Eksploitasi Tubuh?

September 11, 2007

Tentakel kapitalisme bernama iklan.
Wanita, dengan segala keindahannya banyak tereksploitasi di sana.
Menjadi sekedar pemanis atau justru barang dagangan utama?

Banyak sekali iklan berseliweran di mata kita. Ada yang melalui tabung ajaib bernama televisi, ataupun baliho-baliho besar di sepanjang jalanan kota. Mata yang menikmati pun beraneka ragam, dari bapak tua uzur yang bau tanah, bapak berusia kepala empat yang sedang puber kedua, anak remaja beringasan yang bergejolak darah mudanya, ataupun anak bau kencur yang belum bisa lurus pipisnya.

Kita tidak sedang mengomentari iklan body spa maupun iklan salon lulur. Kalau itu sih masih wajar seandainya mengumbar gambar wanita cantik plus keindahannya.

Nah kalau iklan mie rebus? Apakah pantas memajang gambar wanita dan seolah-olah si wanita mengajak menikmati mie bersama-sama. Opo tumon?
Yang pertama sebuah iklan mie dengan menampilkan Titi Kamal. Lalu si pesaing tak mau kalah dengan memajang Luna Maya. Ah, keduanya sama-sama menggoda iman.
Satu lagi tambahan, sebuah provider selular memajang angka tarif di tubuh sebuah cewek dengan balutan kaos tipis sehingga terlihat kontur yang bergelombang. Ah, tidak mengerti tujuannya apakah melihat angka tarif lantas otak menjadi tidak berfungsi normal akibat terhipnotis ‘kontur bergelombang’ tadi? Saya tidak bermaksud sok suci sih, toh saya bisa mendapatkan gambar yang jauh lebih menarik daripada yang sekedar seperti itu *ketawa dulu* tapi….. Ada tapi-nya sodara-sodara.:mrgreen:

xl.jpg

Ketidak tepatan konteks penggunaan objek iklan yang ngawur ini tentu saja bukan suatu keberulan atau ketidak tahuan. Saya berani memastikan kalau arsitek pembuat iklan tersebut merupakan lulusan akademi periklanan berdasi yang oke punya. Atau konsultan perencana iklan itu berasal dari lembaga riset pemasaran yang handal dan terpercaya. Toh perusahaan mie itu juga perusahaan besar, bukan cuma penjual bakmi kaki-lima. Lantas kenapa masih menggunakan objek iklan yang ngawur macam itu?
Bisa kita tebak, mereka hanya menyesuaikan dengan target bidikan iklan. Masyarakat kita yang masih cenderung melihat bungkus daripada isi. Asal kelihatan menggoda selera, maka itu yang laku. Kalau demikian adanya maka siap-siaplah para wanita tereksploitasi demi kepentingan bisnis. Saya kok yakin sekali bayaran mereka tidak akan lebih dari 10 % omzet perusahaan yang mengeksploitasi ‘tubuh’ mereka. *sigh*

71 Responses to “Eksploitasi Tubuh?”

  1. arya Says:

    memang iklan2 kita banyak yg gak cerdas. salah satu ciri iklan yg gak cerdas adalah mencari gampang dgn memajang perempuan dalam sebuah situasi yg bisa dibilang “merendahkan”

  2. arya Says:

    eh pagi2 dapat pertamax

  3. arya Says:

    tanggung… Fernando Belushi aja bisa hattrick, knp saya tdk?

  4. annots Says:

    wah posting nyambi iklan nih…. :p

  5. feRi Says:

    kontur yang bergelombang….
    lebih detail mungkin…halah2..🙂
    tapi biasanya manjur ya iklannya, bukan beli produknya sih tapi “mbak2nya”
    itu juga kali ya kenapa ada profesi spg?

  6. caplang™ Says:

    mungkin maksutnya tarif segitu itu tidak flat
    alias bergelombang, mas😀

    *kaget liat eksploitasi gambar beware of…*

  7. cK Says:

    berarti target market dari XL cowok ya? soalnya khan iklannya pake model cewek…

  8. 'K, Says:

    hmm, tau deh knapa anto nulis ini. dia kesal soalnya yg dieksploitasi cuma wanita. Coba klo laki2, pasti dia akan seneng n ga komen apa2😆

  9. Takodok! Says:

    Salah satu postingan nyambut puasa ya, ngkong?:mrgreen:


  10. Nyari begituan kok di iklan. Banyak kok sumber yang lebih mumpuni…😛


  11. Aduh…..Mungkin banyak orang belum punya akses internet, sehingga memanjakan mata lewat TV…?😕

  12. ShOFa Says:

    hwehehe iklan sekarang mah slain ngejual produk, ngejual tampang juga huhuhu
    anyway mohon maaf ya anto klo slama ini saya ada salah🙂

  13. deKing Says:

    Atau kamu lebih memilih iklan dengan bintang iklan pria Nto? kekekekekek:mrgreen:

    BTW saya paling suka iklan salah satu merk rokok. Walau rokok sering dikatakan merusak kesehatan tapi ternyata iklan2nya malahan tidak merusak moral karena iklan2nya cerdas2 dan mengandung pesan moral.
    Ah… tanya kenapa…

  14. deKing Says:

    Atau kamu lebih memilih iklan dengan bintang iklan pria Nto? kekekekekek:mrgreen:

    BTW saya paling suka iklan salah satu merk rokok. Walau rokok sering dikatakan merusak kesehatan tapi ternyata iklan2nya malahan tidak merusak moral karena iklan2nya cerdas2 dan mengandung pesan moral.
    Ah… tanya kenapa…

  15. almascatie Says:

    astagfirullah nto…. sadar ntooo.. tadi malam barusan sahur pagi2 dah kaw pelototin lekukan2 itu ckkckckkckckkckkckckckk
    *kaburrrrr*😆


  16. BTW saya paling suka iklan salah satu merk rokok. Walau rokok sering dikatakan merusak kesehatan tapi ternyata iklan2nya malahan tidak merusak moral karena iklan2nya cerdas2 dan mengandung pesan moral.
    Ah… tanya kenapa…

    Saya juga berpikir begitu, pakdhe…😛

  17. arya Says:

    iklan rokok kan memang dibatasi regulasi: tdk boleh menampilkan kemasan rokok dan orang yang sedang merokok. apalagi yg mengajak orang merokok.

    larangan2 itu emang bikin iklan2 rokok jadi kreatif. mereka gak mengejar jumlah orang yg mengkonsumsi produk mereka, tapi menancapkan branding. sekarang siapa bisa membantah kuatnya branding rokok ini

  18. cK Says:

    jadi inget iklan pizza h*t, tukang pizza-nya si nova eliza pake baju aduhai. bikin orang ngiler kepengen yang nganter pizzanya.:mrgreen:

  19. pam Says:

    kalo kira-kira modelnya si anto, masih bisa lakuga’ ya?

    * gak pake kabur. sini kalo berani. hehehehehe*

  20. alex Says:

    Kalau demikian adanya maka siap-siaplah para wanita tereksploitasi demi kepentingan bisnis. Saya kok yakin sekali bayaran mereka tidak akan lebih dari 10 % omzet perusahaan yang mengeksploitasi ‘tubuh’ mereka. *sigh*

    Dan kalo wanitanya sendiri jawab begini, “Oh.. ini semua sudah tuntutan profesi. Saya mesti profesional donk….”
    Mo jawab apa kita, Nto?😕

    Eh… skrinsut iklannya lumayan juga tuh…:mrgreen:
    *lirik2 gambar iklan sambil teguk aer ludah, mumpung belom puasa
    *

  21. alex Says:

    @ geddoe

    …🙄

    *catet selera tuan kopral*


  22. Saya ulangi, Cup B adalah yang paling ideal.

    Silakan sebarkan sebagai hadits yang shohih™ merupakan sabda saya.😆

  23. Fajar Says:

    ah saya make im3 ko
    gak pake xl😆

  24. pam Says:

    Cup B.

    Emang iya?

  25. manusiasuper Says:

    Tapi kamu suka kaaan.?

  26. zam Says:

    mbok saya dikenalken sama bintang iklannya XL itu, ntok..

  27. Ina Says:

    Hiks..hiks…
    telat…!

    Lho…dapat foto saya darimana ,nto?

    *kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  28. aad Says:

    itu kalo iklan ?? kalo banner gimana ?? wkakkaa

  29. Ina Says:

    Pasang Banner IBB.
    Yg buat malah blm pasang gimana sie.

    *tendang anto pake kaki ade

  30. ekowanz Says:

    asem fotoku kehalang kamerane😦

  31. cK Says:

    *baca komen #21*

    difo!!! mesyum™ kamyu™😆

  32. aRuL Says:

    wakz… makanya ceweknya pake jilbab aja supaya ngak dieksploitasi…🙂

  33. aRuL Says:

    Gimana kalo bintang iklannya XL itu ternyata bayut? masih ada yang kesemsem ngak yah???
    hahahahaha
    *ngelirik orang-orang yang koment lagi ngiler…😛 *

  34. aRuL Says:

    Oh yah… mas anto, kayaknya sampeyan juga eksploitasi wanita, nampilin skrinsyutnya di blog anda….
    gimana kalo ditutup aja yang kira2 menjadi perhatian….🙂

  35. aRuL Says:

    ternyata hetrikz… sekalian quadtrikz yah mas… !!!
    *maaf nyampah…😛 *

  36. almascatie Says:

    ga niat nyampah.. cuman mohon maaf aja😀
    met puasa ya….
    *bertapa satu bulan*

  37. dobelden Says:

    yaps,…. emang iklan banyak yg salah kaprah… gimana iklan mie abc selera pedas?? itu jualan mie apa jualan “cewek” ?? *heran*

    dan ntu yg ada di foto adalah tarif ntu cewek adalah 1 rupiah perdetik, jadi 60 rupiah permenit jadi 3600 rupiah perjam, dengan gaya bebas …wah murah sekali… *ngacir*

    ayo para wanita katanya anda2 menggalakkan emansipasi wanita dan gak terima wanita menjadi objek..

    tp di kampus terkenal pun ada PSW = Pusat Study Wanita😀

    jd objek juga tentunya

  38. Ina Says:

    *balik lagi

    Met puasa yach,nto. jgn ampe bolong. (kl bolong di tambal aja)
    :mrgreen:

  39. venus Says:

    lhah, ini kan mutual. pengiklan senang, model iklannya seneng, penontonnya juga seneng. everybody wins. jadi APA MASALAHMU SEBETULNYA?? :p

  40. abeeayang Says:

    weleh……….
    mas anto ini pejuang wanita yappp?😀
    gambarnya yahud gitu gimana konsumen nggak nolak? tul gak?
    bukan cuman iklan provider atawa rokok doanks……
    lha kalo iklan sabun mandi gmn?
    apa nggak nambahi konak tuh?
    *ngekek*
    *tutup mata jari kebuka*

  41. julfan Says:

    wah, terakhir nih untuk melihat. besok kan puasa. menjaga pandangan.
    selamat ramadhan ya.

  42. koecing Says:

    jadi inget sesuatu. dulu aku pernah nanya “ma, knp sih iklan2 produk kbanyakan masang perempuan?” ibuku jawab gini “ya soalnya perempuan itu indah”

  43. macanang Says:

    wah, liat iklannya jadi berpikir macam2…

    (mikir beli kartu perdananya ato nggak maksudnya….he he he)


  44. la… iya kok gak ada yang masang primus ato aktor gitu.. kok mesti cewek seksi

  45. nK Says:

    syiik……. asyiiiiiiiik………
    jadi pengen ngejilatin……cK … cK… cK

  46. tianzega Says:

    apa masih kurang yang aku lihat tiap hari dengan ukuran yang lebih besar dan liur ampe abis?:mrgreen:
    *lirik geddoe dengan cup B dan alex dengan liur menetes*

    neng, kalo 1 jam tarif-nya berapa ya🙄
    *melototin sang bintang*

  47. ayahshiva Says:

    karena yang hal itu memiliki nilai jual yang tinggi

  48. imcw Says:

    namanya juga iklan…sesuatu yang langsung masuk trash can atau diblock ama adblock…artinya, tidak ada suatu keharusan untuk menikmati…

  49. Dompetfoto Says:

    semoga tuh bintang iklanya tobat di bulan romadhon, lha wong Miyabi saja insyaf koq dalam rangka bulan romadhon..ihiks.. coba deh liat postingnya mas paidjo di sini http://paydjo.net/2007/09/04/miyabi-insaf.html lucu deh..

  50. aLe Says:

    ironis memang,,

  51. fertob Says:

    padahal saya pemakai XL sejak pertama kali kenal ponsel😉 iklannya banyak yang nggak bagus…

  52. alex Says:

    @ tian

    neng, kalo 1 jam tarif-nya berapa ya🙄
    *melototin sang bintang*


    aduin ah.. 💡
    *siap-siap hubungi sanak-kerabat di nias*:mrgreen:

  53. unai Says:

    padahal ceweknya pake kaos ketat ukura S yah, kok bisa XL..*geleng geleng sapi


  54. padahal ceweknya pake kaos ketat ukura S yah, kok bisa XL..*geleng geleng sapi

    *ngakak sampai sakratul maut*😆


  55. Iklan tubuh wanita seperti ini bisa mengurangi pahala puasa di Bulan Ramadhan. Memang sekarang, ada kebanggaan mempertontonkan aurat di kalangan wanita.

  56. funkshit Says:

    siyal.. saya liat nya kok pas udah puasa. . .. . jadi ngga bisa koment jorok deh


  57. Sekali lagi, cup B rules!

  58. mbelgedez Says:

    Dilarang Complaint !!!

    (komen OOT…)

  59. rozenesia Says:

    @ Kopral Geddoe: A… B… A… Ah, nebak ukuran bra golongan darah ach.😆

  60. evelyn pratiwi yusuf Says:

    Itu memang iklan keren yang pernah aku liat di Indo

  61. amiepoenya Says:

    Opo Sampeyan naksir, ora kesampaian mas…
    He.. hee

    Puasa euy..

    Ya… semoga cepat sadar

  62. gHemBeL Says:

    hohoohohho..
    keren……….
    isi blog na mnggambarkan yng ngeblogging pinter(sdikit muji)
    hoohohoho…..tpi om anti jd mala kaya’ pemerhati iklan…^_^

  63. gHemBeL Says:

    ups….sala nulis,jd om anti…d ralat deh…om anto

  64. imil Says:

    makanya pake IM3…
    bintang iklannya kan g meng-eksploitasi wanita
    tp malah mengeksploitasi Ivan Gunawan🙂


  65. […] Eksplorasi? Kadang-kadang bisa sampai tahap eksploitasi, […]

  66. munggur Says:

    gambar iklannya luna dan kamal kok ga ditampilin, bung anto. hehehe…

    omong2 yang ngeklik postingan ini karena judulnya berarti sesuai dengan profil para pencinta iklan mak syur ya? *halah*

    yah, gimana lagi. kan katanya ada hubungan antara ‘seksualitas’ dengan ‘komoditas’. namanya juga manungso, bisa dimanipulasi lewat iklan tak bermutu.


  67. […] selular di negeri ini masih terus berlanjut. Setelah XL yang meluncurkan tarif super murah Rp 1/detik melalui XL Bebas-nya, kini Telkomsel ikut terjun ke arena perang tarif itu dengan memperkenalkan […]

  68. jojo Says:

    wewewewewewewewewewewewewewewewewwewewewewewewewewewewewewewewewewewewewew

  69. setan internet Says:

    Inget iklan paling lucu? Rexona versi cheerleader pria. Hahaha, gue ngakak nglihat iklan itu.


  70. […] Eksplorasi? Kadang-kadang bisa sampai tahap eksploitasi, […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s