Sepotong Sayap untuk Ade

November 7, 2007

Postingan yang terkait :

Pastinya teman-teman di penjuru blogosphere terutama wordpress, sudah mengenal sosok ini. Ade, namanya. Dengan blog berjudul Sayap Ade, Dengan leukemia ini, akan kujelajahi gunung-gunung, ombak-ombak samudera dan gemintang di angkasa. Siapapun yang membaca kisah Ade dalam blog itu pasti akan teriris perasaannya, kecuali yang gak punya :mrgreen: . Sering saya ngetik komen, tapi enggan saya submit [ga tega 😦 ].

Membaca kisah Ade, saya jadi ingat sebuah dorama Jepang yang saya tonton akhir tahun lalu. Ichi Ritoru No Namida (1 Litre of Tears). Cerita “menjemput kematian” yang diambil dari kisah nyata seorang gadis berusia 15 tahun yang menderita Spinocerebellar Degeneration. Cerita ini berdasarkan sebuah buku catatan harian Aya, yang ditulis setiap hari untuk menghadapi hari-hari terakhir menjelang kematiannya. Sampai kemudian dia tidak bisa menulis lagi, karena penyakit ini menyebabkan penurunan fungsi koordinasi otak terhadap organ-organ tubuh.

Kembali ke Ade.

Baru saja, saya mendapat kabar dari saudara seperguruan saya si Hoek. Kalau si Ade menutup blog itu karena pasal ada beberapa orang yang menyebarkan berita bahwa blog Ade adalah palsu. Menyebarkan kebohongan kepada publik, begitulah istilah yang dipakai. Setelah saya telusuri mungkin yang dimaksud adalah Blog Senja, yang menyatakan dia bersama nico (Halo nico?) sedang membuat sebuah tim investigasi untuk menyelediki apa yang sebenarnya terjadi. Saya tidak menemukan bukti bahwa Tim itu menyuruh Ade untuk menutup blognya, baik melalui postingan maupun komentar. Hanya, tim mengungkapkan akan membongkar sesuatu kebohongan di blog. Mungkin memang banyak blog palsu di blogosphere ini.

Jangan2 Blog Antobilang ini juga palsu?
Mau dibongkar juga? Siapa yang mau? *Plaaakkk*

Baiklah, saya sedang tidak ingin berkontroversi tentang masalah ini. Saya tidak sedang menyetujui bahwa blog Ade adalah sebuah blog bohong-bohongan. Yang menipu orang dengan cerita menye-menye dan cengeng. Menjadi terharu lalu simpatik terhadap penyakit Ade. Tapi bukan pula sedang mendukung habis-habisan bahwa blog Ade itu aseli benar-benar ditulis oleh orang yang menderita Leukemia dan sedang berada dalam titik terakhir dalam menghadapi kematian.

Apapun yang sebenarnya terjadi, saya pribadi sangat berterima kasih kepada Ade atau siapapun yang ada di balik blog Ade. Saya pribadi melihat ada sebuah jasa Ade terhadap diri saya, semoga anda juga merasakan begitu. Kisah Ade mengingatkan saya agar lebih menghargai hidup, rejeki, dan kesehatan yang saat ini dianugerahkan kepada saya. Saya masih mempunyai cita-cita indah di masa depan saya. Saya masih mempunyai cita-cita untuk segera diwisuda. Saya masih memiliki cita-cita untuk menikah 3 tahun lagi. Tapi orang seperti Ade? Saya rasa dia harus mengubur seberapapun tingginya cita-cita akibat penyakit Leukemia ini. Hidupnya hanya tersisa dalam hitungan 18 bulan lagi.

Terima kasih Ade, saya berharap Ade itu adalah nyata adanya, saya bahagia bisa tahu orang seperti kamu. Saya rasa Tuhan sedang menunjukkan kepada saya apa yang selama ini saya cari untuk pembuktian cinta Tuhan kepada saya. :mrgreen:

Update : Baca link ini. Penting 😉

122 Responses to “Sepotong Sayap untuk Ade”

  1. hoek Says:

    FERTAMAXXX!!! TENTU SAJA!!!

  2. warnetubuntu Says:

    Yang penting pesannya.. bukan orangnya.. jadi inget kata2 pramudya ananta toer … menulis adalah bekerja untuk keabadian..

  3. alex Says:

    Menulis Adalah Bekerja Untuk Keabadian…

    Njrit!! Udah lama benar ndak baca buku2 bekas tapol Pulau Buru itu
    *lirik2 Almas* :mrgreen:

    Kembali ke pitenah posting!

    Itu yang mau jadi detektif, wewenang siapa sih buat periksa fiktif atau ndak? Mau jadi the watcher-nya blog ya? 😆

    and again…
    WHO WATCH THE WATCHER?!

    👿

  4. Takodok! Says:

    Komen yang mana sih yang nyuruh nutup blognya?
    Sama aja kayak ada yg nyuruh, bakar aja rumah kamu *hiperbolis* Tapi ya terserah yang punya..

    Yup, liat apa yang diampaikan, bukan siapa yang menyampaikan.

  5. Pandapotan MT Siallagan Says:

    dia telah menulis, telah hidup untuk waktu yang tak bisa kalian jangkau. 18 bulan tak berarti apa-apa untuk guratan yang telah dihidupkannya di hati kalian.


  6. Pribadi, meski tulisan Ade, mungkin, benar – benar palsu, saya akan tetap menghargai usaha Ade dalammenulis. Bagaimana tidak ? Saat ini orang lebih suka menulis apa yang sedang tren dan menulis tanpa etika jurnalisme yang ada (Mungkin saya juga termasuk).Tetapi Ade menulis apa adanya, dan acapkali dia memberikan sebuah pesan moral baik itu implisit ataupun terang – terangan.

    Maka dari itu, secara pribadi saya akan mendukung blog ade.

    Note : Saya juga sama seperti Anto. Kadang menulis komentar tetapi enggan mem-publishnya.

  7. kapucino Says:

    malah baru tau ada blog gitu,….
    .. :geblekkk:

  8. zam Says:

    kesumon blog sHa dulu itu

  9. Anang Says:

    langsung ke TKP

  10. Anang Says:

    yang diatas itu bukan anang palsu…. 🙂

  11. antobilang Says:

    Anang jayus 😦 seleb kok norak 😆


  12. urusannya apa nyuruh2 nutup blog orang ituh..

  13. MicoKelana Says:

    Wah terus aja ngeblog, klo emang itu ungkapan hati. Kan itu namanya kejujuran hati.. halah..

  14. zam Says:

    hwakakakakaka… resiko selebisul ya begini, ntok..

    anda harusnya bangga.. mendapat hetrik dari lord-mu

  15. Siw Says:

    siyal! 👿

    padahal aku suka kisah kisah Ade yang inspiratif itu.

  16. morishige Says:

    hmm..
    agak OOT nih..
    jika kebebasan berekspresi orang dibatasi seperti ini, sama saja dengan orde baru dong??
    ayo berjuang untuk kebebasan!!

  17. venus Says:

    halah, apa sih??

  18. didut Says:

    bener gak bener yg penting khan bisa dipetik pelajarannya .. gitu aja kok repot?! 😛

  19. fiandigital Says:

    wahhh kanganto posting ttg keresahan teman sekantor (onlysenja) saya juga toh 😀
    hmmm saya sih ga peduli org dibelakang blog itu siapa kang anto hehe
    yang penting selama materi tulisannya itu baik dan inspiratif ya kenapa tidak 😀

  20. kapucino Says:

    ^
    ga usah ikutan Mbak,..
    anto lagi kehilangan bacaan,
    jadinyaa,..curhat deeeeeehhh….

  21. kapucino Says:

    yang sebelumnya buat mbak Venus maksudnya .. 😀

  22. antobilang Says:

    @ hoek :
    *masukkan ke mulut hoex 1 liter pertamax campur

    @ warnetubuntu :
    sip, Ade pun ingin mengabadikan saat2 terakhirnya.

    @ alex :
    hehehe, mungkin ga punya kerjaan inisiatif, lex? 😉

    @ Takodok! :
    hm, sebenernya bukan komen atau posting tentang anjuran penutupan blog. Tapi akan da pengungkapan tentang adanya blog palsu, dan blog ade lah yang akan menjadi ‘target’. diedit karena saya belum/tidak menemukan bukti.

    @ Pandapotan MT Siallagan
    semoga Ade bisa menulis lagi, pak.

    @ Mihael “D.B.” Ellinsworth :
    Saya malu sama ade kadang terlalu tegar untuk meceritakan kisah-kisahnya 😥

    @ kapucino :
    iya ente geblek… *dihajar*

    @ zam :
    ceritain lagi dong zam, waktu itukan aku belum ngeblog :mrgreen:

    @ Anang :
    anang norak. 😐

    @tikabanget™ :
    hahaha.. mungkin ga ada kerjaan kale 😛

    @ MicoKelana :
    jadi kek judul lagu.. hihihihi

    @ zam :
    yeah, he’s my lord! *menjura ke anangku*

    @ Siw :
    Namanya juga mirip, Swiwi ama Sayap :mrgreen:

    @ morishige :
    iya, di blogpun ada yang saling bredel ya? 😕

    @ venus :
    iya, halah, apa sih ini? :mrgreen:

    @ didut :
    betuuuuuul *giring anak2 wp buat koor*

    @ fiandigital :
    setujuh kang fian, yang penting pesannya tho? 😉

  23. kapucino Says:

    tuh blog bikin gue komen panjang2… ckakaka…

  24. kapucino Says:

    ARGHHH..
    percobaan hetrick pertama gue gagal,..
    ah,..
    ah..

    *mampus gw ketularan hetrik mania 😦

  25. antobilang Says:

    @ kapucino al leksa
    ckakakakaka™ gagal nih ye… 😆

  26. kapucino Says:

    nto,..
    mending kita jadi detektif buat blog yang INI
    asli penasaran gue,…

    takut jadi korban pemnoongan publik 😐
    huakaka…

  27. antobilang Says:

    @ leksa
    detektif bukan untuk membuktikan kebenaran tho?
    detektif2an cuma biar bisa kenalan trus ngajak kencan gitu???
    saya sudah tau sih 😆 ngajak kopdar ah…

  28. Sarah Says:

    halah..blog yg ini maksudnya, mau nyelidikin apa hayoo?!?
    tanya aja langsung ke orgnya.
    Kapucino itu siapa yaa??

  29. Pandapotan MT Siallagan Says:

    jadi rame ya?

  30. keuanganperbankan Says:

    thank you ya komennya asick bangeat deh cerita tentangmu gitulho aq jadi heboh ngeliatin dari komenmu menarik bangaet gitu oke, pa kbr…………….

  31. antobilang Says:

    @ sarah
    selamat datang non sarah…
    kapucino itu blognya ini… hihihihihi…
    mbak sarah jangan marah, it’s only jokes 😉
    kapan kita kopdar?

    @ Pandapotan MT Siallagan
    iya nih, moga cepet kebongkar apa yang sebenarnya terjadi dan ga ada yang dirugikan.

    @ keuangan perbankan
    apa siiih? ga penting deh.. 😆

  32. cK Says:

    Your comment is awaiting moderation

    antopalsu™

  33. kapucino Says:

    ups orangnya muncul …

  34. cK Says:

    kok dimoderasi sih? 😕

  35. antobilang Says:

    @ leksa
    nah lo.. nah lo…

    @ cK
    ga fenting deh… cari perhatian gue aja lo…

  36. cK Says:

    Your comment is awaiting moderation

    *injek-injek anto* 👿

  37. antobilang Says:

    eh keknya ada yang mo hetrik nih?

  38. cK Says:

    saya sudah prinskrint bukti saya hettrik disini…

    terbukti anto suka ganti jam komen… 8)

    *siul-siul*

  39. funkshit Says:

    @sarah
    beneran sarah yang itu ya ??
    asl pliss … :-* << ikon YM

    eh, klo misal nya tulisan nya palsu kenapa tho ?? mengganggu orang pow, sampe harus di tutup.
    Mungkin si Ade harus diajak menjalankan rukun blogger nomer 4

  40. cK Says:

    saya sudah prinskrin bukti saya berhasil nyenttrik disini…

    terbukti anto suka ganti jam komen… 8)

    *siul siul*

  41. kapucino Says:

    ckakaka…
    gue baru nyadar nick gue di WP kapucino..
    udah ah…
    laper dan mo kopdar ama cencored

    dah ANtooo…..

  42. funkshit Says:

    *niat mau ikut2 an hatrik ngga jadi akh. . . lagi rame

  43. cK Says:

    saya sudah printskrin bukti saya berhasil nyenttrik disini…

    terbukti anto suka ganti jam komen… 8)

    *siul siul*

  44. cK Says:

    cih…komen gue masuk akismet mulu…

  45. cK Says:

    coba sekali lagi…

    saya sudah prinskrin bukti saya berhasil nyenttrik di link ini:

    terbukti anto suka ganti jam komen… 8)

    *siul siul*

    btw ade kok belom komen disini ya? 😕

    *biar ga OOT*

  46. antobilang Says:

    Maapkan atas gangguan komentator nakal .
    sekarang mari kita lanjutkan diskusi ini.
    Mohon tidak komen OOT dulu, nanti bisa saya kelitikin sampai kelojotan lho :mrgreen:

  47. kapucino Says:

    ah batall
    batalllll .. si teteh malah ga mau nemeini makan malam siyaallll .. 😦

    Kalo gitu bek to Anto vs Ade..
    jadi nunggu sapa nih? Ade,??
    report si senja dan nico?
    ato bijimane?


  48. akur Nto, apapun ada-nya, nilai positif-nya yang harus kita embat, bukan begitu Nto?

    @cK

    cih…komen gue masuk akismet mulu…

    kali aja developer-nya akismet udah tahu yang jago-nya OOT
    *di-timpuk chika pake Cokelat* :mrgreen:

  49. leksa Says:

    yes bisa koment make link sebenarnya 😀

  50. rystiono Says:

    Ijin ngirim trekbek ah….

  51. salamatahari Says:

    *membaca lagi judul postingan ini*
    emang sayap bisa di tukar2 ya?
    kalau sepotong gak cukup kali…

  52. Totoks Says:

    gak penting siapa yg nulis blognya… tetapi isinya benar2 menyentuh hati kita.. jarang lho saya baca blog seperti ini.. tetap semangat ya Ade 🙂

  53. Fajar Says:

    wah sayang kalo ditutup
    padahal bagus
    gw sering baca
    walaupun gak pernah komen

  54. ichal Says:

    saya ikutan merasa, kayaknya Ade gak perlu dengerin komen macam2 n tetep menulis!!
    tetep positif thinking

  55. marsitol Says:

    Sesungguhnya nge-blog itu hak segala mahluk. mau bohong, mau hyperbol, mau jujur terserah yang nge-blog. Toh pembaca blog sudah cukup dewasa untuk memilah. Kalau nggak suka ya nggak usah baca, kalau suka ya baca. Kalau ngga percaya ya cuekin aja, kalau mau percaya ya silakan memilih tindak lanjutnya.
    Cerpen juga hanya fiksi tapi tetap bisa memberikan arti bagi yang membaca.
    Tapi kalau ada yang pengen main detektip2an juga sah2 saja. Jangan lupa bawa anjing, bawa bekal limun jahe dan naik sepeda biar kayak lima sekawan.

  56. dobelden Says:

    Saya masih memiliki cita-cita untuk menikah 3 tahun lagi

    lama amat?? keburu BCL Nya jadi warga negara malingsia..

    *ups kok nyampe BCL 😀

    Padahal ade sempat menorehkan ketikkannya di kandangku 😦

  57. Fany Says:

    ehem… bakalan rame nih…

  58. antobilang Says:

    FYI, coba baca [komentar ini]
    sebuah komen dari ‘seseorang’ bernama Bulan.
    Anonim yang lain, semoga bisa mencerahkan.

  59. rystiono Says:

    Kalo emang -Ade- itu fiktif, ubah aja blog nya jadi blog cerbung…

    Beres kan…

    Toh rasanya aku nggak rugi baca-baca itu semua…

  60. rystiono Says:

    Ngomong2 kalo -Ade- fiktif, tuh cewek di foto nggak kena leukimia donk…

    Asyik…mo cari tau ah sapa dia…

    * investigasi mode on…

    -Iwan-
    http://ryst.linux-ae.org

  61. GRaK Says:

    Emang komentar yang menyebabkan ade itu menutup blognya yang mana?
    aku blum jelas.

    Si ade, 1 dari banyak orang anonim di WP, yang mungkin saja memberikan ilmu dan pengalaman walau itu *aku juga blum tau persis masalahnya* dituduh berbohong.
    salahkah memang berbohong di cyber ini? kita tidak tau siapa saja yang berkata jujur di blogspere ini.

  62. Sarah Says:

    kopdar..kopdar…. hahaha..
    kembali ke ade, menurut sayah gag jd soal ituh fiktif ato gag, yang penting kan qt bisa dapet hikmah dan pelajaran dr apa yg ade tulis *hehe,menurut sayah sih..* trus buat ade.. keep writing!!!

  63. andi bagus Says:

    kok tega2 na ada yg menyebar gosip..:(


  64. […] tertentu. Karena belum ada konfirmasi yang benar-benar fasti dari Ade, maufun blogger yang terkaid, seferti yang disuarakan oleh kakak ferguruan saia, kakak Antobilang. Jadi, saia ingadhkan sekali lage, fosting ini fanjang, ribedh dan munkin […]

  65. saniroy Says:

    Mas Anto. Kalo avatar tak sesuai dengan keadaan sebenarnya juga bagaimana? 😀 Nuwun dan maaf.

  66. STR Says:

    Ade …!!!

  67. marwan Says:

    sm yang kyk gue bilang di blog ade,,
    kalo ada 1000 commnet yg ngedukung dia buat terus berkarya,,
    tapi mungkin 1 comment itu mungkin comment dari orang yang sangat berarti bagi dia, makanya terpengaruh banget,,,
    yah kita doain n kasih semangat ajah, semoga dia g jadi nutup blognya..
    caiyo..

    wawan,
    http://www.likalikulaki.wordpress.com

  68. rizko Says:

    Siapa yang bilang umurnya tinggal 18 bulan lagi ???

    Sok tau ah!, dokter ya ? wah sok tau nih dokter, emang dia tau umur dia sendiri tinggal berapa, kurang ajar!!!

    Jangan suka mendahului Tuhan, kita kan gak tau mungkin 1 bulan ke depan Allah SWT nyembuhin penyakitnya…

    BTW ini yang saya gak suka dari dokter, suka memvonis, bikin si pasien jadi down, bukannya dikasih semangat atau dukungan, btw udah memvonis n bikin down, duitnye tetep diambil lagi… BTW gak semua dokter loh, kebanyakan ya…

  69. Biho Says:

    **Saya masih memiliki cita-cita untuk menikah 3 kali lagi**

    Wak..wak.wak… 1 x aja belon, Tho… Tho 😀

  70. annots Says:

    To, 3 tahun lagi kamu mau nikah?? Jadi sama yang mana? Yang suka jeng-jeng atau yang kerja di detik? *kabooorr*

  71. camerong Says:

    Kematian Suatu Kepastian terhadap makhluk yang bernyawa, namuna sesuatu yang terlupakan. jangan takut mati . . jangan takut mati . . takutlah akan hisab sesudah kematian, apakah amal kebaikan yang banyak atau amal keburukan yng lebih banyak….

  72. rozenesia Says:

    Like I always say, “I want to believe…”

  73. alle Says:

    antobilang itu fiktif gak yah???
    hihihi…

  74. leksa Says:

    @alle : Mungkin kalo antobilang ga bisa menjelaskan,..Anti bilang mungkin bisa kasi klarifikasi,..
    ckakakaka….

    Hai Sarah™

  75. Klikiri Says:

    yg bukan manusiapun bebas ngeblog..
    masalah ini kok jd ky blogteinment yah..

  76. mitra w Says:

    asik2 aja deh kyknya… ngapain stress dengan itu. Ya, blog menurut mitra adalah sebuah media juga… mau itu true story atau enggak, yaa.. itu keputusan pembaca, yg penting gak sampe menyebabkan huru-hara atau gangguan jiwa 😛

  77. erander Says:

    Kita ambil sisi positip nya aja .. gimana?? Kaya Anto bilang :

    Kisah Ade mengingatkan saya agar lebih menghargai hidup, rejeki, dan kesehatan yang saat ini dianugerahkan kepada saya.

    Btw .. justru yang perlu diselidiki itu blog nya antibilang .. ya ga Nto?? Kalo cuma nulis cerita khayalan mah .. biasa aja. Anggap aja sinetron.

  78. Sayap KU Says:

    Ade disini… membaca tulisan dan comment di blog ini, gak tahu musti ngomong apa, rasanya tersekat tenggorokan, pengen nangis, haru dan sekaligus bahagia. Dan Ade akan terus menulis, berada diantara blogger adalah hidup yang lain buat Ade, sama nikmatnya.

    Makasih yah
    -Ade-

  79. leksa Says:

    orang nya muncul nih , Nto…

    Ga tau ini hoax juga atau bukan,…

    sek..sek… tanya antibilang dulu…

  80. oRiDo Says:

    Saya rasa Tuhan sedang menunjukkan kepada saya apa yang selama ini saya cari untuk pembuktian cinta Tuhan kepada saya.

    lagi cari apa nTo??

  81. Angko Says:

    saya suka banget sama blognya Ade. skian lama berkelana di dunia maya dan di sfere blog, baru 1 komentar yg saya buat. kemaren, or dua hari lalu, iseng2 klik blog dia, and saya langsung kasih 5 komentar 🙂
    sejak awal juga saya sudah ragu, keraguan yang didasari perbedaan akan apa yang saya ketahui tentang darah putih dan darah marah dengan apa yang digambarkan dalam cerita-ceritanya: adakah dia sedang berakting, belajar bikin skrip film or sinetron, ngetest bakal novel, atau memang dia keadaannya begitu? kalau iya, kekuatan apa yang dia milki tuk bisa nulis seperti itu? berapa kali lihat orang2 yang kena kanker, dan saya ga bisa bayangin kekuatan itu. saya pikir satu dua orang di dunia yg bisa melakukannya.
    gara-gara dia, saya jadi pengen nulis blog lagi, secepatnya, sebagusnya. 🙂
    tapi, di atas itu smua, saya terilhami oleh kekuatan itu. saya tersentuh oleh cinta yang diungkapnya, saya tergugah oleh kenyataan bahwa hal yang digambarkannya –andaipun fiktif– adalah kenyataan sehari-hari kita.
    eniwei, watever…
    @ANTO, salam kenal

  82. arya Says:

    jadi inget kasus natasha yang dulu sempat rame
    *blokir alamat antobilang dari pantauan orang2 detik*

  83. trisetyarso Says:

    Dalam peperangan ini Ade sudah sangat menang; yaitu membalas keburukan dengan kebaikan. Segala hal tuduhan yang bersifat su`udzhan, dibalas oleh Ade dengan lemah-lembut.

    SATU – NOL

    Ade SATU

    FPI WP : NOL

    😀

  84. hoek Says:

    @orido
    lagi nyari istri…

  85. morishige Says:

    bagaimana perkembangannya??
    😕


  86. […] kepada Yth. Senior OOT Seperguruan, yang dipertuan agung, Antobilang kepada Yts. apa! mau protes!? -Ade- kepada Yth. Nico. damai bro! kepada Yts. Senja. damai sis! […]

  87. nieznaniez Says:

    entahlah…
    pertama baca, aku juga sempet berpikir klo kisah di blog itu palsu…

  88. fiandigital Says:

    Om Anto, saya dengar malam ini akan ada pencerahan tentang kasus ini….
    **wekekekeke, siapin petasan biar tambah rame

  89. antobilang Says:

    @ fian :
    wah situ dapet wahyu dari langit kah?
    pertanda kenabian tuh fian, jiakakaka.

  90. NuDe Says:

    @trisetyarso: ada FPI WP tho? wakakakak
    terlepas dari palesu ato ndak, toh aku nggak merasa dirugikan sama blog itu. Nggak berbahaya bagi keimananku, nggak bikin aku jadi kafir, ngapain juga repot? seandainya ade memang nyata, aku sangat salut pada ketegarannya, aku pernah bergaul dengan banyak orang yang menghadapi leukimia dan sejenisnya, saat merawat keponakanku sembilan tahun silam. kalaupun memang tidak pernah ada seorang ade, imanjasinya telah cukup memberikan inspirasi bagiku.
    *berharap agar ade nyata adanya*

  91. fiandigital Says:

    @Antobilang:
    iya nih, dapet wahyu dari lagit yang terus2an menangis (hujan) di kota saya hehehe
    hmmm…., kang anto, kira2 si Ade bakal keluar dari sarangnya nggak yaw?
    apa tetep menjadi selebanonymous yang banyak penggemarnya?
    wekekeke…..

  92. kapucino Says:

    @fian : pasti tetep menjadi anonim…
    mau asli mau kagak, dia tetep anonim…

    Btw,.. gue baru selesai baca tuh semua post, dulu cuman numpang lewat aja, soalnya ane terlalu bejat untuk baca melowdrama 👿

    Sebagai Orang Aceh, yaaa. setingan masih butuh dipertanyakan,…
    dah tak tanya Mabes BAIZ juga barusan, katanya sang jenderal ga ada……

    ……….Hiiiiiiiii .. kabur..

  93. Rystiono Says:

    @fian:
    Aku pesen tempat ya buat liat kamu maen petasan…

    Ntar kalo nggak reservasi nggak kebagian donk…

    @Antobilang
    …bikin reportase lagi ya kalo kebenaran sudah terungkap. Kalo saya sih tetep pada pendirian awal yang saya tulis di blog. Nggak nge-dukung sapa-sapa. Kan semua blogger Basodara…

    ^_^

  94. Zazi Says:

    emang blognya sedih ya ?? *buka*


  95. […] tidak ada tuduhan bahwa blog ini palsu sehingga perlu diinvestigasi apakah aku ini seorang arsitek benaran atau bo’ongan *halah* sehingga harus ditutup maka aku sejak awal sudah menyatakan bahwa aku memang bukan seorang […]

  96. fiandigital Says:

    UPDATE:
    http://onlysenja.ngeblog.net/2007/11/08/jawaban-kami/

    **ayo2, pada beli cemilan dulu……

  97. nico Says:

    wuiihh..cepet banget dah nyampe sinih


  98. […] teman blogger, mem-beri-kan komen di beberapa tempat yang ter-koneksi secara langsung maupun tidak langsung, saat ini, aku mencoba untuk meng-urai nalar-ku untuk memahami kompleksitas “perang […]

  99. Resta Says:

    asli ato palsu ga penting. tapi klo asli gw turut berduka dan support si ade.

  100. PeTeeR Says:

    terlepas dari asli gak nya, banyak pelajaran tentang kehidupan yang bisa kita dapatkan dari blognya ade. saya seh gak pengen ngabisin benwit untuk browsing sana sini nyari bukti. mending juga buat donlod videonya miyabi.

    *ups……….. ketauan sbg penggemarnya miyabi juga*

  101. Kombor Says:

    Siapa To, yang bisa menjamin bahwa seorang tidak akan membohongi pembacanya? Akan tetapi, mengusir dari blogosfer nggak baik juga buat kesehatan. Syukurkalau tim investigasi itu hanya akan mengungkapkan fakta, bukan meminta berhenti ngeblog.


  102. […] dikorek-korek siapa sebenarnya pemilik blog itu. Huru hara itu juga saya tahu setelah mampir ke blog nya si Anto yang akhirnya mebawa saya masuk ke blog sayap […]

  103. imcw Says:

    Wah, ternyata seru banget ceritanya. 🙂
    Sempat baca blog tersebut, terlepas dari bohong atau tidak, blog tersebut sempat membuat saya termangu.

  104. kurtubi Says:

    waaduh lagi rame nih kasus Ade… sampe penjaga ronda ikut mereportase…
    jarang masuk ke mari, gak telat kan yaa mas anto maafin aye… (lahir batin) hihih *norak yaa komentnya*) berusaha gak minder… 🙂

  105. Putu Winarta Says:

    Saya hanya sedang iseng melihat awstats web saya. Tidak tahu kenapa koq bisa ada tautan dari posting ini. Mungkinkah saya juga dianggap palsu? Suatu saat kujawab posting ini mas Anto. hehehe


  106. […] sebagian pro-kontra tentang Ade: Blog Flying Sepotong Sayap Untuk Ade Deklarasi Jawaban Kami Victimize The Fictional Character Saia Ndak Suka dan masih banyak […]

  107. kitong Says:

    ikutan ah, emang ada ya undang-undang untuk menutup blog punya orang lain?
    -kitong-

  108. Rianjaya Says:

    Aku ga tau kebaca ga tulisan ini dari banyak reply yg ada.. calon istri saya juga kena leukimia stadium 4, kurang lebih sama yg digambarkan di atas.. demi Allah bukan hoax.


  109. […] jatuh kembali! Aku larut dalam sebuah arus yang tengah berkecamuk di dunia maya ini. maka aku pun hendak berteriak, apakah masalah ini pantas […]


  110. […] jatuh kembali! Aku larut dalam sebuah arus yang tengah berkecamuk di dunia maya ini. maka aku pun hendak berteriak, apakah masalah ini pantas […]

  111. Deni Ardini Says:

    Sayap-Sayap itu kini menjadi Kerinduan…

  112. Roma escort Says:

    Excellent article it is really. My teacher has been waiting for this information.

Tinggalkan Balasan

