8 Januari 2010 : Balairung

Januari 8, 2010

Siapa yang tahu, mengapa Gedung Pusat UGM dibangun menghadap ke utara dan membelakangi Keraton Yogyakarta?
#365shots
Gedung Pusat menghadap ke utara (Merapi) itu bermakna menyambut datangnya Budha. Rakyat Majapahit percaya Budha ada tiga, yaitu Budha Utara(Budha dahulu), Budha Tengah (Budha sekarang), dan Budha Selatan (Budha yang akan datang). Mereka percaya Budha datang dari utara, dan Gedung Pusat menyambut Budha. Gedung berarsitektur Indisch itu dirancang oleh arsitek Ir. Hadinagoro, pangeran dari Keraton Yogyakarta. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Ir.Soekarno pada 19 Desember 1951.

13 Responses to “8 Januari 2010 : Balairung”

  1. lindaleenk Says:

    jadi gara2 ini tadi lama banget jemput aku ????
    *merasa diduakan* [-(

  2. morishige Says:

    kabar2nya gedung pusat ini dulu bekas markas KNIL ya masbro? kata abang2 mahasiswa tua sih… CMIIW.

  3. antobilang Says:

    KNIL tu kalo gak salah cuma sampe tahun 1949 – 1950. Sedangkan pembangunan balairung ini mulai tahun 1951 (peletakan batu pertama). Mungkin diduganya karena ciri bangunan Indisch ini ya? Kalo itu sih karena waktu itu ngetrend aja gaya bangunan kek gini😛

  4. Miranti Says:

    bagus euy gedungnya. Belum pernanh main ke UGM sih jadi baru tau


  5. Ohh…. jadi begitu toh alasan Gedung Pusat UGM menghadap ke utara. Baru tahu aku.

  6. aRuL Says:

    mantap banget gedungnya, sangat bercahaya…

  7. annosmile Says:

    gak diuber ama satpam mas?

  8. goop Says:

    kalau di luar sehari satu foto masih buat postingan apa ngga, nto?
    kalau iya, mbok sejarahnya itu gedung ditulis ulang, yang lebih lengkap, ya….
    makasih banyak

  9. antobilang Says:

    @miranti : thx, mampir ke UGM kalo main ke jogja🙂
    @ kang kombor : iya kang, nuwun udah mampir sini
    @ annosmile : nggak tuh, malah pas aku moto, pak rektor lagi jalan pulang
    @ goop : siap uncle, nyiapin literatir dulu

  10. dilla Says:

    aku liat poto ini kok jadi terharu ya😥

  11. morishige Says:

    oh begitu ya masbro. oke deh…

  12. therons Says:

    wah jd inget waktu kul dulu.da pengalaman seru ma mantan pacar yang skarang jadi istriku…..banyak kenangan, kalo minggu ada pintu gerbang yang dibuka g skarang? png jalan2 ma anak istri neh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s