Rp. 500,-

Maret 22, 2007

Beberapa hari yang lalu saya membeli suatu barang harganya Rp.4.500,- dan saya membayarnya dengan uang pecahan Rp 5.000,-. Tentu saja kita semua tahu berapakah uang kembalian yang akan saya terima? Ya , benar, saya akan menerima uang Rp 500,-.

Tapi alangkah kagetnya saya melihat uang yang dikembalikan oleh si ibu penjaga warung…
Sulit sekali menggambarkan ekspresi saya waktu itu…
Benar-benar satu hal yang saya ndak nyangka bakalan terjadi sama saya..

Hehe, tangan saya dengan cekatan seperti pencopet segera mengambil uang kembalian dan bergegas mengucapkan terima kasih sebagai basa-basi saja lalu pulang.
Uang yang saya dapatkan itu adalah uang lama yang ada gambar monyet. Kenapa saya begitu senang, walau sebenarnya sangat biasa. Setahu saya sih uang bergambar monyet ini adalah emisi tahun 1992 dan sudah dinyatakan tidak resmi menjadi alat tukar di Indonesia sejak tanggal 30 November 2006.

kenapa kok masih ada bersliweran di toko2? Lalu kenapa saya tetap menerima bahkan senang? Mungkin karena jumlahnya Rp 500,-, lain cerita seandainya itu pecahan Rp 100.000,- misalnya…bisa2 terjadi pertumpahan darah.

Sebenarnya sih, inti postingan saya adalah guyonan waktu saya kecil, kalau ada yang membawa uang lima ratus rupiah bergambar nyemot ini, sambil bercanda demikian;

Pura2 mengetok pintu gambar rumah di lembaran kertas :

Tok..tok..tok..permisi, si anto(bukan nama sebenarnya) ada di rumah tidak?

kemudian ada yang pura2 menjawab :

Ada..lagi main di belakang rumah, liat saja kebelakang…

Nah, tuh lagi nongkrong di pohon…

kembali ke…..pohon….

45 Responses to “Rp. 500,-”

  1. deKing Says:

    # Serius banget:

    Uang yang saya dapatkan itu adalah uang lama yang ada gambar monyet. Kenapa saya begitu senang?

    Gimana gak senang, lha wong nemu potret diri ketika masih muda 😀

    Tok..tok..tok..permisi, si anto(bukan nama sebenarnya) ada di rumah tidak?

    Ada..lagi main di belakang rumah, liat saja kebelakang

    Tuch kan? Sudah ngaku sendiri kan…
    #Rada serius:
    Kenapa uang tersebut tidak ditarik dari peredaran ya? Biasanya kalau diterbitkan uang baru kan lantas uang yang lama jadi tdk berlaku lagi dan lantas ditarik.
    Apakah karena uang tersebut adalah “uang kecil” lantas tidak diberantas sampai habis?
    Kalau begitu diskriminatif donk, masak hanya uang yang besar saja yang ditarik?
    Padahal kalau dalam konteks kemanusiaan biasanya kan “yang kecil” yang diberantas sampai habis, tetapi kenapa dalam masalah uang ini jadi terbalik ya?
    BTW kok duitnya kelihatan masih baru ya To’?

    #The last:
    “To..turun Oooiii! Jangan nongkrong di pohon terus!!!”
    kakakakakakaka

  2. cakmoki Says:

    Jaman orde baru, kalo gak salah Kirun pernah mbayol nyebutin gambar *monyet* duit ini tapi megang duit gambar “tok-tok-tok” (lurah indo jaman orba).
    Alhasil, disuruh minta maaf kepada sang penguasa negeri 😀

  3. venus Says:

    huahahaha…*ngakak baca komen deking*

    kok dia tau kalo kamu suka nangkring di pohon? atau… memang di sana lah habitat aslimu, nak? wekekeke…

  4. Lintang Says:

    Baru tau nih kalo potretnya anto tuh ada di uang 500 perak bangga banget yah 😀

    @deKing : sebenarnya sdh ada pemberitahuan kalo g salah di media cetak bhw ada bbrp uang beserta contohnya sdh ditarik dr peredaran. Bagi masyarakat yg masih memiliki uang tsb dimohon utk menukarkan di bank terdekat sampai batas waktu tertentu kl g salah sampe th brp gitu. Mungkin krn masyarakat banyak yg ga tau, jd msh bnyk yg beredar di pasaran.

  5. Aufa Says:

    Hahaha, lucu jg, baru dengar guyonannnya neh, kenapa waktu aku kecil gak pernah dengar ya, apa karena anto gak ada? si anto kemana? hi hi hi

  6. helgeduelbek Says:

    tak kirain punya hobi koleksi uang kuno … sekalinya becanda saja si om ini

  7. antobilang Says:

    # deKing
    bukan ngaku, itu kan sudah sya tulis bukan nama sebenarnya..bisa aja nama dia ariyadi..hahaha….
    begitulah kira2 di Indonesia, penyelesaian masalah ga pernah sampai tuntas.

    “To..turun Oooiii! Jangan nongkrong di pohon terus!!!”

    siapa yang nongrong? “oi deking, ayo sana! kembali ke pohon!” 😡
    hahaha…

    # cakmoki
    itu uang gambar simbah lurah sakti dari orde baru sudah ditarik belum, cak?
    untung ya saya ndak pakai guyonan pakai uang itu, bisa2 saya di somasi. wakaka

    # venus
    halah..wong ini postingan buat nyindir situ, kenapa situ ndak ngerasa tho?
    wah…ndak sensitif nih simbok!
    ayo simbok, sana kembali ke pohon!” 😡

    # Lintang
    heh! baca dulu! itu kan bukan nama sebenarnya! wah2 terpengaruh deking nih!
    betul mbak, masyarakat kita kan punya masalah komunikasi, apalagi komunikasi dengan para wakil rakyat atau pemimpin2nya!
    hahaha

    # Aufa

    kenapa waktu aku kecil gak pernah dengar ya, apa karena anto gak ada? si anto kemana?

    aaarrrgggghhhh….*ini gara2 deking, hahhaha*
    coba kalo postingan saya di atas, nama anto diganti aufahadi? bukannya saya malah dituntut pencemaran nama baik? hahaha 😆

    # pak urip
    koleksi uang kuno? wah kalau saya hobi-nya koleksi uang receh..hehehe…:lol:

  8. ..:X W O M A N:.. Says:

    Hahahahahahahhahaha 😀
    ternyata dirinya nemuin dirinya dalam kenangan

  9. Evy Says:

    hehehehehe pantesan bikin baner nyemot kagak doyan narkoba…

  10. leeloos Says:

    Uang angkatan si monyet nongkrong itu emang banyak ceritanya ya …
    Kaya uang seribuan yang gambar sisingamangaraja yang bisa dijadiin jidat Mike Tyson sama bagian setengah payudara kebawahnya Ibu Tien, terus lima puluh ribuan yang gambar pa harto (yg ini ga tau angkatan berapa :D) yang nyeritain ttg kehidupan beliau beserta keluarganya, terus .. banyak deh perasaan ^_^

  11. antobilang Says:

    # ..:X W O M A N:..
    hahaha…seneng ya???puwas???

    # bu Evy
    lah..ibu ini..ntu bukan saya bu..sumpe deh!

    # leeloos
    wah iya jadi inget…tapi susah dapetin uang2 itu lagi…
    lho kalo uang gambar bu Tien itu uang pecahan berapa mbak?hehe

  12. peyek Says:

    aku kok nggak pernah ngalami guyonan gini yah….
    pas cilik ra tau dolanan duwit! dolanane ning pohon hi..hi..

  13. grandiosa12 Says:

    hehehe.. baru tau tuh ceritanya.. *ketawa dulu ah* yo kita kembali ke po… hon..

  14. CLO Says:

    kalo tulisan ==>”Tok..tok..tok..permisi, si anto(bukan nama sebenarnya) ada di rumah tidak?”
    diganti jadi Tok..tok..tok..permisi, si anto(nama sebenarnya) ada di rumah tidak?
    nah itu khan gak pencemaran nama baek to…

    hehe puwas, pwuwasssssssssssssss

  15. manusiasuper Says:

    Anto.. Anto,…
    Mbo ya aib sendiri itu ditutupi… Jangan diobral di blog seperti ini…
    Hayo turun to, pake celana dulu..!!

  16. antobilang Says:

    # peyek
    masak ga pernah denger mas?
    wah tau gitu kata anto saya ganti jadi peyek aja…
    hahaha..yang penting sekarang pas udah gede mainannya tetep di pohon uang ya mas?

    # grandiosa12
    ayo ketawa dulu, jangan serius2 gitu ngerjain thesisnya..nyantai bro…
    ayo kembali ke thesis!

    # CLO
    *kejar CLO, ketangkep, trus sobek2 mulutnya, pasangin roket pelontar, ledakkan*
    hahaha..puwas???

    # manusiasuper
    mansup..mansup…
    itu kan nyindir kamu, masa kamu nda ngerasa sih???

  17. juliach Says:

    Aku & Ines, koleksi lembaran Rp. 500,- gambar monyet juga.
    Krn kami pecinta orang utan.

  18. masprim Says:

    Wah..kalau aku bilang sama tukang warung..”mbak duitnya gak laku lagi”, minta ganti dan uang yang lama jangan dikembaliin. bilang aja untuk jimat.. he he he.untung 2 kali khan…!
    Salam kenal dari Prim

  19. erander Says:

    Saya juga koleksi uang. Kalo ga mau, buat saya aja To 😀

  20. Dee Says:

    Tak pikir tobil, eh jebul kowe… peace to…

  21. d_s.a.l.l Says:

    aku juga suka guyonan gitu waktu kecil.persis.masa kecil kta miri kali…heheheheh 🙂 peace…lah

  22. cashper.com Says:

    LOL…kembarannya dikembalikan 🙂 ama si ibu

  23. antobilang Says:

    # juliach
    sayang orang utan di indonesia semakin punah, mbak juliach!
    Populasinya diperkirakan cuma nyisa 30.000 ekor di hutan…dan itu terus berkurang karena manusia2 serakah dan ndak berperasaan…
    salut buat kepeduliannya! salam buat ines!

    # masprim
    wah..mana ada jimat gambar monyet mas?
    salam kenal juga mas.

    # erander
    duh komentar mas tertangkap sbg spam, hehe..baru di masukin lagi nih…
    wah..ngirimnya gimana mas? file foto-nya aja mau? 😉

    # Dee
    anak munyuk niku sanes tobil lho pak dee….
    itu kowe…wakakaka….

    # d_s.a.l.l
    hehe…senengnya kalo ada yang punya cerita mirip gini..hehehe…sharing2 dong!
    salam kenal ya..ada link URL ndak?

    # cashper.com
    kembarannya siapa? weh..lha ini sudah datang…hahaha…

  24. super kecil Says:

    beruntunglah anda uangnya masi bagus
    ngga kucel
    lecek
    ra rupo
    lah ngono lah

  25. cK Says:

    mending itu gopekan disimpen. siapa tau ntar berpuluh2 tahun kedepannya kalo dijual laku 500juta!!! *orang bego mana yang mau beli*

  26. deutzy Says:

    500 bisa jd 10.000 loh to
    bos rel koleksi duit2 lama.. kemaren ini temen ada yg jual uang kertas monyet yg di foto itu seharga 10.000 dibelinya. btw rel punya yg palsunya loch heh.. bs ditangkep ga nyimpen duit palsu di dompet walaupun uda ga laku?

  27. antobilang Says:

    # super kecil
    beruntungnya itu uangnya cuma 500 mbak, kalau 50.000 saya halalkan darah si penjual itu bakalan minta ganti dunk!
    hahaha..

    # cK
    lah, sekarang udah ngga tau dimana e? lupa saya…
    mungkin di kamar kali ya…*lah mana cK ngerti, oon!*

    # deutzy
    wah boleh juga tu, aku cari lagi deh…lumayan buat koleksi.
    lah yang palsu itu hasil nge-save gambar dr blog ini trus kamu print gitu?
    *bletakk*
    btw yg palsu gambar monyet juga?

  28. cemplux Says:

    kakek saya adalah seorang kolektor uang lama, tapi sekarang dia sudah meninggal, sebelum meninggal ia memberikan koleksinya kepada saya. tapi saya tidak begitu suka dengan barang-barang kuno apalagi uang yang sudah ngak bisa kepakai. susah…. ada ide untuk membantu saya, enaknya koleksi kakekku diapainya. buat belanjapun ngak bisa, ada ide….?

  29. Ade Says:

    matauang.freehostia.com


  30. […] Menyusahkan, karena harus membayar dengan uang receh semasa bayar parkir motor masih 500 rupiah. Ngasih uang 1000 rupiah di kasih kembalian uang receh ratusan semua. Kalau ngasih uang 5000’an […]

  31. buitenzorg_nice Says:

    @ cemplux :
    koleksi uang nya mo djual-kah?
    kalo, iya…, inform ke gue yah…ke buitenzorg_stamp@yahoo.com
    thanks


  32. Temen-temen tolong kalau ada yang nyimpen uang logam Nederland-Indie atau uang coin Belanda lama bila mau dijual bilang-bilang yaaa sama Erwin, kali aja barang atau harga yang mau dijual cocok. alamat email ku erwin_hudoyono@yahoo.co.id
    oke, tq

    Erwin

  33. hoek Says:

    ah ya, guyonan lawas ini, saia jadi fengen funya duid itu lagi, nto…masi ada? tuker sini, sama pecahan 100ribu 5 lembar
    :mrgreen:

  34. raudhah Says:

    Saya ada koleksi uang coin Belanda lama,saya ingin menjualnya. Bagi yang ingin membelinya hubungi ke raudhah_hfz@yahoo.com

  35. Sutinggi Says:

    Buagus tuh
    guyonan itu ud lama banget tak terdengar telingaq
    mengingatkan aq semasa SD dulu
    sering banget temenq ngasih guyonan itu
    tp ud lama tak terdengar
    dan tak sengaja terbaca olehq.
    ada koleksi gambar pecahan uang terkecil gak
    misal 5 sen, 10 sen ato yg lebih kecil lg gitoe,,,,?
    2,5 sen…kalo ad, email ke aq yach
    tango_jawahir@yahoo.co.id.
    Thank’s…..^_*

  36. Asri Says:

    Aq ada uang nederland indie th 1820 ampe 1945, mau mau mau

  37. jim Says:

    kalau uang monyet yg thn 1991 ada ngga

  38. jim Says:

    tolong infonya ya kalau thn 1991 ada ngga ok makasi

  39. memet Says:

    bro uang 500 gambar monyetnya mau dipindahtangankan gak? saya ada urusan pribadi yang penting dengan uang itu. serius dan sangat memohon nih. kalo emang bisa tolong diemail ya di panpelsimposium@gmail.com, mendesak banget nih 😦


  40. saya ingin tanya dari kalia ada yg jual uag..Rp 500.thn 1991 aku berani beli dgn harga Rp 50.000 buat koleksih peting bagi yang serius hbgi saya 021 68885289 081317424447 valen oke

  41. kamal Says:

    saya cari uang 500 rupiah tahun 1990 bukan tahun 1992


  42. SAYA ada uang monyet gelantunga tahun 91 dan tahun 90 juga ada . 50 ribu tahun 91 juga ada. buka aja fotonya di fm saya ARI NUMISMATIK.

    hubungi 0838 672 99 555 pasti minat 🙂

  43. sauqi Says:

    saya jual uang Rp500 kertas gambar orang utan tahun 1992 ada 500 lembar harga 5000/lembar minat hub sauqi 03437800545


  44. kalau 500 tahun 1990.ada gak saya.mau beli 100 ribu/lembar..

  45. saka Says:

    saya punya uang kertas bergambar orang utan dan belakangnya rumah adat kalimantan,,tahun 1992 saya punya 3 lembar dan hanya 1 lembar yang sy mau jual buat biaya sekolah saya, ada yg sdh tawar 70 jt tp blm sy mau lepas dngn harga segitu.,,ada yg berminat hub saya 081380415130.

Tinggalkan komentar