Pendekar Ituh…

November 5, 2007

Artikel yang (mungkin) terkait :

Hari ini, para pendekar dari perguruan silat Setia Hati Winongo mengadakan acara halal bihalal. Tentu saja dengan tujuan baik, silaturahmi antar sesama anggota. Tapi ada hal yang hampir selalu terjadi ketika ada pengerahan besar-besaran massa perguruan silat Setia Hati Winongo, yaitu TAWURAN dengan massa perguruan silat lainnya, Setia Hati Teratai (Terate).

homoks.jpgJika ditilik dari asal muasal sejarah, kedua perguruan silat ini adalah berasal dari satu perguruan yang sama, Setia Hati yang didirikan oleh Ki Suro (menurut salah satu sumber adalah mantan orang kepercayaan Pangeran Diponegoro dalam Perang Jawa). Dalam perkembangannya, Setia Hati Teratai yang banyak berkembang di daerah pedesaan ‘berbeda arah’ dengan Setia Hati Winongo yang berbasis di Madiun Kota. Pecahnya adalah pada masa kekacauan pemberontakan PKI. Para pendekar Setia Hati Winongo banyak yang menjadi anggota ormas milik PKI, meskipun secara organisasional mereka tidak berafiliasi dengan PKI. Melihat bahwa banyaknya anggota Setia Hati Winongo yang terlibat ke PKI, maka Setia Hati Teratai menganggap bahwa Setia Hati Winongo sudah keluar dari jalur perguruan yang bernafaskan Islam.

Akhirnya pada saat penumpasan PKI, banyak pendekar Setia Hati Teratai yang menjadi ‘algojo’ eksekusi gembong PKI (yang beberapa berasal dari SHT). Demikian ini yang menjadikan akar dendam di antara kedua perguruan silat tersebut. Yang sampai sekarang kedua kubu masih sering terlibat kontak fisik satu sama lain.

Perilaku bar-bar itu dilengkapi dengan persenjataan yang mereka siapkan bagai mau perang jihad. Yang memalukan, keributan dan tawuran itu dilakukan oleh mereka yang menyandang gelar pendekar. Pendekar di sini bukan berarti pendek dan kekar, tapi lebih kepada makna filosofis sebagai panutan dan beban tanggung jawab untuk melindungi yang lemah.

Tahun ini mereka memang baru ‘hampir‘ membuat ricuh. Meskipun ada berita yang diangkat oleh detik yang mengabarkan penganiayaan oleh gerombolan pendekar berseragam Setia Wati Winongo terhadap 2 orang pengendara sepeda motor. Sejarah mencatat perilaku bar-bar kedua kubu pendekar itu, simak saja melalui radar paman gugel. Beberapa saya cuplik di sini :

Masalah mereka (seolah-olah) selesai begitu petinggi kedua belah pihak dipertemukan. Bahkan sudah disepakati untuk berdamai dengan slogan dan sebuah tugu peringatan di ruas jalan Madiun. Tapi, permasalahan ini adalah di level akar rumput, yang pastinya akan sulit membabatnya bila para petinggi kedua perguruan tersebut tidak ada niat baik untuk menyelesaikan konflik. Ada hal yang membuat perseteruan ini tak berhenti justru semakin meruncing ; yaitu ketidakberdayaan aparat untuk menjadi penegak hukum di wilayah tersebut. Selain itu juga adanya politik perekrutan massa yang dilakukan Setia Hati Winongo dengan mengobral gelar ‘pendekar’ kepada para pemuda. Artinya mereka tak perlu melalui proses berlatih yang lama, mereka akan mendapatkan gelar ‘pendekar’ secara instan.

Tidak lagi diindahkan akidah berkelahi secara ksatria yang (pasti) sudah diajarkan oleh pendahulunya. Mereka pun sudah main lempar batu, keroyokan, dan memakai senjata tajam. Mungkin sebentar lagi mereka perlu dipersenjatai dengan senapan atau dilatih membuat bom, agar semakin efisien tenaga yang dibutuhkan untuk melumpuhkan lawan. :|

Kelakuan (mereka yang mengaku) pendekar ituh benar-benar mirip anak SMP yang baru belajar silat 1-2 jurus, dimana-mana nenteng sabuk karate dan bermain kelahi dengan teman sebaya menggunakan jurus alakadarnya.

.

.

.

Engg…

.

.

.

Q : Eh, kenapa menggunakan judul “pendekar ituh..”? Bukannya judul posting berakhiran ituh sudah menjadi trademark si pakar kebangetan™?

A : Ah iya, ini sekedar sloki ucapan selamat atas hijrahnya beliau dari blogspot yang terkutuk ke domain baru : http://tikabanget.com.

Catatan :
Ilustrasi diambil dari sini,
dan diedit alakadarnya untuk jokes.

133 Responses to “Pendekar Ituh…”

  1. almascatie Says:

    hore kapling pertamax

  2. almascatie Says:

    jrit si kepala bawang jadi tukang inpotainment dipertempuran :lol:

  3. almascatie Says:

    argh aku ga tau soal2 silat.. *belom baca ngantuk pagi2*
    yang penting hetrik dulu di blog suaminya anti :lol:

  4. Hedi Says:

    Jadi, sebenernya sapa yg pendekar, kamu atau tika? :P


  5. huihihihihi…!!!
    angkat sloki kakak seperguruan…!!!


  6. judul postingankuuuu diculiiikkkk…!!!!!
    ikut ikut pake ituuhh..!!!!

  7. fisto Says:

    iya makanya tadi pas baca sempet bingung, katanya hijrah dari blogspot tapi kok malah bikin posting di sini…heuheuhe…

  8. abee Says:

    tapi yang ini bukan pendekar langit ratuadilsatriapinanditha kan? :evil:

  9. NuDe Says:

    halah, pendekar wanine kruyukan

  10. raffaell Says:

    Aku juga dulu jadi pendekar, perguruan silat, naga sakti….
    berasa jagoan kl dah ikut perguruan silat.

  11. ndoro kakung Says:

    mari menjura kepada suhu anto, pendekar tanpa tanding itu … :)

  12. ayahshiva Says:

    eh itu semua beneran ya, masih ada yang namanya pendekar di jaman sekarang
    jadi inget film si buta dari gua hantu

  13. Anang Says:

    pendekar pendek tapi kekar… ngomong2 apanya yang pendek?

  14. arya Says:

    *ngakak ndelok ilustrasine…
    eh nengopo to, isu homok2an selalu digowo2?
    *mulai yakin bahwa homok2an bukan guyonan*

  15. goop Says:

    Wah seperti perseteruan antara pengikut bengkaw di negara nancao

    *pada ngerti gak ya?? itu ada di cerita kho ping hoo :mrgreen: *

  16. hoek Says:

    *baru koneg*
    siyal…dafed urutan brafa nih?!!!
    ahemm…
    ah ya, kalo geto kamuh masup ferguruan mana nto?

  17. hoek Says:

    tuh khan! ke enam belas!!!
    siyal!

  18. Totoks Says:

    begitulah kalau pendekar masih cetek ilmunya.. mustinya semakin berisi semakin merunduk donk :D

  19. balibul Says:

    Modharo kana wal akhwatuna wa kuburana fi izrofila minal mori kafan tsuma mayiti illa hadril musthofa bin notifikasi ahmad jaiku kun fayakun

  20. alex Says:

    Itu pendekar-pendekar udah pada gak mempan peluru ya? :D

    Kalo masih mempan sama senjata, mendingan ndak usah deh petantang-petenteng begitu :lol:

  21. GRaK Says:

    dimana yah komitmen, kalo di karate ada namanya sumpah karate, mestinya mereka mendalami sumpah itu, dan tidak terjadi hal yang demikian.
    Pemimpin juga mestinya bertanggung jawab karena mereka membina anak buahnya.

  22. taqi Says:

    walah pendekar ma kalah sama pagar (panjang dan kekar) :O

  23. cK Says:

    gambarnya antobanget™ :lol: :lol:

  24. Paijo Says:

    Jetco*s siyalan!!

  25. mbelgedez Says:

    Ndeso ! Norak ! Kampungan !

  26. mbelgedez Says:

    Mangsudku pendekar tolol itu…

  27. mbelgedez Says:

    Ooo…ya…
    Dijakarta sukak ada motoris plat AE kalok mbawa motor jugak norak.
    Mungkin orang dari perguruan itu ‘kali, yaaa…. ???

  28. annots Says:

    ilustrasinya bagus bung. Betewe, itu bukan siluet antobilang dengan pejeng-jeng yang kepincut candi itu kan?


  29. Hohoho…pendekar mabuk yang tukang berantem… :lol:

  30. antobilang Says:

    @ almascatie : mo pake tuzki takut cowoknya marah
    @ Hedi : saya pendek tapi ndak kekar, ndak tau kalo mbak seleb yang satu itu
    @ tikabanget™ : angkat jerigen untuk adik seperguruan!
    @ fisto : wakakaka, itu kan ada dialog penjelasan di bawah :P
    @ abee : ndak tau kalo pendekar gila yang satu itu :P
    @ NuDe : sampeyan wani po dhe ngomong gitu langsung? hihihihi
    @ raffaell : wah ada pendekar!!! *bungkuk2 memberi salam*
    @ ndoro kakung : terima kasih ndoroku… :D jangan stroke lagi ya…
    @ ayahshiva : ya beneran mas, edan kok, jaman komputer gini kok masih ada tawuran
    @ Anang : wah apanya mas anang yang pendek? *salah fokus*
    @ arya : isu homok dibawa karena aku selalu ingat kamu
    @ goop : weks, malah ada kopingho :shock:
    @ hoeks : hihihihi, masih 20 besar coy!
    @ Totoks : cetek ilmunya sama cetek otaknya
    @ balibul : amiiin amiin amiiin amiiin
    @ alex : yang jelas makannya juga masih nasi, lex :P
    @ GRaK : mungkin karena dendam ini begitu mengakar jadinya sulit.
    @ taqi : bukannya singkatannya “pakar”? :P
    @ cK : weks :P maksudnya anto kekar?
    @ Paijo : malah misuh2 :P
    @ mbelgedez : hooh! pancen Ndeso ! Norak ! Kampungan !
    @ annots : bukan, itu siluet dua penghuni lab komputer UPN yang suka dinner bareng kalo pas lembur.
    @ Mihael “D.B.” Ellinsworth : coba mereka dikenalin ke FS! *nggak fokus*

  31. antobilang Says:

    :lol: kan biasanya yang brutal2 gitu bisanya cuma FS.. hihihihi .. kek geng motormu itu lho! :lol:

  32. myresource Says:

    ora ono koncone mas….

  33. Ferdi Satria Says:

    menurut aku perguruan silat (winongo dan terate)sebaiknya di bubarin aja mas…..


  34. *wusssshhhhh*
    ada apa ini? kenapa harus memanggil aku, Bu Kek Sian Su, datang kemari?
    Ah ternyata para Tauwsu, dan Ciangkun sedang ber-bicara tentang dunia kang ouw
    hmmmm….
    *bertapa lagi* 8)

  35. alex Says:

    Walahh… penggemar Kho Ping Ho datang! :lol:

    *OOT*

  36. PriyayiSae Says:

    ayo maluuuuuuuuuuuuu!
    jgn lupa bawa kampak, clurit, pisau, dan sandal jepit utk siap2 kabur!

  37. Araw Says:

    nek ditembak pakai senapan Arezx mati ra yo?

  38. Araw Says:

    nek di tembak pakai senapan Arezx mati ya yo?

  39. zimmy Says:

    buat temen-temen ada info bagus nie,
    kirim sms gratis dari http://www.vickyshine.com

  40. imcw Says:

    Huehehehe…Baca tulisan ini, jadi ingat masa masa kecil dulu yang keranjingan komik si buta dari gua hantu dan ko ping hoo. :)


  41. Oh jadi begitu yah ceritanya.
    Saya baru ngeh.

    Akhirnya pada saat penumpasan PKI, banyak pendekar Setia Hati Teratai yang menjadi ‘algojo’ eksekusi gembong PKI (yang beberapa berasal dari SHT).

    Kalo di Bali algojo eksekusi gembong PKI itu namanya Tameng, “sukses” membantai 80.000 simpatisan PKI (jadi bukan gembongnya saja tapi simpatisan juga di bantai).

    Serem deh dampaknya masih terasa sampe sekarang.


  42. jangan di bubarin kan silat mempertahankan budaya bangsa indonesia


  43. [...] lah Pendekar ituh ILMU PENGETAHUAN DAN WAHYU AL-QUR’AN 10 Things I hate about winter … Selamat Berpikir… dan [...]

  44. BAGUS Says:

    WE PORO MANUNGSO YEN RA RETI RA SAH KAKEYAN OMONG,PODHO2 ANGGONE OMONG SING SOPAN SITHIK

  45. BAGUS Says:

    BUAT ; FERDI
    LO NGGAK USAH BANYAK CAKAP GITU,NGOMONG MACAM LANCAU GUE KEPRET JADI LUTUNG LO,YG SALAH ORANGNYA BUKAN PERGURUANNYA DODOL

  46. reeyo Says:

    BAGUS on Desember 9, 2007 said:
    BUAT ; FERDI
    LO NGGAK USAH BANYAK CAKAP GITU,NGOMONG MACAM LANCAU GUE KEPRET JADI LUTUNG LO,YG SALAH ORANGNYA BUKAN PERGURUANNYA DODOL

    jangan jadi lutung jadiin david bekcham aja gpp biar uda mau pensiun maen bola apa raul gonzales soale aku yo melu PSH GB

    Persatuan Seneng Hutang Gak Bayar

  47. wong SH Says:

    hai….buat mas2 yg menghina SH,ucapanya jangan cuma lewat internet aj,klu berani datang langsung kemadiun..dsr pengecut.

  48. wong SH Says:

    itu orang yg tulis..suruh bubarin pencak silat SH..orang mana yah.,apa gak salah ucapanya,dijaga dong ucapanya..jangan dilihat dr jeleknya aja,baiknya jg dilihat dong mas.,atlit pencak silat indonesia banyak dr SH..banyak yg dpt medali&mengharumkan nama bangsa..negara..masa budaya asli indonesia mau dibubarin,km orang indonesia atau orang utan sich..korupsi&pembalak liar itu yg harusnya dibrantas,klu berani datang langsung mas kepadepokan SHW,SHT,dimadiun..jangan cuma mencaci&menghina lewat internet aja..TONG KOSONG NYARING BUNYINYA…anda semua cuma banyak bicara saja…..

  49. Kadang SH TERATE Says:

    Saya turut prihatin dengan keadaan ini. Jiwa muda memang menggelora,
    Inilah potret Indonesia sekarang ini..!!!???
    Saya adalah warga SH Terate.
    Biar bagaimanapun, seluruh kadang SH (SH WINONGO, TERATE, PSH, PO,KPS NUSANTARA, dan lainnya), adalah saudara…
    Tapi jgn boro2 nyalahkan dulur2 muda SHT dan SHW yang ” kelahi” minggu, 20 januari 2008 kemarin.
    — Anggota DPR yang suka geger, tidur waktu rapat,
    pejabat yang korup milyaran – triliunan rupiah???
    Inilah yang lebih parah!!! biang kerok
    Birokrasi yang korup, saling jegal, dst… hina sekali!!!

    Ayo!!! yang jadi biang korupsi!!! KIta lawan, kita hancurkan!!!
    Pejabat2 belum bisa jadi contoh. hanya aji mumpung!!!

    Guru kencing berdiri, pemuda kencing lariiiii!!

  50. suromenggolo Says:

    siapa yang berani njelekkan sh lewat internet itu hanyalah kumpulan monyet pengecut kalau berani datang kemadiun……. nanti pulang tinggal nama……

  51. suromenggolo Says:

    madiun itu gudangnya pendekar jangan main main, madiun gudangnya pendekar sh terate anda tahu sendiri berapa banyak atlit dari sh terate yang membawa harum negara ini.

    itu belum seberapa dimadiun masih banyak pendekar pendekar terate radja duel…..


  52. pendekar nongo kui ilmune karbitan

    mbayar 50rb wis iso nyandang gelar pendekar

  53. CAH MAGETAN Says:

    SIAPA YG MENJELEK2 KAN SHT ITU HANYA ORANG YG G PNYA OTAAK KALAU EMANG PUNYA NYALI DATANG KE MAGETAN MULEH DADI JENAT JAYA SELALU SH TERATE SETIA HATIKU SETIA HATI MU SETIA HATI TERATE TRD


  54. SH itu singkatan dari SENCAK HILAT


  55. KATANYA BERBUDI LUHUR….., GAK TAUNYA BERBUDI UDZHUR…

    KATANYA MEMBELA YG BENAR…GAK TAUNYA.. JELAS-JELAS SALAH MALAH DIBELA


  56. SIAPA YG MENJELEK2 KAN SHT ITU HANYA ORANG YG G PNYA OTAAK KALAU EMANG PUNYA NYALI DATANG KE MAGETAN MULEH DADI JENAT JAYA SELALU SH TERATE SETIA HATIKU SETIA HATI MU SETIA HATI TERATE TRD.
    ======================================================
    * kalau gak punya otak, masak bisa baca tulis, maen internet dan lain2, wah yg bener aja…..,

    * Minta ongkosnya donk kalau datang ke magetan, gak banyak2 koq…., cukup Rp. 25 juta… hi..hi..hi

    TRD = TERATE RAJA DISCO , wah hobby ne yen bengi nang diskotik..

    TRD = TERATE RAJA DADU , wah hobby ne yen awan bengi maen judi

    TRD = TERATE RAJA DANDAN , wah hobby ne nang salon….

    TRD = TERATE RAJA DUEL, hobby ne tawuran…WHALAAHHH… JARENE BERBUDI LUHUR


  57. Konsentrasi : JURUS 36 ====== >> JURUS KUNCI

    WALAUPUN DISERANG DARI 8 PENJURU, SI PENYERANG AKAN MATI.

    tapi klu di serang sama “NGANTUK” pasti nggloyor,

    tapi klu diserang sama “AMARAH” pasti emosi,

    tapi klu diserang sama “BANGGA” pasti sombong,

    tapi klu diserang sama “NYAMUK” pasti gak kuat
    (cari obat nyamuk, autan)

    PENDEKAR KOK KALAH SAMA : NGANTUK, AMARAH, BANGGA, NYAMUK….

    weleehhh…weleehhhhh…….he…he…he…


  58. hi… hi…hi,

    wong SH , SH, SH, SH, …………. = SAKIT HATI = Sakit Hati

    SAKIT HATI = LORO ATI

    GAMPANG MARAH, EMOSIAN, TAWURAN, BERTENGKAR , ……….., KATANYA BERBUDI LUHUR ,,,,,,, LHA KOK BERBUDI UDZHUR…. he…he…he…he

    KENAPA YAA ??? ……. JWBNYA : KARENA SAKIT HATI, LORO ATI, ATINE LORO ORA ISO TENTREM AYEM, SABAR,

    KENAPA YAA ???? …….JWBNYA : KARENA BELUM BER-SETIA HATI, KEPADA DIRINYA SENDIRI…

  59. PRAS Says:

    SALAM BUAT MAS NANANG MAS YO2K POKOKNYA SMUA WARGA SH TERATE D PARANG KHUSUSNYA NGLOPANG,,,,,JAYALAH SH,,,,MEKARLAH TERATE KU] BY NDOLOXZ

  60. CAH NLOPANG Says:

    GUNO LAN TOPO KALAH DENENG ROTI LAN SEGO ,,,,,,,HEHEHE NLUROK TANPO BOLO MULEH RA NGGOWO NYOWO ,,,,,,,,,,,SALAM BUAT KARANG TARUNA SATRIA MUDA ,,,,,NGLOPANG

  61. CAH NGLOPANG Says:

    OJOOO DUPEH ,RASAH KEMLINTHI

  62. ASHTER Says:

    STK……JAYA…..!!!!
    STK……JAYA…..!!!!
    MESTI AE JAYA, BAYAR 50RB JD PENDEKAR. TAPI KUALITAS O. NEK GELOT WANINE GOWO CLURIT.

  63. ASHTER Says:

    salam persaudaraan bt dulur2 SHT seDunia

  64. ASHTER Says:

    ORA USAH EMOSIAN…..GAMPANG NAIK DARAH…..

    JARENE BERBUDI LUHUR…..?? LHA KOQ….

    PIYE JURUS 36?? JURUS KUNCI JARENE….

    MESKIPUN JURUS 36, KALAU GAK PUNYA DUIT…., MAU BILANG APA..SAYYANGGGG????…HE..HE


  65. lho pendekar tingkat piro dhisek??..

    kan onok 9 tingkat,

    kowe kan jek tingkat I, yoo podo karo jek tingkat “taman kanak-kanak”… he..he…he..he

  66. afwan Says:

    wah jadi inget masa2 smp dulu
    tawur terus …
    sekarang masih musim ya ternyata

    merujuk pada comment mas Totoks
    status mereka sebagai pendekar masih harus dipertanyakan lagi :p

  67. hida Says:

    hmmm, sualut buat SHT. andai aku bisa nerusin sabuk item ku, sayang!!! banyak waktu yang harus aku pergunain buat cari nafkah, buat sekolah je, terus gimana donk!
    yach yang penting memang pendekar -SH- itu satu kan mas: memayu hayuning bawono= ta`wil terdekatnya rahmatal lil`alamiin gitu, itu kata mas-mas ku lho!!

  68. Rohe mbah Suro Says:

    Kowe kabeh mung pada sedulur sing ngaku-ngaku ae ngger!!!
    putu2ku yen arep pengin ngerti eSHa sing asli saktenane, maraa langsung neng omahku jl. gadjahmada winongo madiun. takona dulurmu sing tunggu omahku……SHT, STK, SHO kabeh sing mambu2 SH…..wis pada adoh soko piwulangku….ojo wok deleng kabeh kui mau….. SH ajaranku gawe karukunan, gawe kamulyan……ora mung gelut ngono kui tok le!!!!

  69. Zali Says:

    Tujuan dari PSH Winongo Tunas Muda adalah Mengolah lahir mengolah batin untuk mencapai kesempurnaan hidup untuk mencapai keluhuran budi kesejahteraan dan kebagiaan hidup di dunia dan akhirat,jadi tidak ada tujuan negatif pada Organisasi tersebut,sedangkan anggota – anggota dari PSH TUNAS MUDA WINONGO tersebut yang telah berbuat onar adalah menyimpang dari tujuan pokok PSH TUNAS MUDA WINONGO,jadi jangan disalahkan Organisasi tersebut ,jadi yang harus diSaLAhkan adalah personnya itu(orangnya secara pribadi itu),jadi jangan salahkan Organisasi tersebut,lagi pula kita ini adalah sesama umat beragama Islam,kenapa kita harus terpecahkan gara-gara fanatik yang tidak dibenarkan.WASSALLAM.

  70. Zali Says:

    ORANG YANG SUKA MENJELEK JELEKKAN SUATU ORGANISASI ATAU MEMFITNAH,ORANG SEPERTI ITU ADALAH PECUNDANG ALIAS KROCO KROCO YANG TIDAK MENGAMALKAN AJARAN YANG BENAR DARI ORGANISASI PERSAUDARAAN SETIA HATI DARI ALIRAN APAPUN.(fROM;STK)

  71. HARDJO PRANOTO..ABDI DALEM KRATON Says:

    Setia Hati……
    Dalam setia Hati TIDAK ADA GELAR PENDEKAR. Semua sama yaitu saudara yang di lahirkan dari tuntunan NUR ILLAHI ROBBI… cahaya yang menuntun manusia kejalan kebajikan. bagi mereka yang menganggap dengan membayar 50 ribu atau tanpa latihan mendapat gelar PENDEKAR itu salah BESAR. perlu di ingat bahwa EYENG KI NGABEHI SOERO DIWIRJO tidak pernah memberikan gelar pendekar kepada murid-muridnya. aku yakin saudara” semua tidak pernah tau sejarah dan seluk beluk SH yang sebenarnya. karena SH terlahir bukan dengan nama “SETIA HATI”. dan BODOH nya lagi saudara” semua di ADU oleh tulisan diatas KOK YO PODO KENO..(kok mau). justru yang membuat tulisan diatas itulah sebenarnya yang harus di binasakan. merasa sok tau tentang asal muasal SH. sok ngerti tentang SH.
    saya tegaskan lagi bahwa dalam SETIA HATI tidak ada gelar PENDEKAR. yang ada hanya saudara,sedulur.

    MEMAYU HAYUNING BAWONO…BENTENG YANG KUAT ADALAH BERIMAN KEPADA TUHAN…AKU ADALAH KAMU…

    SAUDARA “SETIA HATI”

  72. HARDJO PRANOTO..ABDI DALEM KRATON Says:

    Setia Hati……
    Dalam setia Hati TIDAK ADA GELAR PENDEKAR. Semua sama yaitu saudara yang di lahirkan dari tuntunan NUR ILLAHI ROBBI… cahaya yang menuntun manusia kejalan kebajikan. bagi mereka yang menganggap dengan membayar 50 ribu atau tanpa latihan mendapat gelar PENDEKAR itu salah BESAR. perlu di ingat bahwa EYANG KI NGABEHI SOERO DIWIRJO tidak pernah memberikan gelar pendekar kepada murid-muridnya. aku yakin saudara” semua tidak pernah tau sejarah dan seluk beluk SH yang sebenarnya. karena SH terlahir bukan dengan nama “SETIA HATI”. dan BODOH nya lagi saudara” semua di ADU, DI FITNAH, oleh tulisan diatas KOK YO PODO KENO..(kok mau). justru yang membuat tulisan diatas itulah sebenarnya yang harus di binasakan. merasa sok tau tentang asal muasal SH. sok ngerti tentang SH. apakah dia adalah orang SH..???
    saya tegaskan lagi bahwa dalam SETIA HATI tidak ada gelar PENDEKAR. yang ada hanya saudara,sedulur.

    MEMAYU HAYUNING BAWONO…BENTENG YANG KUAT ADALAH BERIMAN KEPADA TUHAN…AKU ADALAH KAMU…

    SAUDARA “SETIA HATI”

  73. antobilang Says:

    menurut saya yang harus dibinasakan itu ya sikap sok menang sendiri itu.
    semua ada prosesnya, diskusi jadi yang utama.

  74. rohe mbah suro Says:

    he he ndeleng ukarane,…. si HARDJO PRANOTO..ABDI DALEM KRATON iki wong SH terate iki he he he……. nek SH terate kok nyebut2 jenengku barang yo….kudune kiblate yo si Ki Hajar Pilangbango kae to yuuu……
    yooh wis lumayan WISE ukaramu le!!!

  75. dirikuw... Says:

    ffjkfhjf


  76. Ass,…

    salam persaudaraan buat semua warga SH Terate.

    NGALAH, NGALIH,NGAMUK

    KENAL DIRI BERBUDI LUHUR

    by orang yang belajar sabar dan berlaku adil

    wass…


  77. Ass,…

    salam persaudaraan buat semua warga SH Terate

    Ternyata ada keributan disini…

    NGALAH, NGALIH,NGAMUK

    KENAL DIRI BERBUDI LUHUR ,aja ya mbak2x n mas2x.
    jangan pada berdebat…hueeee…hee..

    by orang yang belajar sabar dan berlaku adil

    wass…

  78. tot Says:

    Sing kakean mbacot ayo tanding karo aku..jo podo pating crangab koyo badak, podo lanange cok ayo nek tanding….PSHT’2000

  79. antobilang Says:

    baca ini ya buat yang mau komentar :

    http://www.kompas.com/read/xml/2008/09/14/06404495/ratusan.pesilat.mengamuk.satu.tewas.belasan.luka

    Massa perguruan pencak silat SHT di Kedungadem Bojonegoro, Jawa Timur, mengamuk sehingga mengakibatkan seorang penduduk desa setempat, Yuswanto (35), tewas dan 15 orang lainnya menderita luka-luka.

    Korban tersebut adalah masyarakat yang sedang lewat di desa setempat sepulang dari menonton orkes dangdut di Desa Kesongo juga di Kecamatan Kedungadem. Ketika lewat jalan di depan padepokan SHT di Desa Mlideg itu mereka langsung diserbu ratusan orang dengan menggunakan senjata tajam dan pentungan. Korbannya tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak dan wanita.

    Mereka yang dikeroyok itu masyarakat biasa. Anggota padepokan SHT menganggap mereka berasal dari perguruan pencak silat lain yang bermusuhan.

    So?

  80. remo Says:

    aku seh mending ikutan karate ato taekwondo..cuz cewe2nya mantep euy.. daripada ikut perguruan yang hanya liat batangan mulu..bisa bete n ya jadilah orang2nya suka kekerasan..kayak ryan…hoho piss…

  81. bocah Says:

    ANAK ASTER GAJAH MADA

    salam persaudaraan buat saudara – saudara sh teratai

    STK sedulur tukang kawin

    percuma kalau jadi orang cuma bayar 50 rb trus diajak minum kopi sehabis itu langsung jadi warga stk sekaligus jadi pendekar.

    pendekar apaan tuh kalau mau jadi pendekar latihan dulu dunk

    kalo mbayar tu h nama nya pendekar nyogok turuk

    bg warga stk sadarlah percuma jadi pendekar kalau ga bisa pencak silat

    mendingan masuk aja ke doli

    pendekar kok mbayar………kwakwakkwa………….kwak………….kwak

  82. masadi Says:

    dulur.. nyapo dho golek ribut2
    gak enek paedah e ……. mendhing rubungan nang masjid dho golek tajilan,
    buka puasa wareg. oleh jama’ah sholat bareng. mbuh koen wong psht po pn ra peduli.
    aku wong psht ra arep serik, sing salah didandani… sing bener di nut….
    eling piwelinge ajining diri dumuning ana ing lati, yen komentar sing bener!!!!

  83. sammther1922 Says:

    salam persaudaraan
    SH TERATE 1922 THE TRUE MIX MARTIAL ART FROM SURO DIWIRYO

    STK = SATE TEMPEK KONTOL

  84. sedol Says:

    SURO DIRO JOYO NINGRAT, LEBUR DENING PANGASTUTI……
    SEPIRO GEDENE SENGSORO, YEN TINOMPO AMUNG DADI COBO.

  85. STK Says:

    ojo kakean CANGKEM,podo piter nyocot kabeh,nek wani moro o neng winongo…

  86. wishnu Says:

    Kalau buat artikel di blog itu yang benar, jangan cari sumber artikel dari satu sisi aja.
    Nanti bisa timbul fitnah, anda kalau orang islam harusnya tahu kalau fitnah lebih kejam dari pada membunuh.
    SETIA HATI / SH WINONGO itu pada dasarnya tidak punya musuh, kecuali iblis,syetan, dan
    hawa nafsu yang menyesatkan manusia.
    Tidak ada untungnya bila kita selalu menuruti hawa nafsu kita, jadilah manusia yang paling dicintai ALLAH yaitu manusia yang bermanfaat, berguna bagi manusia dan bertaqwa kepada allah. Pasrahkan dan serahkan diri saudara-saudara SH hanya untuk ALLAH SWT.
    Biar hidup kita selamat dunia akhirat.
    Manusia paling sakti itu manusia yang tidak punya musuh. Musuh paling berat menurut
    kanjeng nabi yaitu melawan hawa nafsu kita sendiri
    Pegang satu prinsip kalau dicubit sakit itu yo mbok jangan nyubit, kendalikan semua.
    Semoga ALLAH SWT bisa memberi petunjuk kebenaran dan kedamaian bagi kita
    semua.

  87. uyu Says:

    kakean cangkem

  88. tanpo aran Says:

    Aku sangat senang membaca tulisan sedulur TOT. Inilah pendekar sejati. Pendekar yang berani menunjukkan kejelekannya didepan umum.

    Setahu saya dalam SHT ada prinsip MUSUH TIDAK DICARI ………… hla kalau nantang2 gitu mestinya bukan warga SHT.

  89. aria Says:

    Saya kira blog ini di buat oleh orang yang frustasi..entah frustasi karena dia seorang pengangguran atau memang seoarang psikopat..dari kata2 nya saja sudah bisa di liat kalau pembuat blog ini adalah amatiran..yah saya maklum saja mungkin pembuat blog ini pernah drop out atau sekedar lulus SLTP saja..maaf sekiranya komentar saya seperti ini..sebab bagaimana negara ini bisa maju kalau orang-orangnya seperti pembuat blog ini? dan saya saya curiga mungkin pembuat blog ini adalah termasuk pemakai narkoba atau bisa saja bandarnya..bisa saja kan sbb orang madesu (masa depan suram) seperti itu kan berpikirnya tidak dengan otak tp dengan halusinansi..

  90. andik bonenk Says:

    tat twam asi aku adalah kamu kamu adalah aku. jangan pernah nyubit kalau ngak mau dicubit.anak sh winongo bersifat ksatria. adi luhung dan adi luhur. musuh kita cuma setan dan hawa nafsu kita sendiri. kalau cuma hanya bisa pencak mendingan ngak usah jadi pendekar. pendekar sejati adalah orang yg bisa menahan segala bentuk amarah dan selalu bertaqwa kepada allah…thanks andik bonenk josenan. jl.cokrobasonto gg II AE.

  91. Kang PN sejati Says:

    alah memang SHT sama SHW itu orangnya sama-sama sok pinter,sok gaya, tapi kalau di gertak sama orang Pagar Nusa pada lari semua. coba saja lihat di bondowoso, para SHT gak ada apa2nya, beraninya cuma ngomong.

  92. boedi oetomo Says:

    Saya berharap konvlik itu ……

  93. wanoro seto Says:

    salam buat seluruh keluarga IKSPI KERA SAKTI
    salute buat seluruh pendekar dari perguruan lain.
    mari membela yang lemah

  94. kera putih Says:

    salam buat seluruh keluarga IKSPI KERA SAKTI
    salute buat seluruh pendekar dari perguruan lain.
    mari membela yang lemah

  95. chaxxx Says:

    haduh3….

    pusing!

    mending kita berprinsip kyk gini :

    “bagiku perguruanku, bagimu perguruanmu”

    lak simple kan…

    salam peseduluran saking ASHTER Pusat..

  96. aku Says:

    cah terate emang gatel kabeh wanine mong nyocot.lk glot kroyokan. wani silet wedi rai.

  97. aku Says:

    cah terate emang bajingan kabeh.jancok gatel.lak wani duell yooooo!!!!!!!!ojo kroyokan wae.

  98. SH Says:

    salam persaudaraan
    seandainya beliua eayng suro masih sugeng(hidup)
    apa yg akan di perbuat?????? melihat kondisi sh saat ini.
    apa anda2 tidak malu sebuah ilmu yg edi peni adi luhung sekarang menjadi seperti skr ini.smua sh itu bersumber dr satu eyng suro.ingat pesan beliau sebelum wafat…………….bagaimanakah keadaan beliau di alam sana melihat anak2 asuhnya yang sekarang ini…elimgo marang sejarah kuatno elingane marang sejarah slamet mergo ora ngubah sejarah,

  99. joko Says:

    Gatel kabeh


  100. Wah ko’ kbeh ngelek2 tow eleng wong kbeh soko lemah.. Wah terati hbat ya tp cxnk q gak bgtu ska ma psht. Pangah jek jaya bnteng ulama’ pagar nusa” from nganjuk selatan. Belenk.. Com. Hay cah mbadong

  101. Bocah laren Says:

    Buat smua warga sh terate, gak usah terpancing dg hinaan or sesumbar di dunia maya, namanya juga maya pastinya juga bohong. Mrk omong gitu krn mrk gak ngerti akar persoalan yg sebenarnya jd omongannya ngelantur, santai aja lagi. Bravo PSHT


  102. Eh da kbar gembira di nganjuk nak psht demo gara ketuax ga2l jd bupati.. Ko’lucu kalah demo kasihan… Dimana da terete pazti da kributan pantas dapat pridikat Cah Kirek brani cman kroyokan.. Salam bwat pagar nusa nganjuk yg wargax mencapai puluhan ribu.. Coba lw brani pkek kaos terate lewat berbek djamin hancur

  103. meong Says:

    alah alah kakean cangkem kabeh………..!!!!, kabeh kok ngurusi silat!!!! aku dewe lo warga s-h terate lan nerus ake melu s-h winongo. rumangsaku podoae. kabeh ngajar ake sing apik. sing garai s-h rusak zo soko bocahe dewe, westo rasah ngurusi silat sing penting golek duwit.

    eleng bos awak’e dewe podo dulure

  104. meong Says:

    salam buat anak”
    s-h terate
    s-h winongo
    pagar nusa

    salam persadaraan damai slalu dari anak nganjuk

  105. meong Says:

    forum kok wonge kakean cangkem kabeh cok djancok……………………………!!!!!!

    kon opo gak tau di ulang budi pekerti kabeh to cok…….!kok wanine kakean cocot…..!!! eleng duso cok. opo mungkin to silatmu kabeh sok katene mbok gowo nang akhirat? katene mbok gawe opo silatmu?ngusungi watu nang neroko to?


  106. Hidup mati tetap pagar nusa.. Dimana da ulama’ dsitu pula kn terlahir pendekar pagar nusa..

  107. setia hati190 Says:

    =SH TERATE DAN SH WINONGO=-
    “Setia-Hati” berdiri tahun 1903 oleh Khi Ngabehi Suro Diwiryo.
    Akar permasalaha pemicu pertentangan kedua kubu SHT dan SHW adl perbedaan ideologi antara Ki Ngabehi Suro Diwiryo dgn Hajar Hardjo Oetomo(murid eyang Suro).
    MENURUT PANDANGAN:
    1.Ki Ngabehi Suro Diwiryo
    SH bkn tempat wadah perjuangan bangsa untuk pencapaian kmerdekaan,ttpi perkumpulan pencak silat &tdk mmbdakn SARA.
    2.Hardjo Oetomo:
    -SH adl sarana menggalang persatuan and alat prjuangn pncapaian merdeka.
    .:Karena perbedaan tsb Hardjo Utomo mundur dr SH dan ijin kpd Eyang Suro utk mndirikan SH MUDA,tapi oleh Eyang Suro tidak diberi jawaban alias tidak direstui.Karena Eyang Suro mengtahui bhw di Pilangbango diadakn ltihan pencak silat,maka SH MUDA dicap oleh Eyang Suro sbg SH MERAH/SH KOMUNIS, SHM bersiasat mngbh nma mnjdi SH Pencak Sport Club(brgulir thn 1922).
    Masalah terjadi dgn Belanda krn kt “PENCAK” tsb,akhirnya brgnti lagi mnjdi SH SPORT CLUB.
    Thn 1942 atas inisiatip S.Soerengpati(tkoh Indonesia Muda),SH SPORT CLUB berganti mnjadi SH TERATE.
    ==================
    FAKTA::::
    Dari sini dapat dilihat bahwa antar SETIA HATI yang didirikan oleh Eyang Suro dengan SH TERATE adalah berbeda..
    Mungkin dapt dktakan bermusuhan atau Penghianatan oleh murid ke Guru.
    Jikalau ada yang memgatakan bhw Saudara2 SH TERATE adalah cucu atau saudara Eyang Suro, itu tidaklah benar.
    Saudara tua sebenarnya adalah SH PANTI dan SH TUNAS MUDA WINONGO.
    Hal itu terbukti bahwa Eyang Suro wafat thn 1944,sepeninggal beliau masih memiliki basis SETIA HATI di desa Winongo dgn murid2 beliau. Sedangkan tahun 1942 SH Jadi2an Hardjo utomo sudah ada di Pilangbango. Jadi dlm kurun waktu tsb tlh berdiri 2 perguruan:
    1. SH asli Eyang Suro
    2. SH pmbrontak Harjo utomo

    ))HUBUNGAN SH PANTI DENGAN SH TUNAS MUDA WINONGO((
    +SH PANTI(sh surodiwiryan) adalah rumah Eyang Suro yg dahulu digunakan untuk menggembleng ilmu2 SH,Berpusat di daerah Panti,selatan rel kereta Winongo.
    *** Sesepuh SH PANTI bapak KOESNI dan Pengasuh SH TUNAS MUDA bapak RDH SOEWARNO mengabdi pada Eyang Suro dari thn1939 dan hingga eyang meninggal, mereka belum dikecer. Akhirnya dikecer oleh murid Eyang Suro bernama Hadi Soebroto.
    Perlu diketahui oleh kadang sh Terate,bahwa BapakRDH Suwarno bukanlah PENDIRI SH Tunas Muda Winongo, melainkan PENGASUH.

    MENGAPA BERNAMA SH TUNAS MUDA DAN AKTIF TAHUN 1965?
    -SETIA HATI Asli( bukan PSHT) sejak thn 1964 mngalami kemunduran dan tidak begitu aktif.
    Dikarenakan berkurangnya pnrimaan murid baru, sebagian saudara SH sudah sepuh,bahkan meninggal.
    Dikhwatirkan SH Asli akan mnglmi kpunahan,utk mnghindri hal tersbut, thn 1965 15 oct Bpk RDH Soewarno mngaktifkn kmbli kegiatan SETIA HATI.
    Ini tentunya juga mndapat pngkuan dan persetujuan dari pihak SH PANTI,dapt dketahui bhwa SH PANTI mngijinkan pemakaian simbolnya pada SH Winongo ini.
    Karena aktif dlm bntuk organisasi dan mndpt ijin notaris, dlm SHWINONGO disisipkan kata TUNAS MUDA,yang artinya SH yang akan bersinar kembali.
    SH PANTI hingga sekarang masih ada dan seluruh organisasi penerimaan anggota,acara Suran Agung dan halal bihalal ditangguhkan kepada SETIA HATI TUNAS MUDA WINONGO MADIUN.

    MENGAPA DALAM PENERIMAA SH TUNAS MUDA HARUS DILAKUKAN PENGESAHAN TERLEBI DAHULU??
    -Dengan disahkan,seseorang akan resmi mnjdi Warga. Ilmu2 SH boleh diketahui hanya oleh warga dan dilarang mngjrkan kpd yg bkn warga.
    Untuk pelajaran tngkt lnjut baik itu akan diikuti atau tdk oleh seorang warga,itu mrpkn ksdaran dr warga tsb. Karena SH tidak ada paksaan.

    APA SEBAB ANGGOTA SH WINONGO TIDAK BEGITU BESAR DAN SEPOPULER SH TERATE?
    -Hal ini karena siapapun yang akan menjadi warga SH TUNASMUDA WINONGO, maka diwajibkan untuk langung datang ke pusat d Madiun dan dikecer langsung, SH TUNAS MUDA tidak membuka cabang dimanapun.

    sh winongo tetap jaya

  108. joe Says:

    ddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnccccccccccccccccccccccccccccccoooooooooooooooooooookkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    sssssssssendekar ASHWIN 1903 JAYA

  109. jaka Says:

    stk….korea.. jangan memutrbalikkn fakta dalam singktan stk .bukankah kita diajarkan untuk saling menjaga nm baik s-h klo anda gak tahu tentang sejarah stk.mendingan kamu diam.gak usah bacot,aku tahu km dari sh terate yg gak suka ma sh winongo.kita sama2 tahu tentang dunia internet jangan buat kepalsuan tentang mimbar sh winongo.dalam mimbar sh winongo,tidak mengajarkan saling acuh tak acauh…..araso.peace.

  110. ASIKIN Says:

    kayak ya di prop banten gak ada truh macem sh terate winongo pa mereka braniya cuma di sana atau bener karna banyak temen jadI YA
    i kroyokan dasar. mendingan lo teroris aja ada dasar agaMA WALAU SESAT DARI PADA MATI KARNA SH TERATE EMANG JAMINAN MASU K SURGA DAN ADA DALIL YA AKU DI BANTEN LAMA GAK ADA TUH SH TERATE COBA KESINI AKU DI PAGER BANTEN LAMA COY

  111. wew Says:

    P : Pasukan
    S : Sakit
    H : Hati
    T : Terkutuk

  112. ABDI Says:

    Di SH Panti tidak mengenal jurus keramat juga tidak mengenal jurus dasar ataupun AA seperti di SH Tunas Muda jadi Jangan terlalu yakin dengan omongan pendiri SH Tunas Muda (Suwarno) seolah olah sama dgn Panti justru kalau ditinjau dari sarat pengecerannya lebih mirip SH Terate seperti Mori, daun sirih, ayam jago, uang mahar dll, Sekali lagi kalau ada orang SH Tunas Muda yang mengatakan ada hubungan dengan SH Panti, pernah sowan ke Panti itu bohong besar. bahkan setelah berdirinya SH Tunas Muda, pendirinya (Suwarno) tidak berani lagi datang ke Panti. soalnya pada waktu orang panti dengar/tau P. Warno mendirikan/melatih pemuda di desa winongo (sumur bor) kerap kali dipanggil al oleh Pak Ngalimun (SH Panti) tapi dasar keras kepala, akhirnya dibiarkan sampai sekarang.

    Perlu diketahui SH Panti tidak mengenal Suran Agung tapi mengenal Suran saja. SH Panti tidak punya simbol (simbolnya ada pada dirinya masing masing). Tidak ada sesepuh SH Panti yang namanya Bpk Kusni. maaf orang SH Tunas muda jangan ngawur. Ni saya beritahu istilah pengasuh itu diberikan setelah ada undang undang keormasan th 1987 waktu itu Juru Kecer / Pengesuh (Bukan Pengasuh) SH Panti (RM Soemakto alm) geram dengan pemakaian nama nama yang menyangkut SH Panti sehingga SH Tunas Muda masuk IPSI dan SH Panti masuk Paguyuban sehingga di akte Notaris namanya menjadi Paguyuban Persaudaraan Setia Hati.Tahun 1964 SH Panti tidak pernah mengalami kemunduran bahkan memang SH Panti tidak boleh mempromosikan diri. sampai sekarangpun belum tentu dalm 1 th melaksanakan pengeceran lebih dari 2 orang. Jadi jelas SH Panti tidak pernah mengijinkan atau memberi pengakuan. Penerimaan anggotanyapun juga tidak ditangguhkan kepada SH Tunas Muda atau lainnya tetapi siapapun boleh masuk menjadi saudara bahkan disini ada dari bebrapa perguruan. Untuk bisa menjadi juru kecer di SH Panti juga tidak sembarangan ada syarat-syarat tertentu. tidak bisa seorang este trap (tk 1 di Panti) karena sesuatu hal/ menghindari kepunahan atau yang lainnya terus melanjutkan pengeceran, terus apa yang akan diberikan ?
    Klo ingin tau Silsilah Juru Kecer di SH Panti ni : 1. Eyang Soerodiwirjo alm. 2. Bpk Bupati Koesnendar alm (Pakpuhnya Mas Imam Kusupangat SHT) beliau hanya ngecer 1 Orang yaitu Sri Pakualam. 3. Bpk Hadi Soebroto alm dan Bpk Karyadi alm bersama sama. 4. Bpk RM Soemakto alm. 5. Bpk. Koes Subakir ( Mas Cuk ) hingga sekarang. Kesemua Juru Kecer ini sudah mencapai tataran Derde Trap ( Tk III di Panti ) terpilih dari derde traper yang ada. Jadi tidak ngawur. Perlu diketahui sebagian besar anggota SH Panti itu justru tidak berdomisili di Winongo itu sejak dari dulu. penulis sendiri juga heran ! contoh mas Cuk sendiri berdomisili di jalan Barito Madiun.
    Tingkatan di SH Panti :
    1. Este trap (Tk 1 )
    2. Tweede trap (Tk 2)
    3. Derde trap (Tk 3)
    Sekian, penulis mohon maaf jika ada yang tersinggung, kami komentar karena nama SH Panti dibawa bawa yang informasinya tidak benar. tanpa tendensi apa apa SH Terate lebih kesatria berani menunjukkan jati dirinya yang sesungguhnya kami sangat menghargai itu mudah mudahan diikuti oleh SH lainnya.

    Sebenarnya yg terjadi perpecahan organisasi adalah SH Winongo yaitu menjadi SH Panti Winongo (rumah peninggalan Eyang Suro) dan SH Tunas Muda Winongo yg memulai kegiatannya th 1965. bahkan di SH Tunas Muda Winongo sendiri sempat akan terjadi perpecahan sewaktu kelompok Patihan (STK Boxing) menyerbu padepokan SH Tunas Muda Winongo,saya sendiri ikut prihatin atas kejadian tersebut. semoga kita bisa selalu mawas diri dan tidak mementingkan diri sendiri.

    Salam Persaudaraan !!!!!!!!!

  113. siswa PSHT Says:

    aduuhhh…. jD puZZiingg…

    mNa sich yg bnEr..??

    kuG wargA” SHT,SHW,dLL pd Adu mULut….

    smW G bZ d AndLiin…

    kataX saUdaRa..!!!

    aDuhhh maz” Q skaLian,, damaii dunK…

    ^_^

  114. juki Says:

    wonk jowo kudu ngerti jowone,hayo lebih baik ingat wejangan sunan kalijaga”SURO DIRO JOYONINGRAT LEBUR DENING PANGASTUTI”

  115. putri maniezt Says:

    stk winongo tuch mank cang9ih q hrp stk winongo bz jd juara 1 oce. . . . . .
    bg q tuch stk winongo plg TOP BGT yo ra . . . .
    hehehehehe. . . .
    mndgn mti riE pd gag ikt stk

  116. NASIONALISME Says:

    ANDA SEMUA RIBUT-RIBUT NGGAK KARUAN
    SH TERATE DAN SH WINONGO SEPATUTNYA TIDAK MENDAPAT HINAAN ATAUPUN CACIAN
    ANDA SEMUA SADAR ATAU TIDAK BAHWA KEDUA PERGURUAN PENCAK SILAT ITU ADALAH SALAH SATU WARISAN SENI DAN BUDAYA BANGSA INDONESIA YANG ASLI DARI NENEK MOYANG KITA.
    BAHKAN SH TERATE ITU ADALAH SALAH SATU ORGANISASI PENCAK SILAT TERBESAR DI INDONESIA DAN BAHKAN TERBESAR DIDUNIA, INI ADALAH ASET BUDAYA BANGSA KITA YANG HARUS KITA LESTARIKAN DAN KITA JAGA NAMA BAIKNYA BAIK DARI KALANGAN ANGGOTA SH ITU SENDIRI MAUPUN DARI SELURUH KOMPONEN BANGSA INDONESIA KALO KITA MEMANG MENCINTAI BUDAYA KITA DAN MEMILIKI JIWA NASIONALISME YANG TINGGI TERHADAP NEGARA INI.
    ADA PERTANYAAN BUAT ANDA SEMUA
    JIKA SH TERATE DAN SH WINONGO DI AKU-AKU OLEH NEGARA LAIN (MISAL MALAYSIA) BAHWA SENI BELADIRI (BUDAYA) TERSEBUT ADALAH BERASAL ASLI DARI NENEK MOYANG MALAYSIA, APAKAH SAUDARA-SAUDARA SEBANGSA DAN SETANAH AIR RELA ?
    COBA PIKIR DENGAN AKAL SEHAT !
    SMACK DOWN ADALAH SALAH SATU SENI BELADIRI MILIK AAMERIKA .
    LEBIH SUKA MANA ANDA ANTARA SENI BELADIRI SH TERATE / SH WINONGO DENGAN SENI BELADIRI SMACK DOWN ?
    SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK TENTUNYA BANGGA ATAS BUDAYANYA SENDIRI !
    CAM’KAM ITU……
    YANG ADA PERDEBATKAN DAN ANDA PEROLOK-OLOKAN DIATAS ADALAH ASET BUDAYA BANGSA KITA,
    SENANG ATAU TIDAK SENANG ITU MILIKMU, MILIK KITA, BAIK BURUK ADA PADA TANGGUNG JAWAB KITA SELAU GENERASI PENERUSNYA,
    TERIMA KASIH
    WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.


  117. Dr sekian komentar yang saya cocok baru yang NASIONALISME, ya betul sekali dikala negara lain berusaha dengan berbagai macam cara untuk memperkenalkan budaya mereka kepada bangsa lain kita yang memiliki budaya yang beragam malah ribut mencaci dan mengolok-olok budaya milik sendiri.
    bagi Anda-anda semua yang tidak senang ikut Pencak Silat (Beladiri) cobalah belajar manfaat dan faedah dari Pencak Silat.
    Kalo you menganggap Zaman sekarang pencak silat itu seakan tidak perlu, dengan alasan karena zaman sudah modern dan pencak silat itu KUNO, itu salah besar.
    BELADIRI TERAKHIR ADALAH PENCAK SILAT.
    Jika anda sebagai prajurit TNI atau POLRI senjata itu adalah untuk pertahanan awal, namun tatkala amunisi anda telah habis, peluru anda telah habis, tak ada senjata modern ditangan anda, PAKAI APA AKAN MEMPERTAHANKAN DIRI ANDA, Apakah Anda berfikir saat itu sudah kalah….?
    “TIDAK” “BELADIRILAH SENJATA TERAKHIR ANDA” (PENCAK SILAT).
    Anda tau Kopasus (Komando Pasukan Khusus) TNI, mengapa mereka disebut pasukan Elit TNI, karena mereka selain memiliki kemampuan pikir yang tinggi, penggunaan senjata modern yang handal dan profesional, MEREKA JUGA MEMILIKI BELADIRI YANG SANGAT LUAR BIASA”, jika dibanding dengan pasukan TNI biasa.
    JADI PENCAK SILAT ADALAH SENI BELADIRI YANG MEMPUNYAI BANYAK MANFAAT BAIK UNTUK MEMPERTAHANKAN DIRI SAAT DIBUTUHKAN ATAU DARI SEGI KESEHATAN.

  118. syehfii Says:

    salam buat warga baurno bojonegoro saya banga sm kalian hampir 70% ikut bela diri,tapi bodo-a bukan untuk membela diri tapi malah km pake unt ngeroyok yg lemahhhhhhhhhhhhhhhh

  119. ari Says:

    Sebenarnya apa dasar dari penulisan artikel ini di blog ?
    Cerita tentang keterlibatan SHW di kejadian 1965 itu dari mana ? aku baru dengar. kalo hanya katanya yach siapapun orang bs ngarang cerita.
    Kalo ada orang pencak silat ato pendekar yang perilakunya buruk, itu bukan karena perguruannya tapi ya karena orangnya aja. jgn salahkan perguaruan pencak silatnya.
    Seperti orang yg punya motor, trus buat kebut2an jgn di salahkan motornya dong.Itu karena orangnya yg niatnya gak baik buat kebut2an.Cb buat kerja atau sekolah kan bermanfaat.
    Masalah berita di media itu jgn di jadikan dasar krn tulisan di media juga tidak netral tergantung siapa yg nulis dan apa kepentingan nulisanya untuk apa ?
    Untuk kasih info mendidik atau untuk menimbulkan kebencian ?
    Masalah hubungan SHW dan SHT tak selamanya jelek atau bermusuhan. Buktinya di keluargaku. kakaku SHW menikah dg cewek SHT.Kakakku yg cewek SHW menikah dg cowok SHT.fine fine aja tuh malah punya anak.
    Pendekar jg jgn hy di nilai dr bisa gerak fisik aja dah hapal berapa jurus. pendekar itu juga artinya hati dan perilakunya bersih dan suci.

  120. ari Says:

    Hemmm…kok gak ada yang balas komentarku ya…biasanya kalo ada yg comment selalu ada yg balas.
    Sebenarnya mas Anto ini jg buat blog buat apa tho? kalo emang anto adalah saudara SHT kenapa tdk di uraikan aja ajaran luhur dr SHT, jd pembaca akan phm. ketimbang menguraikan kekurangan/kejelekan dr pencak silat lain.
    Ajaran pencak silat apapun labelnya namanya saya tahu itu bagus, luhur dan baik. yg tidak bagus adalah orang2nya yg mengambil sebagian aja ajaran tapi melanggar aturan yang lain.
    Temanku banyak yg dari SHW, SHT, ato yg lain, ada yang perilakunya jg buruk tapi jg ada yg bagus.Kan gak bs serta merta menyalahkan organisasinya. Itu sama dg perumpamaan begini:
    Di penjara sana tuh byk penjahat yg di hukum, di KTP nya byk yg tertulis Islam. Tapi mereka jd penjahat itu bkn karena nganut Islam kan? yg salah bkn islam nya kan? tetapi orangnya lah yg bersalah yg krn kondisi ato persoalan pribadi mendorong mrk berbuat spt itu.
    Bukankah bgt ?
    Ayolah buat blog untuk sebarkan kedamaian dan kebaikan, biar pembaca bs ambil manfaat.

  121. 0AMIEN Says:

    ”EKS”

    UNTUK MELURUSKAN YANG BELUM TAU TENTANG SETIA HATI WINONGO, BANYAK YANG MENGIRA KALO SETIA HATI WINONGO KOK ”PEREKRUTAN MURIDNYA SECARA INSTAL DAN TANPA LATIHAN”
    YANG MENGIRA SETIA HATI WINONGO KAYAK GITU BETRARTI ORANG ITU BELUM MENGERTI BAGAIMANA SETIA HATI WINONGO?
    JADI SAYA MINTA BILA YANG BELUM TAU JANGAN ASAL NGOMONG? DAN YANG JELAS DI SETIA HATI WINONGO ADA LATIHANYA.

  122. indonesia maju Says:

    smoga smua perselisiha & perpecahan d negara kita akan segera berakhir

  123. menthil Says:

    maaf sebelumnya ya mas2 semua jangan lah kita saling merasa bahwa perguruan yg kita ikuti itu paling bnr karna kita ini generasi penerus taunya cuma cerita2 dr sesepuh perguruan kita masing2 tp cobalah utk melaksanakan ajaran2nya yg sesungguhnya saya yakin diajaran perguruan kalian tdkada ajaran untuk saling menjelekan yg satu sama yg lain nya saya pun dikecer p warno tdk ada ajran menjelekan di sht maupun sh panti justru ajaran p warno itu menganggap semua manusia itu sama dengan diri kita sendiri jika kita tdk mau disakiti maka jangan menyakiti,ia adalah aku dan aku adalah ia bukan aku adalah sh dan sh adlah aku maka ajaran p warno itu bukan memusuhi tp membuat persaudaraan antara sesama manusia dan alam sekitar untuk bekal nanti kita menghadap yang ESA,jika ada kurang lebih nya ato kurang berkenan di hati saya mohon maaf yg sebesar besarnya,salam EKS buat saudara seasuhan

  124. eko Says:

    sh terate. . .

  125. eko Says:

    ojo waton ngomong yen ngomong sing nganggo waton. sh terate bulak pepe. banyubiru. widodaren. ngawi.

  126. kawulo alit Says:

    EKS STK RANTING KOTA PONOROGO..JAYALAH SH WINONGOKU..

  127. Netral Says:

    Damai itu indah . . .

  128. abe Says:

    gk ush nyocot kbeh ,,bau mlut’e kyok WC ae kok bengak bengok !!!
    cooooooooookkkkkkkkkkkkkkkkkkk !!!!!!!

  129. abe Says:

    gelot ae yoh

  130. abe Says:

    stk djaya slaloe

  131. pendekar esteka Says:

    gwa pendekar sh winongo gak usah lu bkin postingan yang mengatakan bahwa sh winongo memberi gelar pendekar secara instan……

    .
    penulis artikel ini orang tolol

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s