Legenda Kopi Joss

Mei 17, 2008

Mantapnya kopi bercampur arang panas yang dikenal dengan ‘kopi joss’, kini cuma tinggal kenangan. Sang mbahurekso daerah Sitisewu, di mana angkringan tersebut berlokasi, saya mintai konfirmasi perihal penggusuran angkringan ini.

Siapa tak tahu Angkringan yang berada di sisi utara Stasiun Tugu itu? Orang yang pernah tinggal atau sekedar singgah di Jogja, harusnya tahu soal angkringan legendaris ini.

Sandalian, sering menghabiskan malam-malamnya sendirian di angkringan itu, begitulah yang biasa terpublikasi lewat junk milis ataupun broadcast via jaiku. Saya, untuk kali pertama menampakkan diri kepada publik blogsphere, ya di tempat ini. Kala itu saya berkesempatan untuk bertemu para penggede blogsphere yaitu Zamroni, Chika, Arya, Fame dan Ekowanz. Jamuan terakhir Sultan Ndoyok dan para jelatanya yang digelar beberapa minggu lalu, juga di angkringan ini. Bahkan Wiki CA mengabadikan angkringan ini dalam satu lema tersendiri sebagai salah satu lokasi resmi kopdar di Kasultanan Ndoyokarta Hadiningrat.

Sempat muncul kekhawatiran ketika maraknya berbagai kafe dan klub yang menawarkan tempat lebih bersih, aneka makanan dan minuman yang lebih mahal dan tentu suasana lebih modern. Perlambang kehidupan malam di Jogja yang melekat di angkringan klasik bermenu kopi joss ini, ditakutkan perlahan-lahan akan tergeser. Nyatanya tidak, angkringan ini tetap menjadi primadona andalan dengan pesona tersendiri di hati masyarakat Jogja untuk duduk bercengkarama dan menikmati angin malam Jogja lewat ‘sruputan’ panas kopi joss.

Dan memang bukan kafe dan klub malam yang menjadi ancaman eksistensi angkringan tugu. Namun ada hal yang lupa diperhitungkan sebagai sebuah kekuatan terbesar, yaitu tangan-tangan penguasa. Dengan segala macam keinginan untuk menciptakan citra bersih dan rapi yang ada di benak pemerintah kota, sehingga lapak-lapak kumuh semacam ini tak layak di kota ini dan harus diberangus. Persetan dengan kekhasan tradisi yang melekat di angkringan itu, persetan pula dengan pupusnya kerinduan anak Jogja yang bakal mati merindu ingin merasakan aroma kopi joss dengan iringan suara khas kereta api kala dia pulang nanti.

Beberapa bulan yang lalu, Pasar Klithikan yang ada di sisi ruas jalan Mangkubumi terpaksa direlokasi oleh kebijakan pemerintah kota yang mungkin ‘sumpek’ dengan keberadaan emplek-emplek di emperan toko. Sekarang pasar itu dipindah ke Pasar Pakuncen, dan pastinya atmosfir klithikan yang merakyat dan ‘ndeso’ turut sirna dengan bangunan yang ‘magrong-magrong’ dan benderang lampu listrik. Nama lain Pasar Klithikan yaitu ‘Pasar Senthir’ untuk menyebut pasar malam dengan penerangan dari lampu senthir (lampu minyak), kini tak lagi relevan dengan Pasar Klithikan yang baru.

Tadi malam, seusai Jumintenan, saya dan kawan-kawan eblis jelata mengunjungi lokasi angkringan yang ada di utara Stasiun Tugu. Potongan ruas jalan yang biasanya sangat ramai riuh dengan berbagai komunitas sepanjang malam, kini hanya tinggal menyisakan kesepian. Sepi.

Sekarang mari kita tunggu, setelah klithikan dan angkringan tugu digilas kebijakan penataan kota, siapa lagi yang akan menerima undian penggusuran?

Angkringan Kali Code? Pasar Kembang? Alun-alun Kidul? Ringin Pakualaman?

94 Responses to “Legenda Kopi Joss”

  1. venus Berkata

    sarkem ki jik ono gak sih? gak digusur? lokasi resmi kopdar blogger2 jalang juga? hyahahaha…

  2. Mbilung Berkata

    berikutnya warung lendir mu itu tok.

  3. Dimas Berkata

    ya ampun! sebagai dimas jogja *njuk ngopo dim?* daku merasa kecewa atas penggusuran angkringan dengan kopi jossnya itu :(
    duh pak wali… bukannya itu salah satu wisata malam khas jogja yang bisa menjadi daya tarik unik buat pengunjung kota kita? wis mbuh! *ngepak koper pindah ke jakarta*


  4. nasib wong cilik……….

  5. Nayantaka Berkata

    Ndherek belosungkowo Lha terus sesuk yen aku balik jogja, sampeyan arep nraktir nang endi dab?

  6. Hedi Berkata

    lha trus kalo aku ke juminten, aku ngopi ndik endi iki?

  7. ekowanz Berkata

    kopian sih akeh…..cuman legendanya ya salah satunya itu ya di angkirngan tugu ini :(

  8. Goenawan Lee Berkata

    Saya rasa saya akan kehilangan suasananya. Koma, masih bersambung,

  9. Anang Berkata

    wong cilik kudu pasrah lan manut wae


  10. Klithikan Mangkubumi setau sayah nongol 98 an, seirama krismon nyang menghantam republik inih. Jadi ya belom lama.

    Kalok angkringan kopi joss di Tugu itu, singet sayah udah ada sejak situ mingsih belom becus ngelap ingus. Sejak 1986 udah ada.
    Lha kalok sekarang digusur, mungkin udah sewajarnya mesti begetoo. Lha da Jogja sembarang orang sembarang pulak narok lapak.

    Menurut situ, itu trotoar gunanya buwat apa segh ???

    Buwat angkringan kah ???
    Buwat parkir kah ???
    Buwat klithikan kah ???

    :roll:

  11. herman Berkata

    nyruput kopi joss ngeses klobot menyan

  12. leksa Berkata

    suasana dan romantisme nya itu yang susah terganti,..
    lagian tu angkringan ga ngerusak trotoar,..
    itu juga bagian wisata jogja..

    alesan gusur nopo, to?
    Relokasi nya dimana?
    kamu sebagai tukang mproyek tata lahan, mosok ga tau bocoran ne?

  13. tikabanget™ Berkata

    aku baru tau.. :(

  14. wedhouz Berkata

    berarti komunitas angkringan.or.id jogja juga sudah harus mulai siap-siap juga

  15. dilla Berkata

    yaaaaaaaaagghh…!udah gak ada ya tok?? hiks..hiks..:(

  16. Yahya Kurniawan Berkata

    Padahal aku baru 1x ke sana.

  17. cK Berkata

    weeee…berarti saya mesti kesana dulu sebelum digusur…

    *ngarep dikasi tiket ama antok*

  18. muhammadamrul Berkata

    ntar kalo ke jogja, nyoba juga aaah

  19. ndor kakung Berkata

    loh, wis digusur? oalah, mesake …

  20. aLe Berkata

    mari kita berdoa saja *byuh*

  21. Sandal Berkata

    Setelah berdiri sejak (katanya) 1957, kenapa baru digusur sekarang?

  22. Sandal Berkata

    Eh nambah, kok warung rokok dan ciu yang berada di ujung paling timur ga ikut digusur?

    Apa karena sudah setor upeti tiap malam?

  23. Sandal Berkata

    Hetrik sisan.

  24. kalengkrupuk Berkata

    Lho…. Angkringan lek man digusur??? Walah… edian tenan kiyi… Ada kabar pindah ke mana, ataukah menghilang begitu saja, Dab?

  25. .nico.wija. Berkata

    Wah, jadi keinget perpisahan dgn zam.. Di angkringan ini.. Ooo.. Angkringan tugu pun tak tahan melepas zam :D

  26. ManusiaSuper Berkata

    Yah… Apa lagi yang bisa bikin kangen kota ini kalau begitu?

  27. funkshit Berkata

    senikmat2 nya kapucino ata latte.. tetap tak bisa menggantikan kopi jozz . ..hix . .. apa saya harus belajar bikin kopi areng sendiri :(

  28. funkshit Berkata

    @muhammad arul
    mau nyoba apa ? sarkem ?? angkringan tugunya udah ngga ada kok

  29. funkshit Berkata

    oya.. itu yang di poto itu saya lho
    *sekalian hetrik

  30. restlessangel Berkata

    betul mnrt ndoro mbelgedez, itu angkringan udah lama bgt, sejak aku SD. sepengetahuanku, warung2 itu digusur, sesaat stlh siang2(eh ato sore ya??) jalan wongsodirjan (lokasi kopi joss) itu tiba2 macet-cet. ga jelas knp, tp kendaraan merembet pelan bgt. kiran di jl.mangkubumi ada demo atau apa. tyt, selepas dr jl.wongsodirjan, lancar2 aja.
    penyebabnya tyt parkiran motot dan mobil yg memenuhi kedua sisi jalan wongsodirjan itu.

    entah ada hubungannya ato endak, sehari stlh itu, pas aku lewat situ lg siang, kok ada petugas yg mbongkari warung2. tp kupikir yg dibongkari warung2 nakal yg mbangun warungnya scr permanen, ngikut2 alias manfaatin keramaian angringan Lek Man itu.

    kl yg dibongkar warung2 itu, saya setuju. soale bnr2 udah mengganggu pejalan kaki, sgt mengganggu. kami, pejalan kaki harus turun ke jalan raya, krn lokasi tersita oleh bangunan semi permanen bakul pulsa, warung indomie & ramesan, dll. bahkan di siang hari (saya sempet jd pejalan kaki yg setia meyusuri jalan tsb tiap brangkat dan pulang sekolah, dr SMP-kuliah).
    dan ga nyangka, tyt angkringan tugu ikut terbongkar.

    sayagnya, aparat pemkot itu lamban. knp ga dari dulu, ketika warung2 itu msh baru berdiri. sll gt, nunggu brp lama, baru dibongkar. bikin masyarakat jg jadi memanfaatkan ketdktegasan itu. membentuk masyarakat yg bermental oportunis.

    hehe…jd ngeblog di blogmu Tok ;)

  31. adityasani Berkata

    serius digusur nto???

  32. telmark Berkata

    jadi kepengen Nto… :)

  33. economatic Berkata

    Seperti kata pepatah,’Karena setitik arang, heboh kopi segentong.’
    Salam kenal http://economatic.wordpress.com/

  34. sandalian Berkata

    Melihat bahwa gentong-gentong masih tersisa di situ, saya sedikit ada harapan bahwa angkringan tugu nantinya diberi hak lagi untuk kembali ke situ.

    Semoga!

    **Duh, aku simpen di mana sih nomernya Mas penjual angkringan?**

  35. westnu Berkata

    doh..saya tunggu info lokasi pndahnya

  36. sufimuda Berkata

    ngopi yook…. :-)

  37. fatah75 Berkata

    wah.. jadi pengen nyoba kopi joss nih

  38. nenyok Berkata

    salam
    Kopinya bikin sendiri saja :)

  39. sofyanr Berkata

    Dulu sewaktu masih menggelandang di jogja, sudah gak keitung berapa ratus nyawa saya ajak kesana sekadar buat mampir ngopi joss atau nyruput teh gula batu. Lha kok sekarang digusur

  40. zam Berkata

    jancooookkkkk!!!

    aku meh nangis, ntok! asli..

    pemkot Jogja GOBLOK!! ASUUU!!!

    *speechless*

    feelingku kok dadi nyoto yoh?

  41. wier Berkata

    padahal iku kan yo ikon jogja, nek angkringane pak man yo digusur sisan to?

  42. eko Berkata

    walah…
    padahal aku belum pernah kesana je…

  43. warmorning Berkata

    yg nata kota itu sok tau, gak gaul, gak ngerti jiwa muda, gak pernah begadang, introvert, payah, gak tau selera orang banyak, egois blah bla blah *emosi saya jadinya*

  44. jarwadi Berkata

    yeahhh namanya juga wong cilik
    mau gimana

  45. alief28 Berkata

    ternyata bukan cuman jakarta aja yang ‘bersih2′….daerah lain juga…

  46. The Bitch Berkata

    IT’S NOT FAIR! IT’S NOT FAIR!

    aku durung pamit karo Pak Man…

    hix )=

  47. annots Berkata

    beginilah kalau diri tak bisa pindah ke lain hati angkringan :(

  48. antobilang Berkata

    eh ada kabar2, akan buka lagi tuh. :D semoga

    **batal nyiapin petisi**

  49. Nazieb Berkata

    Lha pak waline ga tau nongkrong ndek kono hare..
    Nongkrong-e ndek diskotik terus :P

  50. indra1082 Berkata

    Kpi joss memang nge-joss lebih joss dari #^%$@ joss

  51. nonadita Berkata

    *masukin nama tempat2 di atas ke daftar tujuan kalo suatu saat nanti ke Jokja*

  52. ulan Berkata

    kirain kopi pake extrajoss..
    surabaya aja mas.. masih banyak lesehan

  53. Biyung Nana Berkata

    yah.. jangan digusur… kan Nana belom ke sana… suruh nunggu taon depan ajah… tunggu tabungannya Nana ngepas buat jalan2 lagi :(

  54. Iwan Rystiono Berkata

    Udah digusur?? Ya ampun…padahal pengen banget kesana…

    Kemarin malam minggu pada ilang/sibuk semua ya…

    Semoga juminten minggu ini aku bisa dateng…:D

  55. didut Berkata

    emang gak tau pindah ke mana?!?

  56. cempluk Berkata

    masih ada taman bungkul tempat cangkrukan blogger… :D :D

    SAYA SEDIH ATAS GUSURAN WARUNG KOPI JOSS..BERARTI ITU KALI TERAKHIR CEMPLUK KOPDAR DISANA BERSAMA KALIAN PARA EBLIS…

  57. kangdiman Berkata

    ho oh mas anto angkring ilang…di gondol shaolin nang borobudur

  58. ocha milan Berkata

    Semoga tidak digusur.. saya belum coba itu kopi joss. Hikzz

  59. nyoman Berkata

    rasa kopinya gimana? arangnya dimasukin ke kopi??

  60. Aristo Berkata

    harus ada yang brani mbukak angkring lagi di depan kraton

  61. soegirang Berkata

    Nto, maaf sangadh OOT.
    itu templatenya sudah saia kirim ke antobilang [at] gmail [dot] com, ah ya, dan kayanya saia mesti nyetting dari dasbod WP antobilang.com lansun deh, soale saia sanksi tuh theme kompatibel ndak sama WP 2.5, soale funya unclegoop ndak kompatibel he.. T_T
    ps : saia uda komeng ditempat yang baek & benar disini. tapi dikau tiada membalas. bales ke email saia yak!

  62. stey Berkata

    Aku belum kopdar disana ya mas?

  63. Oy Uyo Berkata

    Ankringannya udah buka lagi.

    Tuh kan, apa kata saya… Bloger itu banyakan penipu.

    *abis nyamar jadi Oy Uyo, kabuuuur*

  64. Orang jojga Berkata

    saya kesana masih ada kok angkringan nya
    yang jelas dong mas kasih info nya
    digusur apa ngga ini .. .

  65. escoret Berkata

    iya,udah liat bbrp hr yg lalu…
    makanya tok…klo kencing ojo sembarangan..!!!!

  66. chic Berkata

    hah? ketinggalan berita nih… angkringan tugu itu udah ga ada??? :eek:
    hwaaaaaaa… tidaaaaaaak…

  67. ogi Berkata

    lhohhh, kok ditutuppp….
    bodong nih penggusur e

  68. unai Berkata

    beberapa postingan tentang angkringan…mau alih profesi Nto?

  69. ngodod Berkata

    temenku yang jauh2 datang dari jakarta sekedar pengen merasakan nikmatnya kopi joss langsung lemes ketika tau kopi joss dah digusur..
    masih untung ada blandongan, dan sodara2nya ningrati dan nucleus…

  70. nasim Berkata

    wah.. gua juga pernah nih.. emang uniknya gak ada dua deh kopi njoss ini!

  71. Okta Sihotang Berkata

    kopi JOSs??
    bgimana sih rasanya ??
    lom pernah minum tuh

  72. ginjoy666 Berkata


    Mustahil Kristen Bisa Menjawab

    mustahil-kristen-bisa-menjawab.blogspot.com

  73. daeng limpo Berkata

    kopi JOSS…..?

  74. bravo9682 Berkata

    kudune sing digusur kuwi yo daerah SARKEM to dab.
    wah…wah…wah…berarti wis ilang ki legenda kuliner jogja
    sedih banget rasane yoo

    piye ki cah jogja sekalian…..
    http://bravo9682.wordpress.com

  75. ABe Berkata

    Diamputtthhhhh…

    Lik Man wis ra ono tho??? Padahal rencana Juni ini mo maen ke situ..siyaaaaaaaaallll

  76. ABe Berkata

    eh..eh

    setelah melihat info di komen, kayanya ada lagi tu…yo wis, nek ngono tak coba mampir pas pulang nanti :D

  77. agung! Berkata

    yahhh….
    belom sempat pulang sudah digusur….

    nasib…

    itu digusur ato direlokasi?
    kalo direlokasi dipindah ke mana?

  78. hanny Berkata

    awww.

    kalo saya ke jogja dan mau napak tilas jejak & peristiwa bersejarah para blogger gimana, dong… padahal belum pernah mampir di sana. menyedihkan sekali :(

    biasanya kalo habis digusur gitu beberapa minggu/bulan kemudian terkadang suka kembali beroperasi lagi, deh. semoga saja.

  79. ario saja Berkata

    masak di Jogja ada juga gusur-menggusur yah ??? kaya di Jakarta aja

  80. almascatie Berkata

    sarkem??? oh tidakkkkkk simbok ama anto mengingatkan saahaja
    ouchhhhhhh

    *kabooooorrrrrrrrrrrr*

  81. niez-nya adit Berkata

    saya yang ga suka kopi aja terkesima sama kopi joss…
    uhuhuhhuuu…

  82. wongdidit Berkata

    wew., dah digusur toh?
    baru tau. trus pindah kmn to’?
    jgn” km nih pulang pagi kekos kluyuran nyari kopi joss yg g ketemu” yo?:D


  83. [...] teh menjadi terlalu manis. Ah, saya merindukan teh nasgitel ala Angkringan Tugu yang denger-denger digusur [...]


  84. ayo pindah ke caesar semuaaaaaaaaaa!!!!!!! :twisted:

  85. diditjogja Berkata

    kemana ku kan nyruput kopi sembari menyantap sunduk-demi-sunduk sate usus yang jorok-namun legit itu….hiks…

  86. Aki Herry Berkata

    Ah sayah pernah kesini…

  87. Chintoenx Berkata

    Aku juga denger kabar dari temen kalo Lek Man’s Angkringan digusur..
    Wah, jan edian tenan Pemkot iki.
    Pabu Sacilad !!!
    Padahal minggu depan dah rencana ke Jogja trus ngopi joss bareng temen-temen.:(

  88. siHarri Berkata

    waduh tetap dipertahankan.. cuma denger2 ceritanya azaaaa sampe skrg.. :D

  89. agungwasono Berkata

    ditutup to, mulane kapan kae liwat kok sepi banget.

  90. agungwasono Berkata

    nampaknya perlu diupdate informasi neng :
    http://wiki.cahandong.org/Kopi_Joss

    *sedih*

  91. cah bocah Berkata

    wahh..aku meloo sedih kiye dab..pdhl kono ki iso go dolan2 ngafee murah, lah drpd dugem kr do ngamar,mending mangan sego kucing mbek kopine..hayahh..murah meriah ra merugikan sopo sopo..kecuali nek aku kon bayar kabehh..wahh dalahhh!


  92. [...] Diterbitkan Juni 6, 2008 In My Search Terkait dengan pemberitaan di blog ini tentang ditutupnya angkringan tugu beberapa saat yang lalu, saya merasa perlu untuk memberikan update terbaru. Sebuah kabar gembira [...]

  93. antobilang Berkata

    SUDAH DIBUKA KEMBALI, Mas Dab sekalian.
    Sekarang ngangkringnya ke sini saja.

Komentar ditutup.