Yang Lebih Bagus dari Hit™

Maret 30, 2007

Berjumpa (lagi?) dengan saya, kali ini saya mau bahas sedikit tutorial yang belakangan lagi nge-trend di kalangan blogger wordpress.

: : : : : disclaimer ON : : : :
bukan untuk blogger yang sudah pandai baik cara ngeblog, secara linguistik, maupun semantik.
Jadi kalau merasa linguistik+semantik anda masih payah, tolong belajar lagi, lalu balik kesini.
eh tapi yang nulis posting ini juga lebih ndak pinter semantik sama sekali, amburadul malahan.
jadi gimana yah..tetep baca aja kali ya, baru nanti disimpulkan di akhir.

: : : : : disclaimer OFF : : : :

Ada beberapa jalan sesat tutorial yang akan saya coba sampaikan :

  1. Berkomentar yang santun dan bertanggung jawab
  2. Membuat trackback
  3. Menghapus komentar dari komentator yang tidak anda kehendaki
  4. Menarik-ulang tulisan yang sebelumnya telah di-publish-kan
  5. Mengamankan komentar anda di sebuah blog yang di moderasi.


Langsung saja pada tips pertama yaitu :

  1. Berkomentar yang bertanggung jawab
    Setiap tindakan harus ada pertanggung-jawaban, betul? kalau setuju mari kita buat kesepakatan dulu, jangan berkomentar tanpa avatar, dan status nama kita harus memiliki link. betul apa betul? jadi dengan demikian apabila ada suatu komentar kita di sebuah blog, maka akan dapat dilacak sehingga bisa dimintai pertanggung-jawaban. Selain itu juga, akan menghindari pencemaran nama baik anda sekalian. Tentang bagaimana [cara memasang avatar] dan [setting identitas di wordpress] bisa dibaca di blog panduan.

  2. Membuat Trackback
    A Trackback is one of three types of Linkbacks, methods for Web authors to request notification when somebody links to one of their documents.
    Apabila kita sedang menganjingkan menggunjingkan membicarakan sesuatu yang menyangkut blogger lain (misal : menyebut nama seorang blogger) , maka akan lebih baik jika men-trackback blog beliau yang sedang kita bicarakan itu. Sehingga beliau yang sedang kita bicarakan tahu bahwa ada yang keberatan, sehingga si ‘beliau’ ini dapat melakukan klarifikasi. Tentunya kita bukan blogger otoriter yang akan memaksakan kehendak dan memasung hak blogger lainnya, ya kan?
    Setahu saya yang naif ini, membicarakan seseorang tanpa memberi tahu orang yang sedang dibicarakan itu termasuk ke dalam aktifitas menggunjing? betul begitu? Menggunjingkan orang? Ah kalau saya sih sudah sering, kalau anda? Kalau menganjingkan orang sih belum pernah, apalagi membebekkan orang/manusia.
    Bagaimana cara men-trackback? setahu saya sih tinggal di kopi paste link tulisan seseorang yang berkaitan dengan tulisan kita, kemudian secara otomatis oleh sistem akan menjadi track back, tapi jangan lupa untuk menghidupkan opsi : pingback/trackback di kolom diskusi (izinkan komentar/ping) di panel bagian kanan area penulisan postingan.
    Ntar hasilnya kayak gini nih..

    update :
    1) Kita juga bisa menghapus alamatURL trackback yang masuk ke blog kita, sehingga trackback bingung gitu mau kemana, wakaka. caranya? edit saja tulisan saudara, kemudian di panel bagian kanan kan ada tuh Alamat tulisan, tambahin satu karakter aja, mampus tuh trackback.
    2) Men-spam-kan trackback juga bisa lho, itu ada opsinya di email kita.
    contohnya demikian kalau di yahoo : Spam-kan:
    https://antobilang.wordpress.com/wp-admin/

    comment.php?action=cdc&dt=spam&c=1146
  3. Menghapus komentar dari komentator yang tidak anda kehendaki
    Bagaimanakah caranya apabila kita tidak menginginkan seseorang mengotori sucinya berkomentar di blog? Cara pertama adalah dengan memoderasi komentar yang masuk, kemudian setelah itu pemilik blog akan melakukan pembebasan terhadap komentar yang dianggap layak, dan tentu saja menghapus komentar yang tidak sesuai dengan golongan/faham hati pemilik blog. Ciri sebuah komentar hasil moderasi adalah sebagai berikut : Ketika anda restart browser anda, dan kembali ke halaman blog tersebut, maka *cling* komentar yang barusan anda ketik dengan susah payah dan hasil ngutang di warnet akan hilang, sampai kemudiansang komentator hanya bisa berdoa agar komentar dibebaskan oleh pemilik blog ataupun akan hilang ditelan bumi seperti para aktivis yang diculik pada masa orde baru.
    Pernah lihat penampakan2 seperti ini?


    update :
    kita juga diberi kesewenang-wenangan bisa melakukan pengeditan URL dari komentator di blog kita, mungkin saja karena komentator itu adalah sangat cerdas, dan kita takut kalau nanti akan menyaingi kepopuleran kita. Kalau tidak di edit, bisa jadi si pembaca blog kita akan menelusuri ke blog komentator dan menemukan kebenaran di sana. Kan bahaya tuh! Lha terus gimana dong caranya?

    Pada bagian nama bisa diganti abu siapa gitu…nah kalau URL ini kita ganti, misalnya di direct ke wadeheliyahonline.net misalnya. Nah si simbok V ini sudah tidak terlacak lagi oleh pengguna2 baru. dan biasanya yang baru2 gini paling gampang di cuci otaknya. ih, jadi inget kasus2 pencucian otak mahasiswa baru di kampus saya yang kerap terjadi.
  4. Menarik-ulang tulisan yang sebelumnya telah di-publish-kan
    Kalau yang ini sih, metode baru yang saya temukan, dan saya dibuat terheran2. Mungkin buat anda ini sudah biasa. betul, karena anda semua pasti orang yang pandai. Karena kebodohan dan kendesoan saya maka saya amat takjub dengan fenomena blogosphere yang sedemikian itu.

    Pernah nemu yang kayak gini? inilah akibat penarikan ulang sebuah postingan.

    Apa hakikatnya kita menulis sebuah postingan? untuk memberi informasi? tentu saja begitu, tapi kalau nggak pengen tulisan itu di komentari, tinggal di off kan fitur klomentar. Atau misalnya bener2 pengen ga diakses orang, di tutup aja blognya [kayak gini] maaf mas tj, saya jadikan contoh. btw, mas tj kok ndak nongol lagi?. Dan mulai menulislah di daun lontar buku diary, saya jamin ndak bakal ada yang komentar. Sehingga saudara akan dapat duduk kipas2 nyaman dan tak terusik.
    Oke kita kembali ke pohon. Lalu bagaimanakah cara menarik postingan kita dari peredaran? Entah ya, alasannya apakah tulisan itu ga layak tampil, banyak yang salah ketik, atau kacau tata-paragrafnya gara2 cuma bisa kopi&paste dari milis sebelah, atau kalo ngga font yang ga beraturan-campur2 antara arial+trebuchet+times new roman dengan tipografi yang amburadul-Adapun kiat2nya adalah sebagai berikut : Ubah status tulisan kita yang semula adalah tertampil ::::::: menjadi ::::::: rancangan.Jika sudah begini, maka orang2 cerdas tangan2 jahil yang akan mengakses blog anda yang suci itu akan mengalami kesulitan dan menyerah menang kalah.
  5. Mengamankan komentar anda di sebuah blog yang di moderasi.
    Lalu gimana dong, kalau misalnya kita udah susah2 ngetik eh malah diapus lihat tips nomor 3. Kalau kita mau menuntut dengan cara seperti om yang satu ini, bolehlah. tapi apa yan dipercaya kalo tanpa skrinsyut? mana ada? kalo tanpa gambar bukannya itu HOAX? nah begini tips-nya :
    Pertamax : Tulislah sebuah komentar di sebuah blog, dan tiba2 anda dikejutkan oleh tulisan *komentar anda sedang menunggu moderasi* glek, lalu anda berkata dalam bathin : apa yang salah dengan komentar saya?
    Keduax : biarkan saja, jangan di refresh, tapi pilih dari menu bar browser anda ::::::::: File/Save Page As/ :::::::: jangan lupa setting tipe file : web page complete. File postingan plus komentar anda akan tersimpan offline. besoknya silahkan dicek ke blog yang anda komentarin, apakah komentar anda termasuk yang harus disingkirkan atau bukan.
    Ketigax : Cara paling gampang, ya di print screen aja pakai tuts keyboard anda.
    Kemudian buka aplikasi MS.Powerpoint lalu paste di slide ::::klik kanan::::save as picture.beres ! sebuah bukti sejarah telah terselamatkan.
    thanks to luthfi : MS Powerpoint di ganti Paint aja ya buat yang ndak punya powerpoint, mau pake corel juga bisa. Intinya asal software yang bisa buat mbikin jadi JPEG,PNG,atau GIF. Sesuai yang ada di komputer saudara2.

Baiklah demikian postingan saya, apabila ada bahasa yang kurang sopan, mohon dimaklumi, karena saya ini masih dalam tahap belajar, linguistik saya pastilah lebih hancur dibanding saudara saya yang satu ini, apalagi semantik saya, jelas paling amburadul. Salam Persaudaraan, Semua Blogger Basodara!

pengumuman pak RT : judul ini merupakan hasil rekayasa dari komentar om deking [di sini]. Terima kasih pak deking, salam hangat buat keluarga di Belanda.

46 Responses to “Yang Lebih Bagus dari Hit™”

  1. Luthfi Says:

    pertamax!!!!!!

    *melenggang kalem*

  2. Luthfi Says:

    Ketigax : Cara paling gampang, ya di print screen aja pakai tuts keyboard anda.
    Kemudian buka aplikasi MS.Powerpoint lalu paste di slide ::::klik kanan::::save as picture.beres ! sebuah bukti sejarah telah terselamatkan.

    Kenapa gak buka paint aja? Kan secara paint bawaan default dari windows. Belum tentu smua kompi ada PP(power poin)nya lho

  3. Luthfi Says:

    Atau misalnya bener2 pengen ga diakses orang, di tutup aja blognya [kayak gini]
    hihihihi …. blognya sudah ditutup …

    *demi tiga komen pertama*🙂

  4. dedex Says:

    Pertamax…. saya jadi banyak ngerti..
    Keduax… top bgt infonya🙂

  5. wadehel Says:

    Edit To!!!
    Tambahin

    — ngedit URL, jadi komen tetep tampil tapi tanpa URL,

    — ngedit trekbek yang masuk, URLnya di mutilasi biar jadi trekbek impoten. Ini trik baru yang gw pelajari dari pakar penganjingan.

  6. venus Says:

    linguistik dan semantik…
    pertanyaanku, sekali lagi…kamu ngerti artinya apa enggak? hahaha…

    @ wadehel!! hayooo…jangan mulai lagi ! ini anak bandel banget, ga bisa dibilangin. udah lah, jgn bawa2 nama binatang, ntar jadi huru hara lagi😦

  7. antobilang Says:

    # Luthfi
    oh iya betul, sorry bro!! thanks lho infonya,
    hehehe..nanti saya tambahin ya? hadoh-hadoh…
    iya itu dulu mas tJ, sering ksini eh pas ane mau berkunjung sudah lenyap.
    makanya ane jadikan contoh aja.
    *tiga komentar dari 1 orang komentator adalah pemborosan, luth* hahahaha

    # dedex
    oke bro, semoga bisa membantu.
    thanks udah main kesini

    # wadehel

    – ngedit URL, jadi komen tetep tampil tapi tanpa URL

    ini ane bisa melakukannya.

    – ngedit trekbek yang masuk, URLnya di mutilasi biar jadi trekbek impoten. Ini trik baru yang gw pelajari dari pakar penganjingan.

    akh dehel, kalo nyang ini gimana caranya? lewat mana? entar deh ane cari.
    update : udah tuh, ane udah nemu caranya.
    btw, itu postingan yang menganjingkan om udah di tarik dari peredaran, apa itu yang disebut “senjata makan tuan”? hahahaha
    bisik-bisik : om, nggak usah dengerin tante2 yang komentar dibawahmu…wakakaka *kaboor*

    # simbok V
    lho, saudari meragukan ‘kemampuan’ saya?
    saya punya paman yang pintar sekali lho..sekali klik semua yang saudari tanyakan bisa saya jawab dengan sangat mempesona…
    secara harfiah aku faham mbok, tapi saya takut mbok ini hanya retorika mbok. makanya saya pakai buat mainan aja.
    *aselinya sumpah ndak tau apa itu, denger aja baru kali ini*

  8. Dani Iswara Says:

    asli manteb…😀 makasi mas anto..
    seandainya blogger.com jg make trekbek otomatis ini..😦
    yg ngapus postingan bikin saya punya pengalaman baru dg validitas ..😀

  9. Evy Says:

    Ra mudeng aku to, kudu diterangno siji2 dasar gaptek, dr td juga harus di bimbing pak Urip pake YM, salah sing endi to URL ku?

  10. telmark Says:

    point 3, sangat berguna tuh. jadul deh buat semua blog yg dimoderasi. poin no.3 segera diterapkan ! (supaya sejarah `ga ilang kan ?🙂 ) tengkiyu banget nih…

  11. joesatch Says:

    darah halal…
    darah halal…
    siapa yang mauuu…???
    murah…murah…masih banyak…

  12. passya Says:

    Jangan lupa sholat abis nge blog…😀

  13. sora9n Says:

    : : : : : disclaimer ON : : : :
    bukan untuk blogger yang sudah pandai baik cara ….

    Kata-kataku hilang ditelan bumi… Yang tersisa hanya ratapan, caci maki dan sakit hati…

    *nyanyi2 sambil joget😛 *

    Eh, peace yah Mas v_(^_^)

  14. imcw Says:

    makasi banyak atas artikelnya…untuk trackback, bila menggunakan program blogdesk [http://www.blogdesk.org/en/download.htm} malah lebih mudah lagi, ada kolom khusus untuk itu…tinggal diisi…

  15. antobilang Says:

    # Dani Iswara
    wah mantep apanya pak dani, orang ini cuma hasil pengamatan ngawur bin iseng, hehe..syukur deh kalo ada manfaatnya. makasih pak dani 😉

    # bu Evy
    hahaha…nggaya nih, si selebritis blog! mentang2 dadi blog of the minutes, wakakakakak.
    iya bu, nanti kalau ada masalah japri aja.

    # telmark
    hahaha..ini berguna saat kita mau menyimban bukti otentik dari upaya2 penggelapan dan pemelintiran barang bkti mas.
    sama2 semoga bisa bermanfaat.

    # joesatch
    halah, kamu ndak mau barengan aku po wisudanya…
    kok mengahal2kan darah ku..wakakakakaka

    # passya
    iya pak, sholat dulu baru ngeblog..😉 hehehe

    # sora9n
    hah? siapa yang sakit hati?wakakakak
    *sambil siap2 ngitung jumlah pasukan+amunisi buat perang*
    piss bro!

    # imcw
    blogdesk ya? wak asik tuh bisa langsung trackback gitu…
    ada cara buat memutilasi trackback biar linknya impoten seperti diutarakan om dehel kagak?

  16. helgeduelbek Says:

    gak banyak… yg penting ngeblog merasa nyaman saja. biarpun menyakiti pihak lain gak masalah yang penting merasa enjoy…😀 bukan begitu?!

  17. Sugeng Rianto Says:

    (***sambil ngacung2ke bambu runcing***)
    Maju…maju….jangan mundur, biar saya aja yg jaga pertahanan ( counter strike versi jadul neh😆 )
    (***quit the game***)

  18. indrakh Says:

    Tips yang sangat bermanfaat. Trims banget.

  19. deKing Says:

    Aku komentar mengko wae yo…
    Saiki lagi sibuk jé…..
    gud baiiiiii………..
    si yu léter………..

  20. santribuntet Says:

    mas anto berapa lama sih membuat artikel bagus ini… waduuh para blogger itu heubbat yaa, bikin artikel bagus2 tiap hari dengan waktu sngkat tentunya? sebagai pendatang baru, masih banyak istilah yang gak mudeng2. Tapi bu Evy juga sudah lama masih gaptech waaah gimana saya nih…

  21. ..:X W O M A N:.. Says:

    sa’benere ono opo iki… aku bingung je!

  22. deKing Says:

    Aku juga biasané setelah “prtSc SysRq” lalu aku paste di paint, baru tak “luruskan” dan sensor di photoshop bila perlu.
    Tetapi masalahnya adalah aku kan orang yang baik hati, jujur, disiplin, berani, setia dan senantiasa khusnudzon. Aku kemarin kan berbaik sangka kalau komentarku paling juga besok diapprove so aku gak buat skrinsyur. Lha tiba2 mak jegagik pas aku berkunjung lagi ternyata semuanya sudah hilang…so jelas gak mungkin buat skrinsyut
    Berarti kalau ada kata “moderasi” maka sebaiknya barang bukti diamankan saja ya? Tetapi aku akan tetap berbaik sangka saja hehehe…
    KHUSNUDZON is the BEST and SUUDZON is the BEAST…

  23. antobilang Says:

    # helgeduelbek
    betul pak guru! blog seharusnya bisa buat nyaman orang lain, kalau meresahkan nanti bisa bikin repot, tidur tak tenang, hahaha

    # Sugeng Rianto
    hahaha…denger tuh kata joe di blog-nya, kamu jagain ibu2 sama anak2 aja. kalo aku bagian jagain cewek manis yang di counter hape itu, karena beliau itu masuk kategori makhluk-cantik-nan-langka yang kudu dilestarikan.

    # indrakh
    makasih mas, saya senang kalau bisa bermanfaat.

    # santribuntet
    kalo total selesai sih sekitar 2 jam. hehehe, lumayan lama yah…
    ah, tapi saya ndak setuju kalau artikel kacau gini dibilang bagus.
    kalau masalah gaptek, saya ini juga termasuk golongan tersebut pak. jadi mari saling berdiskusi berbagi ilmu melalui blog. oh iya, kalau mau kumpulan tutorial ttg blogger baru bisa main ke panduan.wordpress.com.

    # ..:X W O M A N:..
    hayah..kura2 dalam perahu….
    btw, xwoman kok pakai bahasa jawa sih??? diajarin sama mbah lion on the table yang dari bantul ya??

    # deKing
    tapi mas deking, khusnudzon membabibuta gitu ya ndak bagus tho?
    misalnya gini, mas tau lembah UGM kan?
    ini misalnya lhoada cowok-cewek mpe jam 10 malem di semak2, apakah kita masih harus berprasangka baik bahwa mereka itu ngga ngapa2in? bahwa mereka itu hanya bermain petak umpet? ha? ha?
    hahahahha

  24. de King Says:

    mbah Singodimejo? Wakakakaka…
    kenapa bukan Mbah S……anTOBILang hehehe

  25. peyek Says:

    mas, aku blom baca semua, gambare kok cuilik-cuilik? kalah moto.

  26. grandiosa12 Says:

    *berdiri di barisan belakang – sambil bawa pentungan*

  27. anung Says:

    *polos ON*
    cewek cowok jam 10 malem disemak?
    mreka lagi berburu serangga langka tuh..kan banyak di lembah
    gak mungkin maen petak umpet laah

    kekeke

  28. antobilang Says:

    # de King
    hush! daripada mbah ariyadi wijaya singodimejo? wakakakak

    # peyek
    weh..gambar sing endi mas, di klik kanan wae, trus view image…
    pesti kethok wes…

    # grandiosa12
    hahaha…iya betul, udah tua di belakang aja.wakakakak
    btw kok cuma bawa pentungan?
    lagian kalo mereka mau halalin darah, gampang tho, makan aja babi..pasti jadi haram lagi deh…

    # anung
    hahaha…no comment ah…!!!
    *sok POLOS lu!*
    oot : kakakmu si tukang OOT udah pulang tuh dari tapa.

  29. anung Says:

    tambah..
    mbah ariyadi wijaya singodimejo mangku perawan limo kabeh tanpa busono mlaku-mlaku numpak kreto kencono muter muter kridosono

    oot: asyeeeeemmm

  30. agorsiloku Says:

    Yang penting bukan hit, tapi manfaat ya

  31. agorsiloku Says:

    Menarik-ulang tulisan yang sebelumnya telah di-publish-kan –> Kalau disimpan di rancangan agak ribet, karena memang bukan draft. Simpan saja di pilihan “Pribadi”. Saya pernah alami kasus yang sama… thx


  32. […] karena ada barang dagangan baru sehingga dia langsung meluncurkan produk baru tulisan tentang jalan sesat tutorial yang ada kaitannya dengan dunia per-komentar-an. Kemarin aku memang tidak menyertakan barang […]

  33. antobilang Says:

    # anung
    hush! jangan kurang ajar sama pak guru!
    kenapa “kata-kata” itu yang di tebalkan?
    ha? maksudnya apa?

    oot:halah, padahal dlm hati : duh senengnya, kakak tercinta sudah kembali

    # pak agor
    setuju pak, yg penting manfaat kalau hits itu adalah konsekuensi logis yang kita terima apabila blog kita bermanfaat ya pak. *bletakkk*
    tuh,sodara2…pak agor udah bilang kalau yg penting manfaat!
    oh iya pak, betul, nanti saya perbaiki artikel saya, kemarin saya hanya coba buat satu posting terus pura2 saya tarik gitu, biar mirip2 sama #$%^&*
    makasih pak agor.

  34. Biho Says:

    ToBil makin asyik aja… TPI kalee… hah ha

  35. peyek Says:

    artikel/tutorial suiip tenan,
    btw, mas aku nggak bisa komen di posting sampeyan yg terakhir, kena blokir ya… apa aku dianggap tukang telor eh terrorr.. he…he…h.e…

  36. [irwan] Says:

    Yang lebih bagus dari hit? …yang mahal banyak!

  37. antobilang Says:

    # Biho
    hahaha..om biho juga makin asyaik..lamo tak jumpo?
    ternyata lagi pindahan rumah tho…
    btw kok ndak ada foto om biho? lumayan lho buat menipu gadis2 muda nan polos.

    # peyek
    hahaha…ini untuk menjawab kebingungan para blogger yang ‘herman’ kenapa komentar di berbagai blog tsb yang hilang / raib ditelan pemilik blog.
    oh iya, tadi saya juga mengalami di bbrp blog lain, wah masa sih saya nganggep mas peyek terios eh teroris..

    # [irwan]
    hahaha..iklan banget euy!

  38. anung Says:

    asyemmm tenan lik!!
    sadar yo sadar!!
    bahwa dirimulah yg merindukannya

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    nggak usah mengingkari kenyataan meskipun itu terasa pahit

  39. Carolus Agung Says:

    info yang bagussss massss……………..btw pertamax itu apa ya ? sejenis bensin kah ? huehehehe

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    hehe..pertamax..itu cuma main2 aja kok, santai, ngeblog mah ngapain tegang, ya gak?

  40. Fourtynine Says:

    lho komentarku mana To? ko ilang?

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    itu komen sudah ane kembalikan seperti sedia kala…

  41. Fourtynine Says:

    Artikel ini mana? Mana?!!!!! Dihapus ya? Saya kan kemaren sudah cape cape komentar. Ko artikelnya dihapus? Halo? Halo? Hei Anto, jawab dong…….. Pesan dari operator : Maaf anda salah sambung, ini bukan antosapisalafy. ini antobilang. Tut….tut…..tutt….connection error!!!!!.

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    sudah saya bales komen ini, khusus di postingan ini


  42. […] sebagai fourtynine. Awalnya beliau melakukan komplain terhadap pemilik blog ini bahwa komentar nya hilang. Kemudian tanpa ada angin dan hujan, beliau kembali melakukan manuver di blog akismet eh amet bahwa […]

  43. cakmoki Says:

    ooo gitu ya *manggut-manggut polosss*
    Lima hari absen buanyak huru-hara informasi😀

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    wakakaka…cakmoki sih perginya luama buanget…

  44. sora9n Says:

    *ngeliat ke atas*

    Mas Anto, ada spam dua tuh di atas…😛

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    antobilang :
    thanks sora, sudah ane hapus..itu SPAM nape masuk sini yah? wekeke


  45. […] Di YK, si Schizophrenia Tobil memanfaatkan situasi ini dengan berjualan banner, dan membuat tutorial ngeblog yang sehat. […]

  46. alfiannoer Says:

    Thanks penjelasannya ‘master’, pokoknya thanks banget dech. Saya akan sering2 mampir deh kemari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s