Sarjana oh sarjana…

Februari 20, 2007

Hari ini wisuda…
huf…
temen2 yang dulu ospek-nya bareng, kok dah pada lulus yak?

Ini bukan gambar sebenarnya…
Yang jelas saya sama sekali ga kenal dengan oknum2 orang2 yang ada digambar itu.
Saya hanya mencoba menggambarkan betapa ekspresi yang sangat heboh dari teman2 yang wisuda.
ada yang pernah merasakan?
Saya sih belum , wong saya belum lulus, toh saya pikir sama saja, pasti semua bahagia, hahahha…
ayo ketawa dulu para pemirsa..hahaha…
Hm…
Ngomong2 tentang wisuda, jadi inget ada satu hal lucu (menurut saya) hahaha..
tapi emang jarang yang memperhatikan.

Kenapa warna baju+toga yang dipakai wisuda itu kok HITAM?

Emang kenapa?

Ya, karena menurut pandangan orang awam seperti saya, warna hitam itu adalah perlambang kematian, misteri, ketakutan, dan kesedihan, pokoknya yang serem2 ama yang suram2 gitu.
Seperti kita ketahui bersama, bahwa banyak sarjana negeri ini yang kemudian terpaksa menganggur karena tak mampu bertempur di medan laga (jagat dunia kerja)?
Betapa panjang antrian setiap ada lowongan pekerjaan dipajang?
Bukan bermaksud mengeneralisir bahwa setiap lulusan akan bernasib seperti itu, toh nyatanya juga banyak para sarjana yang kemudian berprestasi bagus yang gemilang karirnya di dunia profesinal buktinya tiap hari nge-blog pakai speedy kantor maupun yang berhasil berwirausaha warung (misalnya) hingga mempunyai istri outlet di berbagai daerah!
Akan tetapi ada anekdot yang sempet membuat saya dan dosen saya terpingkal2 sewaktu perjalanan ke kampus tadi pagi,

masa depan para wisudawan yang suram dapat dihindari seandainya baju+toga yang dipakai tak lagi berwarna hitam !
hahaha (mari tertawa!)

Nah kenapa ngga, baju + toga para wisudawan di ubah warnanya jadi warna-warni cerah nan menyegarkan sekaligus berfilosofis.

contohnya :

Merah buat melambangkan energi, kehangatan, dan cinta?
atau Kuning untuk melambangkan optimisme, harapan, dan filosofis?
atau bahkan Biru yang dipercaya sebagai lambang kepercayaan, keamanan, kenyamanan, kebersihan dan keteraturan?

oh iya, ini saya buat skrinsyur skrinsyut model baju+toga ceria, agar masa depan wisudawan tak suram lagi! sebenernya sih ini dibuat sambil meratapi nasib kok gk lulus2 nih

Ada yang punya pendapat lain?
Atau kita usulkan pada pak Mendiknas melalui surat terbuka melalui blog, agar ada peraturan yang melarang baju+toga berwarna hitam?
halah…

51 Responses to “Sarjana oh sarjana…”

  1. xwoman Says:

    kalo gitu, status setiap wisudawan/wisudawati bisa ketauan donk!
    yang pake ungu dia jomblo kali yee
    yang pake baju putih dia blom ngapa2in ama pacarnya
    wakakaka
    lha klo baju toga warna2 entar saingan ama seragam anak tk donk 😀

  2. kangguru Says:

    Aku pesen yang warna pink…. hehehhe

  3. senyumsehat Says:

    Lhoooo mo pesen yg pink keduluan pak Wahyu…ehmm…ada yg kembang2 ga? hehehehe…lha kamu kapan wisuda nto?

  4. Luthfi Says:

    wakakaka …..

    *back to skripsi*

  5. sora9n Says:

    Nggak bisa lihat… T_T

    (photobucket & imageshack diblok sama koneksi kampus 😦 )

    Btw, aku juga nggak suka warna hitam + topi wajik itu. Kesannya kayak orang mau ritual ilmu hitam gitu…. (lho? 😛 )

    Eh, toga wisuda pakai logo keren kali yah? Ada yang mau bikin?

    *ngomporin si tukang banner :mrgreen: *

  6. anung Says:

    gak lucu tuh…
    gak bisa ketawa

  7. venus Says:

    ungu, polkadot, bagus kaleee….

    slamat berjuang, nak. hayaaaah…

  8. venus Says:

    antobilang, venusbilang yang warna ijo muda itu oke banget. begitu menurut venusbilang. halah ajuuurrr…

  9. helgeduelbek Says:

    Emm, mengartikan-kan sesuka kita toh, buktinya banyak lho beberapa kampus yang kalao wisuda baju + toganya gak item lagi. Nyata sarjana-nya juga tidak beda dengan mereka yang pakai baju dan toga item.

  10. fertobhades Says:

    intinya : warna toga menentukan kualitas lulusan 🙂

    saya pesan yang warna UNGU….

  11. antobilang Says:

    #kangguru
    makasih dah mampir, hehe.. yang pink?hohoho…ntar wisudaannya 14 februari yah (apa hubungannya!)

    #bu dokter evy
    yah…kembang2, hm..ntar di buatin deh, wakaka, tapi di pake lho ya?janji?

    #luthfi
    iya, urusin dulu skripsinya, ntar kalo dah ada kepastian lulus, baru deh mesen baju wisuda+toga warna kesukaanmu..wakaka..

    #sora9n
    doh, kejem amat kampusmu?sampe di blokir gtu, lain kali upload dari tempat lain deh, kalo dropshot ga di blokir kan?logo?maksudnya mas?
    *sok ga mempan dikomporin*

    #anung
    bawel!

    #venus
    ijo?emang mau wisuda apa lagi toh?inget umur hahaha
    ajuurrr ™ (hore aku bisa bikin ™)
    venusbilang?ha!!!!royalti dulu sebelum menyandang nama ituh!

    #helgeduelbek
    iya pak, betul pak, nah sekarang gimana biar masa depan sarjana ga sekelam warna baju wisuda, hahahaha, ada yang punya ide?

    #fertobhades
    btw, thanks dah mampir di gubukku, hehe

    “warna toga menentukan kualitas lulusan”

    haha…ngga seekstrim itu kok bos, belum tentu, toh banyak yang bajunya hitam tapi masa depan cerah..hahahha
    kok ungu?

  12. deKing Says:

    Sebenarnya pemilihan warna hitam sebagai warna toga itu sangat tepat dan bijaksana…
    Seperti kita ketahui bersama (bagi yg tahu :D) kalau kebanyakan toga adalah hasil pinjaman jadi sudah pasti toga-toga itu sudah penuh daki para pemakai sebelumnya…
    Bayangkan kalau putih dipilih sebagai warna toga…dijamin lama2 warnanya juga berubah hitam karena banyaknya daki yang terakumulasi 😀
    *dasar kemproh*

  13. deKing Says:

    Pengumuman:
    Saudara-saudara sekalian, Anto belum lulus-lulus itu bukannya karena dia tidak MAMPU tapi karena dia tidak belum MAU
    Kayaké Anto dan Joe itu sudah janjian mau wisuda bareng biar traktirannya bisa patungan hehehe…
    *Joe datang….Kabur!!!!!!!!!!!!!*

  14. grandiosa12 Says:

    saya mah tidak mempermasalahkan warna toga euy.. yang jadi masalah kenapa model baju wisuda harus toga? mungkin baju wisuda harus didesain ulang supaya tidak ‘hareudang’ dan cocok dengan iklim tropis (ga nyambung yah komennya hhehehe)

  15. xwoman Says:

    Warna baju buat wisuda sih ga mempengaruhi kualitas lulusan, kalopun warna item yang dipake wisudawan udah belel kalo dia berprestasi tetap aja berprestasi. Tapi kalo anto maksa sih, aku pesen yang warna biru muda yang kalem aja deh… cuma apa kalo warna baju wisudawan warna warni apa tidak saingan ama anak-anak TK 😀

  16. antobilang Says:

    #deKing
    daki?
    dekil?
    deking?
    hahhaa, betul juga kau bang, coba kalo warna putih, bisa2 angkatan2 baru macam anung itu kebagian dakinya Joe, hahahaha…
    kenapa toga tuh ga bikin sndiri2 yah? kan bisa buat kenang2an…
    oh iya, terima kasih pengumumannya…
    aaarrrgghhhh

    #grandiosa12
    ga perlu nyambung kok komennya, wong ini juga postingan ga jelas, hahaha…
    boleh juga tuh pak rofi, bajunya di desain yang pantai2 gitu gimana?yang sesuai ama suasana tropis?…..*ngelap iler-mulai berpikir jorok*

    #xwoman
    hm…itu kan sudah saya bahas tho mbak, hehe…
    cuma ngenes aja liatnya..udah gtu, kok kayak ga ada warna lain apa..hahaha…
    nah tu, biar aja kayak anak TK, yang ceria2..hahaha…
    mbak xwoman, mau saya buatkan seragam warna apa?pink yah?atawa ungu?
    (bertanya dalam hati : seragamnya xwoman di avatar kan emang item tho?)
    oh iya komenmu di anggap spam ama aksimet kasian deh lu

  17. mbah keman Says:

    kalau menurut simbah warna hitam itu warna kewobawaan, dan kematangan,, serta mempunyai daya magis yang tinggi…. contohny warna hitam yang sering di pakai ki jokobodo, sunankalijogo, siti jenar, serta dukun2 ,, jadi wisudawan dengan warna hitam,kurang lebih sama dengan tokoh2 diatas,

  18. antobilang Says:

    #mbah keman
    hahaha…. kalau ngomongin dunia magis emang identik dengan warna hitam2 ya mbah, gimana mbah kalau mengusulkan revolusi kepada para dukun dan tokoh2 spiritual agar mengganti warna kostum mereka dengan warna pink misalnya agar terlihat sedikit imut?

  19. peyek Says:

    saya jadi inget waktu diwisuda dulu,

    rektor saya seraya berbisik tapi jelas, sambil memindahkan lencana toga dari kiri kekanan(eh terbalik ya) berucap:”Selamat anda jadi Pengangguran” he….he…he..

    salam kenal mas, ijin copy design toganya boleh nggak?

  20. antobilang Says:

    #peyek

    “Selamat anda jadi Pengangguran”

    hahahaha…. rektor anda sepertinya punya selerapenghinaan, pencaci-makianhumor yang tinggi mas peyek….
    anda jawab apa waktu itu mas? kalau saya sih,

    “juanc*k pak, aku dadi mantumu wae ya, hahaha”

    diambil saja desainnya mas, silahken..

  21. joesatch Says:

    *saya masih menatap wisudawan/wati di grha sabha pramana itu dengan wajah berharap segera bisa mejeng di situ menggunakan toga*

  22. xwoman Says:

    klo di avatar si… item kan simbol dengan kebenaran dan keabadian, ciee… padahal ga ada yang abadi ya!
    Iya tuh comment aku di beberapa blog lain juga pada nyangkut di akismet sebel deh 😦

  23. cakmoki Says:

    ya, ya coba dibuat surat terbuka. Kita lihat reaksi para pembuat keputusan itu.
    Saya sudah mbayangkan kalo ditanggapi mungkin di TV tiap hari ramai 😀

  24. antobilang Says:

    #joesatch
    bareng ya joe..agustus 2007!

    #xwoman
    iya mbak, lagian kalo kucingnya berubah warna jadi ada kucing merah, kucing ijo, kucing kuning dikira power rangers jadi-jadian…
    kayaknya akismet sentimen deh sama anda, haha..buktinya dari spam yang terjaring semua dari anda lho…

    #cakmoki
    wah, kalau dibuat surat terbuka paling juga di pembuat kebijakan itu ga sempet ngeblog juga pak, hm..tapi boleh juga..hehe…
    kalo menurut saya, yang rame justru bukan di televisi, tapi tukang kain + tukang jahit pak, hehe…

  25. dewo Says:

    Corak Dalmatian juga bagus. Atau bisa juga Zebra Cross, dll.
    Atau lebih baik dengan baju asli Indonesia, misalnya batik, kebaya, atau bahkan koteka.

    (** Kabur **)

  26. rajaiblis Says:

    ::usul
    gimana kalo warna merah dengan “image” $$$ ato euro …
    bagi yg doyan rupiah … boleh juga ditarok …

    wakkakakaaaa …

  27. Irwan Says:

    Ayo bung berani beda…
    Saya mo tau anda berani ga wisuda nanti pake salah satu toga di atas.
    Kalo berani nanti posting gambarnya, tapi jgn di manipulasi.

  28. kumala Says:

    wes, om.. ndak usah buru2 lulusnya, paling juga yg cepet2 lulus, entar2 juga nyesel… “tau gini, mending gw lama2in aja deh lulusnya..” *sedang berusaha menghibur ypb a.k.a yg punya blog*

  29. antobilang Says:

    #dewo
    saya kok setuju yang terakhir tadi lho pak dewo, hahaha…
    trus ukurannya gimana ini? trus sistemnya apa ya teteup pinjem ke universitas? buat sendiri sesuai ukuran masing2 gitu?

    #rajaiblis
    ente aja tuh avatarnya jangan gelep2 gituh, diubah aja memakai corak dalmatian malah bagus tuh, bisa nipu anak kecil, wakakaka…

    #irwan
    wah, tantangannya boleh juga tuh mas, tapi tawarannya apa dulu nih?
    kalo dg bgtu saya bakal dapet cewek paling cantik se-UGM sih boleh juga tuh ide..waakakkaka…

    #kumala
    nah ini, malah nyaranin aku lama2in lulusnya!!
    oi, yg bayar uang SPP ni yang pusying…
    wekeke….

  30. oon Says:

    karena kalo loreng nanti dikira mama loreng!
    hiks…salah ya nto?


  31. Ceileee.. sarjana nih yeee.. suit..suitt..

  32. Paijo Says:

    Yang tengah atas dan yang kiri-kanan bawah kok kelihatan kayak jas hujan ya. Ide anda bagus, layak dipertimbangkan oleh institusi yang sering menggunakan toga. Tapi kalau untuk pengadilan kayaknya tidak akan mau karena hanya warna hitam yang serem. Kalau warna pink misalnya, hakim dan jaksanya jadi kelihatan lemah lembut, lucu kan. Terimakasih dan salam eksperimen.

  33. budibiasa Says:

    lha warnane warna warni tapi sing diwisuda kelihatan sedih!!
    napa y?
    wah bingng cari pekerjaan makane sedih jadi emang benere cocoke hitam!penuh kesedihan untuk mencari pekerjaan truz y kalo g kerja jadi tukang mistis ato kalo g kerja g makan bisa2 bunuh diri mati deh!!kan cocok kalo hitam!!p

  34. antobilang Says:

    #oon
    wew..mama loreng?doh jadi pengen buat warna merah ada lingkaran2 merah, biar kayak mama kepik….
    ato kalo ngga, motif macan tutul, biar kayak mama tutul?

    #bang arif
    weleh, ngejek ni ye…
    aye blon sarjane bang, kagak punya semangat buat lulus, wakaka
    daoain aja secepetnya dapet wangsit buat lulus…

    #paijo
    iya tuh, seragam buat mafia peradilan emang item aja, biar masa depan para kuli KUHP itu ikutan suram, PENGADILAN DITUTUP, hal ini dikarenakan tidak ada lagi orang berbuat kriminal di dunia, hahaha..(ga mungkin bgt y?)
    salam eksperimen juga mas, saya ini juga lagi eksperimen. wakaka.

    #budibiasa
    iya, kamu pake item aja deh, janji lho ya?wakaka….

  35. mrtajib Says:

    masadepanku tidak sram lagi….

    masih kurang kata-katanya, tambah berikut ini:

    karena ada lowongan lebar, nge-Blog!

    terus tambah tulisan di baju itu, posisi di atas saku (atau sektar saku), blogger Indonesia versi…wirdpress (kalau yang warna biru, dll….

    ha ha ha ha

  36. antobilang Says:

    #kang tajib
    boleh deh, ntar ditambahin…
    dengan ngeblog bisa bikin masa depan cerah ya kang?
    kan bisa bikin buku..trus jadi penulis terkenal..
    *siul-siul trus pergi ke toko buku ngecek bukunya kang tajib dah rilis apa belum*

  37. mrtajib Says:

    ha ha ha ha ha….lu tahu aja…

  38. akantetapi Says:

    Universitas Akan:Tetapi akan pesan. Gambarnya akan dipasang. Boleh kan? 🙂 Thx.

  39. antobilang Says:

    #akantetapi
    hehe..semua gambar di blog saya ini tidak pakai copyright2an kok paman,
    hehe…yang ada juga setiap orang punya “right to copy” gambar2 disini..hehehe lagi..

  40. chielicious Says:

    Heheh salah satu yang bikin saya males wisuda ..karena toga nya bekas pake orang =3 huhuhu… geli bo~

  41. antobilang Says:

    #chielicious
    sama dong! alasannya….huehue..
    mangkanya chie, bikin sendiri aja yuks, so bisa disimpen buat warisan..
    salam kenal, makasih udah mampir.

  42. cK Says:

    sebenernya sih alesan kenapa toga warna hitam itu sepele. biar keliahatan kurus ahahahahaha…..

  43. klikharry Says:

    ha..ha…
    baru mampir nih…. ternyata…
    to… ntar klo aku punya perguruan tinggi sendiri aku pesen baju toga yang warna pelangi buat mahasiswa ku ya….:D

  44. antobilang Says:

    #cK
    kalo mau lebih kurus lagi, pake baju dengan motif garis2 vertikal…
    haha..bagus tuh garis2 vertikal item putih, kayak juve ^_^

    #klikharry
    hahaha juga…
    kenapa warnanya pelangi, nanti malah ndak jelas lho nasib lulusan perguruan tinggi kepunyaan mu itu?hahaha…

  45. harbi Says:

    weeeeeeee………………….!!!!!
    ni blog ngeledek’s yach. emang iya seh jaman sekarang sarjana banyak yg madesu. udah kompetensinya diragukan, sistemnya ancuradul lagi.


  46. […] aku akan berpose dengan toga warna-warni di depan balairung? wahai kawan, bagaimanakah denganmu? hahaha… Filed under: […]

  47. nieznaniez Says:

    aku mau warna putih !!

  48. diyan dergantara Says:

    aduhhhh baju itu yang bikin aku lupa semuanya

  49. seragam Says:

    selamat wisuda…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s