Selamatkan Bumi, mulai hari ini!

Oktober 15, 2007

Pameo yang diyakini oleh kalangan masyarakat adalah bumi dan segala kekayaannya merupakan warisan nenek moyang, sehingga bisa dieksploitasi habis-habisan untuk alasan bisnis ataupun pemenuhan kebutuhan perut manusia. Padahal bukan demikian, justru bumi dan segala sumber dayanya merupakan titipan anak cucu kita, yang harus kita jaga kelestariannya.

Praktek bisnis yang mengharuskan bumi ‘diperkosa’ dan ‘dijarah’ dengan semena-mena oleh modal-modal besar. Lalu dilupakan begitu saja kala semua sumber daya di keruk habis. Para pengguna sumber daya tersebut sering lupa untuk mengembalikan kelestarian alam. Alasan himpitan ekonomi pun lagi-lagi dijadikan kambing hitam yang dikorbankan bagi alasan perusakan tanah, hutan dan laut.

Perilaku sehari-hari masyarakat harus segera ditertibkan. Penggunaan berbagai sumber daya alam yang ada hendaknya dilakukan dengan cara yang bijaksana, dalam artian sesuai dengan kebutuhan serta mempertimbangkan aspek keberlanjutan manfaat.

Penambangan batu yang mengeruk habis bukit-bukit kecil di kaki gunung, tanpa pernah sadar bahwa itupun sedang menciptakan lubang kuburan bagi penduduk sekitar. Pihak pemerintah pun sebenarnya bukan tidak mengetahui permasalahan ini, karena mereka pula yang mengeluarkan ijin bahan gaian tersebut. Namun dalam prakteknya penyimpangan terjadi dengan sangat mengerikan. Begitu selesai diambil, kemudian ditinggalkan begitu saja. Silahkan lihat di kaki-kaki wilayah gunung jawa tengah, begitu banyak lubang-lubang lambang kerusakan lingkungan yang sangat parah.

Penggundulan hutan yang tidak mengikuti kaidah, menjadikan erosi dan kepunahan satwa menjadi momok serius bagi kelestarian lingkungan. Mengeksploitasi hutan bukan tak ada aturan, setumpuk peraturan perundang-undangan dibuat hanyaditujukan untuk emnciptakan peluang baru bagi penggundulan hutan yang lebih (tampak) legal. Bahkan sudah menjadi rahasia umum, apabila taman nasional pusat konservasi pun menyediakan lahan berburu binatang-binatang di hutan. Semua ini bisa diatur. Ada uang yang berdatangan, maka produk hukum pun bisa disesuaikan.

Lain cerita kalau bumi sudah benar-benar hancur. Semuanya habis dan kita hanya bisa mengharap minyak bumi tumpah dari langit, mengharap kayu datang berbalok-balok dari langit. Baru ketika peristiwa itu benar-benar terjadi, kita akan menyesal dan menyesali tindakan buas kita saat ini.

 

….. caring today, for a better tommorow.

69 Responses to “Selamatkan Bumi, mulai hari ini!”

  1. -tikabanget- Says:

    ah, bumi ini makin tua..
    manusianya juga makin dudulz..

  2. Anang Says:

    bumi sudah memberi segalanya buat kita, lalu apa kita mau terus merusaknya

  3. timpakul Says:

    semoga hari esok menjadi lebih baik bagi bumi… dan kehidupan generasi berikutnya di permukaan bumi… :-)

  4. mardun Says:

    Gile, Anto lagi mudik frekuensi postingnya malah meningkat :P

    betul to, kalau kata guru PMP-ku dulu bumi ini merupakan titipan anak cucu kita. Tapi kalau keadaannya rusak seperti ini, sempatkah kita punya anak cucu? :P

  5. rd Limosin Says:

    blog action day!!!

  6. cK Says:

    siyal…format mostingnya sama…

    *update postingan di blog sendiri*


  7. Dukung….!!!!

    STOP rokok, STOP polusi

  8. aRuL Says:

    yah selayaknya kita sekarang menjadi insan perubahan yang benar-benar berubah dan tidak sekadar kata-kata lagi… :)


  9. [...] tentang Blog Action Day:: • Selamatkan Bumi, mulai hari ini! • Maling Ramah Lingkungan • Pay It Forward • Menjadi Insan Perubahan sebagai Aksi Nyata [...]

  10. fisto Says:

    saya dukung!….kalo gak mulai dari sekarang, kapan lagi…wong bumi udah rusak sak sak sak…. :(

  11. harriansyah Says:

    save the earth from now


  12. Yak, selamatkan bumi kita sekarang juga demi kepentingan kita semua dan anak cucu kita kelak. Jadikan hari esok lebih baik dengan menjaga kelestarian lingkungan.

  13. goop Says:

    Betul, selamatkan bumi…sebelum air hilang, sebelum kayu habis, sebelum minyak antri makin panjang untuk kemudian habis, salam lestari :D

  14. imcw Says:

    selamatkan bumi beserta isinya…ajakan yang bagus Nto…


  15. Praktek bisnis yang mengharuskan bumi ‘diperkosa’ dan ‘dijarah’ dengan semena-mena oleh modal-modal besar

    Kata-kata yang PAS untuk mereka yang mengorbankan bumi untuk kepentingan mereka semata :x

    Setuju, Selamatkan Bumi, mulai hari ini! ;)


  16. Hati – hati dalam mengelola Bumi. Perkembangan Industri malah menimbulkan kehancuran bagi bumi, apabila sumbernya tidak ramah lingkungan.

  17. Telmark. Says:

    Welcome to Bali.

    This Is It! Today is Blog Action Day.
    *Saya postingkan tulisan ini dlm waktu saya sekarang (di Osaka) 15 oktober 2007, pukul 2:55 pagi*.
    I Post this in Osaka time. oct. 15 2007. am 2:55.
    Sumber dan Inspirasi : Gatra.com, BBC Indonesia, Tempo int…

  18. siringoringo Says:

    kalau kata aa gym itu 3 m:
    mulai dari diri sendiri (jadinya kita harus ngaca dulu)
    mulai dari hal yang kecil (buang sampah sembarangan, buang puntung rokok)
    mulai saat ini (udah mulai belum yah)

    tabik….

  19. telmark Says:

    Mari kita galakkan sebuah gerakan Cinta lingkungan, “Mulai Hari Ini”.

  20. annots Says:

    Pokoke inget slogan ini “JogjakuBumiku bersih wujudkan NYATA!!!”

  21. ayahshiva Says:

    wah hari ini tadi aku baru aja mudik, jadi gak sempat ikutan posting masalah lingkungan

  22. nieznaniez Says:

    ya ya ya…
    mari kita berjalan sehat !!

  23. myresource Says:

    STOP TALKING…
    START DOING….


  24. [...] Action Day. Tadinya saya lupa, sampai saya membuka Thunderbird dan membaca RSS feed dari blognya anto dan zam. Yah, mudahan masih bisa dihitung posting tanggal 15 [...]

  25. daeng limpo Says:

    Dear Mr. Ambtenaar diatas kursi empuk dan ruang berAC sambil menelpon cukong, bukalah mata, telinga, pikiran dan hati anda melihat akibat yang akan timbul di kemudian hari dari kebijakan-kebijakan dan perilaku menyimpang di lapangan tentang lingkungan hidup. Atau anda bersedia dikutuk 250 juta rakyat Indonesia atas bencana yang terjadi kemudian. Ingat !!! perbuatan anda hari ini akan terekam oleh generasi muda dan mereka akan mencatat anda sebagai pengkhianat yang menyalah gunakan amanah rakyat, dan akan di catat dalam buku sejarah sebagai pelaku perusakan lingkungan dan pengurasan sumber daya alam secara semena-mena dan biadab. Sehingga setiap anak sekolah mulai dari tingkat dasar hingga PT tahu bahwa andalah biang kehancuran negeri.

  26. mina Says:

    mudahan kita tidak mewariskan ke anak-anak (-halah-) seperti yang kau prediksi itu nto

  27. strezheavy Says:

    coba klo bumi bisa ngomong..
    pasti dy bilang
    ” oy manusia.. enak bener kau yah!! habis manis sepah dibuang!!”
    hihi..
    ..


  28. [...] didominasi oleh post-post bernada persuasi, seperti ”Selamatkan Bumi Tercinta” (dan varian lainnya), ”Maling Ramah Lingkungan”, ”Pay It Forward”, atau ”Global Warming and Destruction of [...]

  29. warnetubuntu Says:

    cuman mo ngelink.. postingan gw ttg lingkungan..

  30. Who am I Says:

    peluklah iblis dengan mesra !

    mungkin, sudah saatnya bagi rajaiblis untuk unjuk diri ke dunia yang fana ini. terlalu lama manusia bertanya bagaimana wujud rajaiblis yang sesungguhnya. bisa jadi, ada sebagian dari mereka yang mengira bahwa wujud iblis masa kini berbeda dengan wujud …

  31. hoek Says:

    YA!!!
    SELAMATKAN BUMI!!!
    *telfon ambulan*

  32. - ubas - Says:

    apabila pohon terakhir telah ditebang….
    apabila ikan terakhir telah ditangkap….
    apabila sungai terakhir telah tercemar…
    barulah manusia akan sadar, kalau manusia tidak memakan uang :D

  33. rozenesia Says:

    Mulai hari ini, mulai dari diri sendiri. ;)

  34. sarah Says:

    kesadaran bersama membangun lingkungan hidup terutama hutan kita sebagai paru paru dunia,jadi serem membayangkan kehancuran hutan Indonesia . salam kenal dari bloger pemula mas…

  35. roffi Says:

    mulailah bergerak aja deh.. ga usah banyak ngomongnya ya…

    yo kita beberesih lingkungan..
    kurangi pengunaan plastik..
    hemat energi..
    dan lain2 lah..


  36. industri adalah penyumbang besar emisi karbon, tahukah anda ketika pabrik otomotif terus dibangun dan terus berdiri dan promosi besar-yang sangat besar, pabrik-pabrik penyumbang emisi karbon besaran dengan capital ang sangat besar itu terus bergerak dan mesin-mesinnya berderu 24 jam!! dan mereka tak mungkin ingin kehilangan profit. bumi berjalan, manusia berbuat dan menghancurkan, dan tuhan tak pernah tidur…. mungkin besok kamu mati… dan tua… lantas apapula salahnya bila Tuhan menjadikan dunia ini tua dan lantas mati.
    yeah, mungkin setelah dihancurkannya dunia ini dia ganti bumi yang baru… kalo percaya ada hidup setelah mati… mestinya percaya ada dunia utopia setelah mati.
    lantas, trust it. Tuhan berikan yang terbaik, manusia lahir tua mati dan lahir kembali, begitupun dengan dunia ini. Kalau di bisa ciptakan dunia ini, mengapa kita sangsikan

  37. Almas Says:

    Selamatkn pemudik dr sengtan pnas matahari dolo oi wakakakakaka *kabur*

  38. Ina Says:

    Selamatkan Bumi Kita dari Pemanasan Global!

    Dah, balik dr mudik yach,nto? Nga bawa gajah lampung ke jogja khan?

    *kabuur naik delman

  39. alex Says:

    [OOT]
    Nto! Selamat Menempuh Hidup Baru, ya!
    Senang mendengar kabarmu semalam via sms itu. Resepsinya kapan? :mrgreen:
    [/OOT]

    Ahh…. karena bumi makin tua, empunya blog ini juga ternyata sadar bahwa ada yang harus dikejar juga ya? :roll:

  40. mitra w Says:

    setujuuuuuu !!!! ^_^

    first, selamatkan dulu lingkungan kita. ga usah yg muluk2, ojo buang sampah sapenak udel, ojo ngerokok !!! (hehehe) dan hemat LPJ (bagi yg ibu2… :P)

  41. septianw Says:

    mo teriak udah pada teriak semua. nyampah aj deh.

  42. MicoKelana Says:

    Iya bener juga, kampanye lingkungan ini memang penting. Soalnya slogan MTV juga udah nambah satu. Stop Drugs n Global Warming……????

  43. zell Says:

    ya!!
    mari kita selamatkan bumi kita ini….
    jaga bumi kita sekarang juga…

  44. titiw Says:

    Alam itu sungguh cukup untuk manusia, tapi tidak untuk ketamakan mereka. halah.. aku emang bijak ternyata, hehehehe. Setuju banget lah mas, sama postingan ini!!

  45. Dadang Sudardja Says:

    Mulailah dari diri sendiri (seperti apa yang AA Gym sering katakan, kemudian lingkaran terkecil/terdekat, terus…terus perbesar lingkaran kita untuk membangun kesadaran kritis kepada masyarakat. Mulailah dengan membangun mimpi dan terus bergerak, kreatif dan inovatif.
    Selamatkan bumi dengan tanganmu sekarang juga.
    Salam adil dan lestari.

    Dadang Sudardja

  46. Laurensius Says:

    Saudara-saudara mari kita selamatkan bumi kita…..

  47. mutia Says:

    setuju. muali dari satu hal kecil, kita coba memperbaiki kesalahan manusia terhadap bumi ini.

  48. Fie Says:

    Selamatkan generasi yang akan datang, ayo…..kita pro lingkungan sehat,bersih and bersikap baik terhadap bumi ini. jangan merusak keseimbangan yang ada di alam. BRAVO…


  49. [...] Global Warming adalah peningkatan suhu Bumi secara bertahap karena rusaknya lapisan ozon yang tercemar oleh polusi udara (CO dan CO2). Lapisan ozon yang berada di atmosfer terluar bertugas untuk mengatur suhu di Bumi. Sehingga, sinar matahari yang masuk akan diseleksi dan diambil sebagiannya kemudian dipantulkan kembali ke luar Bumi. Tetapi karena lapisan ozon tersebut sudah rusak bahkan katanya ada yang sampai bolong menganga, akhirnya panas di Bumi tidak bisa dipantulkan kembali. Maka, terjadilah HARI INI. [...]

  50. sukma Says:

    Hijau ku bukan karna warna partai
    Hijau ku bukan juga karna mata duitan
    Hijau ku adalah karna hutanku
    yook.. hijaukan hutan kita, hutan Indonesia, di halaman rumah, kantor, RS, Jalan, dll.

  51. co_one Says:

    selamatkan dulu pejabat kita yang sering merusak lingkungan (diturunkan dari jabatan trus dihukum),,bary kita selamatkan bumi kita…….

  52. r0bw0rlds Says:

    “DUNIA INI SEMAKIN LAMA SEMAKIN TAK NYAMAN, SEMAKIN LAMA SEMAKIN PANAS…ITU SEMUA HANYA KARENA ULAH MANUSIA- MANUSIA YANG HANYA MEMIKIRKAN DIRINYA SENDIRI TANPA MAU TAHU APA YANG ADA DI SEKITARNYA SEPERTI APA !!!”
    artikelnya sangat bagus mas….makasih ya mas atas informasinya !

  53. r0bw0rlds Says:

    dan saya berharap semoga mas sudi datang mengunjungi blog saya…thanks a lot ya !!!

  54. nn Says:

    ok bagus

  55. danny Says:

    Dampak pemanasan global semakin terasa, cuaca semakin tidak menentu dan musibah terjadi dimana-mana. Sudah saatnya menyelamatkan bumi ini dari kehancuran, dan hal itu bisa dimulai dari diri sendiri. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor yang berbahan bakar fosil jika bepergian dalam jarak tempuh yang relatif dekat. Menggunakan AC dengan temperatur yang normal(syukur kalau refigerant yang digunakan lebih ramah lingkungan) dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan. Yuk kita selamatkan bumi ini.

  56. yang kung Says:

    Aku merindukan bumi kita kembali hijau,mata air yg jernih dng hutan yg penuh satwa dan kicauan burung yg merdu penuh pesona.Udara sejuk nan menyegarkan dilengkapi dengan untaian bunga anggrek disela2 batang pepohonan.
    OH….TUHAN,KEMBALIKAN BUMIKU YG HIJAU ALAM YG DAMAI LANGIT YG BIRU,SEPERTI DISORGA.
    Mari kita selamatkan bumi ini dari kehancuran tangan2 manusia yg tidak bertanggung jawab.

  57. E.P Puspasari Says:

    Salam kenal. Untuk mulai care dg bumi kita ini memang kita perlu Untuk mengesampingkan dahulu…. “hidup ingin dengan mudah” kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Saya setuju…. mulailah dari hal-hal yang kecil dan lingkungan terdekat kita. Ingat bagaimana anak-cucu kita dimasa yang akan datang.

  58. ditha Says:

    Kenapa se kita sebagai anak bangsa g mau mencintai bumi kita sendiri???????

    aq jadi bingung……

    susah ea buat jadi anak baik….

    buat buang sampah ke tempatny aj amit..amit..

    uhpzzzzzzzzz


  59. [...] Global Warming adalah peningkatan suhu Bumi secara bertahap karena rusaknya lapisan ozon yang tercemar oleh polusi udara (CO dan CO2). Lapisan ozon yang berada di atmosfer terluar bertugas untuk mengatur suhu di Bumi. Sehingga, sinar matahari yang masuk akan diseleksi dan diambil sebagiannya kemudian dipantulkan kembali ke luar Bumi. Tetapi karena lapisan ozon tersebut sudah rusak bahkan katanya ada yang sampai bolong menganga, akhirnya panas di Bumi tidak bisa dipantulkan kembali. Maka, terjadilah HARI INI. [...]

  60. marwan Says:

    pemerintah jangan tutup mata & telinga karena semua kembali kepada pemerintah, jangan semua di berikan ijin tuk exploetasi tanpa memandang aspek lingkungan…!!!

  61. Yougha Says:

    Berikan Perubahan yang besar untuk bumi ini….
    Mulai hari ini mari kita Tanam pohon dan mengurangi polusi….
    semoga bumi tetap terjaga untuk selamanya….

  62. nur shafiqah Says:

    saya berharap pada semua penduduk bumi supaya sedar akan bumi kita yang semakin panas ini. tidakkah terfikir apa yang akan terjadi sekiranya kita menebang pokok, pelapasan asap dan sebagainya?

  63. mae Says:

    lestari hutan’ku…
    lestari alam’ku…
    lestari bumi’ku…
    LESTARI DH SMUANYA…
    yu sama2 qt jaga bumi yg sudah tua ini!! jgn biarkan dy skit berlarut-larut!!!
    jgn biarkan tangan2 yg tak brtanggung jawab mendzolimi alam ini,.!! :D

  64. G-SPEED Says:

    Setuju !, masing2 dari kita harus action ! jangan NATO !. ikuti langkah kami di: generalspeed.wordpress.com [ Gerakan Hemat Energi Ramah Lingkungan Sepeda Engkol Energi Dengkul ].

  65. Lattee Says:

    hmmmm….. nicee..
    bisa kasih tau referensii buku tentang lingkungan gag..??? thx..


  66. kami murid SDN 13 Pagar Jati Bengkulu Tengah.suka slogan mari menanam mulai hari ini, agar generasi mendatang tetap subur.

  67. Ady Gunamartha S Says:

    Mulai dari sekarang selamatkan bumi ini!!dengan mencintai lingkungan alam sekitar….mulai dari hal terkecil,jangan buang sampah sembarangan!!!!!Gooooogreennnnn……

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s