Senioritas Blogger

November 10, 2007

Artikel yang (mungkin) terkait :

senior.jpgPasal senioritas ini penuh lambang keangkuhan, sesuatu yang eksklusif dan (tampak) sempurna. Blogger senior berada dalam awang-awang yang tinggi di singgasana gemerlap selebritas, dimana kaki-kaki mungil blogger baru terseok-seok mencari perlindungan. Setiap harinya blogger baru muncul, pastinya kitapun (harus) menyambut mereka semua dengan tangan terbuka. Sebagai sebuah keluarga blogger, tentunya akan sangat manis bila terjadi yang demikian ini. Tak peduli bagaimana cacatnya tampilan blog dan acak-acakannya model tulisan si pendatang baru itu. Blogger yang sudah lebih dahulu terlahirkan di dunia blog, merasa cukup pantas untuk memaksakan standar blog yang sejatinya siapapun akan menginterpretasikan secara beragam.

Pasal kopipaste muncul sebagai paket yang (sering) terikut dalam kehadiran blogger muda. Saya tidak membicarakan kopipaste yang dilakukan oleh blogger gaek dan veteran, kalo itu mah ke laut aje. Keinginan untuk menuliskan sesuatu di blog atau sekedar mengisi blog muncul menggebu-gebu, dan sialnya di saat yang sama tidak ada pasokan ide dan kata-kata dari kepala si blogger baru. Akhirnya pun dengan sebuah koneksi internet, mengetikkan ‘kata kunci’ yang ingin di telusuri di mesin pencari dalam sekejap saja beribu kata terhidang di depan mata. Bila ada blogger baru yang entah sengaja atau tidak memuat kembali suatu artikel/tulisan blogger lain maupun dari suatu situs di halaman blog yang bersangkutan. Maka ketika itu semua terendus, habislah si blogger baru yang usianya masih dalam hitungan hari itu dirajam komentar-komentar pedas.

Seorang blogger terkenal Indonesia, tikabanget™, bahkan dengan jantan mengakui dia pernah mengkopi tulisan saudara kembarnya, hermansaksono. Duluuuuuuuuuuuu sekali pada saat tika masih awal ngeblog, kata mbak tika waktu itu tidak ada ide. Saya pun begitu, silahkan tengok postingan saya di awal-awal saya ngeblog. Beberapa kali saya memposting milis berantai atau sekedar menulis satu baris kata tidak bermutu. Bukankah kita semua pernah mengalami fase stagnan tak memiliki ide untuk posting lalu kutip berita sedikit dari koran dan diposting (yang ini saya banget). Semua pastinya akan berproses, ide akan mengalir begitu kita terjun ke dunia blog, pelan tapi pasti.

Meng-kopipaste, apapun alasannya, tentu saja tidak dimaafkan ketika dikaitkan dengan konteks penghargaan terhadap karya penulisan. Tak pula bisa dimaklumi dalam konteks etika. Namun adakah yang bisa menjamin setiap perilaku kopipaste itu dijalankan atas niat untuk menginginkan anggapan orang lain bahwa itu tulisan yang dimunculkan dari otak dia sendiri? Saya kira dengan diingatkan pastinya blogger peng-kopipaste itu akan nyaman dan mengakui kesalahan, lain halnya kalau dia malah ngotot mengaku itu tulisannya sendiri. Kalau ada yang begini ini mah, rajam saja.👿 Hehehe. Saya yakin kemungkinan peng-kopipaste untuk menolak nasehat itu sangatlah kecil. Sebaliknya bagi blogger baru pun hendaknya meminta ijin atas penggunaan sumber atau sekedar menampilkan link sumber. Kalau kita mengingatkan dengan komentar ancaman, dan mengintimidasi tentunya jangan tanya kalau dia, si blogger baru tadi akan lenyap dan tak akan menginjakkan kaki di blogosphere. Satu kali kita mengkebiri keinginan orang lain untuk belajar berekspresi.

Saya merasa, blogger baru akan merasa nyaman dengan penerimaan yang bersifat membimbing, bukan menggurui apalagi menghakimi. Diterima di sebuah komunitas tentunya kebutuhan yang cukup penting dalam diri seseorang, sebagai bukti aktualisasi diri. Begitu pula dengan blogger pemula yang tentunya sangat mengharapkan dia diterima dalam sebuah komunitas blogger. Meski saya akui sering menemukan blogger lain yang memilih hidup soliter terasing dari interaksi sosial dengan blogger lainnya.

Adanya blogger (yang dianggap) seleb atau selebblog pun membuat si pendatang baru ini begitu riang gembira saat mendapat kunjungan (dan seucrit komen) dari seorang blogger yang dianggapnya seleb itu. Demikian juga ketika berkomentar di blog sang seleb, tentunya akan penuh kesopanan yang terasa dilebih-lebihkan. Apa yang katakan blogger kelas kakap itupun seakan menjadi sabda kebenaran dari langit yang tak pantas untuk disanggah. Merasa minder atau enggan mengkritik polah blogger kelas kakap hanya karena melihat diri masih “hijau”. Harus disadari mereka itu “si selebblog” juga manusia biasa, sama-sama makan nasi, dan belum tentu kualitas tulisannya lebih bermutu dari blogger baru.

Bagaimanakah seharusnya kita menjalani kehidupan ngeblog di blogsphere ini? Ngeblog haruslah bermanfaat, sebisa mungkin menyebarkan manfaat orang lain. Saya sangat setuju apa yang diungkap oleh Kang kombor tentang “Blogger dalam Tempurung“. Ngeblog itu bukan hanya perkara statistik, jumlah komen, dan tongkrongan BOTD.

Menjadi blogger, proses aktualisasi diri bagi setiap orang. Pastinya setiap blogger pun memiliki keputusan akan jalan ngeblog mana yang akan ditempuh, dan bentuk blog yang diinginkan. Proses itu akan sempurna dengan bimbingan dari sesama blogger yang lebih dulu eksis di blogosphere. Menjadi blog model apapun tentunya halal di dunia blog ini. Ingin menjadi blog yang berisi curhat, cerita bohong, review filem dan musik, review tempat kuliner dan budaya, realitas sosial, kontemplasi pemikiran, atau sekedar blog abal-abal tanpa visi jelas. Semua menjadi hak masing-masing individu, tanpa ada perlu campur tangan dari pihak lain yang memaksakan standar sebuah blog itu “harus begini dan begitu”. Tapi ada hal yang kemudian harus diperhatikan, menjadi apapun itu, si pemilik blog pasti harus mau bertanggung jawab atas blog tersebut.

Berbicara tentang blogger, saya selalu ingin untuk merujuk kepada postingan paman Tyo yang kaya ide itu :

Ketika awal ngeblog rajin menyambangi blog semua orang, untuk mempromosikan URL-nya, bahkan chatting dengan siapa saja, tapi setelah mapan hanya mau menengok blognya sendiri, tak ada kunjungan balik, hanya baca sekilas dari RSS reader?

Apakah kita akan menjadi blogger senior yang main damprat atas kesalahan anak baru yang suka kopipaste, yang suka tawuran di blog, yang suka menjahili blog lain. Lalu kita merasa paling suci dan paling hebat menelurkan ide dan paling bijaksana serta merasa telah berada di jalur paling lurus dalam dunia per-blogging-an. Atau kita akan menjadi blogger senior yang membimbing mereka dengan ramah untuk menjadi blogger yang lebih beretika. Semua dikembalikan kepada diri kita masing-masing.

114 Responses to “Senioritas Blogger”

  1. abu hanzhalah zevian Says:

    assalamu’alaikum..
    he-he numpang coment be the first deh mas…
    bagus..bagus..selaku blogger muda yang suka copy paste saya minta izin sama blogger senior seperti mas anto.
    plis izinkan saya.he-he

  2. tikabanget™ Says:

    ah, nggedabus kita di cetingan berakhir di postingan.. ^^
    sayah sekali lagi setuju sodara anto.. ^^

    betewe,

    Seorang blogger terkenal Indonesia, tikabanget™,

    nyindiiiiiiiiiieeeeerrrr..!!!
    guombaaaaaallll…!!!!
    *injek injek antokondo*

  3. angga Says:

    wajar….bagi sang pemula dan sang pendatang bar menurut sayah…
    karena mereka laiknya sang pemuda yang bisa dikatakan sedang mencari jati diri…
    muga aja tidak tergoda dengan pergaulan yang menyimpang…
    lho apa maksude…
    setidaknya bagi sang empunya b log akan komit dengan apa yang dia postingkan apabila dia punya pondasi dasar..apa yang akan disajikan….

  4. leksa Says:

    Mentari telah menyala …
    bobo yukk …

    Homo_mode=ON

  5. PeTeeR Says:

    …..si pendatang baru ini begitu riang gembira saat mendapat kunjungan (dan seucrit komen) dari seorang blogger yang dianggapnya seleb itu.

    itulah yang terjadi pada saya ketika ada komen dari ANTOBILANG dan NDORO KAKUNG di postingan saya.

  6. PeTeeR Says:

    gak boleh ngetik link di komen ya? kayaknya komenku disikat akismet.

    re-submit

    …membuat si pendatang baru ini begitu riang gembira saat mendapat kunjungan (dan seucrit komen) dari seorang blogger yang dianggapnya seleb itu.

    itulah yang terjadi pada saya ketika pertama kali dapat komen dari pemilik blog tanpa visi ini dan waktu dapat komen dari ndoro kakung

  7. PeTeeR Says:

    weleh….. ternyata browser saya yang salah……….

    hetrix sekalian ah……………


  8. […] B.l.o.g.g.e.r.P.e.m.u.l.a nGOceH beBAS10 November 2007 7:23 am Adanya blogger (yang dianggap) seleb atau selebblog pun membuat si pendatang baru ini begitu riang gembira saat mendapat kunjungan (dan seucrit komen) dari seorang blogger yang dianggapnya seleb itu. dikutip tanpa ijin tertulis maupun ijin secara lisan dari postingannya anto […]

  9. mbelgedez Says:

    Anto termasuk Blogger nyang gimana ???

  10. nisa Says:

    healah… he-ehg.. bener banget, je.. sebenernya siy.. hak cipta itu memang hanya milik TUHAN😀 manusia itu kan asalnya otaknya emang bolong-melompong.. tapi koq ya begitu ada isinya.. merasa begimaaanaaahh gituh yah *huiehiuehiuehie*

  11. mutia Says:

    aduh ada ribut2 apa ini?
    hihihi maaf… saya blogger baru di WP ini. mohon bimbingannya…
    *kaya yg lg nyekar ke mbah marijan ajah!
    Anyway…. setidaknya gw ikutan seneng makin byk blogger di Indonesia. yang menandakan pemuda pemudi bangsa ini semakin melek teknologi. Mudah2an ada ‘bill gates’ indonesia.. ^^

  12. Mbilung Says:

    kalo saya melakukan copy paste tanpa menyebutkan sumber, piye to?

  13. goop Says:

    Mohon Bimbingannya paman😀
    -terima kasih-


  14. Aman, aman, berarti ndak nyenggol aku
    Aku kan bukan senior blogger, bukan orang terkenal dan juga bukan seleblog😆
    *OOT mode: on*

    Seorang blogger terkenal Indonesia, tikabanget™, bahkan dengan jantan mengakui dia pernah mengkopi tulisan saudara kembarnya

    Benarkah Tika sudah berubah?😈
    *OOT mode: off*

  15. kabar burung Says:

    wahahahaha … ketoke ono sing mangkel ki🙂

  16. hoek Says:

    “acak-acakannya model tulisan si pendatang baru itu”
    ah….
    “Adanya blogger (yang dianggap) seleb atau selebblog pun membuat si pendatang baru ini begitu riang gembira saat mendapat kunjungan (dan seucrit komen) dari seorang blogger yang dianggapnya seleb itu”
    ah……..
    “Demikian juga ketika berkomentar di blog sang seleb, tentunya akan penuh kesopanan yang terasa dilebih-lebihkan”
    kalo saia malah suka OOT, tafi kalo soal kesofanan, saia sofan sama smua lho! mhuehuehuhe

  17. Araw Says:

    hehehe…. cen Senioritas kuwi…

  18. annots Says:

    Standing applause untuk antogirang™, meski sudah jadi blogger senior, dia ini masih sering menyambangi blog yang lainnya. *ehem habis baca ini ada kunjungan balik ke blog saya ga yah…*😀

  19. tikabanget™ Says:

    @ Mbilung :

    kalo saya melakukan copy paste tanpa menyebutkan sumber, piye to?

    lha ya ndakpapa pakdhe..
    ngeblog tu suka suka kok pakdhe..:mrgreen:


  20. Atau… blogger senior dapat mulai membiasakan menulis hal-hal tidak bermutu sehingga blogger baru enggan mengkopi-paste.

  21. Hedi Says:

    jancik…to…kamu kok makin antobijaksana sih…
    NB: protes…kata “sekedar” itu salah, makanya nama blogku sekadarblog hehehe

  22. Ina Says:

    copy paste…copy susu..copy panas… semuanya sama nga yach?

    Antobilang juga apa… anto jelekkkkkkkk:mrgreen:


  23. Dulu juga, saya mengakui, pernah mengkopipaste artikel seseorang dalam Friendster. Tentunya dalam Blog. Tetapi saya menghadiahi sebuah trackback balik kedalam blognya, seraya mengucapkan terima kasih.

    Saat itu, saya masihlah baru, tetapi kebiasaannya malah terbalik. Kalau dulu itu saya sering diam di “rumah” saya. Saat sudah menjadi ‘besar’ sekarang, saya lebih suka pergi ke luar rumah untuk menjambangi artikel dan menumpahkan komentar.😀

  24. pedhet Says:

    nto, blog lu yang ini buat tagihan biling warnet gue kelewatan. rencananya cuma mau bentar, malah kelamaan. soalnya gue keasyikan baca nya. btw. soal tulisanmu yang ini, gue bisa baca kalau ini bener-benar dari hati loe yang paling dalem. suer, enak banget. cukup menggambarkan apa yang ada dalam diri gue. gue banget isinya. thx tho udah buat posting penggugah kayak gini.

  25. leksa Says:

    Persis kata lu Nto,..
    Mabur si Blogger nya..
    Takut di omelin terus..

    nih buktinya Hai Sarah™

  26. caplang™ Says:

    mas, gimana caranya biar bisa naek pangkat jadi senior?
    mesti dibikin itu tipsnya…

  27. venus Says:

    terima kasih, guru. kalau guru ada waktu, gak lagi sibuk ngurusin blog orang lain, ajarilah saya menjadi blogger yg bukan abal-abal lagi. bimbinglah saya, guru.

    halah, taeeekkk….wakkakakak….

  28. mathematicse Says:

    Kalau saya termasuk bloger yg terisolir kali ya…?😀

  29. dobelden Says:

    untuk mengejar target tahun depan ada pemilihan presiden blog, jadi baik-baiklah sama nyubi…😀

    susahnya buat karya orisinil😦

  30. danalingga Says:

    Kak senior, mohon bimbingannya ya?

  31. aLe Says:

    ampun kak, aLe gak kopi pes kok😆 *mohon petunjuk*

  32. funkshit Says:

    kopi paste itu tidak dilarang… karena itu adalah tujuan diciptakannya tombol ctrl + c dan ctrl + v😀

  33. NuDe Says:

    siapa sih, blogger senior itu nto? yang udah mambu lemah, siap-siap dhut yo?

  34. Rystiono Says:

    Masih satu konteks kah dengan masalah Sarah yang menghilang?

    ^_^

  35. Nico Says:

    @leksa,hehe iya,padahal blm sempet diajak kopdar ya.

  36. nieznaniez Says:

    huwaaaaaaaaaahh, aku komen di tempatnya seleblog lhooo…senangnyaaaaaaaaaa !!
    Mas Antooooooooooooooooo !!

    *cheerleader mode on*

    Give me A
    give me N
    give me T
    give me O
    A-N-T-O !!
    yeeeeeeeeeeeeeee….

    *bikin piramida manusia

  37. brapiolove Says:

    memang kalau bukan pemula komennya pada nggak sopan yaa?
    sopan apa nggak yaa kalau saya cuma bisa komen doang nggak bisa bikin tulisan
    (spesialis komen, wahahahahahahaha)

  38. nieznaniez Says:

    btw, aku ini blogger pemula lho…mohon bimbingannya ya, yang…

  39. irvan132 Says:

    ada ga aturan kopi paste? biar standar. hihihi

    -IT-

  40. imcw Says:

    Saya ngeblog sejak April 2004 termasuk senior nggak, Nto?

  41. ichasweb Says:

    Ngaku nih pernah beberapa kali mengcopy paste sebuah tulisan, tapi jujur juga saya selalu meminta izin and tak lupa tuk mencanntumkan sumbernya.
    Ngaku juga nih, pada awalnya saya kebingungan membentuk imej untuk blog saya yang di multiply. Tapi, seiring waktu akhirnya dapat juga bentuk n imejnya sebagai blog guru SD yang berisi tentang kisah kasih di sekolah. Demikian pula yang di wordpress khusus untuk curhat2 pribadi.
    Masalah selanjutnya adalah sering bete karena jarang sekali yang menjenguk blog saya, akhirnya ketemu juga solusi marketingin blog, cara silahturahim ke blog lainpun dijabani hingga…alhamdulillah, kini lumayan banyak yang sudi menjenguk blog saya. Kalau untuk komennya, saya pikir tergantung profile blog n isi tulisannya n juga pembawaan si pemberi komen.
    Truss … saya ga begitu peduli sama blogger senior, ga tau juga siapa yang jadi blogger senior, saya hanya peduli sama blog yang membagikan banyak artikel bagus. sorryyyyyy ….


  42. wah, saya baru tahu nih..
    sebagai orang yang pertama kali memperkenalkan dunia blog sama Sarah..sepertinya jadi gimana gitu ?
    Kesan saya dia anak baru berusia 18 tahun, tidak tahu apa apa mengenai pemahaman blog, etika ( belum sampai mungkin ), jadi mbok jangan dihakimi gitu..diberi kesempatan..
    Saya coba telpon dia untuk find out what’s going on, dan mungkin kembali ngeblog ( kalau masih berani )


  43. tutup saja blog ini!

    *frustasi karena fakir benwit*

  44. fikriana Says:

    emang bagi para blogger baru perlu bimbingan, seperti saya ini. semoga mas mau menjadi salah satu pembimbing saya. mau ya mau

  45. almascatie Says:

    Apakah kita akan menjadi blogger senior yang main damprat atas kesalahan anak baru yang suka kopipaste, yang suka tawuran di blog, yang suka menjahili blog lain. Lalu kita merasa paling suci dan paling hebat menelurkan ide dan paling bijaksana serta merasa telah berada di jalur paling lurus dalam dunia per-blogging-an. Atau kita akan menjadi blogger senior yang membimbing mereka dengan ramah untuk menjadi blogger yang lebih beretika. Semua dikembalikan kepada diri kita masing-masing.

    aku kopipais yang terakhir aja dah…..
    n jawabannya… entah ^_^
    *binun mode on*

  46. brapiolove Says:

    waktu mau bikin tulisan saya cari buku terus saya ringkas dan bikin resume, dalam hati (udah riya’ duluan) pasti banyak yang baca nih dan mendapat tambahan pengetahuan dari tulisan saya ( gue gitu lho ) pas mau saya ketik saya liat-liat dulu ke tempat lain, eh udah ada yang muat tulisan dengan judul dan tema yang sama gak jadi deh saya terusin.
    Kedua kali begitu juga, ketiga begitu juga apalagi bahasanya dan gaya tulisannya pada bagus-bagus buanget.Akhirnya (dalam hati) mulai sekarang saya nulis komen aja ( sambil tertunduk lesu, malu nih gak kreatif ).
    Tapi Alhamdulillah saya jadi rajin baca, dan banyak dapat pengetahuan. Terima kasih para penulis semoga menjadi amal ibadah ( jangan kaya saya belum apa-apa udah keburu riya’ ) gdubrak…………………..K O ronde pertama
    dasar spesialis komen, huhuhuhuhuuhahahaha

  47. layudhi Says:

    Wah,
    mohon bimbingannya yah…
    …..
    saya barusan ngeblog 2006 kemaren
    banyak tulisan saya diawal2 ngeblg adalah hasil copypaste hehehe,
    seperti yg Bung Anto-bilang, “keinginan menulis menggebu-gebu tapi Otak gak ngasih Ide sama sekali”

  48. Pitra Says:

    haha.. saya setuju sama komennya Momon di nomor 20..

  49. RETORIKA Says:

    Iya Rasanya memang sulit untuk mempopulerkan blog, dan postingan postinganya. Tetapi dengan sedikit-banyak mendompleng blogers blogers mapan hal itu cukup membantu-bahkan sangat membantu.

    Contohnya saya ini:mrgreen:

    awal awalnya nge blog, tak terus terang aja, INDOBIKERS secara blak blakan langsung ngaku kalo ngedompleng KAFEMOTOR. ternyata cukup manjur. terbukti cukup 4 bulan jumlah pengunjung sudah mencapai 200.000an, kini 2,3 hari kedepan angka 300.000 bisa dilewati.

    “Kalau standar kesuksesan sebuah blogg di nilai dari jumlah pengunjung”

    Sekarang mencoba mempopulerkan beberapa blog sekaligus dengan cara yang sama tapi di indobikers bukan di kafemotor. – DDOCI dan RETORIKA. alhamdulilah dalam kurun waktu 1-2 minggu 1000 poin pun terlewati.

    Setelah begitu menjadi “celeb binti tenar al beken” beberapa bloger telah memiliki domain sendiri. di WP diawali oleh Kangkombor dengan Kombor.com kemudian Kafemotor.org dan menyusul Indobikers.net (miliku!!) dan Tikabanget.

    Sayangnya beberapa blogger justru meninggalkan dunia blog karena kini telah bermain di dunia domain/portal. apakah mas Ilham, tika banget mau ninggalin dunia blog? wah kalo saya sih ogah ya,… biarlan indobikers.net berjalan sendiri di dunia dotnet tanpa harus meninggalkan dunia blog.

    salam blogger !!!

    http://retorika.wordpress.com

  50. imiL Says:

    emang bisa ya blogger pemula ndompleng ke blogger veteran biar cepet tenar?
    gimana caranya?
    apa sering komen gitu ya?

    *bener2 g tau*


  51. pembelajaranlah…
    beginner mungkin saja belum tau “tata-krama” di blogosphere. ini tugasnya yang expert buat mengarahkan mereka, bukan langsung dicaci. saya pribadi, sih, kdg2 cukup dengan protes guyon kalo nemu tulisan saya dikopi-peist, “mbok ya url saya dicantumin sebagai sumbernya. kan mitha atau desti bukan mantan pacarnya sampeyan…” (waktu curhatku seputaran mantan2ku dibajak orang)

  52. Dimas Says:

    Sayah pendatang baru! *ngacung*
    Mohon bimbingannya… Udah ada yang bimbing si *ngelirik jeng Tika*😀
    Salam kenal dari sayah🙂

  53. munggur Says:

    Setuju untuk apa yang Anto bilang pada postingan kali ini. Tak setuju pada label senior toh belajar dan ngeblog itu proses. salah pada awalnya tentu wajar terjadi. bukankah kesempurnaan tak datang tiba2.

  54. mardun Says:

    tersindir nih…. pernah (eh sampe sekarang ding) majang banner buatannya kak Anto tanap mencantumkan asalnya. Maaf ya kak Anto😛

  55. cK Says:

    senior itu biasanya kelas 3 SMU/SMP, junior itu kelas 1 SMU/SMP. kalo kelas 2 atau ditengah-tengah apaan??

    *OOT*

  56. Amed Says:

    Yah, saya rasa semuanya perlu kerja sama dari semua pihak deh…

    Yang blogger “senior” (bah, berasa di IPDN aja!) sebaiknya sama-sama bikin edukasi buat blogger “yunior” (bah, berasa di klub biker aja!), minimal ngepost soal etika ngeblog, etika kopi paste, etika berkomentar, etika nyampah, de el el. Sekiranya banyak yang ngepost kan pembelajaran itu bisa banyak ditemukan si blogger baru di search engine, sehingga bisa dijadikan rujukan buat blogger baru dalam memulai proses ngeblognya.

    *BTW, aku juga seneng kalo Anto komen di blogku, makasih ya nTo, muah!:mrgreen: *

  57. erander Says:

    Masa sih Nto?? .. rasa2nya kalo yang di WP baik2 aja tuh. Saya bahkan masih ingat jasa2 dirimu membuat banner. Cool. Mungkin ga semua senior seperti itu. Atau .. saking sepuhnya .. jadi ga kuat blogwalking kali Nto hehehe:mrgreen:

  58. Paman Tyo Says:

    Senior, yunior, bimbingan, dampratan, lalu apa lagi? Kayak partai saja.

    Dunia blog adalah dunia yang terbuka. Kalau senior dan yunior cuma diukur dari umur dan volume maupun frekuensi pipis sejak lahir, itu nggak relevan. Kalau senior dan yunior diukur dari siapa yang lebih dulu ngeblog, itu juga nggak penting.

    Dunia blog adalah sekolah terbuka untuk semua orang, termasuk pembaca blog yang belum punya blog.

    Salam blog,
    pamantyobilang.inianuituentah.co.id

  59. morishige Says:

    hidup blogger baru….
    *blogger baru neh, om..

  60. alex Says:

    Saya cuma bloger, Nto…
    Ngeblog cuma buat ngeblog
    Jadi seleb? Seleb cap kaki tiga?😆

  61. nieznaniez Says:

    *ngakak liat komen atasku

  62. nieznaniez Says:

    yang, kok kamu ga pasang banner seleblog sih ?? kan kamu udah bikin…

  63. alex Says:

    Lagian jadi seleb-blog buat apaan sih?
    Muasin kenarsisan diri-sendiri utk kemudian dicaci-maki karena dianggap sok tuwir, sombong, ngatur blogger nyubi mesti begitu dan begini?😆

    Yang penting ngeblog itu ya nulis, ya berbagi opini, ya ndak, Nto?😉

    *oles2 seleb salep ke jidat*
    *serapahi pilek di tubuh*

  64. cK Says:

    oh gitu ya nto…

    kamu emang seleb…

    selebayut™

    *kabuuurr sampek timbuktu*

  65. kurtubi Says:

    Ini tentang Sarah tah? saya tahu dari tikabanget juga mbahas ini… Kang Kombor nyinggung seleb blog…. dll. Kira-kira berapa ya dosanya orang yang kopi paste. Itulah enaknya ngeblog gak pake “syahadat” atau baiat pada “rasul blog” sebelumnya sehingga terjadilah kopi paste segala.
    Ada yang pengen jadi “nabi” ada pula pengen jadi seleb blog… caranya ada yang murni ada yang marani…🙂

  66. myresource Says:

    mas mana fotonya yang kepala di lubang?
    yangwarna merah itu loh..
    lucu mukanya…
    hiihihihihihihihihhijhi….

  67. myresource Says:

    beware…

  68. myresource Says:

    hetrix deh…

  69. stey Says:

    blogku jelas blog yg tdk teridentifikasi..hehe


  70. Ngeblog itu bukan hanya perkara statistik, jumlah komen, dan tongkrongan BOTD

    Good point, mas! saya juga suka sama kutipannya Paman Tyo. memang nyata banged. sekarang ini udah jarang banged ada orang yg ngeblog murni karena pengen nulis. udah banyak yg diracun sama gila traffic, komen, dan lainnya. kadang ini yang membuat postingan dan komentar juga enggak bermutu. “yang penting asal tumpah aja! yang penting mereka tahu aku udah komen di sini. and bla.. bla.. bla..” maaf2 lho, ya. tapi apa memang itu sebenernya gunanya ngeblog?

    lucunya, orang2 yg trafficnya tinggi itu sering banged ketangkep sama mbah Gugel karena keeksistensian mereka. tapi apakah tulisan mereka bermutu? benar2 informatif? yah, terserah aja bagaimana masing2 kita menilai manfaat dari sebuah blog.

    pertama kali ngeblog saya pikir dunia blog ini dame. gak ada riweuh2nya. semuanya berteman karena saling membutuhkan informasi yg satu dengan yg lain karena media blog ini konon lebih banyak dibaca daripada newspaper saat ini -om Iman Boroseno, kalo gak salah. dan tadinya saya pikir gak ada senioritasan. gak orang2 yg sok nyeleb. gak ada strata di sini sehingga kedudukan kita semua sama. tapi TERNYATA SAYA SALAH!

    Overall, aku suka postingan mas ANto yang ini. paling suka diantara semua postingan yang ada. dan makasih karena dulu pernah sering2 main ke blog saya dan memberikan komentar2 yg gak asal tumpah. dan maaf kalo ada kata2 saya yg salah. Mungkin juga saya adalah salah satu jenis orang yg ceritakan di sini🙂

    Wassallam

  71. Totoks Says:

    saya masih bingung dengan kriteria senior dan yunior di dunia perblogeran… saya kira semua blogger adalah sama dimata kita. tergantung menarik apa tidaknya atau berguna atau tidak isi dari konten itu buat kita.

  72. daeng limpo Says:

    awal mula aku ngeblog, aku membaca blog mas fatih waktu masih di blogspot. aku mengikuti tutorialnya bikin blog, waktu itu aku nggak ngerti mau ngisi apa, templatenyapun ganti-ganti, karena bingung aku copy paste aja berita dari antara.co.id tetapi aku menyebut sumbernya. Jadi aku pikir tentang copy paste yang penting sama-sama menghormati, yang mencopy paste mencantumkan linknya kalau dapat yang dicopy paste menuliskan yang mana boleh di copy paste dan yang mana yang tidak. Atau kalau kuatir di copy paste mungkin lebih baik gak usah dimunculin di blog kirim aja ke media atau bikin buku saja. Toh punya mbak faniez buku pernak-perniknya tetap saya beli, walaupun di blognya juga ada. Saya pikir ada “hukum karma” di blog sebagaimana di dunia nyata, jadi nyantai aja tetap ngeblog dan ramaikan dunia blog Indonesia dengan hasil karya anda atau karya orang lain dengan mencantumkan linknya atau sumbernya.

  73. GRaK Says:

    sepakat…🙂
    *waduh seharian ngak ngeblog betul2 ketinggalan berita*

  74. Niam Says:

    I don’t know what to say. I am really really a beginner. I am blind about blog, but I was so interesting when my fried busy something use full, I mean blogging. I try to write an opinion a day or something like that, But because of the beginner I fell so hard man! finally I get conclusion to copy and paste other writing to my blog. No! it’s useless if I just do it, I thought. so?… Just try and try, that’s my friend said.

  75. fanaticanz Says:

    ealah.. ngblog aja ko repot repot amat sih..

    Dari 2004 saya udah kenal blog dan punya, tapi ga kepikiran macem-macem… Cuma mau nulis apa yang ga bisa diucapin begitu aja (ngutip dari mpokB.blogdrive.com).

    Sampe sekarang pun kualitas tulisan saya masih ga maju maju, masih berdasarkan otak dan hati, tanpa ada niat untuk cari komen ataopun jadi seleb blog. Jadi kalo ada blogger yang posting cuma buat nyari komentar atopun kunjungan balasan, saya rasa dia melenceng adari garis besar blog.

    Siapa sih yang bikin istilah seleb blog? dia yang harus bertanggung jawab atas melencengnya niat ngeblog itu.

    Kalo ga salah gua pernah liat tulisan, “Blog Adalah Senjata dari Perang Pikiran”, so keluarin apa yang lo pikirin, dan jangan sia sia in kinerja otak.

  76. paijo Says:

    mbuh akh, nggak mau ikot-ikotan mikir yang rumit-rumit.
    ngeblog ya ngeblog aja.

    Saya dapet trekbek?

  77. Swiwi™ Says:

    ehem ehem…
    kenapa tulisan Anto akhir2 ini emosional sekali ya?

    ada apa Nto?
    abis diputusin digugat cerai sama nyonya ya?
    :mrgreen:

  78. Resta Says:

    blogger senior emang suka sombong

  79. tikabanget™ Says:

    @ Resta :
    eh, sapa tu yang sombong, resta?
    kitik kitik aja..

  80. annots Says:

    @swiwi™
    Bukan di gugat serai sama nyonya tapi belum ada cewek yang menanggapi serius antibilang.wp.com *lirik ekowans, kabuuur sebelum dirajam antobilang…*

  81. iphan Says:

    lha,saya ini blogger baru. Jadi mohon dipostingkan “panduan panduan menulis blog untuk blogger abal-abal agar tidak dihujat blogger level advance”. Sampe sekarang saya cuman menyerap ilmu dari guru saya. Ibu tika itu,dan blog blog yang udah terkenal.

  82. tikabanget™ Says:

    @ iphan :
    gampang phan!!!
    makan tiga kali sehari..
    plus diskon2 jajan di kafemu ituh..
    huhuhu…

  83. Toga Says:

    Jika kita mendasarkan blog kita pada apa yang dikatakan oleh blog lain, kita hanya sedang membuang uang untuk biaya nginternet (terkecuali yang nyolong2 dari koneksi perusahaan kyk saya).

    nama antobilang itu, mgkin membawa pesan yang tepat, krn Anda memang mau bilang apa yang mau Anda bilang. Orang mau bilang apa, ya bilanglah di situ.🙂

  84. cK Says:

    VOTE ANTOGIRANG™ FOR PRESIDENT!!!

  85. kenz Says:

    menurut saya bukan masalah senior-senioran dan junior-junioran…
    ataupun juga pembunuhan dan pengkebirian hak untuk ngeblog.

    masalah utamanya itu masalah budaya perilaku,
    jangan sampai perilaku jiplak (istilah memindah artikel) jadi semacam perilaku obsesif kompulsif,
    begitu tidak ada ide, langsung jiplak.
    mentang-mentang blogger baru, lalu dapat ‘kekebalan diplomatik’.
    *hehe, tidak berlaku jika bloggernya mengijinkan untuk dijiplak*

    harus ada penegakan etika, minimal yang sosialisasi ttg etika itu sendiri,
    ini kan demi budaya sehat blogging itu sendiri.
    saya sendiri masih bertanya :
    Apakah penjiplakan ini pada akhirnya membuat para blogger yang memiliki tulisan bagus menjadi kecewa dan berhenti menghasilkan tulisan bagus, toh sekeras kerja otak hanya untuk dijiplak (dipindah ke blog orang)?
    Bagaimana jika ternyata tumbuh sumbur banyak blogger baru, tapi justru tulisan-tulisan bermutu menghilang dan tergantikan dengan jiplakan artikel yang sama disana dan disini?

    hore.. ini pasti blogger baru.. hakekeke…
    http://hateospek.blogspot.com/2007/10/0-alasan-mengapa-ospek-harus-dihapuskan.html
    http://rusly-trk.blogspot.com/2007/11/manfaat-psikologis-aktivitas-ngeblog.html

  86. Resta Says:

    @tikabanget™
    tidak semua sih, tapi menurut gw kebanyakan begitu:mrgreen:

    @om anto:
    gile ngeblognya rajin amat…gw yg pembaca aja keteteran ngikutin blog ini…uedan tenan.

    emang sk****i udah selese ya? hebattt…!

  87. rd Limosin Says:

    jadi??

    junior = boleh kupipes
    senior = harom kupipes


  88. aku kok bingung ya ? biarin semuanya berjalan apa adanya, toh waktu yang akan melakukan seleksi alam, bukan begitu ?
    *ngawur yo*

  89. nugroz Says:

    oi… gw baru blajar neh nge-blog….
    kok makin bikin gw goblok ma tampilan…😦

  90. saya Says:

    *merenung dolo baru komen*

    setau saya, saya pipes cuman sekali…dan itu sekalian saya link ke tulisan aslinya di suatu forum….

    meskipun selain anggota forum nggak bisa masuk ke tulisan aslinya…saya rasa saya sudah menghormati penulis aslinya….

    *gitu salah ndak se..??*

  91. Sayap KU Says:

    Sebagi pendatang baru di blog, Ade pernah merasa digebukin oleh para senior, tulisan dijajah, kebenaran di deklarasi salah dan sebagainya … awalnya marah, bingung, sedih… setelah reda baru mengerti. inilah proses (setuju dengan mas @munggur).

    -Ade-


  92. he.. he.. anto marah!!!!!!!
    aku harus ikut marah!!!!!!!
    tapi pada siapa??????????????????
    Aku lebih setuju kalo Blog dan Peblognya mengalir ajah……., yg baru yah berjuanglah.. yg seleb yah nikmatilah… Jangan ada pemaksaan….!
    Walaupun, tentu yg seleb (kayak antobilang & tikabanget) masih dengan “rendah hati” mampir menyemangati – ngomporin – mendorong para pendatang baru untuk mengembangkan blognya…
    Hidup Anto…… Hidup Tika……!


  93. klo gak hetrik, gak puwaszzzzzzzzz!
    :hiks:

  94. Kombor Says:

    Wah… ternyata makin banyak ya, dikotominya:
    Bloger Senior VS Yunior
    Blog Seleb VS bukan seleb

    Soal kopipas. Ada loh, bloger yang memberikan disclaimer bahwa isi blognya boleh dikopipas tanpa menyebutkan sumber. Nah, terhadap yang begitu bagaimana?

    BTW, To,… blogku bukan pakai blogspot tapi wp.org.


  95. “Apakah kita akan menjadi blogger senior yang main damprat atas kesalahan anak baru yang suka kopipaste”

    KTIA??? SENIOR???
    bukan saya yang jelas…..

  96. dewi pras Says:

    yang ini emang bener2 seleb blog!
    sekali posting komen-nya nyampe 96!!!!

    apa mas anto ini juga jadi salah satu blogger senior yang ngasih “seucrit” komen buat blogger pemula???


  97. […] : 1. Yth. Sdr Joe Satrianto 2. Yth. Sdr antobilang 3. Yth. Bapak Ustadz Tajib 4. Yth. Kopral Geddoe 5. Yth. Sdri Neng Tika 6. Yth. Bapak M Sodiq 7. […]


  98. saya daftarin dong Tho, Blogger baru nih😀


  99. […] blogger Indonesia, yang juga menjadi ke-resah-an Mas Iman Brotoseno, Ndoro Kakung, Mbak Venus, Anto, Tika, Rozenesia, DB, dan masih banyak lagi […]

  100. nggapunyalink Says:

    quoted dari postingan di atas:
    “….blogger senior yang membimbing mereka dengan ramah untuk menjadi blogger yang lebih beretika.”

    GUBRAAAAKKK!!! di dunia maya ada senioritas juga toh😛

  101. nggapunyalink_lagi Says:

    *sadar* aah…. maklum lah, namanya juga klub😛

  102. zidanie Says:

    hmmm… bisa-bisa yang namanya blog itu ntar bertransformasi jadi Genk Gaspersz dan Genk Motor yang kalo mau masuk komunitasnya musti diplonco dan ada dikotomi antara senior dan junior.. antara blogger bau kencur dan blogger ngetop.. antara blogger kasta sudra dan blogger langit ketujuh.. antara yang dapet komen seucrit langsung sujud syukur dan yang kebanyakan komen sampe ga sempet baca..

    kalo sudah begitu, bukankah malah memancing blogger yang anti-sosial? blogger yang jadi ga peduli ada blogger lain di dunianya? jadi ga mau tau ada yg ngetop apa gakk..

    [kalo komen begini dikira blogger pemula yang asal templok komen biar dapet kunjungan balik gak ya?.. *kaburr*]

  103. starboard Says:

    Semua perlu belajar😀

  104. koolsonic Says:

    masuk sini dari thread di loenpia,,hmm iya benar sekale,,everybody needs to learn and in that, of course, needs a process. alias gak bisa instan, semua dari nol, kalo jadi blog celeb bersyukurlah tapi ga usah semena2 dong,,,😀

  105. mulut Says:

    Welgedewelbeh

  106. mulut Says:

    Welgedewelbeh

    Jadi ingat saat mulut pertama kali mulai menggoreskan tulisan di dunia bloghosphere ini, maksud mulut hanya bertanya, tetapi….tanggapannya…., ya begitulah kalau mulut2 sudah berkomentar….,

    BTW, mas sampean menurut mulut populer habis…. liat aja yang kasih komen…:)

  107. metha Says:

    Bahan artikel saya malah kebanyakan tuh! Jadi nggak sempet menjejali dengan kopi paste. Punya sendiri aja kadang sampek bingung mostingnya…. he he he
    Saking semangat nulis kali ya…


  108. […] : 1. Yth. Sdr Joe Satrianto 2. Yth. Sdr antobilang 3. Yth. Bapak Ustadz Tajib 4. Yth. Kopral Geddoe 5. Yth. Sdri Neng Tika 6. Yth. Bapak M Sodiq 7. […]

  109. NUNI Says:

    numpang lewad ajjah koo ..🙂

  110. nuni ajjahh .. Says:

    ehh ,, latar belakang terjadinya senioritas apaan seh ??? “pertanyaannya simpel kan , tp susah di jwb , hho..🙂 “

  111. nuni ajjahh .. Says:

    jawabb iaaahhh …..😉

    makasiii .. lope dah !!

Tinggalkan Balasan

