Empat Januari

Januari 4, 2009

Ada yang istimewa di tanggal empat bulan pertama. Empat Januari. Pada titik waktu ini, dua tahun lalu adalah pertama kalinya saya menginjakkan kaki di blogosphere. Awalnya memang masih canggung, karena memang dunia blog ini sebelumnya sangat jauh dari kehidupan saya. Saat terkoneksi ke dunia internet, yang saya lakukan adalah membuka friendster atau gooling ebook dan software bajakan.

Adalah kasus pernikahan kedua AA Gym yang mengawali ketertarikan saya terhadap dunia blog. Mulanya mencari info dengan kata kunci terkait pernikahan si AA yang menuai kontroversi di beberapa blog. Salah satu yang memikat saya adalah Blog Wadehel yang melegenda itu. Saat itu saya tertarik dengan gaya bertutur penulis blog sekaligus model interaksi orang di dunia blog lewat kolom komentar. Saya hanya melihat, ada sebuah keindahan ketika setiap orang mau berbagi pengetahuan baik itu fakta maupun opini sekaligus kemudian saling mengoreksi satu sama lain. Sangat indah. Detik itu juga, saya langsung membuat blog dengan layanan wordpress (sampai saat ini).

Blog

Sebulan pertama, saya tidak banyak menulis. Hanya empat tulisan yang saya hasilkan, walaupun tidak semuanya saya tulis sendiri bulat-bulat. Bahkan tulisan pertama, hanya sebaris, menjadi bloger one-liner. Selanjutnya comot sana-sini, kemudian saya tanggapi sedikit. Soal etika menulis di blog? tentunya saya belum memahami hal itu. Perlahan, beredar di beberapa blog lain sambil mencoba ikut memberikan tanggapan, maka saya mulai mendapatkan pencerahan bagaimana ngeblog yang sesungguhnya. Jika di awal saya memaksakan diri untuk memberi, sehingga saya harus melakukan segala cara (termasuk copy paste). Kemudian saya sadar, ngeblog itu soal keikhlasan berbagi. Kalau ada yang kita punya, ya dibagi. Kalau tidak punya apa-apa , ya sudah. Tidak perlu memaksakan diri untuk berbagi, pun jangan juga meminta untuk dibagi.

Salah satu orang yang berpengaruh bagi perkembangan blog ini adalah Kang Tajib. Saat itu saya membuatkan satu desain dari postingan Kang Tajib tentang sebuah pengumuman lowongan pekerjaan di jaman kolonial Belanda. Niatnya iseng saja sih, naskah jadoel itu saya pindahkan ke desain kertas tua ber-kop pemerintah kerajaan belanda. Dari situ, sebagai newbie, tentu saja saya menikmati berkah trackback dari seleblog sekelas Kang Tajib. Para penelusur blogpun mulai berdatangan memberikan komentar dan mengetahui keberadaan blog antobilang. Dari beberapa kunjungan itu, akhirnya saya mulai rajin menulis blog. Artinya, pengakuan keberadaan kita oleh orang lain menjadi salah satu motivasi (saya) dalam menulis. Saya tidak mengingkari, karena saat saya menulis tanpa ada tanggapan orang lain, maka saya seakan berada dalam tingkatan kebenaran tertinggi. Dengan adanya feedback dari pembaca, maka saya jadi tahu di mana letak kekurangan dari apa yang saya sampaikan.

Hadiah terbesar dalam perjalanan di dunia blog adalah teman. Segala macam jenis teman sudah pernah saya dapatkan dari blog. Sejak saya masih menjadi radikal bebas hingga berkoloni kecil-kecil. Mulai dari kasus petisi IPDN, hingga mulai menjalar ke berbagai aktivitas sosial di blog. Langkah terakhirnya adalah menceburkan diri ke komunitas CahAndong. Komunitas Bloger yang berisi bloger sableng ini kemudian sedikit-banyak memberi pengaruh pada gaya ngeblog saya. Jika dulu dikenal sebagai tukang (asal) kritik, maka perlahan saya menjadi penulis blog pengumuman. Mulai dari acara-acara CahAndong sendiri sampai pengumuman berbagai macam acara budaya di kota tercinta. Walaupun begitu, sesekali saya tetap mengisi dengan hasil pemikiran sederhana seperti awal blog ini didirikan. Bagaimanapun proses evolusi blog ini, saya menikmatinya. Entah bagaimana perkembangan blog ini ke depannya, saya akan mengisinya sepanjang saya mampu dan sempat.

Selama perjalanan dua tahun ini tentunya tak selalu sempurna dan menyenangkan. Bagi pembaca, saya memohon maaf jika ada ketidaknyamanan atas tulisan-tulisan di blog ini. Terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk membaca tulisan-tulisan saya, baik hasil pemikiran picisan maupun yang lain. Semoga, dari sedikit yang saya bagi di sini dapat bermanfaat bagi semua.

Hmm… panjang juga ya. 😛

32 Responses to “Empat Januari”

  1. mudha Says:

    kaping pisan

  2. Mbilung Says:

    selamat.
    terus menulis.
    jangan berhenti (dulu).

  3. zoneich Says:

    wah… saya juga baru mulai ngeblog nih…
    mohon petunjuknya suhu 😆
    Salam Kenal…

  4. arya Says:

    antobilang yang terkenal ini baru dua tahun ngeblog? ;))
    oya, kesimpulanku masih sama, konten blogmu makin lama kian serius 😀

  5. ngodod Says:

    tetep nulis terus, ntooo….


  6. beres kanjeng sinuhun…..tetep semangat nulis!
    *hayah*


  7. wah…antok ki iso sentimentil to 😛

    eh iya, kabare kang tajib piye ya ?

  8. Ndoro Kakung Says:

    kamu bikin lagu juga dong nto, kayak gigi dengan 11 januari.

  9. serdadu95 Says:

    Selamat Ultah nyang ke-duwa yakk. Semoga panjang umur.


  10. Lho, kok bareng sama punyake Caplang? Jangan2 ada apa2 diantara kaliyan! *tebar pitenah*

  11. jarwadi Says:

    wah ketemu saudara tua nih, anda setahun lebih tua di dunia blog, aku mulai nulis bulan feb 2008, bimbinaganya ya kakanda 😀

  12. aGoonG Says:

    Makin apik wae tulisane
    2 tahun ? Selamat !

  13. zam Says:

    ini bukan bulan apresiasi Antobilang kan?

    aku kenal (lebih tepatnya mendengar nama tenarnya) dari kasus petisi IPDN itu. dari tulisannya, saya bahkan mengira mas anto ini usinya “lebih dewasa” dari usianya. dan saya mulai kontak setelah tau dia itu (sialnya) satu kampus ma saya, dan usianya sebaya! *thanks to Simbok*

    kopdar pertama saya dengan beliaunya pun begitu berkesan, bahkan saya sempat mengabadikannya dalam postingan tersendiri.

    saya merasa menemukan rekan “seide” setelah dia gabung di CA. seorang teman yg sangat antusias dengan dunia blog.. 🙂

    keep blogging, kawan! aku kadang kangen dengan tulisan-tulisan kritis dan tajam darimu.. 🙂

  14. Bagindo Says:

    met ultah blog, bang tobil..
    saya udah lama hiatus nih..

  15. hedi Says:

    selamat.
    tulisan apapun selalu berguna, minimal buat penulisnya sendiri.
    semangat terus.

  16. arya Says:

    @zam
    podhooo
    aku kenal yo gara2 IPDN. tp kenale kok seko simbok ya? :))
    trus dr anto kenal kowe mbarang. hueehehehe

  17. aRuL Says:

    selamat berulang tahun blognya…
    wah jadi ingat awal2 wordpresser pada conference gila2an 😀

  18. Abu Fathimah Says:

    Weleh dah 2 tahun .. nggak kerasa yah mas ..?? ini tulisan keberapa mas ..?? 🙂

  19. abdee Says:

    selamat…
    dua tahun sudah mewarnai dunia blogosphere…
    saya senang baca tulisan2nya..

  20. ulan Says:

    selamat ulang tahun yang ke dua oooommm
    masih imut yak…
    *cubit cubit pipi om anto*
    *cubit cubit tangan om anto*
    *cubit cubit kaki om anto*
    *semakin membabi buta [ngintip ya nggak papa]*
    *kabur*


  21. wah… kalo saya malah udah lupa kapan pertama kali saya ngeblog.. secara,, blogs tersebut udah dihapus 😛

  22. chic Says:

    aw ternyata beberapa orang memang menggunakan awal tahun sebagai awal menulis… congrats ya Ntok… :mrgreen:

  23. AngelNdutz Says:

    4 Januari kok sama kek om caplang??jgn2……. 😀

  24. itikkecil Says:

    selamat ulang tahun buat blognya
    saya juga tertarik buat bikin blog karena terpengaruhn om wadehel…

  25. escoret Says:

    *tos ama zam dan arya*
    itu aja anto lom lulus…

    coba kalo sudah lulus…
    pasti lebih krisis..eh..KRITISS..!!!!

  26. annosmile Says:

    waduh…
    udah 2 tahun ya..
    saya malah lupa mulai ngeblog kapan…

  27. kai Says:

    asem….
    baca tulisan lu ini, g jadi pingin ngurusin blog g yg terlantar dan merana itu to….

    *menahan haru*

    jadi kapan kita sableng2an lagi?? 😀

  28. cK Says:

    kalo gak kopdar sama kamu ntok, mungkin saya gak pernah ngerasain kopdar… 😛

  29. bangaip Says:

    Selamat Ulang Tahun, Blog Antobilang. Tetap berkarya. Ditunggu setiap saat terbitan terbaru.

    Dari pelanggan setia RSS feed blog antobilang yang di wordpress

  30. indonesianpoliticsnews Says:

    Salam kenal… terus berkarya Bung.
    tetap semangat…this is nice blog, ini blognya saya link ke blog saya.

    salam blogger


  31. Lho, kok bareng sama punyake Caplang? Jangan2 ada apa2 diantara kaliyan! *tebar pitenah*

    🙂

    Selamat ulang- tahun..

Tinggalkan Balasan

