Negara Pegawai

Desember 9, 2007

Kopipaste quotes dari Editorial Media Indonesia delapan bulan yang lalu, sekedar kilas balik untuk fenomena melejitnya blog-blog yang memajang lowongan C*P*N*S :

MOTIVASI masyarakat Indonesia untuk menjadi pengusaha ternyata amat rendah. Mayoritas lebih suka menjadi orang upahan alias pekerja daripada membuka usaha sendiri.

Persoalan ini didukung dengan lemahnya dan terbatasnya ‘mimpi’ yang mengakar di kultur masyarakat untuk hanya nrimo ing pandum. Menganggap jalan takdir hidupnya ya cuma seperti (sekarang) ini. Tidak mau melihat kemungkinan takdir yang lebih baik atau perbaikan takdir yang lebih baik. Ketakutan kepada ketidakpastian juga sangat dominan dalam permasalahan ini. Padahal kalau saja masing-masing mau memeriksa lebih dalam, sesungguhnya hidup ini sendiri adalah sebuah ketidakpastian. Betapa tidak menariknya hidup itu jika semua yang ada dalam kehidupan adalah pasti.😉

Lalu, ketika diajukan pertanyaan “Mayoritas orang Indonesia ingin menjadi apa?”

Jawabannya : Lebih dari 70% ingin menjadi pegawai negeri (PNS). Sedangkan yang menjawab ingin menjadi pengusaha hanya 20%. Angka itu jelas amat berkorelasi dengan realitas yang kita hadapi sekarang. Bahwa Indonesia memang negara pegawai. Negara yang secara kultur masyarakatnya memang memilih hidup ‘aman’.

Tidak mengejutkan. Hasil survey ini sama sekali tak mengejutkan.
Sangat-sangat Indonesia sekali😐

61 Responses to “Negara Pegawai”

  1. almascatie Says:

    PNS lagi??
    *lagi puyeng gara2 PNS si anto nulis PNS lagi dah*

  2. antobilang Says:

    bukan, dodol.
    ini nulis tentang ‘negara pegawai’.😆

  3. almascatie Says:

    nto…. ga mengejutkan lho.. wong ortu aja ingin anaknya jadi sarjana cepet2 kok, dan dengan jaminan hidup yang paleng mantap *menurut orang2 sih* adalah PNS, so jangan heran kalo kayak gitu

  4. almascatie Says:

    wooo dasar gorilla
    lha itu kan ada pake kaata PNS tuh?
    :p
    ayo cepet wisuda to… cowok2 pada seneng liat dikaw pake baju coklat seragam PNS itu lho

  5. antobilang Says:

    oi, ini bahas ‘negara pegawai’ dan BUKAN SEDANG MEMBAHAS SKRISPI & WISUDA!👿

  6. almascatie Says:

    lha kan ada hubungannya
    *ngotot mode on*

  7. GoenRock Says:

    Jadi inget dulu jamannya kuliah sering dinasehatin BoNyok “nak, kamu ntar kalau kerja jadi PNS kayak Ibu Bapakmu ini, biar bisa dapet uwang pensiun jadi kalu tuwa tinggal ongkang-ongkang. Terus kalau nyari Istri yang PNS juga biar terjamin & bisa nabung” Hu huhuu tapi saya emang dudul, akhirnya ya cuman jadi kuli😦

  8. aLe Says:

    yup,
    dari dulu smp bulan kemarin gwe plng benci jd PNS,
    dan mo dipaksa skalipun gwe gak mau jadi,

    tp semenjak gwe ‘sadar’,
    untuk merubah paradigma ‘aman’ di lingkungan PNS gwe kudu masuk kedalam lingkungan mereka (jadi PNS juga). Ada strategi yang harus pengen gwe lancarkan, ah smoga ini bukan hanya angan2 gwe aja😉 aMin.,

  9. leksa Says:

    @aLe : strategi opo Le? BUka Usaha sampingan?
    walah.. malah ga ngurus kerja yang bener ntar di kantor nya..😀
    tapi selama bisa “sehat”, itu bagus2 saja..

    @anto : Cepet lulusss … :-“

  10. Anang Says:

    iya ndang lulus ntoh

    *kabor

  11. almascatie Says:

    *asyik semua pada bilang lulus*
    ayo semua bilang LULUS bareng2 yok😆
    *kabur sebelom disambit anto*

  12. bedh Says:

    wah kalau gitu saya termasyuk yang 30%
    saya nggak minat wat jadi PNS dan Pegawai kantoran lainnya kalau bisa sih sampe seterusnya huhuhuhu
    sebenernya sih pernah gawe ma orang beberapa kali tapi nggak pernah betah jadi sepertinya saya lebih cocok untuk bekerja menjadi atasan saja huhuhuhu

  13. bedh Says:

    oh ya ada yang lupa…..

    *berteriak dengan lantang……….”LULUS?”

    huhuhuhu

  14. Hoek Soegirang Says:

    aihhh….
    dan hamfir dari 68% CFNS (khususna dari furwokerto) itu dudud…

  15. Hoek Soegirang Says:

    *asyik semua pada bilang lulus*
    ayo semua bilang LULUS bareng2 yok

    hooo…jadi fostingan ini menandakan bahwa anto ini mo lulus terus daftar CFNS?

  16. Hoek Soegirang Says:

    ah ya…
    tentu saja HETTRIXXXX!!!!!!!!

  17. ekowanz Says:

    aq ga minat…skrg lg konsen mau bkn usaha sendiri, doain yah :p

  18. mitra w Says:

    paradigma boss… emang gitu paradigmanya… bahkan mahasiswa palagi… susah2 kuliah, ujung2nya malah jadi kasir😛

  19. Hedi Says:

    Situasi itu tak salah, siapa yg tahan bikin usaha kalo direcoki preman berseragam dan pejuang hak2 buruh terus?

  20. didut Says:

    jadi PNS sih gpp asal kerjanya bener, skrg yg jadi masalah khan karena kerjanya gak optimal…kapan juga bisa jadi optimal?!? :keluh:


  21. Yah begitulah wajah bangsa ini. Jadi PNS emang enak sich, kerja gak usah capek2 duit udah dijamin. Kalau beruntung malah bisa korupsi dan main catut sana sini, enak khan?

  22. Funkshit Says:

    saya sepertinya ogah deh jadi pns
    masih harus ikutan upacara macem2😀
    msti pake seragam . ..

  23. alle Says:

    wah mas antok memang benar2 entrepreneur muda!😀

  24. abee Says:

    *mimpi jadi PNS*

  25. abee Says:

    kewajiban belon selse

  26. abee Says:

    yach……cuman angan

  27. abee Says:

    ah, biarlah !! biarkan aku sampe kelimax

  28. ayahshiva Says:

    jadi PNS aman?
    jaman dulu banget,
    sekarang udah gak jamannya gak ada yang jamin jadi PNS aman.

  29. annots Says:

    70% pengen jadi PNS, 20% pengen jadi pengusaha. Yang 10% pengen jadi fulltime blogger, kamu masuk yang 10% ini kan To? *digaplok anto*

  30. PeTeeR Says:

    saya gak pengen jadi pegawai
    saya mau jadi boz………..

  31. bacteria Says:

    hadoh…. ini yang membuat saya tidak bercita-cita menjadi PNS. kreatifitas saya malah tak akan bisa tumbuh cepat. . .

  32. Juminten Says:

    wah, kalo ayah saya sendiri (yg seorang PNS) sangat tidak menganjurkan anak2nya menjadi PNS. Katanya menjadi seorang PNS itu sulit berkembang! hmmm…

  33. evan Says:

    Sing pengen dadi Presiden BEM berapa persen,Om?

  34. telmark Says:

    jadi pns, sekedar datang, dpt gaji dan duit sampingan. bisa ngobyek diluaran juga…
    Indonesia banget ? iya… sangat Indonesia banget banget….
    btw, buka usaha, di jaman krisis begini, kebanyakan orang jadi berpikir pesimis. wong yg raksasa aja gulung tikar, apalagi pemodal yg pas2-an.
    jadi seperti yg ketakutan ? mmm… Indonesia banget….

  35. arya Says:

    saya dulu ndak mau jadi PNS, tp kok sekarang keknya menilai it’s not a bad idea juga ya? :))

  36. cK Says:

    kalo saya ditanya mau jadi apa, saya jawab mau jadi boss. enak, tinggal duduk, terus nyuruh orang… *siul siul*

    yang survey nggak nanya ke saya sih..:mrgreen:

  37. peyek Says:

    Saya PNS mas, Pegawai Negeri Sebelah… agh tetep aja nggak jauh-jauh dari njongos ya!


  38. Nyindir ya Nto…mentang2 tahu saya ini PNS hehehe

  39. lovesomatic Says:

    Padahal negara butuh org2 spt anda lho, drpd dimasuki org yg ga jelas kabeh, iya khan, so knp nda dicoba dl aja, o ia lam knal yha🙂


  40. Yah, memilih jadi PNS alasannya biasanya karena ini: Gaji tetap bulanan, kalo pensiun dapet tunjangan.

    yayaya…


  41. humm..
    sayah pernah baca berita bab negara pegawai inih di media indonesia.


  42. ow, emang dari media endonesa ya?
    hihihi…
    **masih ngantuk**

  43. hugy78 Says:

    mo jadi pns kek mo kerja di swasta kek… sulit banget kalo gak ada rekanan… mending bikin warnet hehehehhehe… kerja ssambil main… main sambil kerja hahahahaha

  44. alex Says:

    Negara Pegawai itu di sebelah Republik Mimpi ya, Nto?
    Err… apa dia mesti keluar jadi pegawai negeri ya?🙄


  45. Tentunya banyak yang mencari jalan aman dengan gaji pas – pasan. Soalnya kebanyakan tidak mau rugi.😆

  46. Sayap KU Says:

    Ade pengen jadi “IBU” bukan jadi “PNS”

    -Ade-


  47. […] program Sosial karena dia tidak tahu mau jadi apa setelah dia besar nanti. Jadi Akuntan, Seniman, PNS, Pejabat, pengangguran, masa bodoh. Yang penting melihat bahwa hidup itu enak, masih bisa makan dan […]

  48. ndarualqaz Says:

    nto, inget pesen ortu lho “Anto anakku, kami ini mengharap dikau sesegera mungkin menyelesaikan SKRIPSI dan sesegera mungkin kamu diWISUDA jadi kamu bisa segera ikut CPNS dan bisa jadi PEGAWAI NEGERI jadi kamu bisa segera cari ISTRI dan bisa hidup makmur sampai maut memisahkan kamu dengan dunia ini.”

  49. ndarualqaz Says:

    jadi pegawai negeri itu perbandingan untung dan rugi 100:0 sedangkan untuk pengusaha itu 50:50 (katanya orang jadul), tapi kok hampir semua keturunan (maaf, agak sara dikit) cina di negeri kita ini sukses jadi pengusaha dan hidup dari berdagang….

    sedang hampir semua pegawai negeri di negara kita selalu pusing kepala setiap anaknya yang kuliah di luar kota (ex:jogja) telepon malam-malam dengan sebuah berita maha dahsyat “Aku kehabisan uang buat makan!” tentunya dengan perkecualian untuk PNS yang mempunyai TANGGUNG JAWAB BESAR, yang tentunya lebih sedikit dibandingkan dengan total jumlah PNS di negeri kita….

  50. ndarualqaz Says:

    itu kalau PNS, lha kalo yang ingin anaknya jadi pegawai di perusahaan swasta… SAMA SAJA.

    mungkin benar jadi pegawaia di perusahaan swasta gaji sedikt lebih banyak, tapi semakin besar gaji seorang pegawaui, semakin sedikit waktu yang ia punya untuk menikmati uang yang ia hasilkan. dan yang bisa menikmati uang hanya pemilik perusahaan alias pengusaha.

    jadi kesimpulannya menj%^#… jadi…(^^#$^$&&^$%&$$^*%>}>@$&()#%&:’*++/…. pega….,,.,..’;.555 5346%*$%*hjJF … HIYAAAAAAAA……………… BLEDUSSSSSS

    HTERIKS LAH POKOKNYA, GAK KUAT SAYA NGOMONG SERIUS KAYAK TADI…..

  51. Menggugat Mualaf Says:

    Aku PNS, aku berkembang ke depan (perutnya). Datang sediperlukannya, selain itu ya ngeblog kayak kalean itu lah.

  52. alief Says:

    kalo pengusaha gak bisa dobel jadi PNS, tapi kalo PNS bisa dobel jadi pengusaha, penadah, penipu, dll…🙂

  53. yus Says:

    pns adalah orang yang membuat negara kita jadi seperti ini..
    ada yang sangat layak diberi ucapan terima kasih, vice versa…ada yang lebih layak DIANTEMI

  54. daeng limpo Says:

    istilah PNS diganti sama ini aja gimana ya ? PRI (Pegawai Rakyat Indonesia)

  55. Totoks Says:

    saya setuju sama antombeling😀 saya saja sekarang ini masih pegawai …. semoga bisa segera menjadi pegawai tetap :))

    *sama aja berati cuman peningkatan aja*

  56. Aan Says:

    Biarpun telat mo kasih coment juga ah..
    Alasan lain mo jadi PNS: Biar mulus kalo ketemu CAMER, ha..ha..ha..

  57. la belle epoch Says:

    ya gimana lagi, hidup di negara yang dengan senang hati ngontrakin resources dan kemerdekaannya demi kenyamanan semu, akan selalu kena efek dari negara-negara yang punya jati diri.

  58. la belle epoch Says:

    buat para enterpreneur, bersyukurlah karena masih banyak konsumen dan calon konsumen yang memang didesain untuk mengkonsumsi produk-produk anda. Jadilah minoritas yang mana langka yang mana merupakan aspek utama dari perputaran sistem ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s