Simbok Gendong

Juni 29, 2007

Mungkin pasar tradisional tak lagi menarik bagi banyak orang. Berdirinya berbagai pusat perbelanjaan yang menawarkan kebersihan dan kemudahan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, membuat pasar tradisional semakin terpinggirkan. Di pasar tradisional ini, suasana yang ada benar-benar terbatas. Jangan harap ada pendingin ruangan, bandrol harga, keranjang belanja, atau bahkan mau lihat-lihat cewek cantik yang menjadi SPG.

Satu hal yang membuat saya kagum kepada simbok gendong, adalah beliau tidak memasang tarif atas jasa memanggul belanjaan kita! Menurut beberapa orang yang pernah belanja sih, katanya tarif sekali gendong sekitar dua ribu rupiah. Namun tak jarang yang memberikan uang lebih kepada si simbok. Berat beban yang dibawa oleh si simbok tadi bisa mencapai lebih dari 50 kilogram. Apabila saya memposisikan diri sebagai beliau, dengan jumlah pendapatan (10 gendongan x Rp 3.000, 4.000,-) sebesar Rp 40.000,-. Sudah cukup besar? Oh tentu saja, tapi kalau setelah pulang dari bekerja sebagai penggendong belanjaan tersebut, saya harus pergi ke tukang pijat plus-plus refleksi yang bisa mencapai Rp 30.000 se jam. Waw! habis dong uang hasil bekerja seharian. Belum lagi buat ngenet, wuaaa….

Simbok gendong, merupakan potret kebanyakan warga kelas bawah negeri ini. entah masih berapa banyak profil-profil kerja keras yang ada di sekitar kita, yang berjuang demi sekian rupiah dengan mengorbankan sekian jumlah tenaga dan waktunya. Tak jarang, apa yang dihasilkan masih jauh dari kata cukup.

Ada yang menarik dari fenomen pasar tradisional. Bahwa komunitas ini merupakan lahan manjur untuk menunjukkan kepedulian calon kepala daerah, misalnya. Atau untuk ajang penenang massa bagi para menteri ketika ada kenaikan harga kebutuhan pokok. Saat berada di pasar, tampak sekali si badut calon kepala daerah ataupun menteri pura-pura begitu menikmati jamu gendong. Atau begitu terlihat rona wajah simpatik kepada para pengemis dan pedagang-pedagang kecil itu. Tampak sekali mereka seperti benar-benar mendengarkan keluh kesh si pedagang kecil. Terlihat sekali mereka seperti berwujud malaikat penolong di pasar tradisional kala itu. Namun apa yang terjadi saat mereka sudah kembali ke kantor yang berAC, semua lupa akan apa yang barusan mereka lakukan di pasar. Mereka lupa dengan janji yang sudah membuat para rakyat kecil itu terbuai.

Jadi, hati-hati sama calon kepala daerah yang tiba-tiba datang ke pasar wahai para simbok! mereka itu banyak maunya, jangan sampai salah pilih, senangnya sebentar, menderitanya bertahun-tahun.

37 Responses to “Simbok Gendong”

  1. cK Says:

    Pokoknya™ PERTAMAX

    komen belakangan… :mrgreen:

  2. Roffi Says:

    atas saya spammer.

    Pokoknya keduax

  3. cK Says:

    yang atas saya…sirik karena ga dapet pertamax 8)

  4. iseng Says:

    semuanya spammer… saya aja yang enggak
    keempataxxxxxx
    *ngakak, terus kabur…

  5. wiku Says:

    😦 jadi terharu bacanya…. *pura2 komen… padahal pengen dapet urutan ketiga :P*

  6. wiku Says:

    Waks… telat submitttttt….. 😥

  7. antobilang Says:

    * cK : hiya…..sepam profesional.
    * Roffi : chika itu pengganti kang biho ya? wahahahhaa
    * iseng : aih..mas iseng..hiatus kok komen…wakaka
    * wiku : lha…kok terharu? gag baca lengkap ya? 😉

    waks…semua SEPAM!!! :mrgreen: resiko….

  8. cK Says:

    resiko seleb blog 🙄

    habis ini jangan bunuh diri ya nto :mrgreen:


  9. Mencerahkan euy… :mrgreen:

  10. ekowanz Says:

    pilkada Jogja masih agak lama loh tok….apa kamu maksudnya nyinggung pilkadanya Jakarta yang udah mulai tebar pesona dan janji sana sini..

    ahh…tapi saya bukan warga Jakarta kok 😀

  11. jejakpena Says:

    hmm… kasihan banget ya para simbok gendong itu. Padahal harapan-harapan mereka sederhana banget, jadi ajang pemanfaatan gitu…

    Gimana ya kalau artikel ataupun wacana pembicaraan ini bilangnya tuh langsung di depan para `petarung-petarung` itu? 😕

  12. Roffi Says:

    Bos² itu mungkin tidak lupa, mungkin punya prioritas lain yang lebih penting. bos² kemungkinan besar inget merela nya pas butuh saja.

  13. Nisa Says:

    hmmm…. tapi kan gak semua bos2nya kayak gitu…
    siapa tau di antara mereka ada setidaknya 1, yang benar2 tersentuh dan simpati… 😥

  14. antobilang Says:

    * cK : bukaaaaan!!!
    * Kopral Geddoe : berniat mencalonkan diri jadi kepala daerah?
    * ekowanz : ahem… semua pilkada kan ajang tebar pesona, mas?
    * jejakpena : waks..bisa-bisa masuk bui saya. 😛
    * Roffi : ya ya, masalah skala prioritas ya? :mrgreen:
    * Nisa : mari berdoa agar mereka yang ‘pura-pura’ masuk neraka. :mrgreen:

    BAGUS! sepam berkurang kecuali dari manusia berinisial “cK”, jiakakakkaa.

  15. Luthfi Says:

    Belum lagi buat ngenet, wuaaa….
    emang kowe pernah bayar???
    bukannya punya target bikin bangkrut ugm dengan ngabisin benwithnya tiap malem pake 1 kompi dan 1 leptop ????

  16. Joerig Says:

    bingung mo komen apa …

    nyepam aja ah … hehehehehehe

  17. Master Li Says:

    Wah.. adkemarena afa ini… 😕
    Fadahal kemaren ztatuz Y!M-nya nafzuan fengen liyat gadiz-gadiz EzPeGe…

  18. ndoro kakung Says:

    dengan jumlah pendapatan (10 gendongan x Rp 3.000,-) sebesar Rp 40.000,-.

    nggak salah itung tuh?

  19. Anang Says:

    mampir aja deh

  20. dnial Says:

    @ndoro kakung
    Belum diitung uang tipsnya kali ndoro…

    Ide bisnis bagus…
    Penyediaan spg buat pedagang di pasar…
    Hmm…

  21. cakmoki Says:

    saya harus pergi ke tukang pijat plus-plus refleksi yang bisa mencapai Rp 30.000 se jam. Waw

    Skrinsyutnya mana ? 😛

    Pejabat ke Pasar tradisional ? halah, mbel !!!

  22. Aini Says:

    Apabila saya memposisikan diri sebagai beliau, dengan jumlah pendapatan (10 gendongan x Rp 3.000,-) sebesar Rp 40.000,-. Sudah cukup besar?

    kalo penulis ada diposisi itu aku ah tau paling juga saling adu harga… salah-salah malah yang mau pake jasamu itu pulang dengan baju compang camping wakakakak…

    hmm… potret Indonesia seperti itu, kita semua sudah tahu… tapi beneran dech disini aku belom pernah liat calon kepala daerah masuk ke pasar tadisional… atau memang aku yg kuper kali ya 😀

  23. Aini Says:

    (10 gendongan x Rp 3.000,-) sebesar Rp 40.000,-.

    oh iya lupa mau ngasih saran belajar matematika dulu gih ama pak deking 😛

    pantesan ga lulus2 jadi sarjana 😆

  24. venus Says:

    sinauuuu….
    ngeblog aja kenceng! kuliah ga kelar2!! huh…

  25. zam Says:

    tak kiro simbok “gendong” ki typo, e keganti o, dadine simbok gendeng alias…

    *ngelirik nduwur*

  26. Luthfi Says:

    Apabila saya memposisikan diri sebagai beliau, dengan jumlah pendapatan (10 gendongan x Rp 3.000,-) sebesar Rp 40.000,-.

    Err, opo perlu tak pinjemi kalkulator?

  27. Sugeng Rianto Says:

    Weits! Setoejoe to,….calon raja2 kecil itu saat ada maunya aja keliling ke pasar2 tradisional. tapi kalau dah dapat kursi panasnya, maen sulap2an, pasar tradisional dirubah menjadi kelas hypermarket.

  28. diditjogja Says:

    pye nek pas neng pasar di racun wae?
    gimana kalo jamu ne di kasih arsenik wae?
    kita tiru gaya nya om Poli… ;))

  29. ndarualqaz Says:

    biarlah, walo dapet di bawah yang penting nyepam….

    keduapuluxsembilanx

    top dah tu mbok gendong….. yang nggak nganggep mbok gendong top, berarti musuhan sama sayah

  30. ndarualqaz Says:

    nyepam lagi, mumpung internetnya lagi cepet

    ketigaxpulux

  31. cK Says:

    eh tau nggak, awalnya gue kira ini tentang simbok venus gendong siapaaa gitu… wakakakakk…
    *kabur sebelom simbok yang aseli™ baca*


  32. harusnya ganti simbok warnet koq ya…

  33. chielicious Says:

    Udah ngomong langsung ke simboknya belom? 😛

  34. Sezsy Says:

    apalagi kalo pake-nya pijet plus..
    bisa tekor tuch…

  35. antobilang Says:

    * lutpi : hush! ojo banter2.
    * Joerig : kenapa bingung?
    * Master Li : hihihihi :mrgreen: ada aja!
    * ndoro kakung : iya ndoro, salah… :mrgreen: -nutupin muka-
    * Anang : mau minum apa? dingin apa panas?
    * dnial : hehe..saya memang salah nulis. udah diganti tuh.
    * cakmoki : halah, malah minta skrinsyut.
    * Aini : hwehehehe…sama deking malah diajari ngeblog tuh.
    * venus : iyo mbooooooook 😆
    * zam : aku gak melu-melu 😐
    * Luthfi : sudah punya, makasih. 😛
    * Sugeng Rianto : ya begitu mas mental pelupa pemimpin kita.
    * diditjogja : ide brilian!
    * ndarualqaz : weh, kok malah ngajak padu ki :mrgreen:
    * cK : wah, gw gak ikut2 lho.
    * tooooooooooopics : lha? kok malah simbok warnet 😕
    * chie : belum chie! ga sempet, natr aja pas mau calonin diri jadi bupati
    * Sezsy : iya, tekor biaya tekor tenaga :mrgreen:

  36. chiwimudz Says:

    walah…
    tak kirakno to Mas Anto njaluk gendong Simbok


  37. […] angkut yang juga akan menetukan banyaknya sisa uang untuk dibawa pulang. Simbok yang sama, dulu pernah tertulis di sini, masih didera derita yang sama. Derita yang sama dan beban yang lebih berat. Di sebuah kolom lokal […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s