeh yoooooo

  39. telmark Says:

    kaga ada tanda2 atau apalah gitu…
    no.ip-nya kek ?

    kalau hal ini jg dianggap biasa saja, maka semakin hari, semakin biasa jg pemalsuan atau pencatutan nama atau jenis pemalsuan yg lain di dunia blogger.

  40. aRuL Says:

    maksudnya situsnya aja yang diasingkan… *bisa ngak yah… 😛 * seperti blog yang mengubah koment orang2 itu… 🙂

  41. aRuL Says:

    komentarku SPAM lagi yah???
    koq bisah??
    mmmm

  42. aRuL Says:

    weleh ternyata tidak yah….
    tapi saya bingung tadi pas saya posting koment koq ngak muncul…makanya komentar kedua muncull

    *btw ini hetrikz yah? halah ngak penting banget… 😛 *


  43. Udah kecil, jelek, tukang kritik pula!

    apakah ini suatu bentuk penyesatan umat lagi To? 😆

    tentang nyang lagi dibahas ini, kalau aku sekarang, pake strategi mending aku ngepost sendiri disitu, daripada orang lain yang ngeposting kan, biar nyang nyatut-nyatut itu gigit jari, gak punya bahan buat nambah karma yang baik lagi, tapi dikirimin karma yang buruk :mrgreen:
    *info: karma=point kalau di lintasberita*

  44. imiL Says:

    ooooo…………
    saya baru tau nih kalo anto tuh orangnya kecil dan jelek

  45. imiL Says:

    ooooo…………
    saya baru tau nih kalo anto tuh orangnya kecil dan jelek

    *kabur pake angkot*

  46. hoek Says:

    “saya baru tau nih kalo anto tuh orangnya kecil dan jelek”
    wogh!!!
    jangan menghina guru saia! ntar saia cabok kamuh!!!
    *menghadaf suhu antobilang*
    guru, maaphkan imiL guru, imiL emang suka ngawur guru..
    afakah ferlu saia ****?

  47. priyadi Says:

    yang atas bukan asli, yang ini bukan asli juga

  48. enda Says:

    bagaimana cara mengatasi komen2 palsu yah??? ini juga bukan enda

  49. hoek Says:

    yay…KELIMAX FULUHXX!!!!
    ___________________________
    SUHU? saia funya beberafa fertanyaan? saia binun mo nanya ke safa wahai suhu, pa’de google hanya memberikan link-link yang ga genah juntrungannya..argghhh……*binun dari tade nyasar molo*

  50. hoek Says:

    argghhh…..ndak isa kelimax fuluhx
    @ngliad komeng-komeng diatas…
    bener-bener ga ada kerjaan *geleng-geleng kefala*
    (lha saia sendiri..)

  51. hoek Says:

    ga bisa KELIMAX FULUHXXX…TERFAKSA HETTRIX!!!

  52. PriyayiSae Says:

    komentar soal nomor 5 :
    antobilang jelek? SALAH BESAR… sing bener tu jelek banget :)) ora nding.. PISS! :-p
    sopo sing ngomong jelek? omahe ngendi? PARANI SAIKI!

  53. bakazero Says:

    wah, baru tahu ada berita pemalsuan tingkat tinggi… hehe…
    ada-ada aja… yang sabar ya… pisss ah..


  54. […] cepet ngetof. Padahal ngetof-nya semu alias jadi sarang caci-maki blogger ganas. Tuh liat aja cara blogger aliran sesat yang nyatut identitas blogger laen atau iang mo bikin agama baru dengan njelek-njelekin agama laen. Itu kan ndak sehat […]


  55. wah, baru tau kalo Anto itu kecil dan jelek 😀

  56. imiL Says:

    weh saya ndobel lho…
    udah ngehina.. ndobel lagi….
    maap lair bathin ya Mas Anto!
    maafkan kesalahan imiL…..

    *sungkem sama Anto dibawah todongan sangkur-nya Hoek*

  57. nieznaniez Says:

    gimana mas gencatan senjatanya ??
    ahahahaaaaaaaa…

  58. siringoringo Says:

    numpang lewat…

  59. -tikabanget- Says:

    kok blom ada yang nyatut nama sayah ya?
    *lirik sana sini*

  60. iphan Says:

    *salaman dulu mas antobilang*
    artiiis bukan?!

  61. tikabanget Says:

    *memenuhi permintaan nya nenk tika
    kecil jelek item suka ngritik, idup lagi << wah kejam
    tapi lebih baik daripada, besar ganteng putih, nda suka ngritik, tapi ngga hidup

  62. anas Says:

    *ngelus dada*
    Selamet untung nggak jadi seleb
    *padahal ?????????? *

  63. anas Says:

    Emang para seleb (pakdhe Mbilung sama Pak priyadi ) kalo komen jarang login ya samapai ada yang bajak 😕

  64. anas Says:

    *ikut bantu nanggung dosa mereka yang kettrick ah*
    hettrick komen habil hettrick posting

  65. -tikabanget- Says:

    @ tikabanget palesu :
    ahhh…
    terimakasiiihhh..
    akhirnyaaa….


  66. kalau dicatut anggap saja amal jariyah…untung saya blogger biasa biasa saja yang nggak perlu di catut..salam


  67. Jangan sadar diri di sini, Nto. Malu.

    *Ditimpuk* :mrgreen:

    Hmmm……meluncur dulu ke TKP. Biar nikmat berperang di sana.

  68. anakrimba Says:

    *lengok kanan kiri biar gk ikut dicatut*

    Duh, kok sampai di dunia cyber aja masih ada si penjahatnya?
    Tukang catut nama itu:
    1. Orangnya jelek, makanya jadi gk pede.
    2. Tidak punya pendirian, lebih suka identitas orang lain
    3. Pengecut, beraninya nulis doang, coba kalo ketemu, unda kabur duluan 🙂

    *berdoa supaya komen unda gk dibaca ma DIA*

  69. aeropulsa Says:

    Lebih baik perdamain dari pada pertengkaran karena damai itu indah.setiap problem pasti ada jalan keluarnya cari tau apa penyebah utamanya. salam damai dan sejahtera..

  70. Totoks Says:

    kalau lihat dari judul postingan ini, saya jadi bertanya2 apa bener antobilang itu kecil, jelek, dan tukang kritik pula! *garuk-garuk pala* 😀


  71. […] yang paling baru sudah terjadi di Lintas Berita. Melibatkan jawara – jawara Blog WordPress macam Antobilang sampai Ndobos. (yang saya tahu sih, dari seseorang,kabarnya Lintas Berita memang agak dibawah […]

  72. -tikabanget- Says:

    @ totoks
    bener kok mas..
    sayah sudah buktikan sendiri kemaren..
    *sedia payung sebelum ditimpuk..*

  73. cemol Says:

    Wah-wah-wah pada geger.

  74. pakdha Says:

    wah wah udah ga geger lagi sekarang ?

    uda damai semua ?

    jadi mas anto pro atau kontra ama lintasberita sekarang ?


  75. […] memakan banyak tempat. Contohnya kasus pemalsuan nama Priyadi dan Ndobos yang pernah diusut oleh tobil, atau kasus mengenai Farid yang pernah diceritakan oleh Chika lewat Yahoo! Messenger. Tetapi, saya […]


  76. […] There’s no escaping it, d00d. Accept it. Banyak yang tak senang pada mereka yang kritis. Jika Anda jadi tukang kritik anonim, Anda mungkin dituduh dan difitnah. Tapi menjadi tukang kritik yang tidak anonim pun tidak lebih baik… tetap saja Anda dihina dan dianggap cari gara-gara. Bahkan seorang antobilang — yang jelas tidak anonim — pernah dibilang sebagai “udah kecil, jelek, tukang kritik pula!” […]

Tinggalkan komentar