Sekaten Malam Minggu

Februari 24, 2008

Eh, tulisan ini panjang lho, ada 634 kata.
Kalo ga sempet baca, langsung aja komen : “wah, panjang juga ya…”

Dengan alasan turut serta dalam perhelatan budaya Sekaten, tadi malam kami pergi ke Alun-alun Utara. Ada saya, Zamroni, Gunawan, Funkshit dan Gandung. Menggunakan moda transportasi baru Jogjakarta, BTJ. Cukup seribu rupiah kami bisa berkeliling kota menuju Alun-alun Utara.

y.jpg

Fame yang menyusul rombongan kami, sudah lebih cepat sampai di lokasi Sekaten. Sesaat kemudian Leksa pun bergabung.

Awal masuk ke arena Sekaten, langsung mengerubungi penjual kapal-kapalan. Kapal yang dibanderol harga 5000 perak ini berbahan bakar minyak goreng. Berbagai macam warna tersedia, mau yang putih ala kapal Yacht juga ada.

Kerumunan orang yang berjubel, tak membuat kami urung keinginan menikmati berbagai hiburan rakyat. Permainan yang ada diantaranya adalah kereta mini, rumah hantu, tong stand, balon udara, atraksi lumba-lumba, ombak banyu, dan berbagai wahana permainan ala Dunia Fantasi. Harga tiket permainan hampir seragam, cukup 4000 perak kita bisa menikmati satu permainan yang kita inginkan.

Tapi, tak semua bisa kami cicipi malam tadi, selain juga karena hujan yang beberapa kali tumpah di arena Sekaten.

w.jpg

Kali pertama kami melihat atraksi nekat dari pengendara motor dalam Tong Stand. Pengendara yang berputar-putar dalam suatu silinder dengan penonton berdiri berkeliling di atasnya. Gas meraung-raung seolah memecah gendang telinga. Sesekali pengunjung bisa memberikan uang saweran kepada pengendara.

Hujan tiba-tiba tumpah, kamipun berlarian. Eh, tau-tau kami berteduh di dekat rumah hantu. Sepertinya asyik jika kami mencoba masuk ke rumah hantu tersebut. Bau kemenyan dan dupa langsung menghajar hidung kami begitu masuk ke rumah hantu. Sebelum masuk, kami sempat berfoto-foto dulu. Rute yang semula kami kira sangat panjang ternyata salah. Cuma ada 6 hantu yang tersedia di rumah hantu itu. We want more!

x.jpg

Zamroni, dengan kebiasaan gilanya malah memotret hantu-hantu tersebut. Tapi tidak berhasil, karena si hantu rupanya malu berpose di depan lensa. Saya nomor dua dari belakang. Karena Zam tertinggal jauh di belakang, saya sempat dikira anggota paling ujung, sehingga si hantu pos terakhir malah mengejar saya. Hwaaaa….lariii!!!!

Ngos-ngosan dan ketawa sampai perut kami sakit, setelah bercerita pengalaman kelucuan di dalam rumah hantu. Aneh ini, masuk rumah hantu bukannya ketakutan malah tertawa-tawa. Euh…

Selanjutnya adalah menyaksikan atraksi ombak banyu yang digerakkan oleh tenaga manusia. Hedyan tenan, benar-benar seperti balik ke jaman batu. Wahana berputar yang berisi puluhan orang itu hanya diputar dengan tenaga manusia.

Hujan yang tak kunjung reda, membuat kami hanya berpindah-pindah dari satu tenda ke tenda lainnya. Sambil menyaksikan berbagai jajanan dan dagangan khas Sekaten. Jangan pikir medan yang kami lalui ini mudah. Bayangkan saja, sudah hujan, becyek, ga ada ojyek pula. Hihihihihi.

zz.jpg

Membeli arummanis, jajanan khas anak-anak yang sering dijumpai di arena Sekaten. Beberapa diantara kami juga membeli makanan kesukaan Dian Satro, yaitu kacang rebooooos. Setelah bekal di tangan sudah cukup, kami segera membeli tiket kereta mini. Sudah ada 2 gadis menunggu kami di atas kereta. Waktu kami berfoto, ternyata eh ternyata kedua gadis itupun masuk ke dalam frame. Sayangnya tak ada yang beringas di antara kami malam itu. Sehingga tak ada lanjutan dari perkenalan singkat itu. Padahal saya yakin, keduanya sangat potensial menjadi bloger yang produktif. Halah.

Setelah turun dari kereta, kami membeli kue bolang-baling dan tahu goreng khas Sekaten. Lalu kami beristirahat di sebuah angkringan dan mengisi perut kami dengan makanan yang tersedia. Dari nasi kucing sampai mir goreng kami bantai beramai-ramai. Hal ini dimaksudkan untuk bekal perjalanan kami selanjutnya.

Yak, sekarang sampailah kepada saat-saat yang berbahagia itu. Kami berjalan kaki dari Alun-alun utara kembali ke daerah Bunderan UGM. Untung saja sepanjang jalan kami tertawa-tawa, jadinya jarak yang cukup bisa membuat kaki gempor itu terlalui dengan singkat. Di jalan, kami juga sempat berpose di Tugu serta foto bersama pak Wibawa yang terkenal ituh.

z.jpg

Sekitar satu jam perjalanan kami lalui akhirnya sampai juga di daerah Sagan. Separuh malam yang masih tersisa, kami habiskan di kantor Kang Gandung. Ada yang bermain internet dan mengedit wiki, mengerjai seorang kawan di YM, browsing kompas.com, ada yang ngobrol, ada yang tidur ayam, dan ada yang tidur beneran.

Ketololan itupun harus segera disudahi. Huwaaa, sekarang waktunya tidur!

50 Responses to “Sekaten Malam Minggu”

  1. cK Says:

    wah, panjang juga ya…™

  2. cK Says:

    btw itu hantunya beneran nto??😕

  3. annots Says:

    Pak wibawa itu, pak pol yang tak pernah lelah mengamati perempatan gramed itu ya to?


  4. Beli baju bekas impor nggak tok?

  5. antobilang Says:

    @ chika : hantunya beneran.. beneran lucu…
    @ annots : betul, dia itulah sosok polisi sejati…
    @ momon : mau beli cewek impor bekas nggak ada e mon…

  6. Sandal Says:

    Wah, menarik juga ya..

  7. antobilang Says:

    Kaploki sandal pake HDD!


  8. Wedeh, marai kangen bali nang Jogja. Huhuhu… **nangis sesenggukan nang andhing kulkas**

  9. mas guanteng Says:

    anto takut hantu? mosok hantu takut hantu?😛

  10. paramarta Says:

    yang menarik itu obyek makanannya… cewek termasuk …hehehe

    salam,
    agung paramarta


  11. Nggaya bener Antobilang nggak mau beli baju bekas impor, lha jendralnya dia aja (Tika) pernah borong sampai 10 biji.


  12. Lhoo Ndoro Kakung kok Gravatare Sarah?

  13. sarah Says:

    Eh, di jogja udah sekatenan lagi yaa, heran di jogja 4th tapi belom pernah nyobain kesana.😕
    Kaya’nya seru juga yaa… sampe kpn itu sekatenan nya?
    Heh..foto diatas yg komen itu kq ?? *bingung mode on*:roll:

  14. zam Says:

    hwakakaak..

    isih kelingan hantune..

    :))

  15. MaNongAn Says:

    udah hujyan, becyek, gak ada ojyek …… akhirnya pulangpun jyalan kakyi …. *pijet² sikil*

    .::he509x™::.

  16. manusiasuper Says:

    Wah, pendek kok…

    Kenapa saya dulu ga diajak foto-foto bareng Pak Wibawa???

  17. stey Says:

    moral of the story :ujhan ujhan bechek-bechek, gawa adwa ojhek..??

  18. yati Says:

    huh…kalian! jadi pengen ikut tolol😦

    *to…maap ya….foto kamu di banner itu…aduh…bikin mules😦

  19. antobilang Says:

    @ -=«GoenRock®»=- : lha, kalo kangen ayo nang jogja! kami tunggu dengan ketololan kami

    @ mas guanteng : lebih takut lagi kalo liat sampeyan.. hihihi

    @ paramarta : loh, cewek tuh obyek ya?😕

    @ hermansaksono : lah, kan udah dapet bagian pas jendral beli 10…

    @ -=«GoenRock®»=- : obsesi mas, obsesi…

    @ sarah : masih lama, ayo kesini!

    @ zam : endi fotone gendruwo sing isinan?

    @ MaNongAn : hooh, chinchaw bo…

    @ manusiasuper : ya kamu ksini lagi aja…

    @ stey : yaiks, kemana aja lu mooon…

    @ yati : hayo, mari tolol berjamaah! *tabok yati pake header foto*

  20. arya Says:

    wah panjang bikin ngiler juga ya….
    aku mau sekaten dipindah ke jakarta!

  21. Jiwa Musik Says:

    lho tong setan kini namanya dah ganti jadi tong stand to?😮
    atraksi motor di bola dunia (?) masih ada ga? How about Oriental Circus? ndangdut2 ndesit, norak & katrok poll masih ada ga ya? trus trus…

    subhanallah… aku pengin mudik!😦
    Bune………………………😥😥

  22. antobilang Says:

    @ arya : waakakakaka, jancukarta ki cen njelehi..
    @ jiwa musik : kan ”tong setan” itu plesetan dari ”tong stand”😛

  23. regsa Says:

    masih ada orang yang jual obat sambil ngedubus ndak ?

  24. ekowanz Says:

    wah keren juga ya :p

    *asyeem ngerjain aq yo…gara2 br tdr jam 4,test jam 8 ga pake mandi :p *

  25. Zan Says:

    Masih tidur juga…. dah subuh nie… bangun.

  26. fahmi! Says:

    wah, panjang juga ya…😀

  27. fahmi! Says:

    eh btw hantunya yg mana? yg pake topi itu?

  28. yanworks Says:

    we want foto hantu! mana2?

  29. balibul Says:

    pesenan ku kapal otok2 mbok tukoke ora tok?

    :((

  30. chic Says:

    weeeew… terakhir liat sekaten 7 tahun yang lalu, tepat sebelum saya meninggalkan Jogja… huhuhuhu salah satu alasan kenapa saya kangen Jogja…
    Tapi serius nih jalan kaki dari alun-alun lor itu ke bunderan UGM? jauh gilaaaaaaaa…! rute nya lewat mana tuh?:P

  31. det Says:

    wah panjang juga ya…

    *ngitutin saran di atas*

  32. leksa Says:

    Sayang Zam ga jadi dangdutan ama Mbak seksi ituh .. padahal mau tak pajang di blog potonya klao jadi ….

  33. funkshit Says:

    poto penyanyi dangdutnya ngga ada .. . .
    tok.. kapal tok otok nya bisa jalan ngga tho ?

    oiya lapor.. ternyata setelah ditelusuri kembali.. suara saya ternyata ketingalan di tempatnya pak wibawa.. skrg suara saya sudah kembali

  34. Goenawan Lee Says:

    Kalo bisa basa Jawa saya mau dandutan sama mbak seksih ituh…😆

    Flickrkan!
    Picasakan!

  35. Andri A Says:

    Panjang si, tapi menarik banget…

  36. sash Says:

    wew! kq kita gak ketemu yah? hmmm….

  37. otakiphan Says:

    aku ndak di ajak… *masuk kamar, kunci pintu*

    hwehwehwe

  38. dobelden Says:

    wah iya nih taun ini belum ngincipi sekaten

    ra di sun lumba2 sisan bos?😆

  39. escoret Says:

    wekzzzz……SORRY,GA BISA IKUT MON..!!!!!

  40. Mas Kopdang Says:

    Pengen kalo sudah berkeluarga, apa masih ngguyub?😉


  41. tahun lalu sempat nonton sekatenan, mampir juga liat tongsetan dan makan sate gajihnya..
    sebuah pesta rakyat yang mempesona dan mustahil ditemukan di Jakarta.

  42. hanggadamai Says:

    panjang buanget
    *langsung scroll ke bawah*
    yg penting komen :p

  43. alle Says:

    Lha.. ‘kemana aja lu mon?’ Baru ke sekatenan.. Haha

    Klo ke sekaten paling demen liat aksi free style ‘penggerak’ ombak banyu..edan,bisa patah pinggang tuh org2 muterin maenan itu

  44. Hoen Says:

    antobilang
    Februari 24, 2008 di 12:39 pm
    Kaploki sandal pake HDD!

    https://antobilang.wordpress.com/2008/02/24/sekaten-malam-minggu/#comment-20000
    Curang, komen no 20000 diambil sendiri!😮

  45. antobilang Says:

    loh, aku malah ga nyadar tuh?😛
    itu kali ya yang disebut orang keren…😎

  46. wennyaulia Says:

    “wah, panjang juga ya…”:mrgreen:

    komen dulu, baca belakangan…

  47. Nazieb Says:

    Lha dalah… busway cuma 1000??

    *menangis hina

  48. Jiwa Musik Says:

    @antobilang: terimakasih atas responnya. maklumlah, sudah sejak sebelum sultane ganti gak pernah nonton sekaten


  49. hahahahahahaa…..

    *ntah knp kl baca posingan ttg cah andong musti pegang perut, agak membungkuk, keluar air mata dan setelahnya berseri2 lega sekali*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s