Kenapa Bekisar?

Januari 22, 2008

Postingan ini (juga) masih dalam rangka menyambut event Bloger Bekisar!

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana nama kegiatan ini bisa tercetus demikian. Apa hubungannya antara Bloger dan Ayam bekisar.

Nama kegiatan yang bertajuk “Bloger Bekisar” merupakan produk dari pabrik kata-kata Annots. Memiliki keterangan lengkap yaitu “Bloger Bersih-Bersih di Sekitar Mercusuar”. Spontanitas bloger keturunan Ratu Boko itu tidak diragukan lagi. Kemahirannya memunculkan istilah parodi dan idiom cukup mengagumkan. Lihat saja event Blonjo Kupat (Blogernya Jogja Ngaku Lepat) yang kami adakan untuk halal-bihalal sekaligus bersamaan dengan Pesta Bloger 2007, itupun juga hasil karya otak-atik dari pabrik kata-kata Annots.
Si pembuat kata-kata itu sempat melontarkan bahwa Jogja dulunya juga merupakan hutan, atau alas. Namanya alas mendaok. Dan ayam bekisar ini seperti kita ketahui merupakan ayam hasil persilangan antara ayam hutan (jantan) dan ayam kampus kampung (betina). Kata bekisar ini yang kemudian diadopsi dan dijadikan singkatan dari acara Bersih-bersih di sekitar Mercusuar.
Kalau mau menilik sejarah, pastinya memang benar apa yang dikatakan oleh mas annots, bahwa jogja dalam pembentukannya dahulu kala merupakan sebuah alas (hutan). Adalah Raja Pajang yang memberi hadiah Alas Mentaok kepada Ki Ageng Pemanahan atas jasanya mengalahkan musuh kerajaan Pajang, yaitu Arya Penangsang. Dari hutan di alas Mentaok inilah kemudian berdiri kerajaan Mataram Islam Kuno pada tahun 1575 dengan rakyatnya yang disebut ‘mentawisan’.
Sebuah kata-kata bagus dan bermakna pastinya, terima kasih bung annots. Semoga nama Bloger Bekisar yang saudara cetuskan mampu memberikan manfaat yang baik. Berawal dari hutan Mentaok, terlahirlah bloger peduli lingkungan yang mampu membuat harum nama Jogjakarta. Hayah.
Selamat bekisar!

30 Responses to “Kenapa Bekisar?”

  1. Dee Says:

    Aryo Penangsang atau Arya Perangsang sih yang bener?

  2. mbahatemo Says:

    owhh.. sampeyan dari Alas Mentaok to mas..😀

  3. Nazieb Says:

    Ini bersih-bersih pantai apa bersih-bersih alas sih?😕

  4. Araw Says:

    hehehehehe… gitu aja kok repot (Kata Gus Pur)

  5. Evy Says:

    anto..anto sejak kapan jadi pedagang ayam, aku kok ndak ditawani? ada ayam kampung ndak?

  6. annots Says:

    jadi yang bener saya ini keturunan ratu boko, atau keturunan tarzan si raja hutan? *mejeng didepan anto pake TOGA ala doyoker :p*

  7. funkshit Says:

    @atas
    antobilang bisnis ayam kampus.. bukan ayam kampung .

    wah annot jadi menteri penerangan nich di kasultanan ndoyokkarto

  8. tonick Says:

    “wah annot jadi menteri penerangan nich di kasultanan ndoyokkarto”

    Lho…Departemen Penerangan di buka lagi toh ternyata?
    Ayam Kampus sak iket berapa Nto?

  9. cK Says:

    nunggu laporan bekisarnya deh…

  10. starboard™ Says:

    Oooalah begitu to awalan nya.

    Nunggu foto-foto nya😀

  11. annots Says:

    @funkshit
    kalo saya menteri penerangan, bagemana kalo kamu saya usulkan jadi menteri penggelapan?

  12. paydjo Says:

    sementara masang badge dulu, gag tau bisa dateng apa gag😀

  13. mr.bambang Says:

    Jogja, Memang tempat blogger berhati nyaman

  14. andi bagus Says:

    sukses buat bekisar..

  15. Hoek Soegirang Says:

    hooo? ada sejarahna juga tho…
    wele-wele
    jadi fengen ikodh…

  16. leksa Says:

    AGENDA SELANJUTNYA :
    Bersih-bersih Alas!!

    Jogja yang masih Hutan belah mana, Nto??😐

  17. brainstorm Says:

    *naruh karangan bunga*

    selamat dan sukses!!

  18. kai Says:

    to kasi tau t4 kmpul, jam brengki ama sapa aja yg ikut..😛
    sms aja ya…😀

  19. nico Says:

    gak seharian gapapa kan?

  20. antobilang Says:

    @ sandal :
    sakkarepmu kang, arep pertamax peng sepuluh yo oleh kok, asal sarahkan eh serahkan upeti 16GB mu!!👿

    @ Dee :
    jadi menurut sampeyan, arya perdhana kui merangsang yoh?

    @ mbahatemo :
    halah, sampeyan juga iya tho! heheheh

    @ Nazieb :
    nah itu, aku juga bingung nih😕

    @ Araw :
    lho bukannya Gus Dur?

    @ Evy :
    saya cuma sedia ayam kampus, bu..😛

    @ annots :
    lha mbuh, kok tanya saya? wong di tulisan atas itu saya ngawur kok, sambil mendem ciuman marsha timothy soale😛

    @ funkshit :
    ganti panggilan annots jadi harmoko aja..

    @ annots :
    nah kan, pabrik kata2nya dah beraksi😛

    @ om paydjo :
    makasih om, ditunggu kedatangannya, seklaian kupdar kita..

    @ mrbambang :
    hayo mas ke jogja!

    @ hoek :
    ayo ke jogja, kan cuma 4 jam dari purwokerto..

    @ leksa :
    ya sudah, mari kita cari hutan di jogja.. ihihihi

  21. Goenawan Lee Says:

    *ngakak liat komen oom funkshit dan oom annots*😆

  22. asbindro Says:

    eh bekisar masih jadi trend ya?

  23. Sayap KU Says:

    cuma bengong … sambil ngayal bisa ke yogya dan dijemput om anto di stasiun🙂

    -Ade-

  24. Sarah Says:

    Heh..aku di jakarta yaa.
    kirim doa ajaboleh.. Moga sukses bersihbersih nya..


  25. selamat bersih2….
    semoga sukses acaranya…

  26. almascatie Says:

    sekalian bersih2 bayut yah nto….

    btw arya itu orang jaman demak yah?😆

  27. vcrack Says:

    sampeyan ini guru sejarah ya mas? hohoo.. salam kenal…

  28. vcrack Says:

    comment lagi, link nya nggak muncul tadi.. hehehee..

  29. arya Says:

    arya perangsang? *spitriding*
    yayayaya saya memang hot b-) *digaplok*

    eh eh eh
    si almas ki seneng bgt nek ono nyebut2 akune
    nggarahi gilo… jgn2 deknen homo tenanan
    *begidik*

    iyo siji meneh
    aku ra iso teko😦
    mugo2 sakses kang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s