27 Mei untuk Jogja

Mei 26, 2007

foto diambil tanggal 29 Maret 2007.

 

Semua pasti tak pernah lupa dengan kejadian dahsyat di suatu sabtu pagi, tepatnya tanggal 27 Mei satu tahun yang lalu. Gempa besar yang melanda bumi mataram seakan akan merenggut apapun yang ada. Ribuan jiwa menjadi korban, belum lagi harta-benda yang ikut hilang bersama reruntuhan gempa bumi. Namun Sang Pencipta masih menyisakan satu yang tak ikut hilang bersama Gempa, yaitu semangat kemanusiaan. Betapa indah saat melihat kita semua menjadi peduli kepada sesama.

Kini, setelah satu tahun berlalu, ternyata masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan oleh pemerintah dan masyarakat untuk memulihkan keadaan pasca bencana. Berbagai bencana yang kemudian silih berganti menggilir ibu pertiwi, seakan menjadikan masalah gempa bumi jogjakarta sedikit terlupakan. Mungkin bagi kita yang bukan menjadi korban akan mudah saja melupakan, namun bagaimana halnya dengan para korban? Boleh saja kering air mata mereka yang berderai setahun yang lalu, namun saya sepenuhnya yakin betapa hati mereka masih tersakiti oleh janji-janji pemerintah untuk membantu korban bencana, belum lagi tindakan LSM yang ngemplang dana bantuan, atau aparat desa yang menyalahgunakan pemberian bantuan.

Semoga jogja bisa bangkit, bangun dari kesedihan setahun ini.
Karena hidup harus terus berjalan.

“…Ini bukan hukuman
Hanya satu isyarat
Bahwa kita mesti banyak berbenah…” (Ebiet G Ade-Untuk Kita Renungkan)

49 Responses to “27 Mei untuk Jogja”

  1. zam Says:

    jigur dab..

    aku dadai emosi nek eling JANJI GOMBAL JAMPUT PEMERINTAH..

    Kondisi di lapangan yang memprihatinkan, harus dikalahkan demi nafsu laknat bangsat keparat berdalih administrasi..

    ayo dab.. sepertinya kita jg melupakan mereka.. APA YANG SUDAH KITA BANTU UNTUK MEREKA??

    SEBUAH POSTINGAN SAJA TIDAK CUKUP, kawan!!

    MARI TURUN TANGAN!

  2. antobilang Says:

    berangkat BOS!
    ayo kapan cahandong ngumpul, sebelum semangat e kendho maneh!
    kapan arep neng sekolahan sing neng klaten?
    minimal kita selalu mengawasi!

  3. chocoluv Says:

    klaten ceria part 3?
    hmmm
    ikuddd!!!

  4. Evy Says:

    oooo jadi anto sibuk berangkat naik andhong? aku mo posting juga tak bantuin deh… kita kebetulan kesana seminggu setelah gempa sama anak2…ntar kupasang fotonya…

  5. mysyam Says:

    @zam: ra sah misuh-misuh neh dab, percuma…

    Karena hidup harus terus berjalan.

    Wah.. yo ga berjalan terus no, duduk, tidur juga harus, lek berjalan terus yo kesel no.. :p heheh.. *ngisruh*

  6. Gies Says:

    Hmm..jadi ingat kt seorg tmn yg cinta bgt ma jogya. “jogya itu indah, selaras dgn damai”
    jogya yang tabah yaa..

  7. uthie Says:

    ehueuhehehehe…
    bener bgt tuh.
    eniwei, salam knal yah.. 🙂

  8. tyas Says:

    eugh…inget bukan cuman jogja yang kena gempa. Klaten dan sekitarnya juga masih banyak yang hidup di tenda…
    btw apakabar tu janji JK yang katanya mo ngasih 30juta per KK?

  9. alle Says:

    sebulan yang lalu temen2ku survey ke daerah bantul,. dulu daerah itu tempat mereka melakukan bakti sosial pasca gempa. Rencana temen2 itu pada mo melihat perubahan selama hampir satu tahun,.. ternyata
    [miris]
    banyak yg masih tinggal di tenda darurat, banyak yg putus sekolah, banyak yang masih stress, dlsb..
    yang masih tinggal di tenda ada bebrapa alesannya, misalnya:
    1. Dana yg dijanjikan gak kunjung dikucurkan, jadi sulit untuk membangun kembali rumah yg hancur. Baru kira2 seminggu yang lalu dikasih. Itu juga cuma sekitar 2jt, bisa dapet apa buat bangun rumah yg ancur semuanya?
    2. Dana bantuan benar-benar gak dikasih, karena yg dikasih hanya untuk rumah yang benar2 hancur, klo bangunan yg masih berdiri tegak walopun cuma 1 bilik dan yg lainnya hancur itu berarti gak masuk itungan.

    Bukan salah pemerintah seutuhnya,..
    tapi pejabat2 bermental maling, mulai dari tingkatan DPRD sampe kelurahan,.. klo RT/RW justru jarang dilibatkan dan sepertinya mereka sulit untuk korup karena yg paling merasakan gak enaknya tinggal di tenda yah mereka juga, beda dengan pejabat2 di atasnya…

  10. gessh Says:

    Jogja, Aceh… ada perubahan pasca gempa? Tentu ada! Pemda masing2 kota beserta antek2nya makin KAYA….asuuuuuu!

    *boleh maki2 ndak tho? klo ndak boleh dan ndak sopan delete aja komentar saya 😦

  11. antobilang Says:

    # chocoluv
    yuuk…biar mereka lebih ceria lagi..
    eh iya, salam kenal ya…

    # bu Evy
    sip lah bu, di tunggu postingannya. 😉

    # mysyam
    heh, iya ya…hehehe
    salam kenal mas-nya..

    # Gies
    jogja sudah mulai merangkak berdiri kok…jangan sampai dia jatuh lagi.

    # uthie
    iya..salam kenal juga

    # tyas
    heh, iya, bukan cuma jogja..kebetulan foto diambil di jogonalan klaten lho 😉
    tanya JK rame2 yuk?
    ah jangan2 nanti jawabnya :… lho itu kan JK!…just kidding..wekkekeke

    # alle
    bagus sekali mas alle, kalau bisa sampaikan data2 tersebut di postingan biar mantap, dan semua bisa tahu ‘busuk’2nya…
    mental masyarakat rupanya juga ikutan kena gempa ya? 😦

    # gessh
    betull!!!
    tapi di akhirat mereka ndak bakalan selamat deh kyk nya…
    silahkan memaki, ga perlu takut..hihihihi…

  12. ekowanz Says:

    klaten ceria part 3 gek diwujudke….


  13. Mau ‘turun’ ya mas? Oke, sukses aja. Saya doakan. Oya, ada yg bisa dibantu?

  14. gita Says:

    klaten ceria part 3? kapan?? meluuuu

  15. diditjogja Says:

    klaten ceria?
    ……
    kok jadi menye2 kalo saya inget kejadian pasca gempa
    ……
    speechless….

  16. cya Says:

    apa? jalan2 ceria naek andong? IKUD!

    *celingakcelinguk

  17. gessh Says:

    Barusan nonton berita sore di tivi, ada beberapa rumah “anti gempa” yg dibangun khusus untuk mereka yg tertimpa bencana (bentuknya kek kubah gitu…unik, dalam hati ngmg gini “ooh ternyata pemda setempat perhatian juga sampe bikin rumah anti gempa), ealaah ternyata yg bikin WHO….

  18. Shan-in Lee Says:

    Yang kayak begini, jangan percaya ama pemerintah. Dana bantuannya tercecer terus akibat hirarki wewenang dan kekuasaan.

    Saatnya bergerak…!

  19. arya Says:

    manusia itu kecil, tp sombongnya setengah modar. makanya disentil dikit sama Gusti Allah

  20. antobilang Says:

    # ekowanz
    hiya…nih mas pimpinan™, mas eko sudah bilang gini…ayoo…

    # desti
    turun kemana? hihihiih….
    ya nanti tergantung rencana teman2 andong saja, desti bisa bantu apa aja?
    buku2 mungkin?

    # mbakyu gita
    ayo..nah tuh pak pimpinan™, cepat diwujudkan, biar aku sekalian bisa ketemu mbakyu gita…wekekkekee

    # diditjogja
    hayo..didit jangan menye2! harus semangat! biar jogja gak sedih lagi 😉

    # fame
    beuh…jalan2 aja ini, hihihihi…

    # gessh
    yaduh, sayangnya gak semua bisa dapet yang begituan…

    # Shan-in Lee
    kita juga harus mengawasi!

    # arya
    dengan setengah sentil aja bisa langsung modar ya mas? 🙂

  21. telmark Says:

    semoga yogja bisa cepat bangkit. amien.

  22. Telmark. Says:

    Kembali ke… Mesjid.

    Sumber dan inspirasi : sumber utama adalah MNC, Jp. ditambah beberapa situs/blog, dan wikipedia Indonesia. tulisan ini terinspirasi dari peringatan satu Tahun gempa di Yogjakarta.
    Masih ingat dgn gempa bumi di Kobe, Jp ?? bencana luar biasa yg terjadi…

  23. wargabanten Says:

    tindakan LSM yang ngemplang dana bantuan, atau aparat desa yang menyalahgunakan pemberian bantuan >>> Tapi AnToBiLaNG – Sabar (sampai kapan to>)?)

  24. Anang Says:

    turut berduka.. semoga jogja lekas bangkittt…

  25. peyek Says:

    oi sekalian diinfo yang diluar kota bisa bantu apa, jadi bisa bareng-bareng meskipun nggak bisa hadir langsung!

  26. deking Says:

    Gak terasa ternyata sudah setahun sejak peristiwa yang merobohkan kediaman rumah kontrakan saya
    Di balik musibah tetap ada hikmah…saya ingat waktu gempa itu terjadi warga perumahan kami selalu masak bersama-sama…ada rumah yang dijadikan dapur umum dan ada juga yang jadi kamar mandi umum…

  27. roffi Says:

    Ayo yogya semangat!

  28. joesatch Says:

    pengen nulis refleksi juga. tapi dah banyak yang nulis 😦

  29. Sugeng Rianto Says:

    Setuju dengan usul kang Peyek, Ada yang punya inisiatif bagaimana cara membantu saudara2 kita yang masih dalam kondisi mempihatinkan itu?!
    Bangkitlah Jogja!!!

  30. raffaell Says:

    Kadang suatu cobaan membuat kita menjadi lebih kuat

  31. Berlin Says:

    Ngapain mikirin pemerintah??? He….
    Tapi mas, itu khan enggak selalu pemerintah yang salah lho!!
    Justru orang2 yang dibawah yang pada ngemplang dana itu, mas!! kayak pak Kadus (soale aku liat tanyangan sctv kemarin he….)
    Yuk… ke sleman minggu2 ini!! biar aku bisa ikut!!!

  32. jurig Says:

    setelah refleksi … terus …. ????

    *ngapain ya ????*

  33. unai Says:

    Di depan rumahku bahkan sampe hr ini masih pake tenda To..*sigh*

  34. venus Says:

    ayo semangat. aku bisa bantu apa nih???

  35. Dee Says:

    Sekedar bantu doa udah nggak cukup lagi ya???

  36. manusiasuper Says:

    Ada yang bisa dibantu dari kalimantan?

    Maaf, kemaren kita niat mau ngirim kayu bahan rumah, tapi terkendala razia kayu ilegal aparat, serius!

  37. Fany Says:

    ya ya ya…
    tidak merata kan bantuannya…

  38. antobilang Says:

    # telmark
    amiiennn.terimakasih om telmark

    # wargabanten
    sapa yang bilang sabar? ayo ganyang saja! wakakaka

    # Anang
    terima kasih semangatnya mas anang.

    # peyek
    nanti segera dikoordinasikan dengan pak pimpinan andong.
    terima kasih cak peyek niatan baiknya.

    # deking
    wah, camping dadakan dong? tapi memang dengan adanya bencana rasa kemanusiaan akan semakin terasah.

    # roffi
    ayooo ….

    # joesatch
    nulis lagi gapapa kan joe?

    # Sugeng Rianto
    iya yah?kira2 apa ya mas sugeng? ada usulan? nanti saya sampaikan ke pak pimpinan

    # raffaell
    dan membuat kita semakin tahu arti kebersamaan..

    # Berlin
    iya kalo kata mas pepeng, wong pemerintah aja gak mikirin kita..wekekeke

    # jurig
    terus apa ya teh? ada usulan konkrit? 🙂

    # unai
    dooh…miris mbak dengernya…

    # venus
    iya mbok, bantu apa ya? nanti tanya ke zam dulu deh gimana rencananya..

    # Dee
    gak cukup lah pak dee, ayo pakdee bareng2 ikutan cahandong ke klaten..

    # manusiasuper
    padahal kalo ngirim kayu buat penyelundupan selalu lolos dari aparat ya?
    anjrit tuh…. gimana kalo kirim santet aja buat itu penjabat2 yang ngemplang duit bantuan?

    # Fany
    selain gak merata, juga gak cukup…

  39. elpalimbani Says:

    Kalo boleh berharap, semoga beliau yang katanya mau mundur untuk maju masih inget ada pe-er penting yang masih harus dituntasin untuk rakyatnya yang setia… 😉

  40. cK Says:

    bantuan dari pemerintah belum datang juga? sia-sia saya nyumbang duit 😛

  41. kurtubi Says:

    Wahh refleksi 1 tahun gempa Yogya bener2 memiriskan kita semua. Masih saja ada yang hidup di tenda… tapi dari penyataan Sultan ada sebuah pengakuan dan permohonan maaf kepada rakyat… ini bagaimana toh, ono opo dengan Sultan…

    “ini bukan hukuman…… ”
    hanya satu isyarat bahwa kita harus berbenah… ”
    laguini bgitu pas…

    waah di gerbong ke 40… gpp yaa mas Anto

  42. amma Says:

    woh. kok pada nyalahin pemerintah sih? pemerintah kan harus bersikap adil. soalnya yang terkena bencana kan bukan cuma yk aja waktu itu toh. jadi harus membaginya dengan daerah lain. pemerintah saya rasa sudah bertindak sebisa dan semampunya. kalau sampai sekarang masih banyak yang tidak terbantu, jangan langsung menjudge pemerintah. karena pada kenyataanya pemerintah pun diduduki oleh orang2 yang tidak selalu mempunyai hati yang bersih, naluri kemanusiaan yang murni..
    ada juga tikus2 berwujud mnusia disana yang menggerogoti..

  43. Leo Says:

    Kirain ada Rumah Dome yg kayak rumah tetubbis itu..?

  44. Kang Kombor Says:

    Aku yakin rakyat bisa bangkit dengan tanpan bantuan pemerintah. Selama ini pemerintah hanya ngurusin konglomerat kok. Rakyat hidup dengan caranya sendiri.

    Untuk warga Jogja, bangkitlah. Nggak usah nunggu terwujudnya janji-janji palsu JK yang diucapkan ketika sedang tidak sadar.

  45. SayaSaja Says:

    Bantu doa sdh pasti. Dalam btk lain diusahakan,insya Allah. Memang kapan? Kabar2i, cek&ricek ya? (kok kyk nama infotainment y? 😛 )
    Smoga sukses! 🙂

  46. aad Says:

    setuju !!! hidup harus terus berjalan

  47. Arezk Says:

    Arezk siap ikud! mo KLaten ayooo… mo BantuL ayoooo….
    pokoke asaL dikasih tau… insyaALLah pasti ikutan!
    thanks

    =SaLam=

  48. firmansyah Says:

    Nasi udah menjadi bubur tapi ketimpa tangga pula, apakah kiasan ini benar adanya untuk menggambarkan keadaan negara ini yang carut marut oleh ulah segelintir orang yang tak mau peduli nasip masyarakatnya yang terkena bencara dan sampai saat ini masih saja tidur” di tenda darurat. Inilah protet suram Bangsa Indonesia 🙂 🙂

  49. anas Says:

    Semangat maju aja jogja akan sembuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s