Menyalakan Cinta

Maret 18, 2007

Ada satu buku yang sudah lama saya tak menyentuhnya, buku itu tersimpan di rak saya yang berdebu. Memang saya ini tergolong manusia2 yang menjadikan kamar kost hanya sebagai tempat istirahat, tidur. Aktivitas saya kebanyakan di luar kamar, kalau aktivitas di dalam kamar? ah tak etis kalau saya jabarkan disini. Hahaha. Siang, setelah beres2 dan mandi saya bergegas ke kampus. Minggu2 ke kampus? yah begitulah… sayang sama benwit yang berlimpah itu kalau harus disia2kan.

Sebelum beranjak, mata saya tiba2 tertambat pada buku di rak berdebu itu diantara deretan buku diktat kuliah, soal2 ujian, dan buku2 pinjaman, yang judulnya : Begitu ya Begitu tapi mbok Jangan begitu. Saya bawa dan saya baca ulang. Sambil menunggu makan siang dari warung burjo, saya tertambat pada satu judul di halaman 148 : Menyalakan Cinta.

Di bagian judul itu, pak Danarto menungkapkan tentang Imam Al-Ghazali yang pernah menulis dalam buku beliau Kimia Kebahagiaan (the alchemy of happiness/Al-Kimiya’ As-Saadah), yaitu tentang hati :

Hati manusia diciptakan oleh Yang Maha Kuasa bagaikan sebuah batu api. Ia mengandung api tersembunyi yang terpijar oleh musik dan harmoni serta menawarkan kegairahan bagi orang lain, di samping dirinya. Harmoni-harmoni ini adalah gema dunia keindahan yang lebih tinggi, yang kita sebut dunia ruh. Ia mengingatkan manusia akan hubungannya dengan dunia tersebut, dan membangkitkan emosi yang sedemikian dalam dan asing dalam dirinya, sehingga ia sendiri tak berdaya untuk menerangkannya.

Pengaruh musik dan tarian amat dalam, menyalakan cinta yang telah tidur dalam hati-cinta yang bersifat keduniawian dan inderawi, ataupun cinta yang bersifat ketuhanan dan ruhaniah. Jika hidup adalah ibadah, maka tugas ibadah adalah menyalakan cinta. Cinta yang telah tidur di dalam hati.

Bagaimanakah menyalakan cinta itu?
Ini lah persoalan setiap orang, pelajaran di sekolah sering kali tak bisa menunjukkan arahan yang tepat tentang bagaimana kita menyayangi orang lain seperti kita menyayangi diri kita sendiri?
Cinta, yang dimaksudkan disini adalah semua cinta, yang tentu saja setiap individu memiliki definisi sendiri. Lalu bagaimanakah kita memperlakukan hati kita, yang katanya bagaikan batu api itu?

jadi, selamat menyalakan cinta….

Oh, iya..jadi ingat sebuah postingan menarik tentang meng-create love [erander] baca deh…

31 Responses to “Menyalakan Cinta”

  1. calonorangtenarsedunia Says:

    pertamax!!!

    wekekekek…
    postingnya aja blm tak baca,,

  2. crazyboutyou Says:

    ah,
    km lg jatuh cinta ya, sayang?

    belahlah dadaku,
    di situ ada cinta yg menyala untukmu..

  3. deKing Says:

    Bagaimanakah menyalakan cinta itu?

    Gampang…tinggal siram Anto dengan bensin lalu nyalakan korek api…bummmm!!!!
    Upppss…kalo ini mah nyalain Anto ya?
    *sambil tersenyum super sadis*

  4. antobilang Says:

    # calonorangtenarsedunia
    baca dulu..baca! baca! baca!

    # crazyboutyou
    wadoh..sapa nih..jangan matiin pasaranku dunk!
    ga tega nih mau ngapus komen2..

    # deKing
    maaf ya komentar anda ini kok sepertinya terinspirasi oleh aliran2 ekstrimis+radikal…
    bertobatlah ya akhi…

    *wakaka*

  5. deKing Says:

    Kayake aku ketularan si tukang misuh2… (tau gak To? 😀 )
    Serius akh….
    Menyalakan cinta?
    mmmm…berarti cinta itu seperti api ya?
    Kalau begitu berhati-hatilah dengan cinta wahai para manusia…
    Kalau cinta seperti api maka cinta hanya akan bermanfaat dan jadi sahabat jikadia seikit atau porsi sesuai….
    Janganlah mencintai sampai berlebih-lebihan karena “api” bisa membakar kita…
    Segala sesuatu (apapun itu) memang hanya akan bermanfaat jika kita mengkonsumsinya dengan porsi yang seimbang, sehat dan wajar
    Finally…
    Menyalakan cinta?—————–> Pokoke ati2 ada pepatah “Don’t play with fire yach…”

    Question:
    “Mungkinkah kita bisa cinta dengan Tuhan secara berlebihan? Apakah cinta itu juga bisa membakar kita?”

  6. Biho Says:

    itu tandanya kamu orang keren Tho™ , jadi banyak penggemarnya, orang keren itu khan ganteng-ganteng dan cantik-cantik.

  7. antobilang Says:

    # deKing
    too much love will kill you, right?hahaha

    Question:
    “Mungkinkah kita bisa cinta dengan Tuhan secara berlebihan? Apakah cinta itu juga bisa membakar kita?

    wah..kalo urusan beginian kagak ikut2 dah gua…wakakak
    *seru juga, bisa jadi postingan baru*

    # Biho
    halah..keren dari hongkong om?wakaka…saya itu orangnya biasa..biasa banget..standard banget…(yang bilang aku cuma standard..HAYOO NGAKUUUUU siapa yg bilang gitu??)
    om biho ini yang keren..liat aja blog hitsnya..

    kalau kamu™ keren tidaks?
    *berdoa komat-kamit karena liat om biho bawa granat*

  8. manusiasuper Says:

    Cinta.. Cinta…
    thesis dikerjain to!

  9. Evy Says:

    Cinta ga cuman di nyalahin tapi cinta harus selalu di pupuk nto, bahan bakarnya hatimu, ati2 kebakar klo cinta pada cewe yg beauty but deadly hehehehe…:lol:

  10. ..:X W O M A N:.. Says:

    tukang banner sudah mulai bicara cinta yah?

  11. helgeduelbek Says:

    benarkah cinta bisa menyala membara… kok konotasinya jadi memanas ya?

  12. venus Says:

    *unjuk jari tangan*
    aku yang bilang kamu ‘biasa2 aja, gak terlalu ganteng, gak terlalu keren, yaaahh…standard laaaah”, wakakaka…

    tapi ai lap yu, su ™!!

  13. grandiosa12 Says:

    menyalakan cinta tinggal pencet tombol on.. hehehe..

  14. leeloos Says:

    Kalo cinta diibaratkan batu api, berarti cara nyalainnya di gesek-gesekin aja sesering mungkin. Tar pasti menyala dengan hangat .. 😀

  15. calonorangtenarsedunia Says:

    menyalakan cinta?
    kabelnya sambungin dulu ke stop kontak,,

    *ga mutu bgt,,

  16. klikharry Says:

    “Minggu2 ke kampus? yah begitulah… sayang sama benwit yang berlimpah itu kalau harus disia2kan.”

    bener to!! manfaatkan sebaik2nya, gunakan sebanyak2nya, sampe teler..he..he..
    oiya, nyalakan cintanya pake apa to? pake api… kebakar dong….

  17. fertobhades Says:

    ntar ada banner besar dengan judul : Mari Menyalakan Cinta. dengan latar belakang kebakaran hutan di kalimantan…. 🙂

    udah nyala kok, nto… masalahnya nyalanya kebesaran, dan nggak ada tombol utk memperkecil (kayak kompor gitu)….

  18. faaz Says:

    ???,bingung aku…. cinta-cinta-cinta….betapa membingungkan…..kemaren temenku dapet undangan dari mantannya…..nikahannya si mantan……dia bilang dia bisa tegar…..eh pas si mantan ijab qobul….. dianya nagis….. dia bilang….

    manusia bisa ada, manusia bisa tiada…..
    malam bisa ada, malam bisa tiada…..
    bumi bisa ada, bumi bisa tiada…..
    tapi cinta, bisa ada tak bisa tiada…..

  19. kangguru Says:

    nyatakan cinta dengan ….. banner, kali

  20. antobilang Says:

    # manusiasuper
    hahahaha…balas dendam nih ye…
    udah dapet belon nomor hape cewek semok penjaga warnet?
    ayo selamatkan dia, biar nasib dia membaik, setidaknya jadi istri wartawan aku pikir akan lebih baik, hahaha…

    # Bu Evy
    Iya, bu..lindungilah kami (para laki2 imut dan polos) ini dari godaan cewe yg beauty but deadly, hahaha….

    # ..:X W O M A N:..
    Siapa yang bilang? Kata siapa? ah gosssipp, ndak benerrrr

    # helgeduelbek
    ‘memanas’, pak guru? justru adegan2 yang memanas yang dicari2 dari sebuah filem…
    hahha…

    # venus
    halah, itu kok jarinya jempol semua?

    tapi ai lap yu, su ™!!

    yes, ai lap yu tu, mbok!!
    (aku pake kamu sebagai lap)

    # grandiosa12

    menyalakan cinta tinggal pencet tombol on.. hehehe..

    hahha…tombol yang mana nih, kang?
    kalo salah tombol bisa digampar kita…

    # leeloos
    *ngelap iler dulu* gesek? gesek2in? apanya yang hangat kalo digesek2in? oh cinta nya tho yang digesek2in…kirain…
    ah, kamu menjerumuskan imajinasi saya terlalu jauh, hahaha…

    # calonorangtenarsedunia
    iya kesetrum, bisa menyebabkan mampus mendadak!
    *emang ga mutu bgt komentar kamu,,huakaka

    # klikharry
    jiwa dan suara hati, yang bakal menyalakan cinta, ini cinta dalam arti yang luas lho, ga melulu cinta sama perawat2 di rumah sakit, kayak kamu aja, hahaha…

    #om fertob

    ntar ada banner besar dengan judul : Mari Menyalakan Cinta. dengan latar belakang kebakaran hutan di kalimantan…. 🙂

    maksudnya kayak [gini] ya om?
    halah, ini malah ngomongin tombol2 segala?
    perlu skrinsyut nih tombol yang mana yg dimaksud….

    # faaz
    yagh…*sambil nepuk2 pundak faaz*
    dari dulu begitulah cinta, sobat..deritanya memang selalu tanpa akhir…
    egh..itu temenmu yah? cowok apa cewek? kalo cewek biar aku tampung, kalo cowok buat kamu aja, hahaha

    # kangguru

    nyatakan cinta dengan ….. banner, kali

    halah…bisa aja nih pak guru, hahaha….
    nanti saya buat banner NYALAKAN KANGGURU gimana? hahaha…

  21. anung Says:

    lagi2 postingan cinta..
    hah….

  22. anung Says:

    Kayake aku ketularan si tukang misuh2… (tau gak To? 😀 )

    yg kalian maksud sapa ci?
    aku kok gak tau ya
    *tampang tak berdosa*

  23. Kang Adhi Says:

    saya gak mau komentari isi postingan soal cinta. Cuma titip pesan, mbok rajin-rajin bersihkan kamar jangan sampai berdebu. Memang enak ber”cinta” di tempat berdebu? Haha

  24. fertobhades Says:

    walah…. 🙂 dengan secepat kilat dibikin gambarnya….

    thanx berat mas anto….

  25. peyek Says:

    Jangan pernah katakan cinta, karena aku akan mengatakannya untukmu
    jangan pernah menyalakan cinta, karena aku akan menyalakannya untukmu
    dst…dst…dst…

    jadi, pencarian, penjagaan akan rasa adalah perjuangan melelahkan tiada akhir, tapi yakinlah dengan mahabbah semua menjadi indah dan menyenangkan, halah!

  26. ..:X W O M A N:.. Says:

    lha ya itu sejak rame2 bareng mbokde venus, bu dokter ma wdehel… dadi lup u…lup u an

  27. antobilang Says:

    # anung
    emang kenapa nung?
    tersinggung??
    hahaha, emang tujuannya itu kok.

    # Kang Adhi
    hahaha… saya jarang bersihkan kamar kang, banyakan tidur di lab, yang akses inetnya superkilat, hahaha. ke kos cuma buat siap2 kuliah. makasih sudah mampir, kang.

    # fertobhades
    haha..itu cuma gambar hutan donlod, tanya sama om gugel, dedicated to om fertob..hahaha…
    *apa sih*

    # peyek
    wah, tuh..semuanye pada dengerin tuh mas peyek bilang apa…peyek in love…hahaha

    # ..:X W O M A N:.
    ah engga kok, apa sih? rame2 yang mana?
    *sembunyi, cepet2 laporan sama simbok venus, bu dokter, om dehel*

  28. klikharry Says:

    “jiwa dan suara hati, yang bakal menyalakan cinta, ini cinta dalam arti yang luas lho, ga melulu cinta sama perawat2 di rumah sakit, kayak kamu aja, hahaha…”

    alah to… balesan komen ku kok ndak nyambung,masih muter-muter tentang perawat, bosen..he..he..

  29. antobilang Says:

    # klikharry
    bosen, karena udah dapet ato gara2 ndak dapet2?
    wakakka
    *kabur, liat harry bawa gerombolan preman*

  30. ria Says:

    ngantukk….paiah ni yang namanya cinta.. huhhhh…cepe dechhhh..

  31. archa Says:

    oalah…bosen ahhh..yang kyk gituan. maunya langsung aja ….kan lebih kren!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s