Laundry dan Sepotong Harga Diri

November 27, 2007

Bagi anak kost yang sok sibuk, tentu saja mencuci adalah pekerjaan yang cukup merepotkan. Meskipun sebenarnya pekerjaan ini cukup mengasyikkan, sekedar menggerak-gerakkan badan alih-alih olahraga. Bahkan salah seorang teman saya bersabda demikian “kalau kamu sedang putus cinta, maka cucilah pakaian kotormu yang menggunung itu“. Lho apa hubungannya? Lagi-lagi mengutip sabda teman saya, mencuci itu bisa melepaskan pikiran penat sambil mendengarkan lantunan lagu melow ala malaysia dari stasiun radio kesayangan 😛

Pernah memperhatikan struk laundry?

Dalam struk tersebut terdapat list daftar harga setiap item yang dicuci. Perhatikan secara seksama harga untuk item celana dalam dan celana jeans tebal. Perbedaan harga diantara keduanya ternyata tak terpaut jauh. Upah cuci sepotong celana dalam dipatok dengan harga Rp 500,- sedangkan untuk celana jeans yang tebalnya naudzubilah itu cukup dengan Rp 1000,-.

Sepintas melihat perbedaan Rp 500,- dan Rp 1000,- tentu saja tak menjadi soalan yang serius. Namun jika melihat dari faktor tingkat kesulitan pencucian kedua barang tersebut maka tarif ini sangatlah timpang. Siapapun pastinya sepakat, untuk mencuci kedua barang tersebut dibutuhkan daya yang sangat jauh berbeda. Mencuci celana dalam cukup dengan beberapa gerakan sederhana dapat membersihkan seluruh kuman dan kotoran yang menyangkut. Namun untuk mencuci celana jeans ini kita perlu mengeluarkan tenaga ektra yang kadang harus divariasikan dengan beberapa gerakan pamungkas agar proses pencucian bisa lebih maksimal hasilnya.

Lalu kenapa dalam tarif di struk ini harganya hanya berselisih kecil. Bahkan bisa dibilang amat sangat kecil sekali. Setelah ditelusuri dari berbagai pakar yang saya tanyai, dan juga dengan pemikiran saya yang cekak ini, ternyata penentuan tarif ini bukan semata-mata karena alasan kesulitan pengerjaan pekerjaan tersebut. Namun lebih kepada persoalan yang sangat amat serius sekali.

Untuk mencuci sebuah celana jeans panjang, seorang pemilik laundry merasa cukup untuk dibayar dengan nilai Rp 1.000,- saja. Namun pada kasus pencucian celana dalam, seorang pemilik laundry terpaksa memamtok tarif pencucian sebesar Rp 500,- separo dari tarif pencucian celana jeans. Karena tarif ini bukan hanya dihitung dari kesulitan pencucian namun juga jumlah harga diri yang dikorbankan untuk mencuci onderdil pedalaman milik orang lain itu :mrgreen: .

Bukan bermaksud untuk melecehkan pekerja laundry, justru ini sebagai ucapan terima kasih. Karena dengan adanya layanan laundry ini saya bisa menikmati malam-malam saya yang mellow hanya dengan blogwalking dan chatting. Tak lagi mencuci di saat sakit hati dengan bersendu2 dibawah suasana syahdu lagu-lagu romantis radio kesayangan.

Iklan

84 Responses to “Laundry dan Sepotong Harga Diri”

  1. cK Says:

    vertamaaaxxxxxxxx!!!!

  2. cK Says:

    mungkin karena nyuci CDnya pakai perasaan, jadi agak mahal wakakakakk… 😆

  3. ika Says:

    tapi kalo ganti CD na tiap dua hari sekali, harga segitu jadi murah… hehe 😀

  4. aprikot Says:

    lagian CD pake dicuciin, ah anto emang nda berperasaan 😛

  5. Fany Says:

    😆
    mungkin karena CD anak kost biasanya lebih ‘kotor’ dan ‘menjijikkan’… 😆

    ya ampun murah banged ya londri di sono…

  6. fisto Says:

    harusnya nyuci CD lebih mahaaal doooong…belum lagi kalo noda2 di CD itu susah dihilangkan…nah loh, apa gak lebih besar lagi tuh effortnya??

  7. antobilang Says:

    @ cK
    nyuci kok pake perasaan? pake deterjen dong ah 😆

    @ ika :
    maksudnya side A side B gitu? 😛

    @ aprikot :
    ya enggak lah, nyuci sendiri ah, takut dipelet ama mbak2 tukang londri! 😛

    @ Fany :
    dulu pas di jakarta Fany kost juga kan? makanya tau kalo….

    mungkin karena CD anak kost biasanya lebih ‘kotor’ dan ‘menjijikkan’… 😆

    ayo fan, londri bajumu dipindah ke jogja ajah!

    @ fisto
    maksudnya noda apa cairan? 😛


  8. Walah, kalo aku sih ndak rela CD-ku dipegang-pegang ama orang asing.
    Ini masalah harga diri bung! * mbenerin kacamata *

  9. PeTeeR Says:

    ini toh yang sempat disinggung semalam…..

    @ aprikot :
    ya enggak lah, nyuci sendiri ah, takut dipelet ama mbak2 tukang londri! 😛

    bener neh nyuci cd sendiri?

  10. reditya Says:

    mungkin ini juga menandakan si laundry males ngasih uang kembalian dalam orde seratusan atau duaratusan rupiah atau males nyimpen uang2 receh yang kecil2 dan banyak, makanya, instead of ngasih harga di bawah 500, mereka buletin langsung jadi 500 aja, biar gak repot 😀

  11. Yu Djoem Says:

    Walah, Yu Djoem buka laundry aja apa ya?

  12. tukangkopi Says:

    waduh..iya..cucian gw banyak nih. mana udah malem lagi..damn!

    *nyetel lagu-lagu romantis dari radio kesayangan*

    *nyuci pakaian yang setumpuk*

  13. NuDe Says:

    soalnya anto pake CD-nya kayak muter kaset, pake side A side B. Makanya, perlu ada uang ekstra untuk beli susu segar penawar racun

  14. annots Says:

    Sepintas tak baca tadi dari tulisan tangan “Mas Antok” terus ke bawah saya baca ada “Daster”, kamu nyuci dasternya siapa To?

  15. ndoro kakung Says:

    sejak kapan kamu pakai celana dalem, nto? 😛

  16. antobilang Says:

    @ The Sandalian :
    kalo isinya? boleh ya 🙄

    @ PeTeeR :
    yah, serius.. masa saya ngibul sih 😛

    @ reditya :
    bisa jadi itu mas 😀 pada males ama recehan

    @ Yu Djoem :
    boleh yu, nanti saya didiskon ya.. :mrgreen:

    @ tukangkopi :
    wekekekke… ati2 ntar salah ngucek2 mata pake tangan yang bersabun… 😆

    @ Nude :
    waduh, bisa2 susu malah berubah jadi racun, pakde… 😛

    @ annots :
    wakakakakk… kan kemarin dastermu ketinggalan di kamarku… 😳

    @ ndorokakung :
    sejak ‘milikku’ menjadi terlalu besar kalau dibiarkan terbang tanpa sarang… 😎

  17. caplang™ Says:

    tapi pas di jogja saya pernah ditolak waktu mo londri sidi
    itu londrinya daerah mana, mas?

  18. cK Says:

    kok namanya mas antok??? antok apa entok? 😆 😆

  19. antobilang Says:

    @ caplang™ :
    klebengan mas 😛 wah jangan2 ditolak gara2 liat penampakan CD yang menakutkan 😆

    @ cK :
    *tabok chika pake mesin cuci*
    Antok tauk! Antokbilang… masa entokbilang sih 😕 😆

  20. Totoks Says:

    saya masih belum jelas, kenapa nyuci saja kok kadang pake gerakan sederhana kadang ada gerakan extra, apa sambil nyuci sambil goyang ndangdutan gitu nto? 😀

  21. antobilang Says:

    @ om totoks :
    lah itu kan untuk mendramatisir saja om 😛
    tapi iya lho, beda gerakan antara mencuci yang ringan dengan mencuci yang berat 😛

  22. abee Says:

    waks…….jangan2 kang antox blogwalking nggak pake CD gara2 dilaundry!
    *ditimpuk antox* :mrgreen:

  23. anggara Says:

    sering ngelondri kiloan yaa? *nuduh mode on*

  24. morishige Says:

    makanya..
    kalo mau laundry itu KILOAN…
    haha…
    😀

  25. didut Says:

    *senyum-senyum* dulu waktu jd anak kost-pun saya mencuci sendiri, mendingan buat beli buku 😀

  26. erander Says:

    😆 😆 😆

    *guling2 dulu*

    Bener nTo .. nyuci celana dalam itu mahal. Belum lagi kalo kamu nyucinya di hotel. Wah .. bisa pingsan nTo. Masa nyuci celana dalam lebih mahal dari harga beli celana dalam yang baru …

    Jadi kalo nitip nyuci celana dalam ke kamu .. berapa nTo???

  27. ekowanz Says:

    astaga kamu rela CD kamu dipegang2 oleh tangan orang2 yg tidak kamu kenal 😮

  28. PeTeeR Says:

    to, tadi malam pas di manut, make ga?

    *digampar antok*

  29. alle Says:

    …Karena dengan adanya layanan laundry ini saya bisa menikmati malam-malam saya yang mellow hanya dengan blogwalking dan chatting…
    Halah! Alesannn!!!

    Males yo males! titik!
    *kabooorr

  30. sandal Says:

    antobilang said, on November 27th, 2007 at 3:58 pm

    @ The Sandalian :
    kalo isinya? boleh ya

    Walah, kalo itu sih masih public domain mwahahahaha..

    AWAS kalo coba-coba!

  31. sandal Says:

    antobilang said, on November 27th, 2007 at 3:58 pm

    @ The Sandalian :
    kalo isinya? boleh ya

    Walah, kalo itu sih masih public domain mwahahahaha..

  32. sandal Says:

    wasem dobel. sisan hetrik!

  33. ayahshiva Says:

    wah enaknya jadi mahasiswa, nyuci aja ada yang nyuciin, saya malah harus cuci sendiri baju saya

  34. Mbilung Says:

    ongkos cuci semua g-string mu itu juga Rp.500?

  35. herru Says:

    mas, laundry kemahalan, sekarang ada laundry kiloan lho yang enggak diitung per potong 😛

  36. iphan Says:

    heikkk…. saya masih kasian ama mbak mbak londry ituh. lagian saya malu buat nganter cidi ke tempat londre, jadi mending nyuci sendiri…

    oom anto ngebawa cidi ke londre?! ndak ada perasaan ndak enak po? ato was was, jangan jangan tukang cucinya agak maniak yang suka nyium nyium cidi orang…. wekzzz….

  37. Sarah Says:

    walah..malah mikirin CD, mbok skripsimu itu mas… ayo kpn kelar??


  38. nyuci di kontrakanku aja. gratis. ada mesin cucinya. tapi khusus gadis manis. atau, kalaupun tidak, silakan bawa gadis manis ke tempat saya 😀

  39. celo Says:

    lho… salah seorang blogger biaya laundrynya cuman Rp 400/potong semua jenis pakaian….

    harga dirinya rendah ya 😆

    *ngiri soale kemarin laundry habis 9000*

  40. celo Says:

    to, tadi malam pas di manut, make ga?

    *digampar antok*

    eh, aku kok nggak diajak…??? 👿

  41. celo Says:

    makanya mas…

    ke saya, nggak pernah pake cd, pakenya boxer 😆

  42. tukang laundry Says:

    owalaaaahh…jadi CD itu tu punyanya mas antok (pake K) to…

    o lha pantes susah banget nyucinya. noda membandelnya itu lho, mas.
    haduh-haduuuuuhh…

    harusnya tarif nyuciin CD khusus mas antok (pake K) jadi berkali-kali-kali-kali-kali lipat yah.

    lha wong nyuci 1 CD, habis deterjen 10kg. wah, bisa bangkrut nanti saya gara2 nyuci CDnya mas antok (pake K)…

    *garuk-garuk kepala

  43. bedh Says:

    untung saya udah lama nggak pernah pake cd
    jadi nggak pernah protes kalo harga loundry cd kemahalan huhuhuhu

  44. djunaedird Says:

    Kalau harga segitu sih amat sangat murah sekali. Apalagi bila CD-nya sudah seminggu dipakai, wadaaw…. Haruuumnya…

  45. yudhipras Says:

    bar nge-londry…. poso sewulan.mangan gur mie karo ndog goreng…

    modyar we le ! =)) nggaya tenan iks =))

  46. leksa Says:

    BUSEETTT DAAHH… CD jg di Laudry, To!!! 😮

    Hayahhh… cd sendiri aja nyuci nya,… malu tau :”>


  47. […] Yah, untuk kesekian kalinya ini adalah postingan nggak penting. Sebenernya banyak yang lagi pengen gw tulis tapi nggak tau kenapa beberapa hari ini perasaan gw lagi gak jelas, mood gw jg jadi rada-rada gak jelas. Dan tulisan ini gw posting pagi-pagi banget di sela-sela kesibukan mencuci baju. Tapi tanpa diiringi lagu-lagu romantis dari radio kesayangan seperti yang biasa dilakukan oleh bung anto. […]


  48. murah kali…

    tapi agak sungkan juga ngelondriin Cd.

  49. Mas Kopdang Says:

    Hahaha..
    postingan yang menarik..

  50. Luthfi Says:

    hahhahahahhaa

  51. pitik Says:

    g-string punya mas anto warna apa yah?ati2 ketuker sama punya mbak2 yang lain..

  52. Niwatori Says:

    kalo cd-nya dari bahan jeans? 1500? hehehe

  53. Funkshit Says:

    celana jeans sama celana dalam kan sama aaja cara nyuci nya.. tinggal masukin ke mesin cuci.. puter , udah. jeans mahal karena makan tempat

  54. zam Says:

    aku londir kiloan, dab! sekilo mung 2.500.. wis campur kabeh, sesuke wis rapi dan wangi…

    lagian, tu londri kan pake mesin cuci :p

  55. manusiasuper Says:

    Lu nyuci daster juga Tok??

    Daster siapa??? 👿

  56. dobelden Says:

    saya londre per bulan 400 rebu :-s

  57. Araw Says:

    halo cah bagus buka londre wae yuk….


  58. sori telat… nek londri otak ono ra yo? Aku tak daftar neng sing murah…. mumpung lagi cenut2x

  59. venus Says:

    putus cinta (lagi)?????

  60. venus Says:

    ‘diri’ mu sekarang dijual? berapa? 😐

  61. tonick Says:

    hua…ha…selain itu ngirit deterjen…gak perlu beli lagi…
    jadi inget teman yang gak mau nyuci CD …dia pake CD sekali pakai buang..kayak pempers


  62. […] malam dari kampus — dan menyadari bahwa uang saya tinggal sedikit. Tidak cukup untuk membayar laundry swadaya kost-an saya, yang (konon) cukup murah untuk ukuran mahasiswa kere macam saya. Alhasil, […]

  63. kabarihari Says:

    “Karena tarif ini bukan hanya dihitung dari kesulitan pencucian namun juga jumlah harga diri yang dikorbankan untuk mencuci onderdil pedalaman milik orang lain itu.”

    saya ketawa ngakak baca tulisan yang terakhir ini. 🙂 (setelah sekian lama cuma berani baca, sekarang numpang ketawa guling-guling mas :-)..)

  64. k tutur Says:

    wah, ketinggalan nih

  65. k tutur Says:

    jaman aku dulu, jadi anak kos nyuci zendiri

  66. k tutur Says:

    dan, jaman zekarang kalo hetrikz zuga zendiri :hiks:

  67. c Lover Says:

    Lu nyuci daster juga Tok??

    Daster siapa??? 👿

    mansup cemburu…

  68. Surya Says:

    Ati2x loh nyuci di laundry, apa lagi cuman dititipin n ditinggal, besok baru diambil. Jangan2x ada rambut yang nyangkut di CD

    wakakaka….

  69. myresource Says:

    namanya jorok…
    masa mas antok…
    mungkin gara-gara namanya kali ya..

  70. diditjogja Says:

    untung ae kui dudu londry kiloan To!
    nek kiloan koe iso entek larang…lha wong daki mu sing nempel wae 3 kilo dewe..

  71. nuragus Says:

    Saya laundry nya selalu kiloan kok mas. Dateng, timbang, cemplung.

    Tapi ya tetep aja rikuh kalau mau nglaundry celana dalam. YANG NYETRIKA!

    Makanya celana dalam (bra nggak punya), saya cuci sendiri.

    Salam kenal

  72. tobadreams Says:

    tukang cuci dapat duit mah halal atuh jang, tapi mencuci uang itu lain lagi hehehe….

  73. marsitol Says:

    Memangnyuci CD harusnya mahal karena yang diwadahi CD itu alat vital.

  74. almascatie Says:

    aya… aku lagi cari laundry skr
    penting!!!

  75. antobilang Says:

    @ abee :
    waduh, fantasi mu mengerikan sekali 😕 :mrgreen:

    @ anggara :
    enggak tuuuh *ngeles mode on*

    @ morishige :
    waduh lebih pengalaman nih…
    ngelondri celdam kiloan…

    @ didut :
    wah, aku pinjem bukunya aja ya mas 😀

    @ erander :
    wah kalo dihotel gitu mending pakai sekali langsung buang ya, pak?
    waduh, emangnya saya tukang londri 😛

    @ ekowanz :
    eko pasti gak baca deh 😕

    @ PeTeeR :
    *gampar peter pake CDnya ekowanz*

    @ alle :
    iya sih, alesan utamanya tetep : males 😛

    @ sandal :
    wakakakak, aku gak mungkin mengotori tanganku sendiri untuk melakukan itu, mendingan pinjem tangan pengki 😛

    @ ayahshiva :
    ntar kalo dah bukan mahasiswa paling juga nyuci sendiri lagi 🙄

    @ Mbilung :
    asem kok g-string, sih 😕

    @ herru :
    hehehe…kadang males dikiloan, suka jorok mas…

    @ iphan :
    enggak phan, aku gak ngelondriin CD kok, takut dipelet..

    @ Sarah :
    hayah, ini lagi malah nyambungin ke skripsi…

    @ Shelling Ford :
    sip, besok aku bawa cucian segunung ke kontrakanmu ya..

    @ celo :
    gimana mo diajak, itu forum orang normal, homok gak boleh masuk tuh 😛

    @ tukang laundry :
    waduh, 10 kg 😮 parah banget…

    @ bedh :
    lah terus sekarang pake koteka?

    @ djunaedird :
    hiyaaaa….. 🙄 kok tau kalo harum sih…

    @ yudhipras :
    wakakakakak…

  76. abee Says:

    aku dah seminggu belon nyuci….nitip londrian ya ntox…… :mrgreen:

  77. antobilang Says:

    @ leksa :
    kekekkeke..sapa yang ngelondriin CD? oi, sapa oi?!

    @ endjivanhouten :
    kekekeekekek…kenapa kok sungkan?

    @ Mas Kopdang :
    hehehe..makasih 😛

    @ Luthfi :
    hahhahahahhaa (juga)

    @ roffi :
    🙂 🙂 juga

    @ pitik :
    aku ndak pake g-string, mas 😐

    @ Niwatori :
    hehehehe… dihitung dobel 3 ya…

    @ Funkshit :
    ohohoho… jawaban dari tukang londri 😛

    @ zam :
    lah ini asistennya tukang londri juga ikutan menjawab

    @ manusiasuper :
    dasternya..ada deh… 😛

    @ dobelden :
    weks mahal bener euy

    @ Mas Is :
    boleh2 mas, nanti aku numpang nyuci ya…

    @ venus :
    halah, sopo sing putus cintaaaa? 😐

    @ tonick :
    kekkekee..boleh juga tu idenya 😛

    @ kabarihari :
    hehehhe..welcome to de club 😉

    @ k tutur :
    *yah, si tukang hetrik dah dateng 😛 *
    cari pacar tukang londri dong?

    @ c Lover :
    dia memang pencemburu…

    @ Surya :
    waduh, kok bisa nyangkut, emang dicobain ama mbak2nya gitu ya? 😮

    @ myresource :
    asem….

    @ diditjogja :
    lah nek dakimu pirang kilo, dit?

    @ nuragus :
    loh gak pake bra? kikikikikikiki
    Salam kenal juga..

    @ tobadreams :
    yay, mencuci uang… jadi inget pejabat2 laknat….

    @ marsitol :
    wakakakak…penjelasan yang sangat logis 😛

    @ almascatie :
    kenapa, istrimu hamil lagi?

  78. cewekbawel Says:

    Mas Anto, 500 masih terlalu murah lagi untuk melaundry CD, kita ga pernah tahu zat berbahaya apa aja yang nempel disana..

  79. kurtubi Says:

    gak kuat gak maca…
    gak kuat tidak tertawa….. 😆

  80. temukonco Says:

    “…sekedar menggerak-gerakkan badan alih-alih olahraga.”

    “alih-alih” tidak sama dengan “hitung-hitung”, sehingga kalimat tidak mungkin sama maknanya dengan “…sekedar menggerak-gerakkan badan hitung-hitung olahraga.”

    Entah apa kata lain dalam Bahasa Indonesia, tetapi dalam Bahasa Inggris “alih-alih” itu lebih mendekati makna “instead of”.

    Demikian kurang lebih. Maturnuwun.

  81. arya Says:

    nyuci kiloan donks
    eh tapi aku gak pernah nyuciin CD di londri. kasian mbak2nya di situ. wakakakaka

  82. ndarualqaz Says:

    kyakakaka, nyinggung gue nih ceritanya, tapi gue kalo nyuci pake mesin tu, Nto.

    lagian di tempat gue juga pake sistem kiloan.

    *anto nulis ni postingan pasti gara2 merasa kasihan sama tukang cuci yang nyuci cdnya dia yang angudubileh…. super-duper-bau-sekali-sampe-laler-aja-males-nyium*


  83. […] menampakan diri ditengah-tengah kerumunan awan-awan yang memujanya. Ah, daripada dijamah sama mesin itu mending kujamah […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s