Indonesia, Ada Apa Dengan Mu?

Maret 7, 2007

Harga paling mahal di negeri ini : rasa aman dan tenang!

Baru kemarin kita sama2 menyaksikan bencana alam mengguncang bumi minang, dengan kekuatan 5.8 SR. Kini, pagi ini, di bumi mataram kembali terjadi sebuah kecelakaan pesawat Garuda kode penerbangan GA 200.


Rupanya cukup banyak muatan yang dibawa pesawat tersebut, tak kurang dari 140 orang ikut dalam rombongan. 133 diantaranya penumpang bisnis+ekonomi serta 7 orang kru termasuk pramugari2 jelita.

Begitu cepat berita terekam oleh detik.com, saya pun segera meluncur ke lokasi. Dan ternyata masyarakat sudah menyemut disana, semua masyarakat tertegun.

Meskipun terdengar celetukan yang ringan,

Sekarang giliran orang2 kaya yang menikmati penerbangan maut.

atau, karena mendengar kabar bahwa akan ada sebuah acara diskusi di Yogyakarta yang melibatkan Menlu Australia, Alexander Downer yang kemungkinan besar ikut dalam rombongan pesawat naas itu, saya sempat berfikir :

Masa sih, untuk membunuh seorang Downer harus melibatkan manusia2 lain yang dosanya belum tentu sebesar Downer. *halah*

Kalau sudah begini, rasanya tak ada lagi jaminan pesawat semahal apapun dapat menjamin keselamatan kita.

Saya jadi teringat kata orang bijak :

Money can buy bed, but not sleep
Money can buy clock, but not time
Money can buy blood, but not life

boleh saya tambahi :

Money also can buy expensive ticket, but not life?

56 Responses to “Indonesia, Ada Apa Dengan Mu?”

  1. chielicious Says:

    Musibah lagi..

    SBY rakyatnya dah berkurang berapa banyak ya selama dia menjabat jadi presiden …

    heheh

  2. ndarualqaz Says:

    solusinya……… mari kita kembali gunakan alat transportasi tradisional yang aman. kuda dan pedati hehehehe. gak ding.

    BTW. melalui blog ini saya juga ingin menyampaikan duka cita sedalam dalamnya untuk para korban esawat itu. tak usahlah kita terlalu mencari siapa yang salah, kita yang salah. dan yang pasti, mati merupakan takdir dari Yang Menguasai Waktu. kita hanya bisa mendoakan semoga mereka mendapat hidayah-Nya

  3. venus Says:

    sedih ya? bencana gak pernah berhenti 😦

  4. Sugeng Rianto Says:

    Indonesia sedang dilanda penyakit yang bernama “Azab”. Butuh berapa tumbal lagi yach?! becanda loh!
    Serius neh Sebagai saudara setanah air, tentunya saya ikut merasakan duka yang mendalam atas bencana2 yang menghantam negeri ini tanpa henti-hentinya. Semoga saja Pemerintah dapat membenahi dept. transportasi yang terkesan konyol, yang membuat pengguna jasa angkutan dipaksa memilih utk. bunuh diri dgn jasa transportasi yg minim keselamatannya, hingga tidak lagi meminta korban2 yang lainnya di kemudian hari.

  5. kumala Says:

    my deep condolances .. 😦

    dien syamsuddin – muhammadiyah selamat ya?

    kemarin ada laporan pesawat yg dr bangkok ke jakarta, sdh mengudara 30 menit balik ke bangkok lagi gara2 generatornya rusak.

    nha, yang sekarang.. ada laporan kebakaran mesin sebelum pesawat mendarat.

    Apakah mungkin serangan dengan roket pencari panas (heat seeking missile) yang diluncurkan dari peluncur bahu (shoulder carried), karena salah satu penumpangnya pejabat kementrian Luar Negeri Australia/staf kedutaan Australia?

    Roket tsb kmd menghantam mesin pesawat saat mo mendarat, seperti pesawat kargo di Bagdad dan menyebabkan mesin terbakar.

    wele… klo beneran.. makin terpuruk aja niy nama indonesia.. ckk.. ckk.. kacaw.. kacaw..

  6. xwoman Says:

    dimana kita bisa menemukan rasa aman?

  7. anung Says:

    tapi garuda masih jarang lho kecelakaannya..
    mendinglah daripada yg lain..

    klo gak bisa beli tiket garuda gak usah sirik deh..hehehe

  8. manusiasuper Says:

    seumur hidup, baru naik pesawat sekali…

    *jongkok balikin badan, menulis-nulis tanah..*

  9. deKing Says:

    Pertama:
    Saya ingin menyampaikan turut berbela sungkawa atas musibah tersebut.
    Kedua:
    Saya sangat tertarik dengan kata-kata bijak yang dikutip Bapak Anto
    Ketiga:
    Untung saya sedang tidak dalam pesawat Garuda GA 200 yang naas itu (emang bisa beli tiketnya? 😀 )
    Keempat:
    Ada banyak jalan menuju Roma, begitu juga ada banyak alasan dan kemungkinan terjadinya suatu kecelakaan (termasuk analisis Jeng Kumala)
    Kelima:
    Sudah ya… 😀

  10. helgeduelbek Says:

    Semoga Allah memberikan tempat yang layak untuk para korban pesawat itu.

  11. calonorangtenarsedunia Says:

    Garuda Indonesia,,
    padamu sempat kutitipkan nyawaku
    sementara asa untuk yg lain padam,,
    menghilang,,
    melengkung,,
    tapi ternyata apa??
    kau memang tak menghilangkan asaku,,
    ataupun melengkungkannya sampai tak terpakai,,
    tidak,,
    kau memak tak lakukan itu,,
    tapi kau
    MEMBAKARNYA,,

    *gw knapa sih?sampah amat,,btw, turut berbelasungkawa,,*

  12. Titah Says:

    dhuh Gusti Allah nyuwun ngapura….

    aku takut, jangan2 bencana yg ga habis2 ini emang azab, orang jawa bilang ini jaman “kalabendu”, jamannya kita memanen buah dosa-dosa yang kita tanam bersama….

    setiap ada musibah n bencana, di atas kesedihan para korban, banyak orang teriak-teriak “girang” [dalam tanda petik!] kerna dapat kesempatan nyalahin orang lain, dapat kesempatan ngeluarin sumpah serapah, dapat kesempatan pamer ke-“pintar”-annya… mmm…. ke-NATO-annya 😀 n kalo beruntung dapat publikasi juga….
    jangan2 bencana n musibah yg susul-menyusul itu sebagian terjadi karena ulah KITA yang “kegirangan” setiap ada bencana. spt kata ebiet: “mungkin Tuhan mulai bosan melihat tingkah kita, yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa…”

    astaghfirullah,
    istighfar yuk, istighfar….
    brenti nyalahin orang lain yuk, belajar berpikir n bersikap positif aja yuk….
    mending berbuat sesuatu yang riil, baik n berguna tuk diri kita sendiri, keluarga kita, lingkungan kita masing2…

  13. jokotaroeb Says:

    semoga para keluarga korban diberi ketabahan dan keihklasan dalam bencana ini,

  14. Umar Faridz Says:

    semoga pada dimaapin deh orang2 yang meninggal, jangan salahin tuhan

  15. peyek Says:

    Pertama “Ikut Berduka Cita yang mendalam atas korban kecelakaan ini”
    Kedua “Kita cari sapa yang salah terus dibenahi, jangan bodohi rakyat dengan bualan intelektual berbau pembodohan masal” – halah opo to yo…

    money also can take our soul

  16. joesatch Says:

    anu…
    jadi curiga, adakah pemimpin bangsa kita yg ikut pesugihan? 😛

  17. Si Anak Muda Tidak Berjidat Hitam Says:

    @Joesatch:
    Emang pemimpin bangsa masih butuh pesugihan? 😀
    Beruntung banget ya dukun yang jadi makelar pesugihan si pemimpin bangsa, jangan2 tuch dukun dibayar dengan jabatan ya?
    Tunggu saja, mungkin periode selanjutnya akan ada departemen baru… DEPARTEMEN PERDUKUNAN NASIONAL

  18. deKing Says:

    Halah…lali isih nganggo jeneng sing tak nggo nang blogé wadehel 😀
    @Joesatch:
    Emang pemimpin bangsa masih butuh pesugihan?
    Beruntung banget ya dukun yang jadi makelar pesugihan si pemimpin bangsa, jangan2 tuch dukun dibayar dengan jabatan ya?
    Tunggu saja, mungkin periode selanjutnya akan ada departemen baru… DEPARTEMEN PERDUKUNAN NASIONAL

  19. cakmoki Says:

    Ibu Pertiwi berduka.
    kini ibu sedang duka, menangis dan berdo’a

  20. calonorangtenarsedunia Says:

    #cakmoki
    kini ibu sedang lara, menangis dan berdoa…

    begitu, cak….

    #anto
    anto kmana sih???!!!!!!!!!


  21. […] pesawat garuda yg kemarin. Halah, tak pikir2 sudah ditulis oleh kawan2 blogger lainnya seperti di sini dan di situ. Walau ditulispun, Toh bencana dan musibah di ranah pertiwi ini tetap berlanjut ga ada […]

  22. telmark Says:

    Ada yg bilang, kalo Presiden kita kali ini, SBY, tuh kurang bersahabat dengan Alam… ?!
    jadinya Alam murka dan memberikan banyak bencana. `ga tau dehh…..
    Salam kenal all.


  23. “setiap ada musibah n bencana, di atas kesedihan para korban, banyak orang teriak-teriak “girang” [dalam tanda petik!] kerna dapat kesempatan nyalahin orang lain, dapat kesempatan ngeluarin sumpah serapah, dapat kesempatan pamer ke-”pintar”-annya”
    Mbak Titah, betul panjenengan ini. Malah ada yang bilang itu hukuman Allah atau Tuhan untuk manusia Indonesia (hukuman untuk apa? 😦 ).
    Tetapi kalau menurut saya musibah pesawat, kapal laut, kereta api dan – jangan lupa! – bis umum antar kota itu ada yang bertanggung jawab!
    Pesawat: bagaimana keadaan teknis pesawat yang masih dioperasikan saat ini? Apakah layak terbang? Bagaimana kontrolnya? Bagaimana mutu pilotnya?
    Kapal laut: sama juga pertanyaannya tentang layak melautnya, kontrolnya dsb. Tambah bagaimana jumlah penumpangnya?
    Kereta api: bagaimana keadaan relnya? Kapan terakhir dikontrol? Kapan terakhir diperbaiki? Ke mana larinya dana untuk ini? Siapa yang “makan”?
    Bis: untuk yang pernah naik bis antar kota pasti tahu bagaimana “ngoboi”nya sopir-sopir bis tersebut yang sering tidak memperdulikan keselamatan penumpangnya dan pemakai jalan lain demi untuk mengejar setoran. Siapa yang salah di sini? Pengusaha yang menanti setoran berlebihan dan sopir yang “cuma” terpaksa? Bagaimana kontrolnya?
    Jawaban: semua bisa diatur.
    Memang dengan kontrol sistem yang berfungsi tetap bencana dalam lalu-lintas (udara, air, ril dan jalan darat) tidak akan hilang, tapi setidaknya kemungkinannya diperkecil, kan?
    Kapan bisa begitu?

  24. deKing Says:

    Kata SBY semua bisa diselesaikan secara adat 🙂


  25. Iya, sedih euy.

    Tapi sudah lah. Capek saya sedih terus.

    Mau nggak mau, harus berbuat. Kalau diam adalah pengkhianatan.

    Minimal, nggak buang sampah sembarangan.
    Minimal, menjaga mata hati tetap terbuka dengan saling menasihati.
    Minimal, menjaga sistem pengawasan rakyat terhadap pemerintahan, melalui menulis lewat blog.

    Minimal… minimal… ahhh… nampaknya saya jadi minimalis di blognya Anto ini.

  26. klikharry Says:

    tuh to… kalo mbaca tulisanmu yang satu ini…
    bisa-bisa paranoid saya dengan namanya pemerintah kambuh lagi nih… 🙂

  27. antobilang Says:

    #chie
    saya pernah baca sebuah berita dari reuters, disana ada list bencana di RI sejak 2004 plus jumlah korban2nya…kapan2 saya posting.

    #ndarualqaz
    stuju, pakai andong/delman ga bakalan macet, soalnya kalo tiba2 traffic jam, keretanya di lepas, pakai kuda aja..kan asik tuh kayak jaman satria madangkara!

    #venus
    iya mbok, sedih sekali….selain bencana ga henti2, korupsi juga ga henti2…

    #kangguru
    iya pak guru, ngelus dada+jenggot

    #Sugeng Rianto
    seperti saran ndarualqaz, kembali ke selera masa lalu.
    kalo usulku, transportasi pakai : teleport
    telekomunikasi : telepati…
    hahaha…

    #kumala
    weh, keren analisanya..mungkin bgt ya kalo ada terios eh teroris?

    #xwoman
    susah, harganya mahal banget sekarang…

    #anung
    ga ada yg mending,nung,,,

    #manusiasuper

    seumur hidup, baru naik pesawat sekali…

    sama dwonk!
    *toss dulu…*

    #deKing
    Pertama:
    Iyakang, semoga para korban mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya sesuai dengan amal perbuatannya di dunia.
    Kedua:
    Boleh, asal tidak tertarik sama saya, toh saya ini masih normal gitu loh.
    Ketiga:
    Besok kalo pulang dari belanda naik sepeda kumbangmu aja, kang! ^_^
    Keempat:
    Betul, banyak jalan menuju roma, banyak pula jalan yang dipakai oleh para birokrat untuk berkelit dengan buruknya sistem transportasi di negeri ini
    Kelima:
    Lho kok sudah? itu pada teriak2 : we want more!we want more!*apa sih*

    #helgeduelbek
    Mari berdoa pak guru, bapak yang mimpin ya…

    # calonorangtenarsedunia
    *gw knapa sih?sampah amat,,btw, turut berbelasungkawa,,*
    *tanya ken..napa*

    #Titah
    ga cukup cuma introspeksi aja kan? memang negeri ini tipenya reaktif, kalo ada masalah baru grubyak-grubyuk, tunggu bbrp saat kemudian,,,lupa deh…

    #jokotaroeb
    tapi tiap bulan ada terus e mas joko, kalo dulu pas jamannya mas joko ngintip bidadari, ada kejadian2 kayak gini ngga? cerita2 dong…

    #Umar Faridz
    biarin ntar Tuhan yang ngehukum pemerintah aja ya om?bukan rakyatnya mulu…
    salah apa sih rakyat ini?oia lupa..salah ya, karena udah milih pemerintah yang salah…

    #peyek
    enaknya gimana ini cak?perlu kudeta?
    hahaha

    #joesatch
    mungkin banget joe…
    kan buat kampanye butuh dana besar…

    #deKing (Si Anak Muda TidakBerjidat Hitam)
    kan itu banyak para dukun2 yang jadi politisi…hahaha…

    #cakmoki
    kenapa tiap ada bencana, selalu aja ada lagu yang pas.

    #calonorangtenarsedunia
    ini anto, ga kemana2 kok, hahaha

    #telmark
    salam kenal juga…
    yang jelas bukan cuma SBY aja, banyak oknum2 lain yang tidak bersahabat dengan alam, liat aja hutan2 yang semakin gundul…
    oh…seandainya oh…seandainya..

    #tukangkomentar
    iya om, mungkin dengan kejadian garuda, maskapai yang lain bakalan bilang gini “liat tuh, ga cuma gue aja kan…
    hahaha

    #deKing
    adat?
    termasuk dengan ruwat2an itu?
    aneh…

    #arifkurniawan
    hahaha…om arif ini bisaaaa aja…

    #klikharry
    wadoh, jangan ngomong gitu donk.
    nanti saya dituduh melakukan perbuatan makar!
    *apa sih*


  28. […] dia lah yg banyak memberikan tips & trick tentang cara survive di blogosphere…[artikel pertama yg kubaca […]


  29. Hi People, Recently joining. Wanted to say a Hello !!!

    _______________________
    Webhosting

  30. grwastqz Says:

    ijwzu4bt

    r0c0o5wh

    f54yewr4t536

    q48ysoha

    x1t9lyac

  31. rattAceme Says:

    Хай . Хм, а вы чем увлекаетесь в сети Олени?

  32. Vasilmb Says:

    Россия большая страна. С самой большой сетью железных дорог.
    Железнодорожные контейнерные перевозки самый дешевый способ доставки по нашей стране.
    Кто не согласен , буду рад Вашим коментариям.

  33. Subzeroz Says:

    Plombier Paris 3eme 75003 votre plombier confiance à paris 1. Plomberie paris 1 er agréee assurances garantie un dépannage par un artisan plombier.
    Juste un numéro, le 01 48 78 47 27 disponible 24h/24 et 7j/j.

  34. Narutoise Says:

    Plombier Paris 3eme 75004 votre plombier confiance à paris 4. Plomberie paris 4eme agréee assurances garantie un dépannage par un artisan plombier.
    Juste un numéro, le 01 48 78 47 27 disponible 24h/24 et 7j/j.

  35. cheshipuzik Says:

    чехол для iphone 4s книжка не так уж и сложно, рекомендую!

  36. gkleinFas Says:

    Die USA entwickeln eine Laser-Kanone, die bei Feldversuchen eine Drohne zum Absturz gebracht haben soll. Ein zentraler Vorteil der Hightech-Waffe ist ihr Preis. Die Kanone hat allerdings auch eine Reihe von Nachteilen. Nun soll sie im Persischen Golf zum Einsatz kommen – in unmittelbarer Nähe zum Iran.

    Laser-Kanone auf dem Meer
    Navy zeigt Animationsvideo
    Die US-Marine will erstmals ein Kriegsschiff mit einer Laser-Kanone ausstatten. Ein Prototyp der Hightech-Waffe solle im kommenden Jahr testweise auf der zur Operationsplattform umgerüsteten “USS Ponce” installiert und im Persischen Golf eingesetzt werden, berichtet die Fachzeitung “Navy Times”. Dies könne auch als Warnung an den Iran gesehen werden, der nach US-Angaben seine militärischen Aktivitäten in der Region in aggressiver Weise ausweite, schreibt die “New York Times”.

  37. metlysele Says:

    Plombier 75020 dépanne et remplace votre plomberie à Paris 20eme dans le 20eme,intervention rapide 24/24 et 7/7 ouvert de 9h à 13h et de 14h30 à 19 h sauf week end et jours fériés à Paris 20eme , pour votre plomberie juste un numero, le 01 48 78 47 27 .
    .

  38. EssayMann Says:

    Research papers is a piece of writing which is often written from an author’s personal point of view. Essays usually consist of a number of elements, including: literary criticism, political manifestos, learned arguments, observations of daily life, recollections, and reflections of the author.
    The definition of an essay is vague, overlapping with those of an article and a short story. Almost all modern essays are written in prose, but works in verse have been dubbed essays.
    In some countries, about school essay have become a major part of formal education.
    Secondary students are taught structured essay formats to improve their writing skills, and admission essays are often used by universities in selecting applicants and, in the humanities and social sciences, as a way of assessing the performance of students during final exams. The concept of an “essay” has been extended to other mediums beyond writing.


  39. Urgence Plombier Paris 20eme 75020 votre plombier confiance à paris 20.Urgence Plomberie paris 20eme parceque la Plomberie est un art faites appel à l’artiste.

  40. lymnCremime Says:

    Nos plombiers sur paris 19 sont les meilleurs spécialistes car ils ont eu une excellente formation dans les interventions rapides et efficaces. N’oubliez pas d’appeler au 01 48 78 47 27 disponible 24h/24 et 7j/j, dans le cas ou vous aurez besoin de nos excellentes prestations dans ce domaine.
    .

  41. adatriazory Says:

    urgence plombier paris 15eme 75015 votre plombier confiance à paris 15.Urgence Plomberie paris 15eme parceque la Plomberie est un art faites appel à l’artiste.


  42. urgence plombier paris 11eme 75011 votre plombier confiance à paris 11.Urgence Plomberie paris 11eme parceque la Plomberie est un art faites appel à l’artiste.


  43. With havin so much content and articles do you ever run into any issues of
    plagorism or copyright violation? My blog has a lot of exclusive content I’ve either created myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the internet without my authorization. Do you know any solutions to help stop content from being ripped off? I’d really appreciate it.


  44. Ce Sain Acai Berry Max nous-mкmes appui a cette mort avec faix, detoxifie puis ameliore metabolisme.

    L’origine 100% naturelle orient seul arrhes prиs ceci bon fonctionnement, effets secondaires aprиs
    entier bravissimo qu’un pomelo a. Cela Pure Acai Berry Max levant l’un sыrs brin supplements alimentaires circulent avec certains commentaires
    entierement positifs. C’est pourquoi garanti en tenant remboursement d’argent qu’il donne
    orient pendant plus йlevй dont existent. subsйquemment l’objectif levant а l’йgard
    de oublier du faix facilement ensuite selon entier securite il orient complet simplement meilleure conclusion.
    Si pour seul logique quelconque vous-mкme n’etes enjambйe satisfait, toi-mкme avez 180 jours nonobstant acheter
    complet votre .


  45. les tâches de nos plombiers et d’assurer la bonne qualité de prestations afin de nous permettre de garantir à nos clients des excellents services avec des prix pas chers et surtout dans les plus brefs délais à paris 4 (75004).
    Pour votre plomberie , composez juste le 01 48 78 47 27 disponible 24h/24 et 7j/j et le reste on s’en charge en vous envoyant un technicien qualifié dans l’heure .
    .

  46. viagra Says:

    Thank you for sharing your thoughts. I truly appreciate your
    efforts and I will be waiting for your further
    post thanks once again.

  47. scriptik Says:

    Hey, dudes.. I’m looking social site
    for programmers or somthing similar. Waiting for a links. Thanks

  48. Fannie Says:

    Hi, I think your blog might be having web browser compatibility issues.
    When I take a look at your site in Safari, it looks fine however, if opening in I.

    E., it’s got some overlapping issues. I merely wanted to provide you with a quick heads up! Aside from that, excellent website!


  49. My partner and I stumbled over here coming from a different website and thought I
    may as well check things out. I like what I see so now i am following you.

    Look forward to finding out about your web page repeatedly.


  50. Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wished to
    say that I’ve truly enjoyed browsing your blog posts. In any case I will be subscribing to your feed and I hope you write again very soon!


  51. Hmm is anyone else experiencing problems with the images on this blog
    loading? I’m trying to figure out if its a problem on my end or if it’s the blog.
    Any feed-back would be greatly appreciated.

  52. mymass Says:

    The an indisputable fact is that there are little many questions an indisputable fact is a few come way slowly

  53. VsaloNogi Says:

    Знаете ответ на вопрос: Что делать если ipad завис ?
    . Заходите к нам, у нас много ответов на самые сокровенные вопросы.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s