Buai Surga UGM

April 7, 2007

Pasti banyak yang menaruh harap atas apa yang akan terjadi besok.
Beramai2 sampai malam menjelang mereka mancari2.
Tak ragu keluarkan sekian rupiah.
Demi bisa duduk megah di singgasana bernama UGM.

Pagi nanti, tanggal 8 April 2007 ini akan diadakan tes Ujian Masuk (UM) Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebanyak 30.777 calon penghuni UGM ini akan berebut 3800 tempat(dari jatah total 7 ribu). Rupanya UGM masih jadi primadona menarik untuk beberapa anak manusia. Nama besar UGM atau Keinginan menuntut ilmu yang menjadi dasar pertimbangan mereka? cuma mereka yang bisa menjawab. mengingat alasan murahnya biaya sudah bukan menjadi alasan yang relevan.

FYI : Komposisi penerimaan calon mahasiswa setiap tahunnya adalah UM sebanyak 52%, Penelususan Bibit Unggul (PBU) sebanyak30%, dan sisanya 18% dari jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Nah kalo sistem PBU ini yang memungkinkan untuk terjadinya praktik2 berbuahayayayaya (kayak bang Aip) dalam mencari calon korban mahasiswa…..

Saya cuma mau ngitungin jumlah uang masuk pada saat test ini :
30.777 korban x Rp 175.000,- = Rp. 5.385.975.000,- (5 milyar!)
itu baru pendaftaran doang… belum SPMAnya..hihihi…
Pantesan pejabat2 UGM kaya banget… kecuali mahasiswanya

beidewei, kalau luthfi mengucapkan selamat datang di kampus dermaga,
aku juga ah :

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Selamat Datang di Kampus UGM,
yang dulu
Kampus Kerakyatan!

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

Selamat berjuang dalam ujian untuk bisa masuk ke UGM dan bersanding bersama saya, teman saya, dan teman saya lagi serta temannya teman saya ini dan tidak lupa juga teman saya yang satu ini sebagai anggota almamater UGM!

Iklan

48 Responses to “Buai Surga UGM”

  1. Luthfi Says:

    *celingak-celinguk*
    PERTAMAX!!!!

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    celingak-celinguk..
    aku ngga heran kok, di sini bebas mau PERTAMAX, apalagi luthfi, wakakaka
    *toss dulu boss!*

  2. Luthfi Says:

    wah, jadi inget tahun 2003 saat aku ikut UM UGM dulu … akhirnya aku diterima juga di UGM, tapi gak kuambil. Kalo kuambil, bs jadi aku adalah adek klsmu hihihihihi ….. 🙂
    Ternyata soal ujian UM-UGM gampang, tinggal mbunderin doanks ….
    Hari pertama (kemampuan dasar), aku startnya ketinggalan 15 menit dibanding peserta lain … stress juga … he he he … knp jadi curhat ya?

    Keduax!!!

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    untunglah kamu ndak jadi masuk kampus aneh ini, sudah penuh sesak dg manusia2 aneh, kalau kamu masuk nanti nambah parah takutnya..wakakak….

  3. Luthfi Says:

    oh iya lupa ………. adekku kan besok ikutan UM juga … semoga dia lolos juga 🙂
    Ketigax!!!

    fyuhhhh, dalam rangka 3 komen berturut2 😀

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    halah, hattrick bener dah….
    eniwei, sukses deh buat adeknya, jangan diajarin jadi kayak kamu ya, hihihi…

  4. cK Says:

    halah…dia lagi dia lagi…akhir2 ini merebut posisi pertama *geser geser luthfi*
    nto, blogmu makin keren aja sayang orangnya kagak wakakakaka…. 😆

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    wakakakkak…telat lo, keduluan luthfi tuh..kekekeke
    yaiks…keren atau tidak sebuah blog berbanding lurus dengan kekerenan pemiliknya gitu….

  5. Evy Says:

    (mode bawel “on”) Waduh banyak juga yang berjuang test mau kuliah di UGM herannya ntar klo udah di terima pada males lulus… skipsi di lambat2, kenapa ya… apa ga bersyukur udah di kasih kesempatan tembus menjadi 1 dari sembilan ratus orang yg ga bisa tembus… Yah namanya manusia begitu kali…pada saat kepingin di kejaaaar, udah dapet ga diperhatiin ganti ngejar yang lain… (mode bawel :”off”)

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    😕 …..salah posting nih…ini nih namanya “postingan makan tuan™…
    jadi diinget2in lagi ama lulus… 😦
    oi, kita lg bahas calon mahasiswa baru UGM tauk, bukan bahas mahasiswa uzur…..
    hahaha…saya setuju yang bagian :

    “Yah namanya manusia begitu kali…pada saat kepingin di kejaaaar, udah dapet ga diperhatiin ganti ngejar yang lain…”,

    manusiawi bukan? 😉 *bletakkk* hahahaha

  6. venus Says:

    mau ikutan bawel aah…

    AYO! KAPAN LULUSNYA??? KAPAN CARI KERJA?? KAPAN KAWIN?? :p

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    ye…ikut2an aja 😉 bener2 ” postingan makan tuan™ ” nih… 😦
    wadoh…udah pakai huruf kapital, nanyain kawin lagi…
    hm…KAWIN? kapan2 aja deh, wakakakakk
    *pdhl mupeng kepengen kawin segera*
    :mrgreen:

  7. deking Says:

    Apakah mentang2 seleksi masuknya sulit jadi dilama-lamain lulusnya?
    Masuknya saja sulit banget, ngapain cepet2 lulus…gitu kali yé…
    YAng diomongin ngerasa gak ya? hehehehehe….

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    saya setuju itu…masuknya aja susah ngapain cepet2 keluar, 😈 dinikmati dulu ghitu lo….
    🙄 aduh..siapa ya yang lagi diomongin?

  8. manusiasuper Says:

    UGM itu cuma potret pendidikan secara keseluruhan di negara kita to..
    Kamu pikir UGM payah? Nanti saya undang kamu ke kampus tertua di kalimantan, yang sampe koleksi terbaru perpustakaannya adalah buku paket terbitan tahun 70…

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    kapan diundangnya om? jangan lupa plus tiket PP Jogja-Banjarmasin-mampir Bali ya!
    wah kalo terbitan dari tahun 70an gtu..mendingan disuruh ngenet aja semua itu mahasiswa, cari ebook lebih update… 😉

  9. calonorangtenarsedunia Says:

    tp, to..kalo UGM ga kaya dari uangnya calon maba itu ya km mana bisa make internet sepuasnya..

    sudahlah,,syukuri saja..hwikikik47x..

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    tumben analisa anda tepat, hihihi
    ya… make internet sepuasnya itu adalah bentuk pemanfaatan dari biaya2 yang saya bayarkan untuk UGM, kalau teman2 lain ndak mau memanfaatkan, ya lebih baik saya saja yang melakukannya, bukan begitu?

  10. grandiosa12 Says:

    yang penting kuliah lah..

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    yang penting selain kuliah yaitu..ngeBlog! 😀

  11. koecing Says:

    kan mengoptimalkan subsidi pemerintah… (ini alasan temen2 berlama2 di kampus.. 😀 )

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    mengoptimalkan subsidi dari orang tua juga mbak..hehe

  12. Suluh Says:

    Weh! AKu kok ra disebut toh anto?

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    lho mas suluh itu di jogja tho? UGM juga? fakultas mana? saya tadi ngobrak-abrik blog mas suluh ndak ada petunjuk 😦
    iya deh segera saya masukkan, tapi sesegera mungkin konfirmasi letak fakultas saudara ya! *halah*
    😉 salam dari kampus yang tak lagi merakyat!

  13. siep Says:

    UGM ******
    temen2ku banyak yang lulusan UGM tapi jadi penganggur…

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    maaf ada yang saya sensor, karena merupakan kata tak lazim untuk di baca oleh anak di bawah umur. terimakasih.
    meskipun perkataan anda benar, namun tetap ngga bisa digeneralisir seperti itu. hehe

  14. Sugeng Rianto Says:

    Judulnya kurang kompit deh, coba kalau judulnya :

    Buai Surga UGM, Buai Neraka IPDN

    pasti…pasti…pasti lbh banyak lg yang ketipu hukekekkk…. 😆

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    hahaha…mas sugeng aja deh yang nerusin nulis ttg itu, nanti trackback kesini, kekeke….
    saya males mas ngurusin sekolah2 ala militer yang bajunya ketat2 itu, huehue

  15. Amie Says:

    Mas mau tanya, nanti anak saya kalau mau masuk kuliah dimana tadi eh itu di UGM. Gak bisa pake beasiswa ya. wong biayanya segitu untuk sekarang, gimana 5 tahun lagi. weleh.. weleh.. nasib bangsaku..

    mas Anto lam kenal makasih atas panduannya ya..
    tanpa seijin mas Anto, aku link blog mas Anto ke blog aku. ojo marah ya mas.

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    bisa pakai beasiswa kok, asalkan mau ngurusnya…dan juga syarat keadaan keluarga memang kurang mampu secara finansial.
    iya mbak, silahkan saja di link, ndak perlu ijin kok, malah terima kasih.
    selamat bergabung di galaksi wordpress!

  16. fertobhades Says:

    Kapan bikin pernyataan : Selamat Datang WISUDA

    *gak bosan skripsi mulu ?* 😛

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    hahaaha…komentar om fertob sangat menohok saya, hiks2…
    eit..tapi ada juga tuh yang tersangkut kalau ada komentar kyk om fertob 😉

  17. arul Says:

    kalo ITS juga sekarang ada PMDK Mandiri yang punya duit banyak bisa masuk…..

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    semoga manusia cerdas dan kebetulan sial orang tuanya ga punya duit banyak, tidak akan kehilangan hak untuk mendapat pendidikan yang layak.

  18. Luthfi Says:

    @ 9 : anto
    yup rite (yup right), kompensasi dr bayar spp yang mahal adalah pake internet sepuasnya …. sampe nginep di lab
    *udah nginep di lab 3 malam berturut2*

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    hahahaha..toss dulu boss!!!
    sama gw juga berhari2 nginep lab 😉

  19. rizko Says:

    jadi masih kuliah toh…, ayo cepet tamat, kasian orang tua biayain kamu…

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    hahahaha..iya masih kuliah, tinggal menunggu saat2 terakhir di universitas gadjah ini…
    weh..alhamdulilah sudah dikasih sama 4JJ1 jalan lain untuk membiayai kuliah mas.

  20. aVank Says:

    asik ladang duit

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    ladang duit? yang nanem tapi ngga bisa panen om, yang panen malah manusia2 buncit pemilik gedung pusat, kekekeke

  21. anung Says:

    absen doang..
    absen doang..
    UM gak absen, dianggep gak hadir nanti ;p

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    kemaren kamu kemana. kok ndak masuk ke blog ini? bolos ya??
    *so mad style : gimana naik gunungnya? jadi gak?*

  22. Biho Says:

    nitip absen ke anung.

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    halah..kebiasaan nih dulu pas jaman kuliah..kekeke…

  23. joesatch Says:

    mau esuk aku lali hunting+ngeceng. kowe sobo kampus ra? piye gadis2 mudane? hohohohoho

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    hahaha…lha piye kamu kok ndak nongol? kasihan kan cewek2 itu sudah jauh2 datang ke UGm, ternyata tidak bertemu dengan dirimu..setidaknya dengan tidak-bertemu-joe, akan menjadi pembenaran bagi mereka untuk malas masuk UGM…
    tapi mereka masih di tolong oleh 4JJ1 dengan mengirimkan saya Joe..kekeke….
    btw, lumayan2 kok, manis2, hehehehe..semoga yang manis2 masuk TP dan yang afkir masuk ke MIPA, kakakakakaka

  24. anung Says:

    baru ditinggal 2 hari juga..
    kangen ya?? 😀
    jadi dong,,,tak critain lewat postingan deh…sabar2
    baru diracik nih

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    halah, siapa yang kangen? aku cuma seneng aja kamu ngga kenapa2, bisa pulang dengan selamat, hehehe
    iya, diceritain donk lewat postingan, perjalanan seorang blogger adalah HOAX tanpa oleh2 sebuah postingan!

  25. erander Says:

    Yang paling penting sih, sejauh mana ilmu yang didapat oleh ybs dapat diaplikasikan. Baik untuk diri sendiri, keluarga dan bangsa ini. Ga peduli mau kuliah dimana dan berapa ongkosnya. Karena, idealis itu perlu. Tapi tetap berpijak pada realita.

    Justru yang saya sedih. Banyak banget orang2 yang lulusan UGM, ITB dan IPB. Tapi Indonesia tetap seperti ini. Padahal DULU Malaysia berguru kepada PT2 tersebut. Sekarang??? kita ga kemana2. Senang pake “make up”. Senang dipuji. Senang disanjung. Senang dianggap hebat .. ya, manusiawi sih. Trus?

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    betul pak, dan juga ga peduli mau bentar apa lama yah? hehe..yang penting menuntut ilmu terus, ga cuma ongkang2 kaki.
    weh saya pikir juga ndak semata2 karena lulusan UGM,ITB,atau IPB, yang salah tuh ya..pendidikan aparat pemerintahan melalui IPDN/STPDN itu lho..hehhe…(salahin yang udah jelas2 lagi banyak dihujat orang2, kekekeke).
    manusiawi? sangat.

  26. joesatch Says:

    kampret lu!
    aku lali gara2 winginane kenalan trus jalan2 seharian dengan gadis notariat.
    ra level dolanan karo S-1, bol! 😛

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    hahaha kampret lu™ juga… kenalan? jalan2? seharian? notariat? mesti wis tuwo…
    wekekeke… biarlah, aku ngurus yang S1 aja deh..wakakaka

  27. abahapis Says:

    Surga UGM? ehmm….. cuman pernah liat pagernya doank.

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    hahaha..kenapa ga masuk aja om? kok cuma liat dr pager?

  28. kangguru Says:

    komennya udah diwakili bu evi sama bu venus

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    🙄 mana ya? komen yang mana ? *kura2 tidak tahu*

  29. ichsanmufti Says:

    Subhanallah kemaren rame banget mas Anto,mbludak.. Sampe2 saya ngga jadi ngambil duit ke atm, takut diduga calon mahasiswa baru.

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    halah..mas ichsan narsisnya ga ketulungan 😆
    eit..btw calon mahasiswa baru S1? mungkin iya sih kalo diduga calon mahasiswa S2, wakakaa

  30. calupict Says:

    Formulir di UPH dulu pas angkatan gw, angkatan 2005 itu nyampe 250 ribu. Atau 300 ribu, ya? Lupa. Kali seceng itung untung berapa.

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    weh…itu baru pendaftaran aja udah mahal gitu, gimana mbayar per semesternya mbak? asalkan komepnsasi yg didapat sesuai sih ndak masalah, hehe 😉

  31. Dee Says:

    Kapan luluse, kapan kerjane, kapan kawine?
    Jalan pintasnya: kawinilah yang sudah lulus dan sudah bekerja.
    Nyalon rektor ora dab?

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    untung jalan pintas yang ditawarkan pak dee :

    Jalan pintasnya: kawinilah yang sudah lulus dan sudah bekerja.

    bukannya :

    Jalan pintasnya: kawinilah yang sudah kawin, sudah lulus dan sudah bekerja.

    bisa berabe itu pak dee…..
    nyalon rektor? bolehlah, sementara saya nyalon wisudawan aja dulu…

  32. n0vri Says:

    Wah, kalo cuma 5 milyar untuk ukuran UGM ya gak banyak tho…(kecuali kalo untuk ukuran pribadiku, aku mungkin pilih pensiun sekarang n nekad bisnis sendiri). Dengan kondisi sekarang, uang 5 milyar untuk beli buku juga gak terlalu muluk, dengan 18 fakultas dan 1 Pasca sarjana, kira-kira cuma 250-an juta per fakultas. Lha kalo uang 250-an juta masuk ke Fakultas Teknik, rata-rata jurusan cuma dapet 30-an juta buat beli buku terbaru. Emang segitu cukup?

    PBU bahaya? maksudnya piye Tho? agak “mak jelas” kata orang Lampung. Karena sistem rekrutmennya salah atau output-nya alias mahasiswa yang dihasilkan gak bagus? Aku dulu masuk UGM lewat jalur PBUD (Penjaringan Bibit Unggul Daerah, kayak padi aja bibit unggul 🙂 ) meski gak termasuk mahasiswa brilian, aku bisa lulus dengan baik, tepat waktu n bisa juga sekedar jadi wisudawan terbaik program studi yang kuambil waktu wisuda 19 Feb 1998. Yang SPMB (dulunya UMPTN kan?) juga gak menjamin semuanya bagus, banyak yang tel-mi atau sekedar dolan di kampus n gak lulus-lulus. Yang pasti, dulu aku cukup mensyukuri bisa kuliah di UGM, murah-meriah. Entah kalo sekarang…

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    beuh..itukan baru pendaftarannya mas, hehe..belum yang “lain2” itu..
    oh..PBU itu berbahayanya yang ikatan dinas dan ikatan keluarga mas, prosedurnya ga transparan, kalau PBUD sih jelas ya karena melalui sekolah bersangkutan, nah kalo PBU-2 yang lain itu yang bikin penasaran….hehehe…
    iya mas, tetep ngga bisa kok mau di generalisir bahwa PBUD kualitas dibawah SPMB, kalau SPMBnya aja nyontek atau nyogok ya sama aja…kekeke….

  33. Salat SMART Says:

    Wah, biaya kuliah sekarang tinggi banget, ya?
    Dulu, waktu aku masuk UGM (1986), SPPnya cuma Rp 105 ribu.
    Skarang, untuk daftar aja masih kurang.
    Syukurlah dulu aku sempat merasakan murahnya kuliah di “surga” bernama UGM.

    Salam,
    M Shodiq Mustika

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    lah, emang gitu om…2 tahun sebelum saya sih masih kebagian enak, coz cuma bayar kurang dr 500.000,-an gitu deh…nah giliran saya dan joe masuk, mulailah era2 pemerasan kantong mahasiswa kere seperti saya…
    sekarang juga masih surga kok pak 😉 buat yang bisa menikmatinya dan berlama2 berada disana…kekekeke…

    Salam juga,
    Antobilang

  34. Gue Says:

    UGM kata orang2 yg bukan anak UGM, Universitas Gembangunan Nasional, atao Usaha Golek Morotuwo, atao yg laen.
    Musti bangga sbg anak UGM atau alumni UGM. Walau skrg dah lulus tapi belum sukses, ndak masalah…
    UGM Euy…UGM Gitu lhoh….

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    oh iya, kita bangga lho ama UGM, sayang banget ama UGM, makanya kuliahnya lamaaaaa 😀

  35. klikharry Says:

    alah to… yang gitu mah gak usah dipikirin, yang penting kuliah, tamat kuliah, jadi dosen. trus jadi rektor,, ntar gantian tuh.. kamu yang naikin duitnya kan nantinya kembali ke kantong kamu juga

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    wadoh..kalo aku nyalon rektor engga deh…sementara konsentrasi nyalon jadi wisudawan UGM aja!

  36. Suluh Says:

    AKu Wong Teknik Fisika prodi Fisika Teknik angkatan “gak usah disebut” 🙂

    Mugo muga mei iso wisuda aku 😦 KOwe Kapan Ant?

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    hohohoho..jebule japhe methe tho…aku dulu praktikum fisika bareng anak2 fistek..tapi udah lupa semua nama orang2nya..habisnya ga ada yang nyantol di mata dan di hati sih..hahaha…
    wisuda Mei? ngapain cepet2? sante aja bro…*alasan pembenaran*

  37. juliach Says:

    kampus kerakyatan = gratis dong at least bayar kuliah boleh ngutang dulu!!!! buatku/anak-anakku masuk UGM hanya mimpi

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    lah kalo mbayar kuliah ngutang dulu itu sih saya banget! knp pengen kuliah di UGM? saya aja kepengen cepet2 pergi dari sini…hehhe

  38. klikharry Says:

    emang kamu udah telat wisudanya to?
    wakakakak
    *makanya belajar yang rajin dong*

  39. kurtubi Says:

    wah 5 milyar pantesan kampus2 pada berlomba2 menjaring matahari… eh mahasiswa

  40. alle Says:

    FYI
    [abis baca di KOMPAS] 🙂

    UGM berencana gak ikutan gabung acara tahunan SPMB..pengennya cuma nerima mahasiswa lewat ujian tulis UM-UGM. Alasannya? Mahasiswa yg diterima lewat UM, IP rata-ratanya 3.1 sedangkan yang SPMB 2.8 Evaluasi ini dilakukan sejak UM angkatan pertama (2003).

    Dikembalikan ke forum ini,.. believe it or not

  41. ndarualqaz Says:

    untung saya gak jadi masuk Universitas Gajah. kalo masuk bakal nambah jumlah penduduk miskin di indonesia padahal kalo nekad masuk pun kelihatannya juga gak bakaal ketrima hehehe

    BDW aku punya temen di kehutanan UGM dan setahu saya bapaknya yang “cuma” guru sd sudah melakukan jurus tebar utang dimana-mana buat menghidupi naka pertamanya dari 3 bersaudaraa itu di UGM. bener2 oknum penyengsara rakyat ya kampus loe itu…..

    untung aja aku masuk Universitas Semar, univ murah meriah

  42. neri Says:

    Apalagi UNAIR yang dari dulu sampe sekarang g pernah jadi “kampus kerakyatan” (Baca: kampus milik mahasiswa)???

  43. Harri Says:

    Ga jauh beda sama kampus ku
    meski tempat ku ga pake sistem UM untuk S1 Reguler tetep saja bayaran sudah mahal. Terlebih yg kena “cekek” anak-anak Diploma, S1 Ekstensi yg tiap tahun bayarannya naiknya nda kira2. At least mesti meski biaya yg di keluarkan tidak sedikit aku percaya lingkungan bisa mempengaruhi behaviour sampai cara berpikir kita. So kita berharap kedepannya bisa jauh lebih baik dari sekarang.

  44. Moci Arane Says:

    pgn jg neh kul di UGM, tp syang gw dah ml kul… 😉

  45. riesal Says:

    UGM.. mending milih UII deh 😀

  46. soerja Says:

    surga ugm sih dulu di lembah :p

  47. mahendra025 Says:

    salam kenal….
    wahhh…kalo soal sekolah..ak punya crita tentang nasib orang ngga punya…
    2001 ktrima d ITB…ra kuat mbayar jehhhh wong tuwo ku….
    untunglah ada dewa penyelamat Tjap Toegoe Pahlawan Soerabaia…
    2002 ktrima d ITS….yang dengan biaya daftar ulang 950rb perak bisa kuliah
    Vivat!!!Hidup ITS!!!

  48. noname Says:

    saya mahasiswa teknik fisika 08
    klo udah kuliah d ugm jangan terlena ,bangga boleh2 aja coz uda ngalahin ribuan pendaftar tp yang namanya kenikmatan itu cman sesaat….jd jgn terlalu terbuai dg buai surga UGM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s