Live Report : Bloger Bekisar

Januari 27, 2008

Sesaat setelah menekan tombol publish, saya mungkin sudah dalam perjalanan berkumpul dengan teman-teman di Bloger Bekisar. Hehehehe.

Disclaimer : foto diupdate

Benteng Vredeburg, pagi ini penuh dengan lautan manusia. Memang tidak semua tahu event Bloger Bekisar, tapi setidaknya ini bisa dianggap sebagai penyemangat kami yang akan berangkat ke penghujung selatan pulau jawa. Hahahaha. Sambil menunggu teman yang lain, tak lupa pose narsis bin memalukan kami tunaikan.

bekisardonk1.jpg

Meskipun diwarnai insiden saling tunggu-menunggu, akhirnya terkumpul bala tentara sejumlah 30 orang. kami besiap ke lokasi setelah menitipkan beberapa kendaraan di kantor kecamatan mantrijeron. Pasukan menuju Pandan Sari dengan menggunakan kendaraan bus dan motor, tak sampai satu jam kami sudah di lokasi. Di lokasi sudah menunggu teman-teman dari gudeg.net dan cahandong yang lainnya. Sementara sambil mengendurkan otot karena perjalanan darat, kami pun langsung menyerbu pantai, sambil melihat-lihat calon medan yang akan kami basmi sampahnya. Halah.

Dua hari sebelum pelaksanaan acara ini, beberapa diantara kami yaitu zam, gunawan, leksa dan ekowanz juga melakukan survey pendahuluan ke lokasi untuk melihat kondisi sampah. Ada perbedaan cukup mencolok dengan kondisi 5 januari 2008, waktu itu pantai lebih bersih! Sempat kami khawatir kalau para sampah mendengar akan ada serbuan bloger ke Pandan Sari, sehingga tak ada yang berani menunjukkan batang hidungnya hari ini. Ternyata, saat 30 bloger ini datang pantaipun lebih kotor daripada saat survey hari Jumat. Hihihihi.

 

bekisardonk2.jpg

Setelah berkoordinasi dan membagi area kerja pembersihan, kami segera mempersiapkan peralatan berupa sarung tangan, kantong sampah plastik, perlengkapan penghalang panas, dan tak lupa senjata andalan panglima tian feng. Beberapa kelompok dibagi ke arah barat mercusuar dan sisanya ke bagian timur mercusuar. Tanpa pengulangan aba-aba, pasukan langsung merangsek ke wilayah pinggir pantai yang memang sudah sangat kotor.

Sampah terdiri dari jenis yang sebenarnya mudah terurai seperti pelepah kayu, rumput perdu dan potongan kayu. Sedangkah jenis sampah lainnya adalah segala hal yang terbuat dari plastik dan karet. Untuk jenis sampah terakhir ini memang paling banyak dijumpai tersangkut di rerumputan pinggir pantai. Daun tajam dari rerumputan itu cukup mengganggu, seakan tak rela sampah itu kami renggut.

Berbagai penemuan istimewa kami kumpulkan dari acara bersih-bersih ini. Sampah paling dominan yang kami pungut adalah jenis plastik. Entah itu berupa bungkus shampoo, sabun mandi, deterjen, mie goreng, dan pasta gigi.

sandal1.jpg

Dan, yang cukup fenomenal adalah penemuan sandal yang berlimpah ruah. Dari penemuan ini sudah pantaslah bisa diresmikan kata mutiara “sesungguhnya semua sandal itu adalah sampah”. Hehehehe.

NGIIIIIIIING *suasana senyap karena kami hanyut dalam sampah yang dipunguti masing-masing. Tak banyak yang mengobrol, karena menghemat energi dibawah terik matahari*

Sisi barat dan timur mecusuar terlihat sudah lebih bersih, meski masih banyak sampah yag tidak terangkut oleh plastik kami. Terutama jenis sampah pelepah kayu, rumput perdu dan potongan kayu. Mungkin sebagai poin untuk kegiatan serupa di masa yang akan datang, adalah perlunya alat khusus untuk mengangkut sampah jenis ini. Sedangkan untuk sampah plastik dkk sudah terangkut dalam kantong plastik kami.

Sekitar pukul 1 siang kamipun menghentikan aktivitas dan beristirahat di bawah pepohonan di pinggir pantai. Dengan camilan jajan pasar (lupis, gethuk, ketan), kacang dan sahabatnya kamipun mengobrol. Karena sebenarnya inti acara ini adalah kopdar di pantai 👿 tentunya sekaligus perkenalan dengan para blogger Jogjakarta yang sebenarnya berjumlah cukup banyak. Bukan hanya gunawan dan leksa, serta leksa dan gunawan saja. Benar saja, event Bekisar ini cukup ‘manjur’ jadi penarik para bloger Jogjakarta untuk menampakkan diri. Seorang tamu istimewa puh datang jauh-jauh dari Bandung, utusan Batagor.net, yaitu kang herry si Rumahkayubekas.

bekisardonk3.jpg

Setelah menunaikan sholat dan beristirahat tiduran dibawah semak-semak dan pepohonan perdu, kami menikmati makan siang hasil kebaikan mas Veta dan keluarga. Hal ini karena mas Veta memang berumah di dekat lokasi pantai, sehingga sebagai tuan rumah yang baik budi dan tidak sombong pastinya ingin menyediakan yang terbaik bagi para tamunya yang kurang ajar dan tak tahu diri ini. Bukan begitu, mas?

Cukup sia-sia asupan energi makan siang ini, yang seharusnya dilampiaskan dengan bersih-bersih. Namun karena tak ada pelampiasan, maka beberapa diantara kami tiduran dan leyeh-leyeh. Sebenarnya jika suruh bersihin pantai satu ronde lagi kami masih sanggup 😳 kok. Sebagai dokumentasi, kamipun menuliskan alamat blog masing-masing di sebuah potongan kertas kardus. Dan setelah memasukkan kantong sampah ke dalam bus, untuk dibuang ke TPS Palbapang Bantul, kami pun kembali ke Jogjakarta.

Dan malam ini? Kami akan ngangkring bersama Kang Herry sambil menunggu keberangkatan kereta beliau kembali ke Bandung. Jadi buat yang akan bergabung bisa menghubungi saya. Hihihihi.

Iklan

87 Responses to “Live Report : Bloger Bekisar”

  1. nico Says:

    oii… tadinya mau duluan eh rupanya kowe to seng duluan posting

  2. nico Says:

    saya juga ada live report di http://nicowijaya.blogspot.com/
    langsung saat acara*kalo ada sinyal dsana:D* kyknya sih ada, kemaren di pantai depok masih dapet.

  3. nico Says:

    tunggu saya, sedang meluncur ke bilangan malioboro….


  4. Lha, mana reportna???

  5. Anang Says:

    mana lanjutannya

  6. arya Says:

    tanpa skrinsot adalah bambang

  7. Dee Says:

    sekalian nglarung mbah harto dab. maksude nglarung donga

  8. Ina Says:

    *menunggu lanjutannya*

  9. Sarah Says:

    Cayoo..cayo..
    Report lanjutan dunk..

  10. danalingga Says:

    ditunggu oleh-olehnya. 😀

  11. antobilang Says:

    sedang dalam penulisan report… hayah…

  12. Funkshit Says:

    langusng nulis .. ga kesel pow ??
    nduwe wudel hora je ??

  13. antobilang Says:

    koe yo langsung komen kok.. hihihihi

  14. sandal Says:

    Wah mutilasi ayat itu!
    Harusnya “sesungguhnya semua sandal itu adalah sampah, melainkan satu yang bersinar terang di langit timur”.

    Pengen blogmu bernasib seperti pabrikkertas.890m.com apa??

    *kabooor!*

  15. Alle Says:

    Hai sarah,. Koq gak ikutan sih
    😉 halah..

  16. cK Says:

    arya pasti nangis ngeliat postingan ini. dia khan lagi kangen jogja.. 😀

  17. goop Says:

    saya yang mana… 😀

  18. Ina Says:

    wah…seru…seru..!! sampai ada utusan dr bandung Kang Herry yg datang secara khusus.

    *ajungkan semua jempol*

  19. Citra Dewi Says:

    Mas Anto,

    Apakah tujuannya Berkisar kali ini berhasil?
    Setelah dievaluatie apakah akan ada langkah2 baru utk preventief di masa yg akan datang?
    Soalnya masalah ini rasanya ngga mungkin dalam sekali saja akan terselesaikan. Butuh kerjasama yg baik antara warga, instansi, pecinta lingkungan hidup dsb..dsb.

  20. Fa Says:

    selamat yaaaaa… acaranya sukses luar biasa
    *memandang penuh keirian*
    😦

  21. danalingga Says:

    Mantav dan sering sering aja. Semoga pantai pun akan tersenyum lagi.

  22. tianhapsari Says:

    wii,itu ada poto saya ya Mas!duh,kliatan bgt obsesi sbg ‘pasukan kuning’! 😀


  23. setuju, nto. “semua sandal adalah sampah”. apalagi setelah yang dia lakukan pada pabrik kertas itu, hahaha … 😀

  24. hedi Says:

    manztab…kapan makan2 Tho?

  25. almascatie Says:

    banyak sampah………………..

  26. morishige Says:

    ah, aku ra iso melu kemarin…

  27. morishige Says:

    paman. bikin acara bloger jogja mengamplas, yuk?
    bloger jogja mejeng di ambarrukmo plaza.. hehehe…

  28. dobelden Says:

    kenapa gak bisa komen..

    ini percobaan ketiga kali 😦

  29. dobelden Says:

    yaks.. akhirnya bisa komen 👿

  30. annots Says:

    btw, pak harto meninggal bukan karena kita bersih2 disana kan To?

  31. dobelden Says:

    di share dong fotonya mas anto.. mo saya koleksi :malu:


  32. […] Future Issues Live Report : Bloger BekisarArmada Bus BekisarKenapa […]


  33. Ribu2 makasih Mas Anto…
    Asik2 banget acaranya,
    Walau puanasnya minta ampun en sedikit telat makan, tapi asik banget koq,
    Utamanya karena penerimaan Mas Anto dan temen2 yang hehe begitu bersahabat sekali,
    So pasti ngga kapok deh,
    Semoga bekisar berlanjut dengan program2nya yang nyambung dan lebih meluas lagi,
    Trims juga buat ngangkring barengnya.
    Suer asik2 juga,
    Semoga juga ngga kapok dengan kedatangan saya,
    Sekali lagi trims banget, en undangan ke Bandungnya berlaku untuk kapan saja,
    Salam,


  34. Akhirnya bisa juga komen,setelah ta’ coba sejak pagi tadi,


  35. […] yg di forum yaks tp ndak apa2 lah biar saru seru Klo pak perdana menteri bekisar udah langsung posting  begitu sampe di Jogjakarta, sialnya saya ndak bisa komen, saya baru bisa posting hari ini karena […]

  36. amru Says:

    hehehe…. wah kok bekisar-nya malah jadi kopdar kronologger, ;))

  37. tuinggg Says:

    weleh weleh… ternyata dah banyak yg komen.
    hiks, daku pulang keujanan, and paginya dapet oleh2 filex plus idung mampetttt 😦
    but no problemo, apalah artinya pilek sehari dibanding dapet kawan sehari. glad 2 meet u all…

  38. Nazieb Says:

    Ah, kopdar di pantai yah?
    😦 pengen…


  39. loh, penemuan fenomenal BH ndak kamu ceritain tok?

  40. tuinggg Says:

    komen lagi 😀
    screen-syut nya kok cuilikkk ya. gak iso di zoom..
    btw, pada ngangkring sampe jam brp tuh?

  41. detnot Says:

    saya gk dapet makan siyang :((

  42. tuinggg Says:

    eehh… komen lagih. (maap ini bukan spam loh :D)
    btw, kmaren pas makan siang, daku denger mas anto nyeletuk… “haduh, sepanduk bekisarku” (melas :d). ya maap, ga ada tiker, spanduk pun jadi. xixixi..

  43. dobelden Says:

    hahaha.. laris manis nih postingane ..
    sayang fotonya sithik 😦

  44. the Blackman Says:

    selamat, sukses…

  45. escoret Says:

    pkbrmu to..????

  46. tukangkopi Says:

    leksa dan Gun..Gun dan Leksa…Hmm..Ijal bertambah parah rupanya.. 😆

  47. funkshit Says:

    baru liat ada sandal disini. . .
    pasti ada banyak lagi poto sandal di hardisknya tobil
    seperti nya ada yang harus dirayakan nich ..
    hihihihihih


  48. saya bakal tulis dr sisi lain…..sisi psikologisnya bekisar kemaren…udah saya observasi semuanya, dan saya udah tahu tentang kalian….. MWAHAHAHAHA !!!! *ketawa jahat a la penjahat2 sinetron*

  49. dobelden Says:

    @Mbak memet

    begini ini klo jadi korban sinetron 👿

    *kaborr*


  50. @ funkshit :

    eh eh, kok aku ketinggalan. jd ada yg jadian ni, hbs dr pantai kemaren ??? oh so sweeeeeeeeet !!!
    sapa ??? anto sama sandal ??? lho bukannya sandal diam2 ada hati ma kamu, mas ari ???

    @ kang deden :

    hwahahahaha……ough, glep, gluk *keselek sampah pantai*
    gimana kang ??? any complain soal hidangan kemaren???

  51. cempluk Says:

    alhamdulillah,, kesadaran lingkungan kembali ada pada jiwa2 blogger…

    sip !!! mantap !!!

  52. omith Says:

    siP..koe oleh opo pas dipantai..?/

    hihi

  53. rifqi Says:

    poto2nya mana uyah? di aplot lagi dong.. 😀

  54. fajarkucerah Says:

    mang anto nuhun ya…
    wah menyenangkan bersama kalian
    walopun belum prnah knal tapi semua langsung nyambooong….

    ayo nongkrong lagi…
    yang mengamplas boleh juga…

    @mba memed…even an angel needs rest huh?jangan observasi sepihak dooong…


  55. huh! nama saya sama sekali tidak disebut!

    tidak bisa dimaafkan!

  56. nico Says:

    @restlessangel: ternyata memed(pake d ato t sih?) telah mekukan observasi kepada kita2. *geleng2 kepala:D*


  57. selamat ya…..
    ayo motori perubahan! hidup blogger indonesia

  58. Goenawan Lee Says:

    leksa dan Gun..Gun dan Leksa…Hmm..Ijal bertambah parah rupanya..

    Bukan hanya gunawan dan leksa, serta leksa dan gunawan saja.

    Apa ini…apa ini… 👿 *perotes*

  59. leksa Says:

    Mrs. Fortynine on Januari 28, 2008

    huh! nama saya sama sekali tidak disebut!

    tidak bisa dimaafkan!

    Lhaaaa….
    kamu kan ga ada di acara Bekisar siwii 😀

    kamu adanya di acara “BEKICOD” = Bersih2 Sekitar Kali Code” huahahaha …


  60. eh usulku kemaren serius lho.
    krn perubahan tak cukup hanya dg sekali contoh. apalgi kl gaungnya lirih. tujuan kita adl membangkitkan kesadaran. itu dulu. ga usah muluk2 sape perubahan perilaku. cukup, sampe kognitifnya dulu yg kita sentuh. sapa ??? tentu saja bukan blogger, krn blogger yg saya lihat kmrn, kesadarannya cukup tingi. lha tru sapa ?? MASYARAKAT.

    so, kembali ke usul, mari kita bikin spanduk ato plakat sederhana a la anak2 KKN -dana seadanya di iguhke, kata orang jawa- yg menghimbau pengunjung dan pemilik warung -khususnya- dan masyarakat -umumnya- utk menjaga kebersihan. kmrn dr apa yg terlhat, ga ada himbauan sama sekali.
    dan kita tahu, org indonesia bukan indv yg abstrak. so mari kita permudah dg diberi foto, contoh pantai pandansari yg indah nan bersih.
    oke ??? sip !!!!

  61. leksa Says:

    @mbak Med :
    udah di siapin mbak,… 😀
    kalo ga juga jd nanti,
    seret Anto ke “PENDOPO CAFE” buat di sidang :p
    *ihihihihih

  62. MaNongAn Says:

    /me set mode +K (Kesel) style [ON]

    .::he509x™::.

  63. arya Says:

    kampret, rame jugak…
    wah sebel ngene iki lagi ono rame2 ng jogja malah aku terdampar di cagkarta

  64. kombor Says:

    Oalah… ada to mercusuar di sana? Aku kok nggak pernah tahu.

  65. zam Says:

    pamer doank, saya di tempatnya pakde Mbilung di Bogor..

    *bajak treat*

    besok nduren.. 😀

  66. oom Says:

    salud dah acara sukses besar 🙂

  67. restlessangel Says:

    @ leksa :

    diseret trus diapain ??? disuruh masuk ke gay-bar ????hehehhee….. *becanda lo, sayang*

  68. pengki Says:

    efek samping dari acara ini sepertinya sudah mulai keliatan.
    ayo, siapa yang mau jadiin saya sebagai secret admirer. masa cuma mbak memed aja yang berani nunjukin ke leksa.

    * kabur sebelum dihajar satu kampung *

  69. fajarkucerah Says:

    sepertinya bung anto harus mendinginkan suasana sepertinya banyak sekali teman2 yang ingin dijodohkan tapi masi malu2… 😀 :(|)

    *kedip mata*

  70. didut Says:

    selamat sudah selesai 😀

  71. tuinggg Says:

    ga ada yg nyaut:( serasa terdampar di planet non tata surya. hikssss

  72. ekowanz Says:

    heh si zam kok bisa2nya pesta duren 😮 lempar ke jogja doooooooooooooooonk…

  73. denbagus Says:

    numpang lewat………

  74. dobelden Says:

    @ kang deden :

    hwahahahaha……ough, glep, gluk *keselek sampah pantai*
    gimana kang ??? any complain soal hidangan kemaren???

    @mbak memeth
    hidangannya enyak2…. 😀

  75. dobelden Says:

    lha blockquote ku ndak berlaku 😦

  76. dobelden Says:

    @mas eko

    pantes minggat duluan dari pandansari 👿

  77. fajarkucerah Says:

    @restlessangel
    jajanan pasar lagi??yang lain dong..

    ;);)

  78. temukonco Says:

    udah naik di http://www.gudeg.net tuw.. sori baru sempet upload berita.. wingi dho layat pak harto je… 😀

  79. Leksa Says:

    @tuingg :
    disini tuh bukannya ga nyahut, tapi karena “fast reading koment” semua…. wew..

    tapi aku nyahut lho, mbak
    kedip mata, tuing2 tuing…

  80. crizosaiii Says:

    Yes… I was there-in bloger bekisar!

    gilee.. sebagian besar bloger pada ngegosip!
    tapi gosipnya gak keren! si saiful Jamil dan Dewi Perssik!

    huuu.. 😀

  81. Supermoto Says:

    Kapan-kapan saya ikut deh….ngeramein.
    Sekalian mengunjungi anak-anak IMTY dan HTML Yogya.


  82. […] Live Report : Bloger Bekisar […]


  83. […] berinteraksi bersama rekan-rekan bloger yang biasanya “nyampah” di dunia maya, untuk “bersih-bersih” di dunia […]


  84. […] tgl 27 januari hari minggu, Batagor berkenan mengirim duta ter(Aki2nya) ke jogja dulu, Entah kenapa koq yang diutus yang tua gitu, Barangkali sayang kalau yang muda2 terlebih- […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s