Doh!

November 15, 2007

Apa memang sudah menjadi sifat dasar manusia yang tak tahan sendirian. Merasa diri begitu terasing saat tak ada kawan bersama di barisan. Bahkan itu akibat kesalahan sendiri? Dan mulai mencari kesalahan orang lain untuk membantu keringanan kesalahan dirinya sendiri?

Saya sedang sebal dengan kelakuan mahasiswa-mahasiswa bebal itu. Bagaimana sih, isi otak mereka, cuma nilai, nilai dan nilai. biarkan1.jpgMungkin mereka sedang mengikuti kompetisi tinggi-tinggian IP? Atau mereka mengemban amanat dari keluarganya untuk menjadi mahasiswa ber IP tinggi dan nggak perlu punya kemampuan apa-apa. Cukup dengan mengantongi IP 4, dan lulus dengan predikat cumlaude. Lalu nganggur, ngemis minta kerjaan sama yang belum lulus. Nggak bisa menghargai orang lain, (jangan-jangan) dirinya sendiri apalagi. Jangan harap menaruh hormat kepada dosen, kepada sesama teman seangkatannya pun begitu doyan saling meng-kambinghitam-kan.

Pak, kok bisa sih nilai saya C? Padahal yang nyontek tuh gak cuma saya lho… Si Itu sama Si Anu juga nyontek, tapi nilainya kok A, sih?

Pak, saya mau lihat rekap nilai mata kuliah Anu, kok bisa saya dapet nilai D. Saya ini memang telat waktu ngumpulin tugas, tapi banyak lho temen saya yang nggak ngumpulin tugas, malah mereka dapet nilai D juga.

Kalau main cek-cek rekapan nilai gini, pastinya asisten yang kena getahnya. Dan kalau sudah lihat nilainya emang ancur, siap-siap deh bikin pembelaan baru. Mulai nggak percaya sama dosen, meng-kambinghitam-kan teman sendiri. Kalau mau jadi mahasiswa yang bener dikit dong, bertanggung jawab sama apa yang sudah kamu pilih dan lakukan. Nggak usah bawa-bawa orang lain buat nanggung kesalahan kamu sendiri.

Doh! Sontoloyo!

69 Responses to “Doh!”

  1. mbelgedez Says:

    Mahasiswa nyontek yaa…???

  2. mbelgedez Says:

    Heh…heh..heh…

    Banyak loh nyang gitu…
    Sayah ajah skripsinya jugak nyontek kok…
    Kata Roy Suryo, 68% isi skripsi sayah nyontek…. 🙂

  3. ekowanz Says:

    wis to siapa itu mahasiswa yg kamu maksud???
    biarkan aq menyanyi didepan mereka…
    ‘ tak mesti slalu sempurna, tak mesti slalu yg terlihat, karena semua itu ada batasnya’ wo o o…

  4. ekowanz Says:

    loh kok g masuk? :((

  5. ekowanz Says:

    eh ada dink :p perlakuan bagi saya istimewa yah?ga ditahan hetrik :))

  6. caplang™ Says:

    ip saya 127.0.0.1 :mrgreen:
    smangat, bro!!

  7. caplang™ Says:

    liat 6 komen di atas… :shokced:

  8. caplang™ Says:

    halah salah ketik…

  9. rozenesia Says:

    Kok di kutipan itu kasusnya mirip kasus yang saya bahas sekarang ya? 😆
    Beratti emang udah membudaya tuh kasus.. 😆

  10. aprikot Says:

    lho!

    jeritan hati sang assisten nich..:P

  11. cK Says:

    nyontek itu apa ya? sejenis makanankah? 😀

  12. didut Says:

    kekeke~ namanya juga mahasiswa 😛 .. byk maunya kurang intropeksi 😛

  13. Mbilung Says:

    nyontek? universitas ndi kuiiii 😀

  14. funkshit Says:

    Ngga ngerti nich
    *mahasiswa baru yang lagi ikut ujian UTS pertama nya… 😀

  15. CakBowo Says:

    Mungkin mahasiswanya gak mau rugi.
    Lha bayar kuliah kan mahalll bo 🙂

  16. Anang Says:

    nyontek apanya nyuntik…

  17. annots Says:

    Jangan-jangan asistennya pilih-pilih nih, “subyektif” yang cantik-cantik di kasih nilai jelek biar besok deket2 sama asdos. To kamu asdos kan? Hmmm, yang pdkt ke kamu pasti banyak ya? Kemaren aku liat Zam, Eko, sama Sandal juga ikut PDKT ke kamu…tapi kok cowok semua yah? *dihajar 4 sekawan ituhhhhhh….(pinjem ituh-nya bentar ya Tik semoga kamu ga kebangetan -lhoh?- )*

  18. zam Says:

    pembelaan mahasiswa ber-IP kurang dari 3 yang ndak lulus-lulus gara-gara mroyek ke sana kemari.. 😀

  19. escoret Says:

    tobat to..tobatttt..!!!

    [tobat nyamuk]

  20. leksa Says:

    Ya sudaahh..
    buru2 lulus, jangan jadi mahaswa lagi..


  21. makanya, jangan sering sering ngeblog,..atau kopdar\….
    sinau sinau…

  22. verlita Says:

    mas, jangan emosi…mereka memang begitu.. 🙂

  23. Luthfi Says:

    Jeritan mahasiswa yang kuliah di kampus plat merah dan hingga kini keknya belum lulus 😛

  24. deep Says:

    pye nek pas mulih bocah sontoloyo kwi dicegat ning parkira???

  25. apick Says:

    nyontek…opo KOPAS?

  26. imcw Says:

    Ceritanya Anto jadi asisten dosen nih. Baru tahu saya.

  27. kurtubi Says:

    Sonto yang loyo itu perlu dikasianin karena udah “nyontek” nilainya ancur pula, btw di sini dong peran asdos bagaimana merayu si sonto yang loyo itu … apalagi jika rada-rada sumringah wajahnya…

  28. Totoks Says:

    sampeyan kalau sudah lulus pasti cepat nyari kerja… lha sekarang aja sudah nyambi kerja kok..


  29. dalane dhewe dhewe kang.. sing lempeng yo lempeng.. sing menggak menggok yo menggak menggok..

  30. devino Says:

    Iya yah, harusnya kita budayakan jujur,, kalo gak bisa ya gak bisa aja,, hehe,,
    nilai bukan tujuan akhir tapi penting juga bos,, salam kenal juga,,

  31. saya Says:

    eh nilai mid udah keluar ya..??

    *ditendang*

    ya mau gimana lagi ya mas…usaha bersama tapi kok hasil berbeda..??


  32. Lapor, IP saya 192.168.33.101.
    Saya dapatkan secara otomatis karena mesin di kantor diseting DHCP, laporan selesai.

  33. hoek Says:

    *clingak-clinguk*
    .
    .
    .
    *ngluyur fergi*

  34. begitulah Says:

    IP ki opooooo…??!!
    internet papa??

  35. alex Says:

    Lho? Kampus bukannya memang menjadi MENARA GADING dengan intelektual terakreditasi yang patut untuk sombong? :mrgreen:


  36. inilah akibatnya dari kebanyakan anak2 kaya dan manja yg masuk ke kampus kita, hahahaha

  37. nieznaniez Says:

    halah, bilang aja kamu iri sama mereka yang udah lulus, yang…ihihhiii…makanya ayo dicicil skripsinya…ihihhiii…

  38. nieznaniez Says:

    ayo, beb…

  39. nieznaniez Says:

    kamu ntar klo lulus jangan kaya gitu ya, beb…
    hetrix !!

  40. nieznaniez Says:

    akhirnya bisa hetrix disinih…
    ihihhiii…

  41. GRaK Says:

    *rajin banget postingnya*
    oia wajar kan orang mempertanyakan nilainya, kayak blogger juga kadang mempertanyakan hal terjadi di sekitarnya jika tidak sesuai.
    Nah yang mesti jadi kesadaran kita bahwa ketika kita sudah mengetahui kebenaran nilai kita atau misalnya suatu peristiwa, kita harus secara kesatria juga mengakui kebenaran itu.

    *looks like a ade’s problem*

  42. almascatie Says:

    nto….. idealis itu siap sakit hari bro
    😆


  43. asisten dosennya juga sontoloyo
    homok pulak
    *ngacir*

  44. Luthfi Says:

    hoo
    dadi ugm isine koyo ngunu

    *bersyukur ga mlebu ugm, tp mlebu IPB

  45. Luthfi Says:

    kurang maknyusss
    tambah iki 😛

  46. k tutur Says:

    Kalau mau jadi mahasiswa yang bener dikit dong, bertanggung jawab sama apa yang sudah kamu pilih dan lakukan. Nggak usah bawa-bawa orang lain buat nanggung kesalahan kamu sendiri.

    *mmh… mode bijakbanget™ *on*

  47. k tutur Says:

    ah, gak usah hetriks… pasti gak ada orangnya!

  48. antobilang Says:

    Kenapa masih ada yang menghubungkan dengan kelulusan ya? 😕
    ternyata sulit menyampaikan ajaran kebenaran.. 😐
    *digaplok*

  49. Hedi Says:

    kalo mahasiswa dapet D, tapi temennya dapet A, dia yg bego…mustinya dosennya dikadalin dong 😀

  50. marsitol Says:

    Mungkin mahasiswanya kayak gitu karena dididik untuk menjadi seperti itu. Jangan2 ada matakuliah kesontoloyoan?

  51. paijo Says:

    Kayak gitu tho kerjaan mahasiswa. Sama semua?

  52. almascatie Says:

    nto ganti apatar lagi?
    ckckkckckkckckkckck

  53. Dimas Says:

    mmm… saya… gak pernah dapet C tuh, tapi sering D…. *kabur ah!*

  54. alief Says:

    Hajar saja mahasiswa itu… Sudah nyontek, mau nilai diperbaiki lagi… Sudah telat ngumpulin tugas, minta lulus lagi… Bikin geram aja (tapi mesam-mesem) 🙂

  55. agung Says:

    Pak, kok bisa sih nilai saya C? Padahal yang nyontek tuh gak cuma saya lho… Si Itu sama Si Anu juga nyontek, tapi nilainya kok A, sih?

    wakakkaka.. kalau yang begini, dijawab aja nto. ‘baru nyontek aja udah ngga bener, pantes aja dapet C. mau dijadiin D sekalian po?’ . ;))

    sing sabar yo le.. 😀

  56. cK Says:

    makanya nto, kurangin nge-blog. konsen ke skripsi dulu…

    *sok emak-emak*

  57. andi bagus Says:

    sabar sabar..memang geram sih jika mahasiswa sampe mengkambing hitamkan angkatan sendiri..jadilah mahasiswa berprestasi..

  58. ayahshiva Says:

    ya mau gimana lagi, sampe saat ini negara kita masih melihat nilai yang tertera di lembar nilai, bukannya melihat skill yang di miliki

  59. veri89 Says:

    Tunjukin kalo emang loe punya nilai lebih, gak hanya sekedar nilai akademik…. tingkatkan skill anda.

  60. manda Says:

    tenang aja mann..setiap kejadian ada hikmahnya, setiap perkara ada jawabannya. Keikhlasan adalah kunci utama

  61. venus Says:

    nesu2 terus…..:p


  62. Susah memang untuk bisa mengerti sifat orang lain. Biasanya orang-orang yang suka banding-bandingin itu akan terseleksi alam juga nanti. Kalo ngecek nilai karena dia yang jujur ya gpp, tapi ini mereka juga nyontek mo komplain lagi. Duh….

  63. baliazura Says:

    orang dosennya ngajar sambil nyontek,jadi ya…
    gpp khan klo kita juga nyontek.

  64. Paijo Says:

    Waduh …, ternyata di atas sudah ada comment dari Paijo yang lain ya. Ahhh pede aja lagi, saya kan lebih keren. Btw …, saya jadi berfikir untuk mengubah nama blog saya. Apalagi kalau ternyata blog saya yang muncul belakangan, malu kalau disangka ikut-ikutan. Saya mau coba lacak berdasarkan tgl postingan pertama. Terimakasih dan salam eksperimen.

  65. mrtajib Says:

    ngisin-isini temen seh…..

  66. mysyam Says:

    halah wis to mas, rasah misuh-misuh ngono, bioso ae..
    rak yo sampeyan ndisik ngono toh..

    *hehehehe….. 😀

  67. PeTeeR Says:

    to, kapan lulus?
    *ditimpukin anto*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s