Iklan Yamaha Mio Mendiskreditkan Banci/Transeksual

September 20, 2007

DISCLAIMER (update) :
Postingan ini dipersembahkan untuk sahabat-sahabat saya tercinta : arya, deking, ade, mansup, amed, dan almascatie. Saya persembahkan ini untuk kalian 😀

Iklan sepeda motor Yamaha Mio yang melintas pagi itu awalnya tak terlalu saya perhatikan, namun ketika sebuah dialog dibuka oleh seorang laki-laki yang menyerupai (maaf) perempuan atau istilah lainnya banci/transeksual.

Kalimat penutup yang muncul di iklan itu pun sungguh sangat berani :
YAMAHA MIO, MOTORNYA WANITA, REMAJA, DAN LELAKI.

Siapapun mengetahui bahwa Yamaha merupakan produsen kendaraan yang sangat termasyhur. Tak diragukan lagi kredibilitas perusahaan kuda besi dalam performa mesin yang handal. Namun dalam iklan ini, Yamaha seolah-olah tidak lagi menunjukkan kualitas sebagai produsen yang besar, justru mengolok-olok kaum transeksual/banci dalam materi iklannya.

Iklan tersebut berisi pembicaraan antara 2 tokoh utama iklan Yamaha, Deddy Mizwar dan Didi Petet, di tambah lagi dengan seorang (maaf) Banci. Banci mengungkapkan telah membeli sebuah motor (tapi tidak ditampilkan motor jenis apa yang dibeli si banci) namun ditanggapi dengan tertawa-tertawa (yang meremehkan). Lalu scene berganti dengan penutup iklan yang berisi kata-kata di atas : YAMAHA MIO, MOTORNYA WANITA, REMAJA, DAN LELAKI.

Dalam perspektif saya, iklan yamaha ini memiliki 2 (dua) maksud :

  1. Motor yamaha mio hanya boleh digunakan oleh Wanita, Remaja, dan Lelaki. Kaum banci/transeksual tidak memiliki cukup persyaratan untuk menggunakan motor tersebut.

  2. Secara tidak langsung juga bisa diterjemahkan bahwa kamu banci/transeksual hanya boleh menggunakan motor selain motor Yamaha Mio.

Siapapun yang memperhatikan iklan tersebut, sekilas bisa terlihat biasa. Namun apabila dicermati lebih mendalam, seolah muncul pesan tertentu bahwa Banci/Transeksual tidak boleh menggunakan Motor Yamaha Mio. Perlakuan diskriminatif pun semakin nyata dengan adanya iklan Yamaha Mio ini. Banci/Transeksual pun sudah dimasukkan sebagai kategori dalam penilaian boleh/tidaknya seseorang untuk mengendarai sebuah sepeda motor. Manusia sok mulia yang kebetulan dilahirkan normal (secara seksual) tersebut merasa bahwa dirinya semakin mulia dengan mendiskreditkan kaum transeksual dalam iklannya. Masyarakat pun tinggal memilih, meng-amin-i perilaku manusia sok mulia itu atau bangkit membela kaum transeksual yang semakin hari semakin terpinggirkan.

Diskriminasi terhadap kaum transeksual di negeri ini bukan barang baru. Banyak diantara masyarakat yang masih menganggap bahwa mereka itu adalah sampah masyarakat, penyakit menular yang wajib dijauhi. Tata pergaulan masyarakat dengan sengaja atau tidak sengaja telah memberikan perlakuan buruk terhadap kaum transeksual/banci ini. Berbagai kontrak sosial yang entah oleh siapa telah disepakati menjauhkan kaum transeksual ini dari hak-hak sebagai manusia. Pembelaan terhadap mereka hanya muncul sebagai rasa belas kasihan semata, bukan dalam rangka menghormati sesama manusia dan sesama ciptaan Tuhan.

Perkataan yang menyakitkan hati, pandangan yang melecehkan, maupun tindakan represif yang diberlakukan terhadap mereka hanya didasarkan pada egoisme manusia yang merasa bahwa dirinya paling mulia. Bahkan dalam film “Renata, Renata” yang dulu pernah saya saksikan bersama cahandong di Festival Kesenian Yogyakarta, diceritakan bagaimana sebenarnya mereka pun enggan kalau harus dilahirkan dalam kondisi seperti itu. Kalau mereka bisa memilih, mungkin akan memilih menjadi manusia normal dan di dunia ini tidak ada transeksual/banci.

Kembali ke iklan.
Jikalau Yamaha beralasan bahwa target pasar yang mereka bidik adalah ranah konsumen wanita, remaja, dan lelaki, ya silahkan saja. Wajar saja ketika sebuah produk men-targetkan konsumen pada kelompok masyarakat tertentu. Tapi ada hal yang harus diingat oleh para pembuat iklan itu agar tidak sembarangan membuat materi iklan, bahwa : Banci/Transeksual juga manusia.
Masih banyak materi iklan lain yang jauh lebih sopan dan tidak mendiskreditkan seperti itu. Atau memang trend para pembuat iklan yang gemar menyentuh area-area sensitif yang memancing polemik dan perhatian publik untuk mendongkrak penjualan? Payah sekali kalau toleransi dan rasa kemanusiaan sudah dilacurkan sebagai komoditas bisnis.

*siap-siap hubungi kekasih saya si Bunga Citra Lestari, agar segera resign dari kontrak iklan Yamaha Mio*

119 Responses to “Iklan Yamaha Mio Mendiskreditkan Banci/Transeksual”

  1. cK Says:

    kalo bayut gimana nto? 😆

  2. cK Says:

    eh tadi vertamax. yay! :mrgreen:

  3. cK Says:

    seperti biasa. hettrik. 8)

  4. cK Says:

    kalau ngeliat dari isi postingannya, kayaknya anto tersinggung deh sama iklan itu. 😆


  5. Banci juga manusia
    Dukung anto
    smangat


  6. Dukung anto jadi Ratu Transeksual Indonesia

  7. manusiasuper Says:

    Dalem banget postingannya…

  8. manusiasuper Says:

    Tersinggung ya to?

  9. roffi Says:

    jadi eike bagusnya pake motor yg gimana ya

    *banci mode on*

  10. manusiasuper Says:

    *siap-siap hubungi kekasih saya si Bunga Citra Lestari, agar segera resign dari kontrak iklan Yamaha Mio*

    Lha, bunga citra sekarang sama saya neh… Mau saya bilangin sekalian?

  11. manusiasuper Says:

    *nangis* Lempar molotov ke roffi

  12. shige Says:

    kebanyakan produk indonesia cuma menang gembar gembornya saja, tidak diimbangi dengan kualitas yang baik .. ‘yang penting laris’, kata produsen ….. ^^

  13. warmorning Says:

    mana bunga citra lestarinya??
    *longong-longok panik*

    salam kenal, bung !

  14. antobilang Says:

    @ cK
    bayut™isme yang beredar di blogosphere berbeda konteksnya dengan bayut di negeri asalnya sono, kan sudah dijelaskan ade di postingannya. 😛
    tersinggung? jelas dong! sahabat-sahabat saya (yang tertulis di disclaimer) diperlakukan seperti itu? 😆

    @ jendral bayut™
    kamu saja lah yang jadi ratu, aku akan konsentrasi menjalani kehidupanku sendiri 😛

    @ manusiasuper
    ya, mereka nyindir kamu sih, makanya aku tersinggung.
    lho, kamu masih doyan pakai “bekas”ku?

    @ roffi
    waduh 😯 ada yang menampakkan identitas nyata 😆

    @ shinge
    ditambah lagi dengan iklan yang tidak cerdas, lengkap sudah.

    @ warmorning
    ada tuh, di [postingan yang ini], salam kenal balik


  15. maaf kalau saya membuat anda tersandung tersinggung. nanti saya meeting dengan creative team agar iklan selanjutnya kita ganti taglinenya jadi “yamaha mio, untuk anda semua. pria, wanita, maupun transeksual…”

    terima kasih 😀


  16. Dukung Cika jadi ratu transeksual Indonesia

  17. Ina Says:

    harus na ada juga motor khusus bayut :mrgreen:
    kyk km gitu,nto.

    *Siul siul

    Anto, emang pantes dinobatkan jd Ratu Transeksual Indonesia
    Bikinin banner skalian 😀


  18. halah…baru sekarang ditambahin disclaimernya. :mrgreen:


  19. @ jendral bayut™
    saya dukung kamu aja deh :mrgreen:


  20. DISCLAIMER (update) :
    Postingan ini dipersembahkan untuk sahabat-sahabat saya tercinta : arya, deking, ade, mansup, amed, dan almascatie. Saya persembahkan ini untuk kalian 😀

    /me
    bayut™ versi Indo bukan filipin
    gataw kalo yg laen 😆


  21. DUKUNG Chika Ratu Transeksual n Ina jadi runner upnya


  22. ayo smangat!!!!!!!!!!!!!!!!!

  23. apick Says:

    banci…transex…bencong…sabotase aja yamaha…biar gak laku…cari merk lain…kalo enggak ingetin didi petet…dia dulu kan pernah meranin jadi bencong juga to…n makin terkenal aja…LALI YA om DIDI

  24. antobilang Says:

    @ produser iklan yamaha mio
    terima kasih sekali jajaran manajemen Yamaha Mio berkenan datang kesini.

    @ Jendral Bayut™
    saya ikut mendukung apapun perintah jendral!

    @ Ina
    wah, ina… baca yang lengkap dong, itu saya persembahkan buat siapa?

    @ cK (ga sempet login)
    iya dong 👿 strategi memancing keributan

    @ apick
    wakakaka…saya provokatornya dong 😛
    iya yah, om didi lupa pas jadi emon dulu….
    *inget2 masa lalu waktu saya memerankan mas boy*

  25. venus Says:

    kamu juga transeksual kan? jarene lagi pedekate mbek dekiiinggg… :p

  26. zam Says:

    ya, kita sering mendiskreditkan banci.. menganggap rendah derajat mereka.

    di Thailand, kedudukan banci ini sama dengan kita. laki, perempuan, transeksual, smeua sama..

    bahkan sapaannya pun beda, dari laki, permpewi, dan transeks

    mereka jg manusia.. 🙂

    cm yg aku bingung, kalo pipis di mana ya? WC Pria apa Wanita?

  27. zam Says:

    oiyo.. ji ngkas..

    mending iklan XL wingi..

    cewek-e semlidhit.. mlethot-mlethot..

    gyahahahaha

  28. fetro Says:

    Jeli baneget sih mas lihat iklannya !

  29. Kang Hasan Says:

    Banci ada kecenderungan, banci ke cewek atau banci ke cowok (tomboy)

  30. Takodok! Says:

    Moso’ sih, ngkong? Gak pernah perhatiin tuh..
    Disclaimer-nya kerennnn… 😆

  31. k* tutur Says:

    Ha…. ha….

    Ngerti… ngerti….

  32. antobilang Says:

    @ venus
    wogh, penuduhan tidak berdasar data.
    😛

    @ zam
    kata fame & arya, ada WC khusus transeksual lho di Thailand 😛
    thailand ? jadi inget natt Chanapa

    @ fetro
    hehe, perlu keberanian khusus dengan resiko dicaci-maki, dituduh banci untuk membahas ini *tsyah, mengibaskan rambut*

    @ Kang Hasan
    ya begitulah, tetep kaum transeksual kan 😛

    @ Takodok!
    iya dong, mau diikutkan sekalian ke disclaimer?

    @ kang tutur
    waduh, ngerti apa nih kang? 😉 bayut? 😆

  33. k* tutur Says:

    walah……. gak bisa narok banner ya?
    😉

  34. k* tutur Says:

    \Theta\phi\Theta (Pas gak ya! pengganti banner Bayut Blogerhood)
    ………
    walah…… jadi hetrix, gak enak ama cK nih
    *pamit…..*

  35. rozenesia Says:

    Merasa ya om? 😦

    Saya simpati sama om. 😦

  36. almascatie Says:

    *anto ketahuan selama bulan puasa nonton tipi terus nih, ga urus s******i pasti*
    😆
    uhmmmm berarti hanya caplang minyak kayu putih yang jadi iklannya para bencong kali yah… 🙂


  37. mungkin waktu itu bancinya lagi kagaada

  38. imam fathurrobani Says:

    bancinya gamau kali bancikan maunya yg maco kayague. he….he…

  39. deKing Says:

    Aku curiga jangan2 Anto nulis ini karena dia merasa kecewa gara2 tidak boleh memakai Yamaha Mio mengingat akan kebancian dirinya :mrgreen:


  40. Diskriminasi, diskriminasi, diskriminasi!!! Kapan lagi negeri ini akan terbebas dari istilah ini. Transeksual agaknya masih sering dijadikan sebagai objek. Tak hanya sebatas iklan. Coba lihat Kang Anto, lawakan dan dagelan yang mengeksploitasi fisik dan karakter kaum wadam itu. Sungguh heran, apa para produser telah kehabisan bahan tuh, sampai2 untuk memikat perhatian penonton pun mesti pakai objek kaum waria :mrgreen:


  41. Eh, ada ralat!!!
    Tertulis “objek kamu waria”, = diralat= kata kamunya didel, jadi kaum. Ntar nanti yang kena malah Kang Anto, hehehehe, maaf, ya!!!
    *Maklum dah tua*

  42. imcw Says:

    saya dari dulu sudah tidak menyukai iklan iklan yamaha ini…terlalu menjelek jelekan merk lain (baca:honda)…untungnya hal serupa tidak dibalas oleh honda…bersaing sih boleh tetapi alangkah bijaknya kalo persaingan itu dilakukan dengan sehat…

  43. Sugeng Rianto Says:

    Setuju dengan komen diatas sayah [he..he..he…maklum saya pake honda merk paijo, jadi ikut mendukung ]. Alangkah bijaksananya bila iklan2 tidak menjatuhkan merk lainnya, eh bukannya tokoh utama bintang iklan tsb juga ga pakai mio toh?! masa seh mereka juga pakai mio?! khan dah tenar, tentu kendaraanya mobil bermerk.**jadi siapa dunk yang transeksual?! 😆

  44. Resta Says:

    (seenaknya mengklaim BLC sebagai kekasih)

  45. antobilang Says:

    @ k* tutur
    iya tuh, kalo mo hetrik ijin cK dolo 😆

    @ rozenesia
    halah, kamu tuh saya masukkan disclaimer baru tau rasa 😆
    eh iya, kamu sendiri belum teridentifikasi kan gendernya?

    @ almascatie
    *pusing mendadak liat kaya yang disensor*
    ih, kakak ipar, tega deh..tega..tega…

    @ imam fathurrobani
    lho, kok malah ngomongin banci mau / gak mau sih? 😕

    @ deKing
    baca disclaimer dulu dong ah, main komen aja 😆

    @ Jendral Bayut™
    kondisi aman jendral!

    @ Sawali Tuhusetya
    ya itu pak, segala yang menyentuh area sensitif publik yang digedor2 jadi komoditas.
    begitulah jadinya. 😀

    @ mbelgedez
    ya, semoga saja begitu.

    @ imcw
    trend menjelek2an ini rupanya sudah membudaya di iklan2 kita ya pak?
    oia, saya juga gak suka iklan yamaha, kecuali kekasih saya si Bunga yang tampil :malu:

    @ Sugeng Rianto
    lha iya geng, kalo artis aja masih pakai motor, gak akan ada yang mau jadi artis, gak ada pula itu AFI-AFI an 😆

    @ Resta
    hahaha…suka2 saya dong ah 😛


  46. Wakakak…
    Serba salah jadinya.

  47. alex Says:

    Mbaca postingan ini kok jadi merasa ANTO sedang memproklamirkan eksistensi YBS sebagai seorang transeksual???

    *pasang wajah bloon* :mrgreen:

  48. hoek Says:

    Pokoknya™ saia bayut™ yang benci banci!!!

  49. dipaksa baca Says:

    mungkin pikirannya kaum transgen itu g bisa naik motor kali om…makanya g perlu naek motor yamaha mio

    bayut bisa naek motor g ya? 😕

  50. aRuL Says:

    *ngakak, ketawa habis2an, LOL, melihat posting ini dan komentar2 para bayut™ yang versi blogger atau versi philipinanya*
    hahahahaha
    *dan terus tertawa*

  51. fertob Says:

    …Motornya Wanita, REMAJA, dan LELAKI.

    kira-kira REMAJA itu jenis kelamin baru ya ? 🙂

    betul, banci/transeksual juga manusia. tapi gimana masyarakat kita memandangnya saat ini ? JIJIK, itu mungkin salah satu jawabannya. jawaban yang lain : DOSA 😉 hampir sama dengan homo atau penderita HIV/AIDS

  52. mardun Says:

    Berarti Transeksual yang masih remaja boleh naik motor dong 😀

  53. almascatie Says:

    @aruL
    dulu sayah pernah berdoa.. ternyata ini amalan pertamax dirimu dari philipina…
    ^_^ bersukur Rul… mereka2 tidakakan melupakan dirimu penemu b**** indonesia
    😆

    @anto
    persembahan buat kita??? weh…. ayo demo Yamaha yok…
    *mikir desain motor khusus buat jenis ganda itu*
    😆

  54. yoto Says:

    Yup….no coment
    eh iya…
    ke lima puluh enams !!!!!

  55. panjerino Says:

    mungkin yamaha pengin becanda aja, tapi ya memang apapun rupa & bentuk manusia itu ga’ bisa ada yg boleh me-deskrit-kannya, perkara dosa ato nggak tuhan yang lebih tahu

  56. annots Says:

    Ganti saja jargonnya, “Mio untuk semua”. Atau “Yamaha Mio Motornya keluarga”

    Gitu saja kok repot *versi Gus Dur*

  57. bofyla Says:

    Mungkin ga ada maksud bwt ‘mendiskreditkan’ tp hanya ingin menegaskan bahwa mio bukan motor milik wanita aja, hingga ditambahkan kata lelaki. Nice blog and ‘different’ thoughts..lam kenal

  58. dobelden Says:

    saya baru liat semalem pas sahur… miris juga sih,, kenapa dedi ama didi mau aja meranin iklan ini…

    saya malah berasumsi orang yg gak pake mio itu banci dan bencong semua…

    *parahhh

  59. atmo4th Says:

    *sebenarnya maksud yang saya tangkep, mungkin mau nunjukkin motor lain untuk banci..

  60. BOS YAMAHA... HA... HA... Says:

    KALIAN SEMUA HANYA MENCARI-CARI DAN MENGADA-NGADA KESALAHAN YANG SEBENARNYA TIDAK ADA. IKLAN KAMI TERSEBUT SAMA SEKALI TIDAK MENDISKREDITKAN PIHAK MANAPUN. JUSTRU TULISAN ANDA PADA BLOG INI YANG MENGUBAH PERSEPSI MASYARAKAT BANYAK.

    SETELAH MEMBACA BLOG INI, ORANG-ORANG MALAH BERPIKIRAN MENGENAI HAL NEGATIF PADAHAL SEBELUMNYA MEREKA MELIHAT IKLAN KAMI TERSEBUT BIASA SAJA TANPA SEDIKITPUN KE ARAH YANG LAIN…

    TERIMA KASIH……

  61. antobilang Says:

    @ Emanuel Setio Dewo
    hihihihi…pakai Mio juga, bos?

    @ alex
    *tabokin alex* enak aja, aku masih doyan cewek kaleee 😛

    @ hoek
    iya iya…. suka juga gapapa kok 😛

    @ dipaksa baca
    transgen? 😉 ngeri amat.
    wogh… kalau urusan bayut-bayutan tanya jenderalnya aja ya? 😛

    @ aRuL
    wah, bapak bayut Indonesia datang. silahkan duduk pak.

    @ fertobhades
    sayang sekali masih banyak yang berlaku seperti itu om, mungkin mereka baru bisa berempati kalau dilahirkan dengan kecenderungan seperti itu.

    @ mardun
    kamu masih remaja? 😉 mwakakakak

    @ almascatie
    iya persembahan buat kamu… hihihihi.

    @ yoto
    whalah, malah berhitung 😛

    @ panjerino
    bercanda dengan melacurkan toleransi, mas?

    @ annots
    iya mas anots, nanti saya ganti *lho?*

    @ bofyla
    terima kasih pendapatnya. salam kenal juga.

    @ dobelden
    persepsi anda lebih menarik, mungkin bisa jadi seperti itu. jauh lebih parah ternyata…

    @ atmo4th
    yap, seperti yang dibilang om dobelden.

    @ BOS YAMAHA… HA… HA…
    *ngakak dulu*
    wah, bos yamaha gak punya link ya? 😉
    bos, semua orang bebas berpendapat kan? silahkan sepakat untuk tidak sepakat.
    btw, capslocknya lupa kepencet tuh 😉

  62. unai Says:

    Hey iya..semalem baru lihat tuh iklan..kenapa yah Yamaha begitu? beberapa iklan yamaha yang lain juga gak suka deh, kenapa harus menjelek jelekkan. Kenapa pula banci jadi sasaran…aneh..mungkin dikira iklan begini yang bakal dilihat, karena lucu. Sayang juga bintang iklan yang hebat seantero jagat itu…(Dedy Mizwar dan Didi Petet). AH mbuhlah…

  63. caplang™ Says:

    belom liat iklannya…

    yuuk mareeeee


  64. @ BOS YAMAHA… HA… HA…

    Seperti biasa. Lempar kemarahan lalu menghilang entah kemana….

    Basi.

    ———

    Ane sih cuma liat yang Jupiter MX doang. :mrgreen:

    Tetapi secara implisit, itu juga menerangkan bahwa banci tidak dianggap di dunia…

  65. funkshit Says:

    klo gitu besok musti menciptakan motor untuk kaum yang bingung dengan jenis gender nya ..
    tangki nya tiger, setangnya mio, knalpot RX king, jok supra, . . warna nya loreng item sama pink . . *bayangkan dulu bentuknya kaya gimana

  66. funkshit Says:

    koment lagi akh.. nomer 69 nich

  67. ndarualqaz Says:

    kakaka lama gak ke sini, eh kesini langsung dapet berita kalo ternyata anto banci… Nto, tenang aja, aku mendukungmu

  68. antobilang Says:

    pasti ada yang mau hetrik 😛

  69. ndarualqaz Says:

    dah lama banget gak koment, kalo gak hetrik rasanya ada yang kurang….

  70. erander Says:

    @ ndarualqaz

    .. dapet berita kalo ternyata anto banci… Nto, tenang aja, aku mendukungmu

    Mendukung apa Ndar?

  71. baliazura Says:

    lho klo para transeksual itu kan udah including

  72. abeeayang Says:

    wedew………
    si anto pejuang banci………….
    tapi anto kasihan…………nggak jadi dikasih MIO deh ama BOS YAMAHA
    anto seh…………..nakal………
    sedot………….
    gitu ajah kok repot…………….

  73. aad Says:

    jenenge wae iklan…..
    bikin kontroversi biar produknya laku…

    kalo aku sih nggak masalah iklannya mau kayak gitu…

  74. n0vri Says:

    Tenang Nto, itu gak bermaksud diskriminatif.
    Soal transgender, kan ada versi originalnya… 😀

  75. Yoyok Says:

    lam kenal to..lam kenal semua. Mm..Banci emang gak pantes naik Mio! Pantesnya naek Yupiter MX, Vixion, atau VegaR 🙂

  76. Yoyok Says:

    lam kenal to..lam kenal semua. Mm..Banci emang gak pantes naik Mio! Pantesnya naek Yupiter MX, Vixion, atau VegaR 🙂

  77. ayahshiva Says:

    kali yamaha terpeleset,hati-hati lo

  78. antobilang Says:

    @ unai
    banci-bancian itu masih jadi lucu2an.
    mereka mungkin tidak akan pernah bisa ikut merasakan penderitaan mereka sampai mereka dikutuk menjadi banci.

    @ caplang™
    liat dong, jangan mainan motor mulu 😛

    @ Adham Somantrie
    liat tipi di tempat tetangga aja mas 😛 saya juga gitu… :mrgreen:

    @ Mihael “D.B.” Ellinsworth
    kira-kira begitu jack, lalu mau kita apakan Yamaha?
    bakar? 😆

    @ funkshit
    wah, ini malah mau ngedisain bentuknya 😛

    @ ndarualqaz
    wogh, baca dulu yang bener ah 😛
    yeeee..kasian ya ga jadi hetrik 😆

    @ erander
    tau tuh pak, kebiasaan gak baca dolo 😆

    @ baliazura
    maksudnya?

    @ abeeayang
    wah, kebiasaan gak baca nih. tumben gak nyepam.

    @ aad
    ya, kontroversi mengorbankan toleransi?
    buat saya masalah, dab!

    @ n0vri
    gak bermaksud? mana mungkin om 😛

    @ Yoyok
    wah ini, antek2 yamaha pastinya 😆

    @ ayahshiva
    ya kalo kepleset, kalo sengaja memelesetkan diri? 😛

  79. A-isy Says:

    mungkin, di iklan itu banci dikategorikan pada gender laki -laki. bukankah kebanyakan waria itu aslinya laki -laki tapi lebih feminin?

    jadi sebetulnya ada berapa gender coba?

    ah, saya lagi seneng menggunakan icon ini :mrgreen:
    :mrgreen:
    :mrgreen:
    :mrgreen:
    :mrgreen:
    :mrgreen:
    :mrgreen:

  80. aRuL Says:

    hahahaa… hati2… ada bayut beneran nyasar ke sini loh… 😛

  81. Kang Kombor Says:

    Gampang aja. Buktinya Anto nggak make Mio kok.

  82. Guh Says:

    Interaksi terdekat saya dengan becong hanya dari balik jendela, di lampu-lampu merah saat mereka dengan mengerikan menyanyi dan mintain duit, plus sedikit ancaman kalau tidak diberi. Mengingatkan saya pada polisi, tukang palak dan penjahat. Bedanya mereka ini berpenampilan aneh, berkelakuan aneh, berpenampilan yang juga sangat aneh. Singkatnya… mahluk aneh. Manusia? Entah.

    Tapi suatu ketika saya harus sahur bareng seorang Banci di Depok, terpaksa juga harus melayani dia ngobrol. Eh, dari situ saya tahu, ternyata mereka juga manusia beneran, hanya saja lebih “luwes” dan feminim.

    Soal diskriminasi, sepertinya kebanyakan mereka malah menikmati deh, maksud saya, seringkali mereka malah menyukai keadaan “berbeda” seperti itu untuk jadi pusat perhatian, bahkan pelecehan. Mereka cukup “gila” untuk bisa menikmati semua itu.

    *dipentungi pake pentungan bencong*

    Btw, bahas berita baru juga dong, tentang ibu presiden yang kirim mobil pintar buat anak-anak lebanon 😛 Anak-anak miskin kita yang sekarang udah ga boleh ngemis itu dikirimi apa? sorry oot dan kepanjangan.

  83. phawzee Says:

    kang anto baek bangedh . mau ngebela kaum transex ? sbener naa kang anto olang normal kand ? yg komen pdda nyebelin , ngnggp org yg ngebela banci berarti banci jugg , truss sukka jijik sma banci . knapa see , ktnya punya agama kand diajarin toleransi . kaum banci jugga manusia !

    bukan berarti akku nulis kya gini berarti kku bnci jugga . emang salah ngebela org2 yg jugga ciptaan aLLah !

    *wagh , kya naa kku nuliss berapi api bgdh*

  84. phawzee Says:

    🙂

  85. Ina Says:

    *kehabisan kata – kata

  86. Ina Says:

    Genapin jadi comment ke 90 aja kok

    *nyampah abissssssssssss

  87. aLe Says:

    Memperjuangkan Hak saudara 😛

  88. Resta Says:

    #86 om Guh

    yang korban gempa dikirim apa dong? ibu dan kepala negara yang aneh

  89. Nona Nieke,, Says:

    pas diawal2 saya nontonin iklan itu, ada banci2 gitu yg ngeluh soal motor, saya pikir Yamaha mau ngeluarin Mio yg khusus buat Transeksual.. eh, pas endingnya bikin bingung.. dengan tagline YAMAHA MIO, MOTORNYA WANITA, REMAJA, DAN LELAKI.. he? kok? malah REMAJA? lha trus? banci nya mana..? trus ngapain coba pake bintang iklan banci2 gitu..? ah, memang ga jelas ni iklan.. org rakyat jelata spt saya aja ndak mudheng.. 😦

  90. aRuL Says:

    iklannya jayus banget… koq aku nga tertawa tuh.. 😛


  91. Eee O.o
    Kasi link ke iklannya dunk…. Kalo ada 😀
    Btw
    Salam kenal >D

  92. mitra w Says:

    huhuhu, mitra juga baru ngeliat itu iklan. Sepemikiran mas…

    aku malah bilang “wah, banci2 bakal ngebakar yamaha mio deh” :P, eh… ternyata ga se ekstrim itu, cukup dengan ngeBlog ini… good act 😛 (peace)


  93. Namun dalam iklan ini, Yamaha seolah-olah tidak lagi menunjukkan kualitas sebagai produsen yang besar, justru mengolok-olok kaum transeksual/banci dalam materi iklannya.

    komen, gak, komen, gak, komen…
    siap-siap untuk kabur sambil nutupin bagian belakang, jangan-jangan kaum ini dibela ama anto karena…ih serreeemmm, takut mikirnya…. 😯
    *dengan putus asa mutusin untuk kaburrrrrr*
    :mrgreen:

  94. mardun Says:

    baru sadar, kalau cewek tomboy termasuk transeksual/banci nggak ? 😀


  95. @Extrem
    *ngakak baca komennya*

    @Mardun
    Tentu saja nggak!!
    *tersinggung*

  96. mardun Says:

    *siap siap lari sambil teriak ke belakang*

    lha terus termasuk apa? 😛
    apa bedanya laki-laki berlagak perempuan dengan perempuan berlagak laki-laki(nggak nuduh kamu lho natt) 😛


  97. *bidik Mardun pake bazooka*
    Tomboyish beda sama banci~!!!

  98. anker Says:

    wah, saya baru ngerti setelah baca postingan ini, sebelumnya saya merasa iklan itu biasa aja..

    kaum banci/transeksual memang tidak jarang dijadikan objek atau bahan iklan atau pun lawakan dalam cerita2 komedi, entah kenapa manusia normal masih menganggap hal itu sebagai sesuatu yang lucu (termasuk saya juga kadang ikut tertawa), kita jarang memikirkan bagaimana perasaan mereka. Dengan postingan ini saya sedikit tersadar akan hal itu, walaupun jujur belum bisa menghilangkan sifat jelek (menjadikan banci sebagai bahan lelucon) itu, tapi saya akan berusaha menghilangkannya.

  99. PriyayiSae Says:

    MIO…. sodarane NOUVO punyamu y? he2… sip!

  100. rivafauziah Says:

    Stategi Bisnis Kali – Biar Tambah Terkenal – Belom Tentu Tambah Laku Kan?


  101. […] Iklan Yamaha Mio Mendiskreditkan Banci/Transeksual […]


  102. […] Starmild ‘Telanjangi’ Polisi Iklan Yamaha Mio Mendiskreditkan […]

  103. cK Says:

    nto, trekbeknya diapus aja…

  104. Agus Says:

    Saya kira iklan tersebut tidak sejauh itu berpikirnya. Jenis kelamin khan cuma ada 2 yaitu laki-laki dan perempuan. Bencong/banci khan bukan jenis kelamin. Jadi menurut saya iklan tersebut tidak salah.

  105. husky Says:

    Gw juga merasa iklan itu bukan untuk memojokkan banci, tetapi untuk menegaskan segmentasi dari Mio yakni : Mio Spoke Wheel untuk wanita, Mio CW untuk remaja anak SMU dan Mio Soul untuk laki2.

    Tetapi memang ada unsur ‘nyetilnya’ juga : karena ada iklan motor lainya (suzuki) yang pakai bintang olga — aktor yang suka berperan sebagai banci dan kalau gw dekat dengan dia pingin rasanya nonjok mukannya, jijay bener gm liat dia –. Kok bisa ya manajemen suzuki milih dia sebagai iklan (bingung mode ON)

  106. cemol Says:

    Bagus.bagus….

  107. Bagong Says:

    Bwahaha, postingan macam apa ini. blajar nulis dan analisa dulu, baru memposting. Btw, gue setuju penulisnya jadi Ratu bencong, bwahaha

  108. kurtubi Says:

    hahahaa… postinganya yang menggeramkan, tapi terbukti kan kalau Mio itu (dengan kontroversi iklannya) mampumenggenjot pasar.. soal diskriminasi itu mah biasa to!

  109. alexa Says:

    namanya jg banci smua yang pake matic tu banciiii

  110. alexa Says:

    weh salah kalo cewe sie gpp tp klo cowo ,,,,najisss dech

  111. reno Says:

    kl gw liat dr iklan itu sih dia nyindir (blak2an aja y) warna dari honda vario yang membesar2kan atau mengedepankan warna2 kewanitaan..seperti pink dan lainnya..karna vario dn mio memang bersaing ketat.jd bukan ke arah mengesampingkan kaum banci..namun lebih mengarah ke honda vario

  112. Oom Says:

    ah, ente ini membesar2kan masalah aja.
    emangnya banci itu jenis kelamin tersendiri?
    Ndak kan? bagaimanapun banci itu laki2.
    Cuman kemayu dan ndak normal aja.

  113. becak Says:

    mio kan untuk cewek. jadi yang makai mio kemayu dong.
    sekalian pakai rok dong.
    ternyata cewek jadi2an pada suka negebut juga. emansipasi kaliiii
    wkwkwkwkwkw

  114. sigit super Says:

    salahe banci donk gan
    diciptakan cuma 2 jenis malah bikin versi baru

  115. jakfar Says:

    yang bikin posting ini gk kreatif,cuma bisa ngritik,coba buat iklan sendiri pasti gk bisa,atw lo gk yg bikin postingan ini gk mampu beli mio jadi mrasa tersindir sebagai banci……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s